Anak Malas Mengerjakan Tugas? Simak 5 Cara Mengatasinya

Nurul Habibah Jun 15, 2022 • 6 min read


Alta - Anak Malas Mengerjakan Tugas-01“Artikel ini berisi informasi tentang tips mengatasi anak yang malas mengerjakan tugas, serta penyebab kemalasannya.

Para orang tua tentu ingin anak mereka bertanggung jawab terhadap tugas-tugas atau pekerjaan rumah (PR) yang diberikan guru. Namun, tidak semua anak mau dan rajin mengerjakan tugas. Banyak juga anak yang malas dan ogah-ogahan ketika disuruh menyelesaikan tugas. Hal ini membuat orang tua khawatir anak ketinggalan materi dan susah mengikuti pelajaran di sekolah.

Penyebab Anak Malas Mengerjakan Tugas

Perlu Anda ketahui, bahwa anak yang malas mengerjakan tugas dapat disebabkan oleh berbagai faktor, yakni:

1. Tugas Membingungkan

Meski sudah mendapatkan penjelasan, namun anak kadang susah untuk mencerna informasi yang diberikan guru tentang tugas tersebut. Ini dapat disebabkan karena kemampuan anak yang kurang dalam memahami sesuatu atau memproses bahasa. Oleh karena itu, anak malas mengerjakan karena bingung dan tidak paham dengan tugas tersebut.

2. Tugas Terlalu Sulit

Tugas yang terlalu sulit dapat membuat anak frustasi sehingga tidak mau mengerjakannya. Anda bisa membantu anak dengan bertanya kesulitan apa yang dihadapi dan minta bantuan kepada pihak sekolah untuk mengevaluasi. Jika masalahnya pada anak Anda, Anda dapat memberinya pelajaran tambahan.

3. Kurangnya Motivasi Diri

Penyebab anak malas mengerjakan tugas(Sumber: Klikdokter.com)

Anak bisa kekurangan motivasi dalam mengerjakan tugas karena Ia belum mengetahui manfaat belajar dan belum mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Selain itu, ini dapat juga disebabkan karena selama di sekolah atau di rumah, guru dan orang tua tidak memberikan motivasi yang positif pada anak.

4. Sedang Sakit atau Sedih

Bukan tidak mungkin anak malas mengerjakan tugas karena Ia merasa sedih. Anda bisa menanyakan apa yang anak rasakan sehingga Ia malas untuk mengerjakan tugas. Selain karena sedih, bisa jadi anak Anda malas mengerjakan tugas karena sedang tidak enak badan loh.

5. Anak Merasa Terganggu

Anda harus bisa membantu anak untuk menyeimbangkan waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas dengan waktu bermainnya. Anak yang malas mengerjakan tugas dapat disebabkan karena Ia merasa waktu bermainnya terganggu. Dengan memiliki waktu bermain, anak bisa lebih semangat mengerjakan tugas karena merasa rutinitasnya tidak terganggu.

Tips Mengatasi Anak yang Malas Mengerjakan Tugas

Agar anak Anda tidak lagi malas mengerjakan tugas, 5 tips berikut ini bisa Anda coba loh.

1. Bimbing Anak Mengerjakan Tugas

Tips anak malas mengerjakan tugas(Sumber: Kompas.com)

Ada kalanya anak menunda-nunda mengerjakan tugas karena tugas tersebut sulit. Disamping itu, anak juga memiliki rasa takut atau enggan bertanya. Nah, jika ini yang terjadi, sebaiknya Anda bertanya tentang hal yang menjadi penghambat anak dalam mengerjakan tugas. Bimbing anak Anda menyelesaikan tugas-tugas yang tidak Ia pahami. Dengan demikian, anak menjadi lebih bersemangat dan tidak malas menyelesaikan tugasnya.

2. Singkirkan Hal-hal yang Mengganggu

Ada berbagai hal yang dapat mengganggu konsentrasi anak dan membuatnya malas untuk mengerjakan tugas. Hal tersebut dapat berupa gadget, mainan, atau bahkan televisi. Agar anak bisa berkonsentrasi menyelesaikan tugas mereka, maka singkirkan terlebih dahulu semua hal tersebut.

3. Jelaskan Akibat Jika Anak Tidak Mengerjakan Tugas

Mengatasi anak yang malas mengerjakan tugas juga bisa dilakukan dengan menjelaskan kepadanya akibat jika tidak mengerjakan tugas, seperti dihukum oleh guru. Biasanya para guru di sekolah akan menghukum murid yang tidak pernah menyelesaikan tugas mereka. Selain itu, Anda bisa menjelaskan tentang perasaan malu yang akan dialami oleh anak di depan teman-temannya. Dengan begitu, anak Anda dapat dengan mudah memahami pentingnya menyelesaikan tugas yang diberikan guru.

4. Buat Kegiatan Belajar jadi Menyenangkan

Penyebab anak malas mengerjakan PR(Sumber: Rumah.com)

Agar anak tidak mudah bosan dan malas ketika menyelesaikan tugas, maka Anda perlu menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Anda bisa mencoba membuat permainan dari tugas yang sedang Ia kerjakan. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan mainan-mainan edukatif yang dapat membantu anak lebih nyaman dan senang saat mengerjakan tugas.

5. Berikan Hadiah

Cara memotivasi agar anak mau mengerjakan tugas salah satunya adalah dengan memberikan hadiah. Hadiah yang Anda berikan tak harus yang muluk-muluk, sebungkus coklat atau sepiring makanan kesukaannya sudah bisa menjadi hadiah berharga yang membuat Ia bersemangat. Namun, jangan terlalu sering menggunakan cara ini ya. Sebab, dapat berdampak buruk bagi psikologi mereka. Akibat terlalu sering diberi hadiah, anak bisa-bisa tidak mau mengerjakan tugas tanpa adanya imbalan hadiah dari Anda.

Membujuk anak yang malas mengerjakan tugas kadang kala memang membuat Anda pusing. Namun, sebagai orang tua, sudah seharusnya kita mendampingi mereka, dan menanamkan rasa tanggung jawab atas tugas-tugas yang diberikan. Nah, kalau di altaschool, bukan kegiatan belajarnya saja yang menyenangkan, berbagai tugas eksperimen yang diberikan juga menarik dan membuat anak tidak bosan loh. Fasilitas belajar yang tersedia di Alta School juga dapat membantu menggali kreativitas dan bakat anak sejak dini, serta membantu anak lebih senang dan bersemangat untuk belajar.

New call-to-action

Sumber:

Febrida, M. (2019), '8 Sebab Anak Malas Mengerjakan PR', Haibunda.com, 16 Agustus 2019 [daring] Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20190815183920-61-53016/8-sebab-anak-malas-mengerjakan-pr

Julian, T.S. 'Kelas Karena Anak Malas Mengerjakan PR? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya', Theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/anak-malas-mengerjakan-pr

BNI. (2022), '5 Trik Menghadapi Anak yang Malas Mengerjakan Tugas', Bni-life.co.id, 24 Juli 2022 [daring] Available at: https://www.bni-life.co.id/id/lifeblog/5-trik-menghadapi-anak-yang-malas-mengerjakan-tugas

Tokopedia. (2018), 'Tips & Cara Siasati Anak Malas Mengerjakan PR', Tokopedia.com, 12 Maret 2018 [daring] Available at: https://www.tokopedia.com/blog/tips-cara-mengatasi-anak-malas/

Tonfeb. (2015), '5 Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Mengerjakan PR', Tonfeb.com, 2015 [daring] Available at: https://www.tonfeb.com/2015/01/cara-mengatasi-anak-tidak-mau-belajar.html

Sumber Gambar: 

Anak Tidur Saat Mengejakan Tugas [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2700322/bagaimana-jika-anak-malas-mengerjakan-pr

Orang Tua Mendampingi Anak Mengerjakan Tugas [daring]. Available at: https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/19/070000971/belajar-dari-rumah-ini-10-tips-penting-saat-membantu-anak-mengerjakan-pr

Anak Belajar dengan Cara Menyenangkan [daring]. Available at: https://www.rumah.com/berita-properti/2020/10/193605/kegiatan-belajar-menyenangkan-untuk-anak-di-rumah

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar