4 Aspek Penting Tumbuh Kembang Anak Usia 6-12 Tahun

Nurul Habibah Apr 29, 2022 • 6 min read


ALTA - Beberapa Aspek Penting Tumbuh Kembang Anak Usia 5-10 Tahun-01(1)“Artikel ini berisi informasi tentang aspek penting tumbuh kembang anak yang perlu diperhatikan oleh orang tua. Simak yuk, agar tumbuh kembang anak berjalan maksimal”

Proses tumbuh kembang anak tentu sangat Anda amati. Apalagi ketika anak memasuki usia 6-12 tahun, dimana rata-rata anak sudah mulai bersekolah. Pada masa ini Anda hendaknya memberikan perhatian ekstra untuk memahami kebutuhan anak termasuk pertumbuhannya. 

Ada 4 aspek penting tumbuh kembang anak usia 6-12 tahun yang perlu untuk Anda perhatikan. Aspek tersebut antara lain adalah:

1. Aspek Fisik

Apek penting tumbuh kembang anak(Sumber: Kumparan.com)

Aspek fisik di masa ini berjalan lebih lambat dibanding ketika anak di masa bayi dan masa awal kanak-kanak. Di awal usia 6 tahun, anak umumnya masih tampak seperti anak kecil. Namun, nanti di usia 12 tahun, anak sudah berubah dan mulai terlihat seperti orang dewasa. Bahkan ada beberapa anak yang mulai mengalami masa pubertas di usia 12 tahun ini. Di masa usia sekolah, anak-anak biasanya telah siap menerima pelajaran keterampilan yang berhubungan dengan motorik, misalnya menggambar, melukis, menulis, mengetik komputer, melakukan berbagai olahraga seperti bermain bola, berenang, dan masih banyak lagi.

2. Aspek Bahasa

Di usia sekolah kemampuan anak dalam mengenal serta menguasai perbendaharaan kata mengalami perkembangan yang sangat pesat. Ketika berusia 6 tahun anak mampu menguasai sekitar 2.500 kata dan ini mengalami peningkatkan menjadi 50.000 kata ketika anak telah berusia 11-12 tahun. Dengan semakin majunya tingkat berpikir anak, anak lebih banyak bertanya tentang waktu dan sebab akibat. Apalagi ditambah dengan adanya pelajaran bahasa Indonesia di sekolah, maka diharapkan anak dapat memiliki keterampilan mengolah informasi yang Ia terima dan berpikir serta menyatakan pendapatnya.

3. Aspek Kognitif

Anak yang berusia 6-12 tahun dikatakan berada dalam tahap operasional konkret, yakni anak sudah memiliki kecakapan berpikir logis, namun hanya pada benda-benda yang bersifat konkret. Tahapan ini ditandai dengan tiga kemampuan baru yang dikuasai oleh anak, yakni kemampuan menyusun, mengelompokkan, serta menghubungkan atau menghitung angka. Kemampuan yang berhubungan dengan angka contohnya mengurangi, menambah, membagi dan mengalikan. 

Nah, anak-anak pada masa ini umumnya juga telah memiliki kemampuan memecahkan masalah yang sederhana. Kemampuan kognitif anak di usia 6-12 tahun merupakan dasar diberikannya Ia ilmu seperti membaca, menulis, serta berhitung. Agar daya nalar anak semakin berkembang di usia ini, Anda dapat melatih anak untuk bisa mengungkapkan pendapat tentang berbagai hal.

4. Aspek Sosial-Emosional

Tips penting tumbuh kembang anak(Sumber: JD.id)

Sebelum usia 6 tahun anak banyak menghabiskan waktu di lingkungan keluarga. Nah, pada umur 6-12 tahun, anak-anak mulai lebih banyak keluar ke lingkungan sekolah. Sehingga semua aspek memiliki peran bagi tumbuh kembang anak, seperti orang tua yang selalu mendorong, guru yang harus memberi perhatian, serta teman yang harus menerima kehadirannya. Namun, tidak semua anak selalu mendapatkan itu semua. Sehingga orang tua harus memahami tentang kondisi sekolah serta teman sepermainan anaknya. 

Seiring dengan luasnya lingkungan anak, ada kebutuhan anak untuk bisa mendapatkan tempat dalam kelompok seumuran yang ingin dicapainya. Di samping itu, pada umur 6-12 tahun anak juga dituntut untuk merasakan bagaimana rasanya berhasil memenuhi tuntutan lingkungan. Jika anak tidak bisa sukses karena merasa tidak bisa atau inferioritas, maka anak bisa menjadi rendah diri.

Nah, untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, Anda bisa membantu mereka dengan cara berikut ini:

1. Lakukan Permainan yang Menyenangkan

Pada masa awal pertumbuhan anak, hendaknya Ia diberi pembelajaran yang sesuai dengan umurnya, agar anak mudah memahaminya. Anda bisa mengajak anak belajar sambil bermain, sebab anak-anak lebih mudah menerima hal-hal yang menyenangkan, sehingga memberinya permainan yang menyenangkan dapat membuat anak berkesempatan untuk bereksplorasi, belajar dari kondisi yang dihadapi, serta memecahkan masalah. Saat anak Anda mengalami kesulitan, jangan ragu untuk menolongnya, namun beri juga Ia kesempatan untuk menemukan cara sendiri dalam mengatasi masalahnya.

2. Penuhi Kebutuhan Gizi

Tumbuh kembang anak juga dipengaruhi oleh pemenuhan gizinya. Usahakan untuk memberikan anak makanan yang menunjang kebutuhan vitamin serta nutrisi yang dibutuhkannya pada masa tumbuh kembang. Lalu, memenuhi kebutuhan protein juga penting untuk mendukung pertumbuhan serta perkembangan fisik anak. Selain itu, jangan lupa bahwa kalsium mempunyai peranan yang penting bagi tumbuh kembang anak untuk membantu pembentukan tulang.

3. Luangkan Waktu Bersama Anak

Cara Optimalkan Tumbuh Kembang Anak(Sumber: Liputan6.com)

Meluangkan waktu untuk berinteraksi bersama anak merupakan hal yang penting. Interaksi yang baik antara orang tua dan anak dapat membantu anak meningkatkan kemampuan berkomunikasi, bersosialisasi, serta memecahkan masalah. Meluangkan waktu bersama anak juga bisa membuat Anda menjadi lebih dekat dengan anak.

Jadi, agar tumbuh kembang anak bisa berjalan dengan maksimal, selain memperhatikan aspek-aspek yang ada, Anda juga bisa membantunya dengan 3 cara tersebut. Nah, ketika anak memasuki usia sekolah yakni di umur 6-12 tahun, Anda bisa juga loh mendaftarkan Ia di altaschool. Alta School dapat membantu proses tumbuh kembang anak berjalan dengan baik. Alta School sendiri adalah layanan pendidikan dengan konsep Homeschooling yang cocok untuk anak di tingkat PAUD hingga SD. Dengan berbagai fasilitas belajarnya yang menarik, Alta School dapat membantu anak Anda meningkatkan bakat serta kreatifitasnya sejak dini.

New call-to-action

Sumber:

Azizah, N. N. (2018), '5 Aspek Penting Tumbuh Kembang Anak', Kumparan.com, 19 April 2018 [daring] Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/5-aspek-penting-tumbuh-kembang-anak/full

Florencia, G. (2019), 'Begini Cara Optimalkan Tumbuh Kembang Anak di Periode Emas', Halodoc.com, 08 Oktober 2019 [daring] Available at: https://www.halodoc.com/artikel/begini-cara-optimalkan-tumbuh-kembang-anak-di-periode-emas

Morinaga. (2021), '6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini yang Wajib Bunda Ketahui', Morinagaplatinum.com, 25 Agustus 2021 [daring] Available at: https://morinagaplatinum.com/id/milestone/6-aspek-perkembangan-anak-usia-dini-yang-wajib-bunda-ketahui

Halodoc. 'Pertumbuhan Anak', Halodoc.com, [daring] Available at: https://www.halodoc.com/kesehatan/pertumbuhan-anak

Sumber Gambar:

Orang Tua yang Mengukur Tinggi Anak [daring]. Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/5-aspek-penting-tumbuh-kembang-anak

Anak Bermain Bersama Teman [daring]. Available at: https://www.jd.id/news/insight/ibu-anak/pentingnya-bermain-pada-anak-untuk-menjaga-tumbuh-kembang-anak/

Orang Menghabiskan Waktu Bersama Anak-anak [daring]. Available at: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4600134/5-aspek-penting-tumbuh-kembang-anak-yang-bisa-dilatih-lewat-permainan

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar