Berapa sih Usia Ideal Anak Belajar Calistung? Simak Tipsnya

Nurul Habibah Jan 28, 2022 • 6 min read


Alta - Usia Ideal Belajar Calistung

“Membaca, menulis, dan berhitung memang sebaiknya diajarkan sejak dini kepada anak. Artikel ini berisi informasi tentang usia yang tepat untuk anak belajar tiga hal tersebut, simak dulu yuk!”

--

Membaca, menulis, dan berhitung atau disebut juga calistung, adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh semua anak. Calistung sendiri bukanlah suatu tahapan tumbuh kembang yang mudah untuk anak. Sebab, sebelum anak menguasai ketiga hal itu, ada berbagai proses yang harus dihadapi dan dilalui oleh anak. 

Saat anak-anak berusia 0-6 tahun, ini merupakan masa-masa emas mereka, dimana otak anak pada usia ini sangat mudah untuk menyerap berbagai hal. Di masa ini, anak-anak mulai bersosialisasi dan bermain. Terutama saat mereka berumur 2-3 tahun, mereka belum saatnya mempelajari banyak hal dan hanya fokus untuk melatih otaknya terlebih dahulu. 

Setelah anak berusia 3 tahun, barulah mereka mulai bisa memahami bentuk serta warna. Ketika memasuki usia 4 tahun, anak-anak diperkenalkan dengan hal yang lebih sulit, seperti pemandangan dan bagian tubuhnya. Pada masa-masa ini, Anda sebaiknya banyak mengajak anak berinteraksi dengan lingkungan, agar Ia tumbuh menjadi anak yang pemberani dan percaya diri. 

Tips Mengajarkan Anak Membaca(Sumber: Liputan6.com)

Nah, agar tumbuh kembang anak semakin maksimal, sebaiknya di usia berapakah anak harus belajar calistung? Simak beberapa tips ini agar Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk anak belajar calistung.

1. Belajar Membaca

Membaca tidak hanya berguna untuk proses kehidupan yang akan dijalani anak, namun juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu anak membangun imajinasinya. Membaca dapat membantu anak meningkatkan kreativitasnya. 

Sebaiknya, anak-anak mulai diajarkan membaca ketika di usia 3-5 tahun. Anda dapat mengajarkan anak pertama kali melalui gambar. Ketika anak mampu menghafal gambar, maka bisa menumbuhkan ketertarikannya untuk menghafal simbol serta logo yang ada di sekitarnya. Untuk mengajarkan anak memahami gambar dan huruf, Anda bisa memberikan buku bergambar yang mempunyai angka dan huruf kepada anak. Cara ini biasanya sangat ampuh, sebab anak-anak cukup tertarik dengan media gambar yang ada di buku tersebut. 

Saat memasuki usia 4-6 tahun, anak-anak sudah bisa diharapkan untuk membaca dan tidak lagi sekedar mengenalinya. Anak sudah bisa mengenal suku kata, sehingga lebih mudah untuk mengajarkan mereka membaca satu atau dua kata. Biasanya ketika memasuki usia 5 tahun anak juga sudah bisa loh mengidentifikasi cerita dari bacaan yang mereka baca.

Baca juga: 7 Tips Memilih Sekolah TK untuk Anak 

2. Belajar Menulis

Cara Mengajarkan Anak Menulis(Sumber: Klikdokter.com)

Sebelum belajar menulis, anak harus terlebih dahulu menguasai cara memegang pensil dengan benar. Nah, setelah mereka terbiasa bermain dengan perangkat menulis, maka mereka biasanya akan mulai belajar menulis. 

Saat anak berusia 15 bulan, biasanya Ia mulai mencoret-coret halaman buku dengan acak. Di masa ini anak mulai menyadari bahwa gerakan krayon atau pensil dapat menghasilkan garis-garis di kertas. Meski awalnya anak-anak memegang krayon dalam kepalan tangan dan dengan gerakan besar, nanti lambat laun Ia bisa terbiasa dan dapat mengontrol gerakannya. 

Ketika anak memasuki usia 2,5 - 3 tahun, Ia mulai bisa mengendalikan coretannya. Anak-anak di masa ini akan menggambar bentuk yang sama, contohnya lingkaran yang berulang-ulang. Umumnya, menjelang usia 3 tahun anak-anak akan beralih memegang krayon di antara ibu jari dan jari tengahnya. Nah, di usia 3,5 tahun barulah anak mendapatkan pemahaman tentang bentuk serta pola. Pada masa ini, anak dapat menggambar garis, kurva dan titik-titik, yang merupakan salah satu langkah untuk mulai menyatukan pola yang dapat membentuk huruf. 

Baca juga: Pentingnya Mengenalkan Matematika Kepada Anak, Nggak Cuma Soal Hitungan

Setelah belajar membentuk huruf dengan cara menghubungkan pola, anak-anak kedepannya akan lebih mudah untuk mulai menulis hal lainnya. Meski tahapannya cukup panjang, namun tidak perlu terburu-buru mengejar pencapaian anak. Sebab, setiap anak membutuhkan waktu yang berbeda-beda dalam belajar. 

 

3. Belajar Menghitung

Tips Anak Belajar Berhitung(Sumber: Popmama.com)

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan anak berhitung adalah dengan mengajak Ia menghitung benda-benda yang ada di sekitar. Ini bisa Anda mulai ketika anak memasuki usia 4-6 tahun. Setelahnya, baru Anda bisa mengajarkan anak untuk mulai menghafal angka dan menuliskan angka-angka tersebut. Umumnya anak-anak baru bisa fokus untuk belajar hitung-hitungan ketika mereka memasuki usia 6-7 tahun. Sebab, di usia ini sensorik dan motorik anak sudah siap untuk mempelajari angka-angka dengan baik. 

Jadi, itulah usia ideal untuk anak belajar calistung dan tips-tips yang perlu Anda ketahui. Namun, ingat juga bahwa setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, jangan paksa anak untuk terus belajar ketika usia 4-5 tahun mereka belum bisa calistung dengan baik. Memaksakan anak belajar dapat memberikan pengalaman yang buruk untuk anak, sehingga Ia tumbuh dalam tekanan dan juga rasa takut. 

Nah, supaya anak semakin lancar dalam membaca, menulis dan menghitung, Anda juga bisa nih mulai daftarkan anak Anda di altaschool. Alta School adalah layanan pendidikan dengan konsep homeschooling yang berfokus mengembangkan minat dan kreativitas anak. 

Alta School telah menggunakan kurikulum K-13 loh. Selain itu, fasilitas belajar yang tersedia di Alta School juga beragam dan menarik. Seperti Live Teaching, Kelas Tambahan, Pendidikan Karakter, Home-Based Project, dan lain sebagainya.

New call-to-action

Sumber: 

Octama, C. (2018), ‘Jangan Dipaksakan! Ini Usia yang Tepat Anak Belajar Calistung’, Orami.co.id, 17 September 2018 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/jangan-dipaksakan-ini-usia-yang-tepat-anak-belajar-calistung/

Fadli, R. (2021), ‘Usia Berapa Anak Sebaiknya Mulai Belajar Membaca’, Halodoc.com, 09 Februari 2021 [daring] Available at: https://www.halodoc.com/artikel/usia-berapa-anak-sebaiknya-mulai-belajar-membaca

Fadli, R. (2020), ‘Inilah Usia yang Tepat Anak Belajar Menulis’, Halodoc.com, 12 Maret 2020 [daring] Available at: https://www.halodoc.com/artikel/inilah-usia-yang-tepat-anak-belajar-menulis

Intan, R. ‘Kapan Usia Ideal Anak Belajar Calistung? Ketahui Jawaban dan Tipsnya Berikut Ini’, Id.theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/belajar-calistung

Sumber Gambar:

Anak Belajar Membaca [daring]. Available at: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4716479/6-tips-ajarkan-anak-kebiasaan-baik-soal-uang

Anak Belajar Menulis [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3618167/kapan-anak-mulai-belajar-menulis-cek-tahapannya-di-sini

Anak Belajar Menghitung [daring]. Available at: https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/sarrah-ulfah/8-cara-mengajarkan-anak-tk-berhitung-secara-efektif

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar