Paling Sering Ditanya

Akademik & Program
Non Akademik (Operations)

Apakah Alta School merupakan homeschooling?

Alta School adalah sekolah dengan metode blended learning berbasis online setara dengan pembelajaran sekolah konvensional. Alta School setara dengan homeschooling dengan metode pembelajaran daring yang dapat menyesuaikan kebutuhan siswa.

Alta School tersedia untuk jenjang apa saja?

Untuk saat ini Alta School terdiri dari jenjang PAUD dan SD (kelas 1-3).

Apakah siswa Alta School terbatas pada daerah tertentu di Indonesia?

Alta School dapat dijangkau oleh para siswa di seluruh Indonesia.

Kurikulum apa yang digunakan Alta School?

Alta School menggunakan kurikulum nasional, yakni Kurikulum K-13 yang diperkaya dengan pembelajaran keterampilan abad ke-21.

Apakah Alta School bisa dijadikan sekolah pelengkap?

Bisa. Alta School bisa dijadikan sekolah pelengkap atau sekolah pendamping untuk anak, karena kami memiliki pilihan jadwal belajar yang dapat menyesuaikan dengan sekolah utama anak.

Bagaimana bentuk interaksi kelas di Alta School?

Interaksi kelas di Alta School berjalan secara interaktif melalui pembelajaran online (daring) dan pembelajaran offline (luring) dengan aktivitas mandiri dan program Home Based Project.

Apakah terdapat pilihan program non-akademik?

Ya. Alta School menyediakan berbagai aktivitas yang terdapat di program Home Based Project untuk mengembangkan minat bakat dan eksplorasi siswa. Kegiatan Home Based Project antara lain Literasi Baca Tulis & Numerasi, Klub Sains, Fun Math, English Club, Art & Craft, Life Skills, dan Science in English.

Bagaimana perbedaan Alta School dengan sekolah konvensional biasa?

Pembelajaran di Alta School setara dengan sekolah konvensional, namun belajar di Alta School lebih interaktif dan menggunakan pembelajaran visual learning, juga dengan aktivitas mandiri.

Bagaimana sistem jadwal belajar di Alta School?

Jadwal pembelajaran di Alta School memiliki waktu yang fleksibel, siswa dapat memilih sesi pagi dan siang sesuai dengan jadwal yang diberikan.

Apakah bisa bergabung di pertengahan tahun ajaran?

Pendaftaran Alta School dibuka sepanjang tahun untuk jenjang PAUD atau TK. Khusus jenjang SD, kami membuka pendaftaran sepanjang tahun dengan syarat dapat mengikuti mekanisme yang diberikan oleh Dinas Pendidikan.

Apa yang membuat Alta School cocok untuk menjadi sekolah pendamping anak?

Pembelajaran di Alta School dengan metode live teaching interaktif dan aktivitas mandiri sehingga siswa lebih mudah memahami materi dengan cepat dibandingkan sekolah konvensional. Alta School juga dapat dijadikan sebagai sekolah utama maupun sebagai sekolah pelengkap atau pendamping sehingga para siswa dapat lebih mudah memahami pembelajaran yang diberikan.

Apakah syarat untuk masuk Alta School?

Usia anak telah memasuki 4 tahun 0 bulan (per 1 Juli setiap tahunnya) untuk jenjang PAUD dan 6 tahun 0 bulan (per 1 Juli setiap tahunnya) untuk jenjang SD, memenuhi persyaratan administratif dan Placement Test.

Apakah terdapat tes masuk?

Ada sesi wawancara untuk observasi siswa setelah proses pendaftaran selesai.

Bagaimana sistem ujian di Alta School?

Alta School mengampu muatan kurikulum yang sama dengan kurikulum nasional, maka siswa Alta School juga mengikuti program dari Dinas Pendidikan, termasuk pembelajaran yang setara dengan kegiatan harian, Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), dan Ujian Kenaikan Kelas (UKK).

Dengan pengumuman pembelajaran tatap muka yang akan diberlakukan, apakah Alta School juga memiliki sistem belajar offline?

Alta School sebagai sekolah berbasis teknologi online dengan program blended learning yang digunakan adalah mengkombinasikan antara pembelajaran daring (dalam jaringan) dengan interactive live teaching dan pembelajaran luring (luar jaringan) dengan aktivitas mandiri atau program Home Based Project.

Bagaimana jika tidak ada orang tua yang dapat mendampingi anak dalam proses pembelajaran?

Program di Alta School dirancang untuk melatih kemandirian siswa sejak dini. Pendampingan belajar diberikan orang dewasa lainnya untuk memastikan para siswa agar dapat mengikuti pembelajaran sesuai jadwal yang diberikan.

Bagaimana dengan mekanisme rapor Alta School?

Rapor bulanan diberikan sebulan sekali pada pertemuan guru dan orang tua, serta rapor semester serta kenaikan kelas. Salinan softcopy akan dikirimkan melalui email.

Apakah Alta School menerima siswa pindahan?

Ya. Alta School menerima siswa pindahan dari sekolah lain.

Apakah Alta School menerima Anak Berkebutuhan Khusus?

Untuk saat ini Alta School belum memiliki fasilitas pembelajaran khusus untuk Anak Berkebutuhan Khusus, namun jika program Alta School dapat digunakan untuk menstimulasi proses pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dengan pendampingan penuh orang tua, Alta School mengizinkan orang tua untuk menggunakan program kami.

Bagaimanakah dengan NISN di PAUD di Alta School?

Alta School tidak memberikan NISN untuk siswa PAUD. NISN diberikan kepada Siswa SD kelas 1.

Apakah siswa PAUD Alta school akan mendapatkan Ijazah Diknas?

Siswa PAUD akan mendapatkan sertifikat kelulusan (internal) dari Alta School sebagai ketuntasan program pembelajaran PAUD, dimana sesuai dengan aturan kemendikbud untuk mendaftarkan di SD tidak memerlukan Ijazah PAUD.

Platform apa yang digunakan untuk kebutuhan belajar siswa?

Siswa akan menggunakan platform ruangkelas (melalui aplikasi Ruangguru atau web browser).

Apa itu ruangkelas?

ruangkelas adalah platform layanan sistem kelola pembelajaran jarak jauh untuk mendukung kegiatan belajar mengajar guru dan murid secara daring.

Bagaimana proses pengiriman learning kit?

Proses pengiriman learning kit akan dilakukan setelah siswa telah melakukan pembayaran dan telah mengisi data lengkap untuk alamat pengiriman. Alamat yang diberikan harus mencantumkan kode pos.

Berapa lama pengiriman learning kit?

Proses pengiriman learning kit selama 7-14 hari kerja, terhitung sejak siswa telah melakukan pembayaran.