Mengenal Homeschooling, Pilihan Tepat untuk Anak Selama Pandemi

Nurul Habibah Apr 7, 2022 • 5 min read


Homeschooling

“Memilih sekolah untuk anak dimasa pandemi memang cukup sulit. Namun, kini sudah banyak homeschooling yang menyediakan fasilitas pendidikan terbaik untuk anak Anda”

--

Sudah dua tahun berlalu, namun pandemi masih belum berakhir. Hingga saat ini sekolah-sekolah masih banyak yang menerapkan sistem pembelajaran daring. Sekolah daring memang membantu proses pendidikan terus berjalan. Namun, bagi sebagian anak, belajar secara daring tidaklah se efektif belajar tatap muka.

Nah, sebagian orang tua, kini telah mulai mencoba homeschooling untuk pendidikan anak-anak mereka. Homeschooling dianggap sangat cocok untuk memenuhi pendidikan anak di masa pandemi. Namun, sebenarnya apa sih homeschooling ini?

Istilah homeschooling berasal dari bahasa Inggris yang berarti sekolah rumah. Homeschooling merupakan metode pendidikan fleksibel berbasis rumah, dimana orang tua mempunyai tugas serta tanggung jawab penting sebagai pengawas dan pemberi materi untuk anak-anak mereka, yang tentunya materi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan, bakat, serta minat anak.

keunggulan homeschooling(Sumber: Alodokter.com)

Perlu Anda ketahui juga, homeschooling sudah resmi menjadi pendidikan non-formal yang legal sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003. Di Indonesia, homeschooling sudah mulai dikenal semenjak tahun 2005. Meski belum banyak yang menggunakannya, namun bagi beberapa kalangan homeschooling dianggap pilihan tepat untuk pendidikan anak.

Beberapa orang tua memilih homeschooling dengan berbagai pertimbangan. Mulai dari susahnya orang tua mencari sekolah yang ideal menurut mereka, khawatir dengan pergaulan yang tidak sehat, kurangnya perhatian guru dalam mendidik siswa, atau adanya indikasi bullying kepada siswa. 

Selain itu, ada juga yang memilih homeschooling karena sistem belajarnya yang lebih fleksibel, jadi anak  dapat menyesuaikan waktu belajar dengan kesibukan lainnya. Biasanya hal ini terjadi pada anak-anak yang juga berprofesi sebagai publik figur atau artis. Dengan kesibukan mereka bekerja, homeschooling tentu menjadi pilihan paling tepat untuk tetap mendapatkan pendidikan terbaik.

Lalu, apa saja sih keunggulan homeschooling? Berikut 5 keunggulan homeschooling yang perlu Anda ketahui:

1. Fleksibilitas

Melalui homeschooling, Anda bisa menentukan struktur hari dan waktu untuk belajar anak. Jika anak sulit mulai belajar pagi hari, maka terdapat fleksibilitas untuk mulai sekolah di siang hari. Lalu, karena pengaturan waktu homeschooling berubah-ubah,  anak Anda jadi bisa melanjutkan dan melakukan kegiatan lain di luar belajar.

2. Kebebasan

homeschooling pilihan dimasa pandemi(Sumber: Tirto.id)

Kemampuan untuk membuat pilihan sendiri adalah salah satu keuntungan lain dari homeschooling. Anda sebagai homeschooler, mempunyai kebebasan untuk memasukkan pengajaran khusus dalam pembelajaran sehari-hari, dan Anda tidak perlu khawatir tentang tekanan sosial serta penindasan yang mungkin dialami oleh anak di sekolah. Selain itu, semua mata pelajaran dapat dilakukan dengan lebih menyenangkan, dan jam belajarnya pun tak terbatas.

3. Konsentrasi pada Satu Anak

Setiap anak berbeda dan memiliki keunikan masing-masing. Nah, dalam kelompok belajar yang besar seperti di sekolah, guru tidak selalu bisa menyesuaikan pelajaran dengan kebutuhan unik dari setiap anak. Sedangkan, kalau homeschooling, bisa menyesuaikan dengan minat khusus anak. Contohnya, jika anak memiliki kesulitan dalam pelajaran berhitung, maka bisa ditambah waktu 15 menit untuk membantunya memahami pelajaran tersebut.

4. Memperkuat Hubungan dengan Anak

Semakin banyak Anda menghabiskan waktu dengan anak, maka semakin kuat juga hubungan Anda dengan mereka. Homeschooling dapat dijadikan pilihan terbaik jika Anda ingin menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak.

5. Minimal Pembatasan Covid-19

Homeschoolin untuk anak PAUD(Sumber: Kompas.com)

Kebanyakan orang tua memilih homeschooling pada tahun ini adalah untuk menghindari pembatasan covid-19 yang berlaku pada anak-anak di sekolah. Kewajiban memakai masker dan menjaga jarak dari teman, tentu merupakan hal sulit bagi sebagian anak, terutama yang berusia dibawah 6 tahun. Homeschooling tentu saja bisa memberikan kebebasan tersebut, dimana anak bisa bebas tanpa masker dan tanpa jarak sosial.

Jadi, apa kini Anda tertarik untuk mendaftarkan anak di homeschooling

Nah, salah satu homeschooling yang dapat memberikan fasilitas pendidikan terbaik untuk anak Anda adalah altaschool. Alta School sendiri telah menggunakan metode belajar blended learning dengan live teaching dan aktivitas mandiri. Homeschooling yang satu ini dikhususkan untuk anak di tingkat PAUD hingga SD. Berbagai fasilitas yang disediakan Alta School dijamin dapat membantu mengembangkan minat serta kreativitas anak sejak dini.

Penasaran dengan fasilitas belajar yang tersedia di Alta School? Yuk, buruan daftarkan anak Anda sekarang juga ya!

New call-to-action

Sumber:

Pinjungwati, G. T. (2020), '5 Keunggulan Pendidikan Homeschooling untuk Anak di Tengah Pandemi Covid-19', Fimela.com, 21 Agustus 2020 [daring] Available at: https://www.fimela.com/parenting/read/4336020/5-keunggulan-pendidikan-homeschooling-untuk-anak-di-tengah-pandemi-covid-19

Dewantari, T. S. (2021), 'Homeschooling: Alternatif Pendidikan untuk Anak Selama Pandemi', Brainacademy.id, 10 Maret 2021 [daring] Available at: https://www.brainacademy.id/blog/homeschooling-sebagai-alternatif-pendidikan-untuk-anak-selama-pandemi 

CNN. (2020), 'Menimbang Homeschooling, Alternatif Pembelajaran saat Pandemi', cnnindonesia.com, 29 Mei 2020 [daring] Available at: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200529173331-284-508065/menimbang-homeschooling-alternatif-pembelajaran-saat-pandemi

Sumber Gambar:

Orang Tua sedang Mengajarkan Anak Belajar [daring]. Available at: https://www.alodokter.com/homeschooling-keuntungan-dan-kerugiannya

Dua Anak sedang Belajar dengan Orang Tua [daring]. Available at: https://tirto.id/homeschooling-bisa-menjadi-opsi-menarik-tapi-siapkah-orangtua-c8TW

Anak Sekolah Memakai Masker [daring]. Available at: https://www.kompas.com/sains/read/2021/08/31/130100423/sekolah-tatap-muka-dimulai-berikut-6-tips-pemakaian-masker-untuk-anak?page=all

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar