Apa itu Metode Stoic Parenting?

Nurul Habibah Jun 17, 2022 • 5 min read


stoic parenting

“Artikel ini membahas tentang stoic parenting. Menerapkan pola asuh ini katanya dapat menghindari stres loh, yuk cari tahu lebih lanjut”

Menjadi orang tua memang bukan hal yang mudah. Anda harus bisa menjadi role model bagi anak-anak. Baik atau buruknya sikap anak tentu tergantung dengan pola asuh yang Anda ajarkan setiap hari. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk mempelajari serta menentukan pola asuh atau parenting yang tepat untuk anak-anak mereka. Nah, salah satu pola asuh yang mungkin cocok untuk Anda terapkan adalah stoic parenting.

Apa Itu Stoic Parenting?

Pernahkan Anda mendengar tentang stoic parenting? Sebelum kita membahas tentang stoic parenting, Anda harus paham terlebih dahulu mengenai filosofi stoic. Filosofi stoic adalah sebuah cara untuk mengajarkan diri kita atau seseorang untuk bisa lebih peduli terhadap orang lain. Filosofi ini dirancang untuk membuat Anda tangguh, lebih berbudi luhur, lebih bijaksana, serta lebih bahagia. Filosofi stoic dapat diterapkan oleh Anda sebagai orang tua ataupun anak, agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Nah, tujuannya tidak lain adalah agar dapat mencapai kebahagian yang diinginkan.

Stoic parenting(Sumber: Popmama.com)

Lalu, bagaimana dengan stoic parenting? Stoic parenting artinya pola asuh yang bisa membuat orang tua menjadi lebih tabah, lebih perhatian, lebih rasional, serta lebih santai dan tidak terlalu mencemaskan anaknya. Stoic parenting lebih mengajarkan para anak untuk bisa mengembangkan dirinya sendiri, sehingga bisa menjadi pribadi yang mandiri. Jadi, saat anak dewasa nantinya, anak tidak lagi bergantung kepada orang tua mereka. Sedangkan, orang tua juga tidak akan berekspektasi berlebih terhadap anak-anaknya.

Manfaat Menerapkan Stoic Parenting Pada Anak

Manfaat stoic parenting(Sumber: Liputan6.com)

  1. Anak merasa bahwa orang tua dapat menjadi support sistem yang baik sebab selalu hadir ketika mereka membutuhkan.
  2. Anda dapat menangani konflik dengan anak lebih tenang, sehingga anak tidak perlu mendapatkan teriakan dari Anda.
  3. Orang tua dan anak bisa lebih dekat dan memperkuat bonding antar mereka.
  4. Menumbuhkan rasa saling percaya antara anak dan orang tua.
  5. Lebih santai dalam mengasuh anak.
  6. Tumbuh menjadi keluarga yang lebih baik.
  7. Lebih paham emosi yang dirasakan oleh anak, sehingga tahu apa tindakan yang harus dilakukan untuk membuat anak menjadi lebih tenang.
  8. Merasa lebih percaya diri dan damai sebagai orang tua, serta tidak memiliki ekspektasi berlebih terhadap masa depan anak.

Manfaat Stoic Parenting Bagi Orang Tua

mengenal stoic parenting(Sumber: Tirto.id)

Menurut Meredith Alexander Kunz, penulis dari buku The Stoic Mom, manfaat stoic parenting bagi orang tua antara lain adalah:

  1. Orang tua bisa hidup lebih tentram dan bahagia tanpa perlu merasa terbebani oleh emosi serta aktivitas sang anak.
  2. Orang tua dapat belajar mengendalikan diri dan menempatkan batasan diri.
  3. Mengurangi konsep perfeksionis yang ada dalam diri orang tua. Sehingga, kelak tidak memaksa anak menjadi sosok yang selalu sempurna.
  4. Orang tua dapat belajar untuk berhenti membandingkan pola asuhnya dengan pola asuh orang lain.
  5. Orang tua bisa belajar sabar dalam mendidik anak-anaknya.
  6. Orang tua dapat bersikap adil dalam membuat keputusan yang berhubungan dengan anaknya.
  7. Orang tua berani menghadapi keputusan apapun bahkan dalam kesulitan sekalipun.

pola asuh stoic parenting(Sumber: Klikdokter.com)

Menerapkan stoic parenting sebagai pola asuh ternyata juga bisa membuat Anda mendapatkan berbagai moral kebajikan, seperti kebijaksanaan, keberanian, keadilan, serta pengendalian diri. Dengan menerapkan pola asuh ini, Anda bahkan bisa belajar untuk meregulasi emosi.

Nah, kapan sih Anda bisa mulai menerapkan stoic parenting pada anak? Stoic parenting dapat Anda terapkan sejak anak masih berusia balita loh. Namun, bisa juga Anda lakukan saat anak sudah mulai lebih mengerti ketika diajak berdiskusi.

Jadi, sudahkah Anda menerapkan stoic parenting? Gimana kalau Anda mulai dengan memberikannya kesempatan belajar secara mandiri di altaschool? Tak usah cemas dengan sistem belajarnya, Alta School membantu anak Anda untuk mengembangkan bakat dan minat mereka sejak dini kok. 

New call-to-action

Sumber:

Rompies, (2022), 'Apa Itu Metode Stoic Parenting, Pola Asuh Anti Stres!', Popmama.com, 18 Mei 2022 [daring] Available at: https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/jemima/apa-itu-metode-stoic-parenting/6

Aprilia. (2022), 'Pola Asuh Stoic Parenting, Buat Orang Tua Jadi Lebih Dekat dengan Anak', Ibupedia.com, 2022 [daring] Available at: https://www.ibupedia.com/artikel/keluarga/pola-asuh-stoic-parenting-buat-orang-tua-jadi-lebih-dekat-dengan-anak

Sumber Gambar:

Orang Tua Bermain dengan Anak di Pantai [daring]. Available at: https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/bella-lesmana/sikap-orangtua-ini-bisa-membuat-anak-balita-bahagia

Orang Tua dan Anak yang Bahagia [daring]. Available at: https://www.liputan6.com/health/read/4312385/menteri-pppa-ingatkan-pengasuhan-anak-bukan-hanya-tanggung-jawab-ibu

Para Ibu yang Sedang Bermain dengan Anak Mereka [daring]. Available at:https://tirto.id/mengapa-orang-tua-wajib-meluangkan-waktu-untuk-bermain-dengan-anak-fUCj

Anak-anak yang Bermain dengan Ayah Ibunya [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3646685/bermain-dengan-anak-tetap-sportif-atau-orang-tua-mengalah-saja

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar