8 Perlengkapan Sekolah untuk Anak TK yang Perlu Disiapkan

Nurul Habibah Jul 11, 2022 • 7 min read


Pengasuhan Anak- (Beberapa) Perlengkapan Sekolah untuk Anak TK yang Perlu Disiapkan-01

“Sebelum anak masuk sekolah sebaiknya siapkan semua perlengkapannya dengan baik agar Ia semakin bersemangat. Artikel ini berisi informasi perlengkapan yang dibutuhkan oleh anak TK untuk sekolah”

--

Taman Kanak-kanak merupakan satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini di jalur pendidikan formal untuk anak usia empat hingga enam tahun. Nah, ketika anak Anda baru masuk TK, Anda pasti sangat antusias menyambutnya. Namun, sebelum hari pertama masuk sekolah tiba, jangan lupa untuk mempersiapkan semua perlengkapan sekolah anak dengan baik. Ini merupakan hal yang penting, sebab dapat membantu anak untuk lebih semangat dan senang untuk berangkat sekolah. 

Mulai dari jauh-jauh hari Anda sudah bisa mencicil berbagai barang yang perlu dibawa oleh anak ke sekolah. Nah, buat Anda yang bingung menentukan peralatan sekolah apa saja yang perlu disiapkan, simak penjelasan berikut ya!

1. Seragam Sekolah

 

Perlengkapan Sekolah Anak TK(Sumber: Kumparan.com)

Dari jenjang TK pun biasanya ada beberapa sekolah yang mewajibkan muridnya menggunakan seragam tertentu. Anda bisa menanyakan kepada pihak sekolah tentang ketentuan seragam yang digunakan. Jika ada, maka jangan lupa untuk memesannya. Sebab, seragam merupakan salah satu perlengkapan wajib yang harus dimiliki oleh anak. Nah, umumnya ada dua jenis seragam yang diperlukan, seperti seragam kemeja dan seragam untuk olahraga.

2. Tas Sekolah

 

Tas Sekolah(Sumber: Pexels.com)

Tas tentu merupakan benda wajib yang harus dimiliki oleh anak sekolah, termasuk anak TK. Anda bisa memilih tas jenis punggung untuk anak, sebab tas jenis ini adalah tas terbaik untuk anak sekolah. Pastikan juga Anda memilih tas dengan ukuran yang sesuai untuk postur tubuh anak. Jika ukuran tasnya tidak pas, ini bisa menyebabkan nyeri punggung serta sakit di bagian pundak. 

Ukuran tas yang baik untuk anak adalah 5 cm menggantung di atas pinggang. Semakin rendah tas sekolah yang Anda belikan maka semakin berat juga beban di pundaknya. Lalu, perhatikan juga beban yang dibawa oleh anak, jangan sampai bebannya melebihi 15 hingga 20 persen berat anak Anda.

Baca juga: 7 Keterampilan yang Perlu Dimiliki Anak sebelum Masuk TK

 

3. Sepatu

 

Sepatu Sekolah(Sumber: Pexels.com)

Anda dapat membelikan anak sepatu yang sesuai dengan ukurannya. Pastikan sepatunya tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar. Jika sepatunya kekecilan, ini bisa menghambat perkembangan kaki anak. Sedangkan kalau kebesaran, dapat membuat anak mudah terjatuh. Tidak hanya ukuran sepatu, perhatikan juga jenis sol sepatu tersebut. Pastikan bahwa Anda memilih sol sepatu yang tidak licin sehingga anak tidak mudah terpeleset saat bermain di sekolah. 

Untuk lebih mudahnya, pilihkan sepatu dengan perekat, karena banyak anak ketika TK masih kesulitan memasang tali sepatu sendiri. Nah, terakhir, tanyakan kepada pihak sekolah terkait aturan sepatu, apakah sepatunya harus berwarna hitam atau lain sebagainya. 

4. Kaus Kaki

 

Kaus kaki sekolah(Sumber: Pexels.com)

Ketika memakai sepatu, tentu anak juga membutuhkan kaus kaki. Kaus kaki dapat membuat sepatu yang digunakan terasa lebih nyaman, menjaga kaki dari rasa dingin dan juga mencegah bau kaki. Namun, jangan memilih kaus kaki hanya dari gambarnya saja. Pastikan kaus kaki tersebut ukurannya pas untuk anak Anda dan memiliki bahan yang lembut serta karet yang berkualitas. Sehingga anak akan merasa nyaman selama menggunakannya.

5. Tempat Makan

 

Tempat Makan untuk Anak TK(Sumber: Review.bukalapak.com)

Anak TK biasanya memiliki waktu khusus untuk sarapan dan makan siang bersama di sekolah. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda juga membelikan tempat makan khusus untuk anak membawa bekal. Anda bisa memilih tempat makan yang tidak terlalu besar dan memiliki banyak kompartemen. Lalu pilih juga yang mudah dibuka dan ditutup agar anak tidak kesulitan ketika di sekolah. Nah, agar anak lebih senang, pilihlah tempat makan yang warna dan bentuknya menarik dan sesuai dengan yang mereka suka.

6. Botol Minum

 

Botol minum sekolah(Sumber: Pexels.com)

Selain membawa bekal tentu anak juga butuh membawa air minum sendiri ke sekolah. Jadi Anda bisa memberikannya botol minum dengan ukuran yang sedang. Pilihlah botol yang sesuai dengan usianya. Anda bisa memilih botol minum yang dilengkapi dengan sedotan atau botol minum yang diameternya lebih besar. Nah, agar anak tidak malas untuk membawa botolnya, berikan botol minum yang desainnya disukai oleh anak Anda.

7. Alat Menggambar

 

Perlengkapan Sekolah untuk Anak TK(Sumber: Solopos.com)

Pada saat masih TK anak-anak biasanya belum diminta untuk menulis. Kegiatan yang paling sering dilakukan anak TK adalah menggambar. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan berbagai perlengkapan menggambar seperti pensil warna, krayon, buku gambar, rautan, serta spidol. Meskipun kadang perlengkapan ini telah disediakan oleh sekolah, namun membawa perlengkapan sendiri jauh lebih baik untuk menghindari anak berebut dengan anak lain saat di sekolah. Nah, agar peralatan menggambarnya tidak berlebihan, sesuaikan dengan kebutuhannya ya. 

8. Tempat Pensil

 

Tempat pensil(Sumber: Pexels.com)

Banyaknya alat menggambar yang harus dibawa oleh anak tentu membutuhkan tempat pensil. Sehingga peralatannya lebih tertata dan mudah dibawa. Memiliki tempat pensil pribadi juga merupakan kesenangan tersendiri loh bagi anak-anak. Apalagi kini tempat pensil memiliki berbagai bentuk dan warna, anak tentu senang membawanya ke sekolah. Akan tetapi, pastikan tempat pensil tersebut bisa menyimpan semua alat tulis yang dimiliki oleh anak Anda. 

Baca juga: 7 Tips Memilih Sekolah TK untuk Anak

 

Jadi, itulah 8 perlengkapan sekolah yang harus Anda siapkan untuk anak yang akan masuk TK. Nah, kalau anak Anda sudah memasuki usia TK, tidak ada salahnya nih untuk mendaftarkannya di altaschool.  

Alta School adalah layanan pendidikan dengan konsep homeschooling yang di khususkan untuk anak di tingkat PAUD hingga kelas 4 SD. Sekolah dengan sistem pembelajaran berbasis online ini menggunakan metode belajar blended learning yang berfokus mengembangkan minat dan kreativitas anak Anda. Di sekolah online ini anak bisa mendapatkan berbagai fasilitas belajar, seperti Live Teaching, Learning Kit, Home-Based Project, Pendidikan Karakter dan lain sebagainya. 

New call-to-action

Sumber: 

Griselda, N. (2020), ‘10 Daftar Peralatan Sekolah Anak TK yang Wajib Dimiliki’, Tokopedia.com, 16 Januari 2020 [daring] Available at: https://www.tokopedia.com/blog/daftar-peralatan-sekolah-anak-tk-kpt/

Sugiri, P. (2018), ‘5 Perlengkapan yang Perlu Disiapkan Sebelum Anak Masuk TK’, Kumparan.com, 04 Juli 2018 [daring] Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/5-perlengkapan-yang-perlu-disiapkan-sebelum-anak-masuk-tk-27431110790538488/full

Octama, C. (2018). ‘6 Perlengkapan Sekolah Wajib Punya untuk Anak Playgroup dan TK’, Orami.co.id, 16 Juli 2018 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/6-perlengkapan-sekolah-wajib-punya-untuk-anak-playgroup-dan-tk/

Pratama, F. ‘10 Perlengkapan Sekolah Anak TK Beserta Tips Agar Tidak Mubazir’, Id.theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/perlengkapan-sekolah-anak-tk

Sumber Gambar: 

Seragam Sekolah Anak TK [daring]. Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/6-langkah-persiapkan-hari-pertama-anak-sekolah-27431110790545608

Tempat Makan untuk Anak TK [daring]. Available at: https://review.bukalapak.com/mom/daftar-peralatan-sekolah-baru-109164

Peralatan Menggambar Anak TK [daring]. Available at: https://www.solopos.com/tips-pilih-alat-tulis-terbaik-untuk-anak-tk-932006

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar