6 Rekomendasi Kartun yang Bisa Tingkatkan Pengetahuan Anak

Nurul Habibah Jul 4, 2022 • 7 min read


Pilihan kartun untuk anak"Artikel ini berisi informasi tentang kartun-kartun yang dapat meningkatkan pengetahuan anak. Yuk, cari tahu kartunnya serta pembelajaran dari kartun tersebut"

Apakah anak Anda suka menonton Kartun? Mengisi liburan sekolah atau akhir pekan dengan menonton kartun merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh anak. Film kartun pada dasarnya memang dibuat sebagai salah satu media hiburan yang menarik dan seharusnya memiliki banyak nilai moral serta kebaikan di dalamnya. Saat ini, menonton kartu juga sangat mudah, karena film kartun tak hanya tayang di televisi, sudah ada berbagai platform digital yang menayangkan beragam kartun menarik.

Selain menarik dan menghibur, ternyata kartun juga merupakan salah satu media yang bermanfaat untuk perkembangan anak loh. Apa saja sih manfaatnya?

Manfaat Anak Menonton Kartun

1. Anak Lebih Cepat Menyerap Bahasa

Kartun anak-anak yang kini tersedia tidak hanya diproduksi di Indonesia, namun ada juga yang dari negara lain. Hal tersebut bermanfaat untuk anak bisa mengenal berbagai bahasa asing, yang sebelumnya belum pernah Ia dengar. Manfaat menonton kartun yang satu ini sangat besar loh dampaknya, apalagi jika mengingat masa kanak-kanak adalah masa emas bagi anak untuk belajar bahasa asing. Belajar bahasa asing lewat buku biasanya membuat anak-anak cepat bosan. Oleh karena itu, sudah saatnya Anda mengajak anak menonton kartun dalam bahasa asing. Agar, anak-anak tertarik dan bisa belajar dengan semangat.

2. Mengajarkan Materi Pelajaran Dasar

Banyak sekali kartun yang mengajarkan membaca atau berhitung untuk anak. Ini adalah manfaat menonton kartun yang sangat berpengaruh bagi perkembangan otak anak. Materi-materi yang diajarkan di dalam kartun biasanya cukup beragam. Oleh karena itu, kadang kala banyak guru di sekolah yang menggunakan kartun sebagai salah satu media belajar anak-anak. Materi pelajaran dasar yang dapat dipelajari oleh anak dalam kartun antara lain adalah abjad, kosa kata baru, angka, warna, dan contoh bentuk.

3. Menanamkan Pesan Moral

Manfaat nonton kartun(Sumber: Pantau.com)

Menanamkan pesan moral merupakan manfaat menonton kartun yang telah diakui banyak orang. Pesan moral yang diajarkan di dalam kartun cukup beragam, tergantung dengan plot kartun tersebut. Ada kartun yang mengusung konsep pertemanan, jati diri, atau keluarga. Melalui film kartun, biasanya anak lebih mudah memahami pesan moral dibanding mendengarkan ceramah dari orang tuanya. Nah, umumnya pesan moral di dalam kartun bersifat tersirat, tidak secara langsung diucapkan oleh karakter kartun tersebut. Jadi, jangan lupa untuk temani anak menonton kartun kesukaanya. Agar, Anda bisa membantu mereka memahami pesan moral dari kartun itu.

Kartun Edukasi untuk Anak

1. Tayo The Little Bus

Anak-anak pasti sudah familiar dengan lirik dari kartun yang satu ini. Tayo The Little Bus merupakan salah satu kartun yang sempat viral di berbagai negara, termasuk Indonesia. Kartun ini merupakan kartun hasil karya Korea Selatan. Animasi yang dibuat oleh Choi Jong-II ini dapat dijadikan salah satu kartun edukasi untuk anak Anda. Kartun Tayo The Little Bus dapat menambah pengetahuan anak tentang jenis kendaraan dan lalu lintas. Di samping itu, Tayo The Little Bus juga mengajarkan anak-anak tentang keramahan dan pengalaman-pengalaman sosial yang dilalui karakternya.

2. Curious George

Rekomendasi kartun(Sumber: Mogimogy.com)

Kartun yang memiliki karakter seekor monyet lucu dan pria bertopi kuning ini diangkat dari buku yang berjudul sama karya Hans Agusto Rey dan Margret Rey. Dengan menonton kartun ini, anak bisa menambah pengetahuan tentang hal-hal dasar seperti jenis-jenis warna, mengenal angka dan cara berhitung, serta mengenal bentuk. Karakter George yang mempunyai rasa ingin tahu yang besar bisa menjadi contoh bagi anak-anak supaya mempunyai rasa penasaran dan ingin belajar lebih.

3. Sofia The First

Anak perempuan pasti suka dengan kartun yang satu ini. Sofia The First merupakan kartun yang berasal dari Amerika dan diproduksi oleh Disney. Kartun ini mengangkat kisah tentang seorang putri yang banyak membagikan nilai-nilai sosial melalui cerita kesehariannya. Karakter Sofia bisa memberikan pengetahuan kepada anak-anak untuk bersikap baik dan menjadi orang yang cerdas dalam bertindak. Tak hanya menampilkan kehidupan Sofia, dalam kartun ini anak-anak juga bisa melihat keseharian teman-teman Sofia ketika berada di sekolah.

4. Arthur

Kartun edukasi(Sumber: Pinterest.com)

Kartun Arthur direkomendasikan untuk anak di atas usia lima tahun. Kartun ini diketahui juga dapat meningkatkan pengetahuan anak loh. Kartun arthur membahas tentang relasi sosial, misalnya ketika berargumentasi dengan saudara, yang disajikan dengan cara ringan. Kartun ini juga membicarakan tentang kecemasan anak-anak, dan cara menyelesaikan masalah tersebut dengan cara kreatif. Dari kartun ini, anak Anda bisa belajar tentang cara menjalin pertemanan serta cara mengatasi ketakutan.

5. Sid the Science Kid

Siapa sangka, kartun ternyata juga bisa menjadi media anak belajar dan mencintai sains sejak dini. Sid the Science Kid adalah kartun yang mengajarkan cara untuk bersemangat dalam belajar dan menemukan hal-hal baru di dunia di sekitar kita. Kartun yang direkomendasikan untuk anak-anak berusia empat tahun ini disajikan sangat menarik dengan dilengkapi musik serta humor.

6. Inside Out

Kartun anak-anak(Sumber: Kompas.com)

Bagaimana jadinya ketika emosi di dalam diri kita memiliki bentuk dan hidup? Inside Out ini merupakan kartun yang menceritakan bagaimana ragam emosi seperti bahagia, takut, sedih atau jijik digambarkan hidup dan mempunyai markas di pikiran Riley. Riley adalah salah satu karakter di dalam kartun ini. Riley merupakan gadis 11 tahun yang menghadapi kegelisahan karena harus ikut pindah ke San Francisco mengikuti kepindahan kerja ayahnya. 

Di tempat barunya, Riley merasakan berbagai emosi karena harus menyesuaikan diri dengan tempat tersebut. Dari kartun Inside Out ini, anak bisa mendapatkan pengetahuan tentang jenis-jenis perasaan, cara mengelola emosi yang baik agar tetap terkendali, serta belajar menyesuaikan emosi yang ingin disampaikan dalam situasi apapun.

Nah, itulah 6 kartun yang bisa dijadikan media belajar yang dapat meningkatkan pengetahuan anak Anda. Agar anak selalu tertarik untuk belajar, kini Anda juga bisa mendaftarkannya di altaschool loh. Dengan metode belajar yang menarik dan pengajar profesional, Alta School menjadi pilihan terbaik untuk membantu anak meningkatkan pengetahuannya sejak dini. Belajar di Alta School juga dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, sebab sekolah yang satu ini memiliki konsep homeschooling. Jadi, sangat menarik bukan?

sekolah online anak

Sumber:

Prasetyo, D. (2021), 'Wajib Ditonton, Ini 7 Film Kartun Anak yang Mendidik', Popmama.com, 14 Maret 2021 [daring] Available at: https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/fx-dimas-prasetyo/film-kartun-anak-yang-paling-mendidik/4

Josephine, I.H. (2021), 'Ketahui 5 Manfaat Baik dari Menonton Kartun Bagi Anak', Kiddo.id, 19 Januari 2021 [daring] Available at: https://m.kiddo.id/article/ketahui-5-manfaat-baik-dari-menonton-kartun-bagi-anak

Phanie. (2019), 'Wajib Tahu, Ini 4 Kartun Anak yang Mendidik', Orami.co.id, 17 September 2019 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/kartun-anak-yang-mendidik

Sachi, K. '15 Rekomendasi Film Kartun untuk Anak, Terpopuler dan Mendidik', Theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/film-kartun-untuk-anak

Sumber Gambar: 

Anak Menonton Kartun [daring]. Available at: https://www.pantau.com/topic/ragam/5-dampak-negatif-menonton-film-kartun-pada-anak

Kartun Curious George [daring]. Available at: https://www.mogimogy.com/2022/03/daftar-karakter-kartun-curious-george.html

Kartun Arthur [daring]. Available at: https://www.pinterest.com/pin/539517230340053851/

Kartun Inside Out [daring]. Available at: https://www.kompas.com/hype/read/2020/10/07/075830966/sinopsis-film-inside-out-kisah-5-macam-emosi-manusia?page=all

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar