5 Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Nurul Habibah Feb 18, 2022 • 6 min read


Anak Kecanduan Gadget

“Gadget adalah benda yang setiap harinya tidak bisa ditinggalkan. Nah, simak dulu yuk gimana cara mengatasi jika anak  Anda kecanduan gadget”

Gadget kini jadi salah satu benda yang sudah tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun kini juga sudah memiliki gadget, sebagai salah satu fasilitas yang diberikan oleh orang tua. Gadget memang memiliki banyak manfaat, namun disamping itu ada juga berbagai efek buruk yang dapat terjadi jika kecanduan. 

Anak Kecanduan Gadget(Sumber: Sehatq.com)

Anak-anak biasanya belum bisa membatasi diri dalam menggunakan gadget, apabila Anda tidak memperhatikan dengan baik, anak-anak bisa kecanduan dan bahkan susah untuk dihentikan. Anak-anak yang kecanduan gadget acap kali bisa menangis dan mengamuk ketika jauh dari gadget mereka. Nah, jika anak Anda sudah terlanjur kecanduan gadget, berikut ada 5 tips yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Batasi serta Awasi Penggunaan Gadget Pada Anak

Langkah awal yang bisa Anda coba adalah dengan membatasi waktu untuk anak mengakses gadget. Anda bisa memberinya waktu 1 hingga 2 jam dalam sehari untuk menggunakan gadget. Namun, jangan lupa awasi juga anak ketika menggunakan gadget mereka. Ini berguna agar anak tidak mengakses konten-konten yang belum pantas untuk seusia mereka. 

Ketika menerapkan batasan penggunaan gadget Anda harus benar-benar tegas. Latih anak untuk terbiasa meminta izin sebelum bermain gadget, serta bisa mengembalikan dengan baik setelah digunakan. Nah, jangan lupa simpan gadget di tempat yang tidak diketahui oleh anak, sehingga Ia tidak dapat menggunakannya tanpa seizin Anda. 

2. Buat Aktivitas Menyenangkan Bersama Anak

Agar anak Anda tidak terus-terus memikirkan gadget, coba alihkan perhatiannya dengan berbagai aktivitas menyenangkan. Anda bisa mencoba mengajak anak untuk berolahraga bersama, membuat gambar atau melukis bersama, berkebun bersama di luar rumah, membaca buku yang Ia suka, atau bahkan mengajaknya membantu Anda memasak. 

Tips Atasi Anak Kecanduan Gadget(Sumber: Cussonskids.co.id)

Nah, Anda bisa juga mengajak anak untuk jalan-jalan ke taman yang dekat dari rumah. Sehingga Ia bisa bersosialisasi dan bermain bersama anak-anak sebayanya. Selain itu, Anda bahkan dapat mengundang anak-anak di sekitar rumah untuk berkunjung dan bermain bersama anak Anda. 

3. Beritahu Bahaya Menggunakan Gadget Terlalu Lama

Anda bisa juga menjelaskan kepada anak tentang bahaya penggunaan gadget terlalu lama. Anda bisa memberitahunya bahwa Ia bisa mengalami obesitas atau sakit mata jika terlalu lama duduk bermain gadget dan jarang bermain di luar. Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti agar anak paham apa yang Anda jelaskan. 

Kemudian, Anda bisa memberitahu anak bahwa gadget dan internet adalah tempat yang berbahaya untuk anak-anak, apalagi jika Ia sudah bermain media sosial. Tidak apa-apa jika Anda menjelaskan tentang orang yang melakukan kejahatan melalui media sosial. Namun, jangan lupa diskusikan juga dengan anak tentang cara menghindari bahaya seperti itu. Contohnya, menyepakati dengan anak bahwa penggunaan gadget harus dibawah pengawasan Anda.

4. Tetapkan Wilayah Bebas Gadget di Rumah

Bahaya Kecanduan Gadget(Sumber: Liputan6.com)

Menentukan wilayah bebas gadget di rumah juga bisa membantu anak untuk tidak kecanduan bermain gadget. Anda bisa menentukan wilayah bebas gadget seperti di ruang keluarga, ruang makan, atau kamar tidur. Di tiga ruang tersebut tidak boleh ada yang bermain gadget. Jadi aturan ini tidak hanya berlaku bagi anak-anak, namun Anda dan semua yang ada di sana harus menaati aturan tersebut. Sebab Anak-anak tentu akan melihat dan meniru apa yang dilakukan orang tua dan lingkungannya, jadi semua harus menjadi contoh yang baik. 

5. Perbanyak Waktu Bersama Anak

Salah satu alasan mengapa anak bisa kecanduan gadget adalah kurangnya perhatian dari orang tua yang sibuk. Beberapa orang tua bahkan sengaja memberikan gadget ketika mengasuh anak mereka, agar mereka bisa sambil melakukan pekerjaan lain. 

Supaya anak Anda tidak bergantung pada gadget, sebaiknya coba bagi waktu Anda dengan baik. Jangan lupa berikan waktu untuk menemani anak-anak agar mereka juga merasa diperhatikan. Perhatian dan kehadiran orang tua di samping Anak merupakan salah satu faktor yang membantu tumbuh kembang anak lebih baik.

Jadi, itulah 5 tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah anak yang kecanduan gadget. Agar gadget bisa dimanfaatkan dengan lebih baik, tidak ada salahnya Anda mengarahkan anak menggunakan gadget untuk kebutuhan pendidikan. Nah, salah satu cara yang bisa juga Anda coba adalah mendaftarkan anak di altaschool.  

Alta School merupakan sekolah online dengan konsep homeschooling. Sekolah ini diperuntukkan bagi anak-anak di tingkat PAUD hingga SD. Melalui metode belajar blended learning sekolah online ini dapat membantu anak Anda mengembangkan minat serta kreativitasnya sejak dini. Beberapa fasilitas belajar yang seru juga bisa dirasakan oleh anak-anak, seperti Live Teaching, Home-Based Project, Pendidikan Karakter, Learning Kit, dan lain sebagainya.

New call-to-action

Sumber: 

Nareza, M. (2020), ‘Ini Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget’, Alodokter.com, 08 Juni 2020 [daring] Available at: https://www.alodokter.com/ini-cara-mengatasi-anak-yang-kecanduan-gadget

Anisya, N. (2020), ‘7 Cara Efektif Mengatasi Anak Kecanduan Gadget saat di Rumah Saja’, Popmama.com, 05 Agustus 2020 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/ninda/cara-mengatasi-kecanduan-gadget-pada-anak/7

Pintek. (2020), ‘7 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak (Efektif)’, Pintek.id. 16 Oktober 2020 [daring] Available at: https://pintek.id/blog/kecanduan-gadget/

Sumber Gambar:

Anak yang Main Hp dalam Kamar [daring]. Available at: https://www.sehatq.com/artikel/cegah-anak-kecanduan-gadget-dengan-tips-ini

Anak-anak Bermain di Taman [daring]. Available at: https://www.cussonskids.co.id/bermain-bersama-anak/

Anak Menangis Meminta Gadget [daring]. Available at: https://www.liputan6.com/health/read/4486752/6-cara-mendidik-anak-agar-tidak-kecanduan-gadget

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar