5 Cara Mengarahkan Anak untuk Memiliki Hobi Positif

Nurul Habibah Feb 13, 2022 • 5 min read


Mengarahkan Anak untuk Memiliki Hobi Positif“Anda pasti ingin anak memiliki hobi positif yang dapat membantu perkembangan kecerdasannya. Nah cek dulu yuk artikel ini untuk tahu cara-cara mengarahkan anak agar memiliki hobi positif”

Setiap anak memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda, oleh karena itu hobi mereka pun akan beragam. Hobi yang dijalani dan ditekuni sejak kecil, dapat bermanfaat hingga anak dewasa nantinya. Namun, karena kecerdasan spasial anak-anak masih terbatas, acap kali Ia belum paham apa yang dimaksud dengan hobi. Nah, sebagai orang tua, sudah seharusnya Anda berusaha mengarahkan anak agar memiliki hobi yang positif. 

Lalu, gimana sih caranya mengarahkan anak agar mereka memiliki hobi yang bermanfaat dan juga membuat Ia semakin pintar? Simak dulu yuk 5 tips berikut:

1. Memberi Stimulasi

Cara Mengarahkan Hobi Anak(Sumber: Halodoc.com)

Langkah awal yang dapat Anda lakukan sebagai orang tua adalah memberikan rangsangan pada anak, sehingga Ia bisa lebih bereksplorasi terhadap diri dan lingkungannya. Anda bisa memberikan kesempatan pada anak untuk mengenal berbagai kegiatan, seperti olahraga, atau musik. Hal ini, tentunya dapat Anda lakukan dengan menggunakan pendekatan ringan serta menyenangkan yang sesuai dengan usia anak.

Sebagai contoh, Anda bisa mengajak anak jalan-jalan ke lapangan untuk melihat berbagai aktivitas olahraga, mengajak anak menyaksikan pentas seni, menghadiri pertunjukan musik ramah anak, atau sesederhana mengajak anak berjalan-jalan di taman. Dengan stimulasi ini, Anda bisa mendeteksi apa minat dan bakat anak yang bisa dikembangkan menjadi hobi positif. 

2. Perhatikan Kecerdasan Anak

Semua anak cerdas, tidak ada yang tidak cerdas. Pada dasarnya ada beberapa jenis kecerdasan yang dimiliki anak, yakni kecerdasan logika matematika, kinestetik, bahasa, interpersonal, naturalis, ekstensial, intrapresonal, dan kecerdasan visual spasial. Semua kecerdasan ini dikenal dengan kecerdasan majemuk atau multiple intelligence. Multiple intelligence sendiri merupakan hasil penelitian Dr Howard Gardner dari Harvard University. 

Teori kecerdasan tersebut bisa menjadi acuan bagi Anda untuk mengenali kecerdasan anak Anda. Ada anak yang memang pintar di berhitung, namun tidak lincah dalam gerak dan olah tubuh, sehingga Ia tidak berbakat pada olahraga dan tidak bisa menjadikan olahraga sebagai hobi, atau justru sebaliknya, Ia lincah dalam gerak dan olah tubuh, sehingga sangat cocok diarahkan untuk hobi olahraga. 

3. Amati Tingkah Laku Anak

Hobi Positif untuk Anak-anak(Sumber: SangBuahHati.com)

Mengobservasi jenis kegiatan yang disukai oleh anak adalah salah satu langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengarahkan Ia ke hobi positif. Lihat bagaimana anak menyukai kegiatan tertentu, kegiatan yang ingin Ia lakukan berkali-kali, atau kegiatan yang Ia merasa tertarik sehingga Ia banyak bertanya dan selalu ingin tahu lebih banyak tentang itu. 

Contohnya, jika Anda sudah beberapa kali mengajak anak bermain di lapangan olahraga dan anak suka memperhatikan sekumpulan orang yang bermain basket, maka Anda bisa mengajaknya untuk mengenal olahraga tersebut lebih dalam. Mulai dengan mengajaknya menonton pertandingan basket, mencoba bermain basket bersamanya, dan perhatikan apakah Ia nyaman dan menyukai permainan tersebut. 

4. Berikan Ruang Eksplorasi

Ketika Anda melihat anak telah menyukai satu kegiatan atau hobi yang positif, maka berikan anak ruang yang tepat untuk mengeksplorasi bakat dan minatnya tersebut. Anda bisa mendekatkan anak dengan orang-orang yang ahli dengan kegiatan yang disukai anak, biarkan anak bergabung dengan perkumpulan orang-orang yang sehobi dengannya, dan bahkan Anda bisa membantunya dengan memberikan fasilitas terbaik. Contohnya, jika anak senang bermain musik, Anda bisa memfasilitasinya dengan les musik, atau sekedar membelikan alat musik yang disukai oleh anak Anda. 

5. Berikan Dukungan Positif

Cara Mengarahkan Bakat dan Minat Anak(Sumber: Sehatq.com)

Anak-anak sangat suka dipuji, oleh karena itu hargai semua usaha yang telah Ia lakukan. Keluarga, teman dan lingkungan terdekat memiliki peranan yang sangat besar dalam membantu anak bersemangat mengembangkan hobi yang Ia suka. Anak-anak butuh dukungan positif agar terus mau mencoba mengembangkan bakat dan minat yang Ia miliki. Tak perlu harus memberi anak hadiah berupa benda, cukup dengan meluangkan waktu dan memberikan perhatian padanya, itu sudah bisa membuat anak-anak senang. 

Nah, beberapa hobi yang baik dan bisa membantu kecerdasan anak antara lain adalah menulis, membaca, bermain alat musik, belajar bahasa, bermain catur, atau aktivitas fisik seperti menari, olahraga, dan bela diri. 

Jadi, ayo mulai arahkan anak Anda sedini mungkin untuk memiliki hobi yang positif dan hobi yang dapat membantu mengembangkan kecerdasannya. Agar minat dan bakat anak Anda juga dapat dikembangkan dengan lebih baik, Anda bisa juga mendaftarkan Ia di altaschool loh. Sebab, sebagai salah satu layanan pendidikan dengan konsep homeschooling, Alta School berfokus untuk mengembangkan bakat dan kreativitas anak sejak usia dini. 

Alta School ini juga telah menggunakan metode belajar blended learning dengan berbagai fasilitas belajar yang menarik. Beberapa fasilitas tersebut antara lain adalah Pendidikan Karakter, Kelar Tambahan, Learning Kit, Live Teaching, Home-Based Project, Laporan Pembelajaran dan lain sebagainya. 

Nah, tunggu apalagi? Buruan daftarkan anak Anda sekarang juga ya!

New call-to-action

Sumber: 

Rahmadianti, F. (2017), ‘Ingin Membuat Si Kecil Semakin Pintar? Kenalkan Saja dengan 6 Aktivitas Hobi ini!’, Orami.co.id, 20 September 2017 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/ingin-membuat-si-kecil-semakin-pintar-kenalkan-saja-dengan-6-aktivitas-hobi-ini/

Harususilo, Y. E. (2018), ‘Ini Dia, 5 Tahap Mengenali dan Mengembangkan Minat Bakat Anak’, Edukasi.kompas.com, 04 September 2018 [daring] Available at: https://edukasi.kompas.com/read/2018/09/04/19270871/ini-dia-5-tahap-mengenali-dan-mengembangkan-minat-bakat-anak?page=all

SangBuahHati. (2020), ‘Begini Cara Mengembangkan Minat dan Bakat Anak’, Sangbuahhati.com, 24 September 2020 [daring] Available at: https://sangbuahhati.com/baca/begini-cara-mengembangkan-minat-dan-bakat-anak/

Sumber Gambar: 

Ayah yang Mengenalkan Bola pada Anak [daring]. Available at: https://www.halodoc.com/artikel/4-cara-mengarahkan-bakat-olahraga-anak

Anak yang sedang Melukis [daring]. Available at: https://sangbuahhati.com/baca/begini-cara-mengembangkan-minat-dan-bakat-anak/

Anak yang sedang Main Pesawat [daring]. Available at: https://www.sehatq.com/artikel/memahami-perbedaan-minat-dan-bakat-pada-anak

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar