Syarat Dan Ketentuan Penggunaan Layanan Alta School

Selamat datang di Layanan Alta School!

Harap membaca Syarat dan Ketentuan ini secara seksama sebelum Anda mulai menggunakan Layanan Alta School, karena peraturan ini berlaku pada penggunaan Anda terhadap Layanan Alta School.

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan Alta School ini merupakan perjanjian antara pengguna (“Anda” atau “Pengguna ”) dan Alta School (“Kami” atau “Layanan Alta School ”), sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia dan berdomisili di DKI Jakarta, Indonesia. Syarat dan Ketentuan ini mengatur Anda saat mengakses dan menggunakan aplikasi, situs web (www.altaschool.id), fitur, teknologi, konten, dan produk yang Kami sediakan (selanjutnya, secara Bersama-sama disebut sebagai “Layanan Alta School ”).

Secara umum, Anda harus berusia minimal 18 (delapan belas) tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan agar Anda secara hukum memiliki kapasitas dan berhak untuk mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka tindakan Anda mendaftar, mengakses, menggunakan, atau melakukan aktivitas lain dalam Layanan Alta School yang Kami sediakan harus dalam sepengetahuan, pengawasan dan persetujuan yang sah dari orang tua, wali atau pengampu Anda. Orang tua, wali atau pengampu yang memberikan persetujuan bagi Anda yang berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun bertanggung jawab secara penuh atas seluruh tindakan dan aktivitas Anda dalam penggunaan dan akses terhadap Layanan Alta School. Anda secara tegas mengesampingkan setiap hak berdasarkan hukum untuk membatalkan atau mencabut setiap dan seluruh persetujuan yang Anda berikan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini pada waktu Anda dianggap telah dewasa secara hukum.

Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan Alta School ini, Anda juga menyetujui Syarat dan Ketentuan tambahan, termasuk Syarat dan Ketentuan atas setiap Layanan, dan perubahannya yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini (selanjutnya, Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan Alta School, Syarat dan Ketentuan tambahan, dan perubahannya secara bersama-sama disebut sebagai “Syarat dan Ketentuan ”). Meskipun merupakan satu kesatuan, Syarat dan Ketentuan tambahan akan berlaku dalam hal terdapat perbedaan dengan Syarat dan Ketentuan.

Jika Anda tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh Syarat dan Ketentuan ini, maka mohon untuk segera menghentikan akses dan penggunaan Anda terhadap Layanan Alta School.

A. Definisi

“Layanan Alta School” adalah sebuah layanan sekolah online bagi Siswa di jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD), sekolah dasar (SD) di jenjang kelas 1 sampai 5, sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA).

“Kelompok” adalah kelompok belajar yang terdiri dari Wali Kelas, Siswa, dan Guru dalam Layanan Alta School dan dibentuk untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh antara Guru dan Siswa berdasarkan jenjang pendidikan masing-masing Siswa.

“Guru” adalah individu dengan kualifikasi pengajar yang disediakan oleh Kami atau afiliasi Kami untuk berperan sebagai tenaga pendidik dalam Layanan Alta School dalam Kelompok yang dibentuk pada Layanan Alta School.

“Siswa” adalah Pengguna yang memiliki peran sebagai Siswa dalam Layanan Alta School.

“Pengguna” adalah setiap orang yang menggunakan Layanan Alta School.

“Wali Kelas” adalah seorang Guru yang diberikan tanggung jawab untuk membina Siswa dalam sebuah Kelompok dan berperan sebagai perantara pimpinan Alta School dan orang tua atau wali Siswa.

B. Syarat Pendaftaran

Agar dapat diterima untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di Layanan Alta School, calon Siswa (“Calon Siswa”) wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Persyaratan umur =
    1. PAUD = sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun 0 (nol) bulan pada setiap tanggal 1 Juli setiap tahunnya.
    2. SD = 6 (enam) tahun 0 (nol) bulan pada setiap tanggal 1 Juli setiap tahunnya.
    3. SMP = bebas usia.
    4. SMA = minimum 15 (lima belas) tahun 0 (nol) bulan pada setiap tanggal 1 Juli setiap tahunnya.
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh tim Alta School, dan menyerahkan dokumen-dokumen administratif termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. Akta Kelahiran;
    2. Kartu Keluarga;
    3. Pas Foto (formal dengan latar belakang merah);
    4. Rapor Terakhir (bagi Calon Siswa jenjang SD/SMP/SMA);
    5. Ijazah Pendidikan Terakhir SD yang diterbitkan minimum 3 tahun sebelum melakukan pendaftaran ke SMP Alta School (bagi Calon Siswa jenjang SMP);
    6. Ijazah Pendidikan Terakhir SMP yang diterbitkan minimum 2 tahun sebelum melakukan pendaftaran ke SMA Alta School (bagi Calon Siswa jenjang SMA); dan
    7. Surat Keterangan Pindah (bagi Calon Siswa yang pindah dari Lembaga PAUD/SD/SMP/SMA lainnya).
  3. Telah berhasil melakukan transaksi pembayaran pertama.
  4. Mengikuti sesi konsultasi / tes / wawancara yang diselenggarakan oleh tim Alta School.

Calon Siswa yang berusia di bawah 4 (empat) tahun untuk jenjang PAUD dapat dipertimbangkan untuk diterima pada Layanan Alta School apabila dinyatakan lolos tes masuk dan wawancara yang Kami selenggarakan.

C. Ketentuan Pembayaran

Layanan Alta School dikenakan biaya yang dapat Pengguna temukan sebelum bergabung menjadi Siswa pada Layanan Alta School. Kami dapat mengubah atau memperbaharui biaya dari waktu ke waktu berdasarkan faktor tertentu, dan Kami juga dapat membebankan harga dan/atau biaya dengan besaran tertentu sebagai pembayaran untuk penggunaan Layanan Alta School yang dapat dipungut oleh Kami atau afiliasi Kami.

Pengguna dapat melakukan pembayaran terhadap Layanan Alta School dengan uang tunai atau melalui metode pembayaran elektronik, yang disediakan oleh pihak ketiga independen (“Penyedia Metode Pembayaran”) pada Aplikasi, termasuk uang elektronik, pinjaman, kartu debit atau kredit, rekening bank, atau metode pembayaran lain (“Metode Pembayaran”) yang dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan Kami sepenuhnya. Layanan Alta School tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang disebabkan atas layanan yang disediakan oleh Penyedia Metode Pembayaran, termasuk namun tidak terbatas pada, downtime sistem pembayaran atau terhentinya layanan pembayaran.

Untuk dapat melakukan pembayaran melalui Metode Pembayaran, Pengguna harus terdaftar secara resmi pada Penyedia Metode Pembayaran yang Pengguna pilih dan menggunakan kredensial pembayaran Pengguna sendiri. Dalam hal Pengguna menggunakan kredensial terdaftar pihak lain, Pengguna bertanggung jawab secara penuh atas semua perizinan yang diperlukan dan semua kerugian atau sengketa yang timbul antara Pengguna dan pihak lain tersebut, karena kelalaian atau kesalahan Penggguna.

Calon Siswa Layanan Alta School yang telah memenuhi syarat-syarat sebagaimana dimaksud dalam Poin B Syarat dan Ketentuan Khusus ini dapat membayar paket pembelajaran, yang terdiri atas Biaya Registrasi & Program Tahunan, Modul Belajar & Learning Kit, Administrasi & Assessment, hingga Biaya SPP yang dibayar 1 (satu) kali untuk 1 (satu) tahun ajaran dengan skema Lunas atau Cicilan, disesuaikan dengan ketentuan yang ada.

Apabila Pengguna Layanan Alta School yang tidak memenuhi kewajiban pembayaran setelah melewati tanggal jatuh tempo yang ditentukan, maka akan berlaku ketentuan sebagai berikut:

  1. Pengguna yang tidak memenuhi kewajiban pembayaran sampai dengan 3 (tiga) hari kalender setelah tanggal jatuh tempo tanpa konfirmasi akan dihimbau untuk tidak mengikuti aktivitas pembelajaran dalam Layanan Alta School sampai kewajiban cicilan pelanggan tersebut dipenuhi.
  2. Pengguna yang tidak memenuhi kewajiban sampai dengan 7 (tujuh) hari kalender setelah tanggal jatuh tempo tanpa konfirmasi akan dihentikan sementara aksesnya terhadap seluruh fitur Layanan Alta School dan tidak dapat mengikuti Unit Test serta penerimaan rapor sampai kewajiban cicilan pelanggan tersebut dipenuhi.

Layanan Alta School berhak menolak atau menunda untuk meneruskan permintaan pembayaran Pengguna melalui Metode Pembayaran karena alasan tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada adanya indikasi atau Kami mempunyai alasan yang cukup untuk menduga adanya kecurangan, penipuan, pelanggaran Syarat dan Ketentuan, pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk yang terkait dengan alat pembayaran menggunakan kartu, uang elektronik, pemrosesan transaksi pembayaran, anti pencucian uang, korupsi dan pencegahan pendanaan terorisme, atau tindakan lain yang tidak wajar atau mencurigakan, termasuk belum dipenuhinya kewajiban Pengguna kepada Layanan Alta School.

D. Ketentuan Pengembalian Dana

Pengguna Layanan Alta School berhak atas pengembalian Biaya Registrasi & Program Tahunan, Modul Belajar & Learning Kit, Administrasi & Assessment, hingga Biaya SPP (secara bersama-sama, “Pengembalian Dana”), dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Pengguna mengalami kerugian yang disebabkan oleh kesalahan dalam transaksi Pembayaran pada Layanan Alta School;
  2. Pengguna salah dalam memasukan nominal pembayaran ketika melakukan transfer pembayaran; dan/atau
  3. Pengguna secara tidak sengaja melakukan transfer kepada rekening Alta School, yang semestinya ditujukan pada rekening lain untuk keperluan lain.

Proses tahapan pengajuan Pengembalian Dana adalah sebagai berikut:

  1. Pengguna wajib mengajukan permohonan Pengembalian Dana kepada Kami melalui kontak yang telah disediakan oleh Kami.
  2. Permohonan Pengembalian Dana dilakukan dengan turut menyertakan bukti-bukti yang diperlukan atas alasan permohonan pengembalian dana ke Alta School, seperti nomor rekening, hasil scan dan/atau fotokopi buku tabungan, surat keterangan kesehatan, surat kematian, dan sebagainya.
  3. Permohonan Pengembalian Dana oleh Pengguna akan Kami proses selambat-lambatnya dalam waktu 20 (dua puluh) hari kerja sejak proses verifikasi.
  4. Dana kepada Pengguna hanya dapat dikirim oleh Kami melalui rekening atau transfer bank.

Alta School tidak memiliki kewajiban untuk melakukan Pengembalian Dana kepada Pengguna apabila permohonan Pengembalian Dana dilakukan berdasarkan alasan ketidakcocokan terhadap Layanan Alta School. Dengan melakukan transaksi pembayaran sebagaimana dimaksud Poin B di atas, Pengguna dianggap telah menyetujui dan memahami segala metode Alta School dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Termasuk dalam hal ini adalah peran guru, pengajar, atau fasilitator lainnya di dalam lingkup pembelajaran Layanan Alta School. Untuk menghindari faktor ketidakcocokan antara Pengguna dengan metode belajar mengajar yang disediakan dalam Layanan Alta School, calon Pengguna dapat memanfaatkan program free trial class.

E. Proses Kegiatan Belajar Mengajar

  1. Kegiatan belajar mengajar di Layanan Alta School akan dilakukan menggunakan layanan pihak ketiga. Sebelum menggunakan layanan pihak ketiga, Pengguna wajib membaca dan memahami syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi yang ditetapkan oleh layanan pihak ketiga. Penggunaan layanan pihak ketiga oleh Pengguna yang berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun bergantung pada pengawasan dan persetujuan orang tua atau wali Pengguna. Kami menganjurkan orang tua atau wali yang mengawasi dan mengizinkan anak-anak mereka untuk menggunakan layanan pihak ketiga untuk mengkomunikasikan tentang keamanan anak-anak mereka secara online . Orang tua atau wali dari Pengguna yang berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun yang menggunakan layanan pihak ketiga harus mengetahui potensi risiko yang dapat Pengguna alami saat menggunakan layanan pihak ketiga, dan sepenuhnya bertanggung jawab atas segala tindakan Pengguna saat menggunakan layanan pihak ketiga.
  2. Pengguna dapat langsung memilih jadwal belajar setelah menyelesaikan proses pembayaran sebagaimana dimaksud bagian B di atas.
  3. Jadwal belajar yang dapat dipilih adalah jadwal belajar yang telah ditentukan oleh Alta School.
  4. Pengguna dapat mengajukan perpindahan Kelompok maksimal 1 (satu) kali.
  5. Pengguna dapat memilih untuk pindah jadwal belajar atau Kelompok dengan alasan yang masuk akal dan dipastikan dapat mengganggu proses kegiatan belajar mengajar Siswa.
  6. Dalam hal Pengguna memilih untuk pindah jadwal belajar atau Kelompok, maka Pengguna dapat melakukan pemenuhan prosedur sebagai berikut:
    1. Siswa memberi konfirmasi pada Wali Kelas Kelompok pada Layanan Alta School.
    2. Wali Kelas melakukan pengecekan dan memberi persetujuan apabila alasan siswa dianggap relevan dan valid.
    3. Wali Kelas melaporkan perpindahan jadwal atau kelompok belajar siswa kepada admin.
    4. Admin melakukan pengecekan dan konfirmasi atas perpindahan jadwal atau kelompok belajar siswa.

F. Larangan-Larangan

Layanan Alta School selalu berkomitmen untuk menyediakan sarana belajar yang aman dan nyaman bagi seluruh siswa. Dalam kegiatan belajar mengajar pada Layanan Alta School, Pengguna dilarang untuk:

  1. mencuri aset, sarana, atau prasarana yang disediakan oleh Kami pada Layanan Alta School yang digunakan secara bersama-sama;
  2. merusak aset, sarana, atau prasarana yang disediakan oleh Kami pada Layanan Alta School yang digunakan bersama;
  3. melakukan vandalisme pada aset, sarana, atau prasarana milik Alta School yang digunakan bersama; dan
  4. melakukan kekerasan dan perbuatan tidak menyenangkan terhadap guru dan karyawan aktif Alta School.

G. Dokumentasi Kegiatan Belajar Mengajar

Selama kegiatan belajar mengajar di Layanan Alta School, Kami dapat mengambil gambar atau video atau menggunakan data pribadi Siswa untuk keperluan operasional Alta School. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Khusus ini, maka Siswa dan orang tua/wali Siswa memberikan persetujuan atas proses pengambilan gambar atau video untuk kepentingan dokumentasi dan evaluasi belajar mengajar oleh pihak internal Alta School, dan pemberian data dan informasi pribadi anak untuk kepentingan riset internal Alta School, seperti nama sekolah, jenjang, nama orang tua, dan informasi lainnya yang dibutuhkan.

H. Ketentuan Lainnya

  1. Kami memiliki hak untuk membekukan dan/atau menghapus akun Pengguna yang Kami anggap melanggar ketentuan yang terkandung dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  2. Anda setuju untuk membebaskan dan mengganti-rugi Kami terhadap setiap tuntutan yang diajukan dan kerugian yang Kami timbulkan dalam bentuk apapun, baik langsung atau tidak langsung, terkait atau sehubungan dengan pelanggaran pernyataan, jaminan atau ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini atau tidak dilaksanakannya suatu kewajiban dalam Syarat dan Ketentuan ini oleh Anda.
  3. Kami dapat mengubah Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu, perubahan mana akan diberitahukan kepada Anda dalam bentuk dan melalui sarana apapun, termasuk namun tidak terbatas pada pemberitahuan melalui e-mail ; dan Anda setuju bahwa Anda bertanggung jawab untuk meninjau Syarat dan Ketentuan ini secara berkala. Penggunaan secara berkelanjutan oleh Anda atas Layanan Alta School setelah perubahan dan/atau penambahan Syarat dan Ketentuan yang berlaku, akan dianggap sebagai persetujuan dan penerimaan Anda atas perubahan dan/atau penambahan tersebut.

I. Cara Menghubungi Kami

Untuk menghubungi Kami, silakan menghubungi telepon Kami melalui nomor WhatsApp melalui nomor 085156678694, mengirim surat elektronik ke alamat [email protected], atau mengirim pos ke alamat Jl. Fatmawati Raya No. 24, Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan 12430.


Saya dan/atau orang tua, wali atau pengampu saya telah membaca dan mengerti seluruh Syarat dan Ketentuan ini dan konsekuensinya dan dengan ini menerima setiap hak, kewajiban, dan ketentuan yang diatur di dalamnya.