Merayakan Hari Anak dengan 8 Kegiatan Menyenangkan

Nurul Habibah Nov 22, 2021 • 6 min read


Aktivitas dan Hobi - Merayakan Hari Anak dengan Beberapa Kegiatan Menyenangkan-01“Hari anak Internasional dirayakan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Nah, agar perayaan hari anak berjalan menyenangkan, cari tahu yuk, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan bersama anak’

Di Indonesia, hari anak diperingati setiap tanggal 23 Juli. Namun, peringatan hari anak tidak terbatas di lingkup Nasional saja, juga ada peringatan hari anak Internasional, yang jatuh pada tanggal 20 November. 

Hari anak Internasional atau hari anak sedunia berawal dari pengesahan deklarasi hak anak oleh Majelis Umum PBB, pada tanggal 20 November 1959. Pada tanggal dan bulan yang sama di tahun 1989, Majelis Umum PBB membuat Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak. Nah, peringatan hari anak dunia tahun 2021 mengangkat tema " A Better Future for Every Child atau Masa Depan yang Lebih Baik untuk Setiap Anak.”

Dalam rangka merayakan hari anak sedunia, Anda bersama anak bisa melakukan 8 kegiatan menyenangkan, seperti berikut ini.

1. Memasak Bersama

Memasak bersama anak adalah salah satu cara merayakan hari anak yang bisa Anda lakukan di rumah. Ajaklah anak Anda membuat adonan kue bersama dan tanyakan padanya resep kue apa yang ingin Ia buat. Nah, setelah kue selesai, jangan lupa juga untuk memberi beberapa warna lapisan gula, pada lapisan atas kue tersebut.

Merayakan hari anak dengan kegiatan menyenangkan(Sumber: Klikdokter.com)

Berikan anak kesempatan untuk menabur coklat, menambah dekorasi lain yang mereka suka, atau bisa izinkan anak untuk memotong kue, dengan berbagai cutter kue aneka bentuk. Setelah semua selesai, duduklah bersama anak dan nikmatilah kue bersama dengan pesta kecil-kecilan. 

2. Berkemah

Berkemah adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat Anda lakukan bersama anak. Tidak harus berkemah di alam terbuka, namun Anda  bisa membangun tenda di halaman rumah. Jangan lupa buat api unggun kecil dan bawa beberapa makanan yang dapat dibakar di api unggun tersebut. Nah, nikmatilah makanan Anda dengan anak di dalam tenda, sambil bercerita tentang apa pun. Momen ini juga dapat dijadikan kesempatan untuk Anda mengajarkan banyak hal pada anak. 

3. Berburu ‘Harta Karun’ 

Permainan ini adalah permainan yang menggabungkan petualangan dan fantasi, serta sifat ingin tahu anak. Berburu harta karun merupakan kegiatan sempurna untuk bersenang- senang bersama anak. Permainan yang satu ini sangat cocok untuk anak yang suka berpetualang. Anda dapat menyembunyikan hadiah menarik di berbagai sudut rumah. Contohnya coklat, mainan, permen, atau lain sebagainya. Nah, jangan lupa juga berikan anak petunjuk untuk mencari harta karun tersebut.

4. Menonton Film Marathon

Cara Merayakan Hari Anak Bersama Keluarga(Sumber: Intisari.grid.id)

Banyak sekali film keluarga atau film anak-anak yang dapat Anda tonton bersama anak, contohnya Toy Story, Nussa Rara, dan lain sebagainya. Untuk merayakan hari anak,  Anda bisa mengajak anak bersantai sambil menonton film kesukaannya. Siapkan juga cemilan, minuman, dan selimut untuk dipeluk bersama anak. Kegiatan ini dapat menjadi momen menyenangkan yang akan diingat oleh anak.

5. Bernyanyi Bersama

Bernyanyi bersama anak dapat memberikan banyak manfaat, diantaranya yakni untuk mendorong inklusi sosial, membangun kepercayaan diri, mendukung pengembangan keterampilan sosial, meningkatkan harga diri, serta kemampuan untuk bersama - sama bisa menghasilkan suatu karya dalam dunia seni.

Anda bisa memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih lagu yang Ia suka. Merayakan hari anak dengan bernyanyi bersama, dapat membantu mempererat hubungan Anda dan anak. Selain itu, kegiatan ini bisa memperbaiki suasana hati loh.

6. Mendongeng atau Bercerita

Cerita rakyat saat ini perlahan mulai pudar di kehidupan sehari-hari. Padahal, cerita rakyat dulunya acap kali diceritakan pada anak. Nah, pada momen hari anak Anda dapat mengenalkan kembali dongeng atau cerita rakyat kepada anak. Sebab, cerita rakyat pada umumnya dipenuhi dengan pesan - pesan moral yang baik untuk anak. Selain mendongeng, Anda juga bisa mendorong anak membaca cerita tersebut  sendiri. Setelah Ia membaca, tanyakan padanya apa yang Ia tangkap dari cerita tersebut

7. Menggambar Bersama

Hari Anak Internasional(Sumber: Suara.com)

Anak - anak sangat suka menggambar, bahkan mereka sering menggambar di tembok rumah. Selain meningkatkan kreativitas anak, menggambar juga berguna untuk mengembangkan motorik halus mereka. 

Di hari anak, Anda dapat membelikan alat gambar atau alat lukis yang cocok untuk anak-anak. Lalu ajak anak untuk melakukan kegiatan menggambar atau melukis bersama. Terlepas dari bagus atau tidak gambar yang dihasilkan, jangan lupa berikan pujian kepada anak. Selain itu, Anda juga bisa memajang gambar tersebut di dinding, agar anak merasa bangga.

8. Liburan di Tempat Favorit Anak

Saat ini, Anda sudah mulai bisa mengunjungi beberapa tempat liburan. Untuk merayakan hari anak, tidak ada salahnya Anda mengajak anak bermain di tempat liburan favorit mereka. Agar lebih spesial, biarkan anak yang memilih tempat mana yang ingin Ia kunjungi. Namun, sebaiknya pastikan juga tempat tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan yang baik. Beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi bersama anak adalah kebun binatang, taman bermain, atau museum.

Itulah 8 kegiatan menyenangkan yang dapat Anda lakukan bersama anak, untuk merayakan hari anak Internasional. Selain bersenang - senang bersama anak, pada hari anak Internasional, Anda juga bisa memenuhi hak anak dalam hal mendapatkan pendidikan yang terbaik. Nah, salah satu caranya adalah dengan mendaftarkan anak Anda di altaschool.id 

Alta School adalah sekolah online terbaik yang diperuntukkan bagi pelajar di tingkat PAUD hingga kelas 3 SD. Selain menggunakan metode belajar yang adaptif, sekolah online ini didukung juga dengan kurikulum K-13. 

Jika anak Anda sudah berlangganan, Ia nanti dapat menikmati berbagai fasilitas belajar yang seru, seperti Home-Based Project, Live Teaching, Pendidikan Karakter, Kelas Tambahan, dan lain sebagainya. Jadi tunggu apa lagi? Segera daftarkan anak Anda sekarang juga!

New call-to-action

Sumber: 

Ruth. (2017), ‘Merayakan Hari Anak Nasional, Lakukan 7 Hal Ini Bersama Si Kecil, Moms!’, Blibli.com, 23 Juli 2017 [daring] Available at: https://www.blibli.com/friends/blog/hari-anak-nasional/

Rachmawati .D (2020) ‘Hari Anak Nasional, Mari Rayakan dengan 5 Kegiatan Menyenangkan Ini’, Suara.com, 23 Juli 2020 [daring] Available at: https://www.suara.com/health/2020/07/23/140530/hari-anak-nasional-mari-rayakan-dengan-5-kegiatan-menyenangkan-ini?page=all

Cicilia .M (2021), ‘Lima Kegiatan untuk Merayakan Hari Anak Nasional di Rumah’, antaranews.com, 23 Juli 2021 [daring] Available at: https://www.antaranews.com/berita/2283106/lima-kegiatan-untuk-merayakan-hari-anak-nasional-di-rumah#mobile-src

Kustiani R. (2021) ‘20 November Hari Anak Sedunia, Apa Bedanya dengan Hari Anak Internasional ?’, gaya.tempo.co, 20 November 2021 [daring] Available at: https://gaya.tempo.co/read/1530493/20-november-hari-anak-sedunia-apa-bedanya-dengan-hari-anak-internasional

Sumber Gambar: 

Memasak Bersama Anak [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3615421/berbagai-manfaat-masak-bersama-anak-di-akhir-pekan

Menonton Bersama Anak [daring]. Available at: https://intisari.grid.id/read/0359189/ini-cara-orangtua-mendampingi-anak-menonton-tv?page=all

Anak Menggambar Bersama Orang Tua [daring]. Available at: https://www.suara.com/lifestyle/2021/07/23/111935/rayakan-hari-anak-nasional-yuk-lakukan-5-kegiatan-bersama-anak-di-rumah?page=all

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar