Mengenal Gifted Child, Jenius dan Bakatnya Melebihi Anak Seusianya

Nurul Habibah Mei 12, 2022 • 5 min read


Alta - Gifted Child"Anak yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi adalah salah satu ciri Gifted Child. Yuk simak artikel ini untuk mengenal gifted child lebih jauh"

Pernahkah Anda mendengar kata Gifted Child? Gifted Child atau yang dikenal juga dengan anak jenius adalah anak-anak yang mempunyai kemampuan lebih tinggi dibandingkan anak seumurannya. Berdasarkan National Association for Gifted Children mendefinisikan anak jenius sebagai anak yang memiliki kemampuan atau bakat luar biasa pada satu atau lebih jenis intelegensia yang meliputi matematika, bahasa, logis, interpersonal, natural, somatokinetik, musikal, serta spasial.

Gifted Child sendiri jumlahnya tidak terlalu banyak. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), jumlah Gifted Child cukup sulit diketahui secara persis, namun perkiraannya adalah sekitar 2 sampai 5 persen dari seluruh populasi. Anak-anak yang masuk dalam kelompok gifted child diketahui dapat mengelola informasi dengan lebih cepat. 

Jika anak-anak pada umumya menerima pelajaran persis dengan informasi yang diberikan kepada mereka, gifted child justru bisa menghasilkan informasi baru dari ilmu yang mereka dapatkan sebelumnya, yang bahkan tidak diajarkan langsung oleh gurunya. Anak-anak jenius tersebut tidak terbiasa hanya menerima ilmu apa adanya. Nalar mereka menjadikan informasi yang di dapat menjadi pertanyaan-pertanyaan yang tidak terpikirkan oleh orang lain.

Nah, agar Anda bisa mengetahui dengan mudah apakah anak Anda termasuk gifted child atau bukan, perhatikan dulu 5 ciri-ciri gifted child berikut ini:

1. Mampu Mempelajari Keterampilan Baru secara Mandiri

Mengenal Gifted Child(Sumber: Kumparan.com)

Anak-anak yang termasuk kelompok gifted child umumnya bisa belajar membaca dan menulis sendiri sebelum mereka mendapatkan pembelajaran tersebut di sekolah. Dari beberapa penelitian dibuktikan bahwa rata-rata anak perlu mendengarkan sesuatu secara berulang sebanyak 8-15 kali untuk bisa memahami informasi di dalamnya. Sedangkan, gifted child hanya perlu mengulang dan mendengarkan suara tersebut sebanyak 1-2 kali saja untuk bisa memahami informasinya. 

Gifted child juga belajar dengan cepat dan tidak membutuhkan banyak latihan seperti anak-anak lain untuk dapat mengembangkan keterampilan baru. Mereka biasanya cenderung bosan ketika pelajaran diulang-ulang dan bahkan dapat tidak tertarik lagi untuk mengikuti pelajaran tersebut.

2. Memiliki Rasa Penasaran yang Tinggi

Gifted child biasanya mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi tentang dunia di sekitar mereka. Selain itu, mereka juga sering mengajukan pertanyaan-pertanyaan rinci untuk memusakan rasa ingin tahu mereka tentang ilmu pengetahuan. Di lingkungan sekolahnya, anak-anak ini kemungkinan juga tidak puas jika hanya mempelajari sesuatu agar bisa mengerjakan ujian atau menyelesaikan tugasnya dengan baik saja. Rasa ingin tahu mereka tentang satu topik pelajaran biasanya dapat meluas ke berbagai aspek yang berada di luar cakupan pelajaran.

3. Cenderung Memiliki Banyak Ide

Ciri-ciri Gifted Child(Sumber: Popmama.com)

Gifted Chil adalah seorang pemikir serta mempunyai penalaran abstrak dari berbagai bidang. Anak-anak tersebut biasanya mempunyai imajinai yang 'liar' dan dengan mudah bisa mengembangkan cerita, sandiwara, atau lagu di pikiran mereka sendiri.

4. Memiliki Kosakata yang Banyak dan Lebih Suka Berbicara dengan Orang Dewasa

Ciri lain dari gifted child yang dapat Anda perhatikan adalah kemampuan bahasa mereka yang sangat baik. Gifted child memahami dan menggunakan lebih banyak kosa kata dibandingkan anak-anak seusia mereka, termasuk juga bahasa abstrak dan kiasan. Hal ini terjadi karena anak tersebut sangat gemar membaca buku. Lalu, daya ingatnya yang baik membantu mereka untuk lebih mudah mengingat kata-kata. Oleh karena itu, anak-anak ini menjadi lebih suka berkomunikasi dengan orang dewasa, sebab kemampuan bahasanya yang sangat baik. 

Akan tetapi, juga sangat penting untuk Anda tetap medorong mereka untuk berkomunikasi dengan  teman sebayanya. Ini bertujuan mencegah anak terisolasi dan menarik diri karena perbedaan kemampuan intelektual mereka.

5. Mempunyai Pendekatan Sendiri Ketika Mengerjakan Tugas

Gifted Child(Sumber: Parenting.co.id)

Biasanya anak-anak ini mempunyai cara sendiri dalam mengerjakan tugas. Hal ini terjadi karena kurangnya tantangan dalam mengerjakan tugas tersebut. Contohnya, ketika anak mengerjakan tugas matematika, anak-anak yang tergolong dalam kelompok gifted child bisa menggunakan cara alternatif untuk menyelesaikan persoalan matematika tersebut. Biasanya anak-anak ini juga lebih suka mengerjakan tugas secara individual dibandingkan berkelompok.

Nah, apakah anak Anda tergolong gifted child? Gifted child juga membutuhkan program pendidikan dan dukungan khusus dari lingkungan mereka untuk bisa mengoptimalkan kemampuan serta bakatnya. Oleh sebab itu, Anda bisa membantu mereka dengan mendaftarkannya di altaschool. Alta School ini adalah layanan pendidikan yang khusus untuk anak ditingkat PAUD hingga SD. Sekolah dengan konsep homeschooling ini memiliki metode belajar blended learning. Dengan fasilitas belajar yang tersedia, para gifted child dapat menngembangkan minat serta kreativitas mereka sejak dini.

sekolah online anak

Sumber:

Intan, R. '7 Ciri Gifted Child, Berbakat dan Jenius Melebihi Anak Seusianya', Theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/gifted-child

Paramita, M. (2021), 'Mengenal Kemampuan Anak Jenius (Gifted Children)', Skata.info, 13 Februari 2021 [daring] Available at: https://skata.info/article/detail/895/mengenal-kemampuan-anak-jenius-gifted-children

Rompies, J.K. (2022), 'Kenali 10 Karakteristik Gifted Child atau Anak yang Berbakat', Popmama.com, 13 Maret 2022 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/jemima/karakteristik-gifted-child-atau-anak-yang-berbakat

Sumber Gambar:

Anak sedang Belajar Menggambar [daring], Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/keterampilan-yang-perlu-dikuasai-anak-sebelum-belajar-menulis-1trLANuwias 

Anak yang Memiliki Banyak Ide [daring], Available at: https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/jemima/zodiak-anak-yang-dikenal-selalu-punya-ide-kreatif

Anak sedang Mengerjakan Tugas [daring],  Available at: https://www.parenting.co.id/usia-sekolah/lakukan-ini-agar-anak-lancar-membuat-pr

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar