8 Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Rumah Setelah Anak Pulang Sekolah

Nurul Habibah Feb 24, 2022 • 6 min read


Alta - Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Rumah Setelah Anak Pulang Sekolah-02“Artikel ini berisi informasi tentang aktivitas seru dan bermanfaat yang dapat dilakukan ketika anak pulang sekolah. Simak dengan seksama ya”

Biasanya setelah pulang sekolah apa yang dilakukan oleh anak Anda? 

Anak-anak umumnya menyambut waktu pulang sekolah dengan sangat gembira dan bersemangat. Ini mungkin karena anak senang bisa segera bertemu Anda, atau karena merasa lega setelah lelah belajar. 

Nah, momen pulang sekolah bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk Anda menyambut anak dengan berbagai kegiatan menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan waktu ini untuk melatih berbagai aktivitas positif yang dapat membangun kemandirian anak. 

Berikut ada 8 aktivitas menyenangkan yang dapat membuat anak bersemangat dan senang saat pulang sekolah:

1. Sambut dengan Senyuman

Meskipun ketika anak pulang Anda sedang sangat sibuk, jangan lupa tetap berikan senyuman terbaik ketika Anda menjemputnya atau menunggunya di rumah. Senyuman yang tulus dari orang tua dapat memberikan kehangatan untuk setiap anak. Bahkan, senyuman bisa menjadi salah satu hal yang memiliki arti besar bagi anak Anda. Jadi, pastikan setiap hati sambut anak Anda dengan senyuman hangat agar Ia merasa semakin nyaman saat pulang sekolah.

2. Melepas dan Meletakkan Sepatu di Rak

Aktivitas Anak Pulang Sekolah(Sumber: Kumparan.com)

Saat anak pulang sekolah, ajarkan Ia untuk terbiasa membuka sepatu sendiri. Selain itu, biasakan juga anak untuk selalu meletakkan sepatu tersebut di rak yang tersedia. Dengan melatihnya sejak dini melakukan hal tersebut, anak-anak dapat terus mengingatnya dan menjadikan itu sebagai kebiasaan hingga Ia dewasa nantinya. 

3. Biasakan untuk Mencuci Tangan dan kaki

Mencuci tangan adalah salah satu hal yang penting dilakukan, terutama untuk anak yang baru pulang beraktivitas di luar rumah. Berbagai bakteri dan kuman dapat terbawa ketika anak dalam perjalanan pulang ke rumah. Oleh karena itu, biasakan anak untuk mencuci tangan dengan sabun dan air bersih setiap pulang sekolah. Selain itu, jangan lupa juga mencuci kaki dengan bersih. 

4. Mengganti Seragam dengan Pakaian Bersih

Setelah melepaskan sepatu, pastikan anak mengganti baju seragamnya terlebih dahulu dengan pakain bersih. Kalau anak Anda masih terlalu kecil dan belum bisa mengganti pakaian sendiri, maka bantu anak untuk membuka seragamnya dan memakai baju rumah. Mengganti pakaian wajib Anda biasakan pada anak sebelum Ia melakukan aktivitas lain. 

Nah, kalau anak Anda sudah bisa mengganti pakain sendiri, cukup bantu menyiapkan pakain bersih untuknya. Kebiasaan sederhana ini dapat menumbuhkan sikap disiplin pada anak sejak dini. Ingatkan juga pada anak bahwa mengganti seragamnya setiap pulang sekolah dapat membuat tubuhnya lebih nyaman. 

5. Sediakan Makanan Bernutrisi dan Bergizi untuk Anak

Aktivitas di Rumah Bersama Anak(Sumber: Suara.com)

Setelah beraktivitas di sekolah tentu anak lapar dan butuh makan siang. Setelah Ia mengganti baju dan melakukan berbagai aktivitas di atas, Anda sebaiknya menyediakan makan siang untuk anak. Jangan sampai anak Anda telat makan, sebab ini bisa berbahaya bagi kesehatannya. Sediakan berbagai makanan yang bernutrisi dan bergizi yang disukai anak Anda. Pastikan juga anak Anda makan dengan lahap ya.

6. Ajak Anak Bercerita tentang Kegiatan di Sekolah

Ketika anak sudah sampai di rumah, tentu banyak pengalaman saat di sekolah yang dapat anak ceritakan kepada Anda. Nah, manfaatkan kesempatan ini untuk membangun kedekatan dengan anak. Mulailah dengan percakapan yang menyenangkan untuk membangun komunikasi yang baik dengan anak. Berbicara dengan santai dan lemah lembut. Hal ini dapat melatih anak untuk bisa mengutarakan perasaannya dan menjadi terbuka pada Anak. 

7. Temani Anak Bermain

Selain bercerita, Anda juga bisa menemani anak bermain saat Ia pulang sekolah. Jangan lupa sajikan juga minuman favorit serta cemilan yang sehat untuk anak. Namun, ingatkan juga anak Anda untuk mengerjakan tugas rumah yang telah diberikan oleh gurunya, sebelum Ia bermain. 

8. Berikan Anak Waktu Istirahat

Pentingnya Tidur Siang untuk Anak(Sumber: Alodokter.com)

Setelah anak pulang sekolah, anak tentu juga cukup lelah, Jadi, berikan anak waktu untuk beristirahat. Dengan tidur siang sejenak, tubuh anak bisa kembali fit dan lelah nya teratasi dengan baik. Tubuh yang fit juga bisa menambah imunitas anak dan mencegahnya dari berbagai penyakit. Anak-anak yang memiliki waktu istirahat yang cukup dan kualitas tidur yang baik, biasanya dapat lebih bahagia dibanding anak-anak yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup. 

Jadi, itulah 8 aktivitas menyenangkan dan bermanfaat yang dapat dilakukan ketika anak pulang sekolah. Nah, bagi Anda yang memiliki anak yang akan segera masuk sekolah PAUD atau SD, kini Anda bisa loh daftarkan anak Anda di altaschool

Alta School merupakan suatu layanan pendidikan yang menggunakan konsep homeschooling. Dengan metode belajar blended learning, Alta School fokus membantu anak Anda untuk mengembangkan minat serta kreativitasnya sejak dini. Bagian paling pentingnya, Alta School menyediakan berbagai fasilitas belajar yang menarik dengan kurikulum K 13. Diantara fasilitas tersebut adalah Home-Based Project, Live Teaching, Pendidikan Karakter, Kelas Tambahan, dan lain sebagainya. 

New call-to-action

Sumber: 

Lesmana, B. (2019), ‘5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Anak Baru Pulang Sekolah’, Popmama.com, 28 Februari 2019 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/bella-lesmana/saat-anak-pulang-sekolah-sebaiknya-lakukan-hal-ini/5

Sariwangi. (2016), ‘Sambut Anak Pulang Sekolah dengan 5 Rutinitas Menyenangkan Ini’, Tehsariwangi.com, 22 Juli 2016 [daring] Available at: https://www.tehsariwangi.com/artikel/sambut-anak-pulang-sekolah-dengan-5-rutinitas-menyenangkan-ini

Kiddo. (2020), ‘Aktivitas Anak Setelah Pulang Sekolah’, M.kiddo.id, 09 Agustus 2020 [daring] Available at: https://m.kiddo.id/article/aktivitas-anak-setelah-pulang-sekolah

Sumber Gambar: 

Anak Melepas Sepatu Sendiri [daring]. Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/tips-ajari-anak-mengikat-tali-sepatu-sendiri-1s1PtRG3Vbf

Anak sedang Makan Siang [daring]. Available at: https://www.suara.com/health/2020/10/26/124548/dear-parents-ini-4-alasan-sebaiknya-anak-jangan-lewatkan-makan-siang

Anak sedang Tidur Siang [daring]. Available at: https://www.alodokter.com/bunda-kenali-manfaat-tidur-siang-untuk-anak

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar