7 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Sejak Dini

Nurul Habibah Okt 19, 2021 • 6 min read


Pengasuhan Anak - (Beberapa) Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Sejak Dini-01

“Daya ingat bukanlah sesuatu yang didapat sejak lahir. Artikel ini akan memberikan informasi tentang cara-cara meningkatkan daya ingat anak sejak dini”

Daya ingat yang kuat merupakan bagian dari kunci sukses anak dibidang akademik maupun non akademik. Tidak hanya bisa mengingat atau menghafal materi-materi pelajaran, namun daya ingat yang kuat juga akan mempengaruhi cara anak untuk bisa memahami suatu konsep dengan baik dan benar.

Nah, daya ingat yang kuat bukanlah sesuatu yang bisa dimiliki dari lahir. Setiap anak akan memiliki daya ingat yang berbeda-beda. Ada anak yang bisa mengingat dengan sangat cepat, dan ada juga yang butuh waktu lama untuk mengingat sesuatu. Sebenarnya daya ingat anak dapat ditingkatkan sejak dini loh.  Lalu, bagaimana caranya? 

Berikut ada 7 cara meningkatkan daya ingat anak sejak dini, yang dapat Anda lakukan. 

1. Bermain Sambil Belajar

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak(Sumber: Klikdokter.com)

Banyak sekali aktivitas belajar sambil bermain yang dapat Anda lakukan bersama anak, seperti bermain puzzle, candy land, ular tangga, atau permainan papan (board game). Permainan tersebut dapat menstimulasi otak dengan cara yang inovatif dan mengajak anak untuk bisa mengikuti arahan, serta menggunakan ingatannya. 

Untuk anak yang masih dini, Anda bisa menggunakan permainan flash card. Anda dapat meminta anak untuk menebak nama benda yang Anda tunjuk. 

Nah, untuk anak yang sudah lebih dewasa, Anda bisa melatih visualisasi anak dengan cara yang unik. Salah satunya, Anda bisa meminta anak menyiapkan meja. Lalu minta Ia membayangkan bentuk meja tersebut. Setelahnya, suruh anak untuk menggambar bentuk meja tersebut di sebuah kertas. 

Selain itu, Anda juga bisa meminta anak untuk mendeskripsikan bentuk meja menjadi suatu cerita. Tidak hanya bisa membantu meningkatkan daya ingat, permainan ini juga akan membantu anak menjadi lebih kreatif. 

2. Membaca Dengan Anak

Membacakan buku untuk anak atau membaca bersama anak bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya ingatnya. Dengan membaca, perkembangan otak anak akan lebih terlatih. Sehingga, kemampuan bahasa, komunikasi, serta menulis anak akan lebih meningkat. 

Peningkatan kemampuan tersebut terjadi karena anak terpapar dengan gambar, kosa kata, serta warna-warna baru. Sehingga akan mendorong perkembangan kognitif anak dan bisa menambah wawasan anak tentang lingkungan sekitarnya. Agar anak tidak bosan, Anda bisa mengajak anak untuk membaca dongeng-dongeng seru terlebih dahulu, sebelum membaca buku jenis lainnya.

3. Bernyanyi dan Mendengarkan Musik

Menyanyi Meningkatkan Daya Ingat(Sumber: Bobo.grid.id)

Musik dapat membantu menstimulasi perkembangan otak anak. Ritme, irama,  dan pengulangan sebuah lagu, dapat membantu untuk meningkatkan daya ingat. Pada dasarnya, anak juga menyukai segala sesuatu yang diulang-ulang. Oleh sebab itu, tidak heran kenapa anak sering meminta Anda untuk memutar lagu yang sama berkali-kali.

Anda bisa memilih lagu kesukaan anak, dan memutarnya berulang-ulang. Nah, anak pasti akan tertarik untuk menghafal lirik dari lagu tersebut, bahkan juga akan meniru gerakan dari penyanyinya. Lama kelamaan, nanti anak bisa menghafal lirik lagu tersebut, dan bahkan akan secara otomatis bernyanyi ketika lagunya diputar.

4. Mengajak Anak Memasak

Memasak bisa membantu menstimulasi tiga dari enam pilar kesehatan otak. Mulai dari melatih kemampuan otak yang akan berpengaruh pada daya ingat, menyediakan nutrisi yang akan dibutuhkan tubuh, serta mendorong interaksi sosial. Tiga hal tersebut penting dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak.

Dengan mengajak anak memasak, anak akan terlatih untuk merencanakan dan mengendalikan pikiran serta tindakannya pada satu tujuan. Kemudian, memasak juga bisa loh menstimulasi otak anak untuk mengingat dan mengikuti arahan yang Anda berikan dengan baik. 

5. Memberikan Nutrisi Penguat Otak

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak(Sumber: Bukalapak.com)

Memberikan nutrisi penguat otak tentu merupakan salah satu cara ampuh untuk Anda membantu meningkatkan daya ingat anak. Ada beberapa nutrisi penguat otak yang dapat Anda berikan kepada anak, antara lain:

  1. Omega 3, berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak anak dan bisa didapatkan dari minyak ikan.
  2. Vitamin E, untuk membantu meningkatkan daya ingat dan perkembangan bahasa. Vitamin ini biasanya bersumber dari kacang-kacangan dan biji-bijian.
  3. Kolin, berfungsi mempertajam daya ingat anak, dan biasanya terkandung dalam kuning telur.

6. Melakukan Aktivitas Fisik

Membiasakan anak untuk aktif secara fisik akan membantunya bisa mengasah keterampilan gerak. Selain itu, kegiatan fisik bermanfaat untuk kemampuan bersosialisasi anak dengan orang lain, serta untuk perkembangan otaknya.

Anak-anak yang rajin olahraga atau bermain di luar rumah, juga akan terhindar dari obesitas dini. Oleh karena itu, biasakan anak untuk lebih aktif bermain di luar rumah dibandingkan bermain gadget. Biarkan anak memilih permainan di luar rumah yang sesuai dengan usianya, namun Anda juga tetap harus mengawasinya. 

7. Mengingat Memori Lewat Gambar

Cara terakhir untuk membantu anak meningkatkan daya ingat adalah melalui gambar. Anda bisa menunjukkan beberapa foto saat liburan atau acara keluarga yang baru dilalui bersama anak. Biarkan anak untuk mengamati foto tersebut dan mengidentifikasi orang-orang, benda atau apa pun yang ada di dalam foto. 

Lalu, ajak anak untuk mengingat momen menyenangkan yang terjadi dalam foto tersebut, dengan menceritakan kembali kisah di balik foto sambil memegang fotonya. Nah, kegiatan seperti ini akan membantu anak meningkatkan daya ingatnya dengan lebih seru. 

Itulah 7 cara meningkatkan daya ingat anak sejak dini yang dapat dilakukan bersama anak Anda. Setelah membantu anak meningkatkan daya ingatnya, Anda bisa juga membantu anak untuk lebih aktif dan pintar di bidang akademik, dengan cara berlangganan altaschool.

Alta School menyediakan metode pembelajaran online yang lebih adaptif melalui berbagai fitur. Dengan menggunakan kurikulum pembelajaran K13, Alta School hadir dengan 8 fasilitas belajar. Diantaranya adalah Live Teaching, Home-Based Project, Learning Kit, Pendidikan Karakter, Kelas Tambahan, Modul, Penilaian Mandiri, serta Laporan Pembelajaran. 

Sumber:

Erin, N. (2021), ‘5  Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat Anak Sejak Dini’, Hellosehat,com, 28 Agustus 2021 [daring] Available at: https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/cara-meningkatkan-daya-ingat-anak-sejak-dini/

Halodoc. (2018), ‘5 Cara untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak’, Halodoc,com, 02 Oktober 2018 [daring] Available at: https://www.halodoc.com/artikel/5-cara-untuk-meningkatkan-daya-ingat-anak

Novita, M. (2020), ‘7 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Secara Alami agar Lebih Mudah Belajar’, Cantik.tempo.co, 03 November 2020 [daring] Available at: https://cantik.tempo.co/read/1401839/7-cara-meningkatkan-daya-ingat-anak-secara-alami-agar-lebih-mudah-belajar

Carmelita, W. (2020), ‘5 Cara Sederhana Meningkatkan Daya Ingat Anak Sejak Dini’, Popmama.com, 16 Maret 2020 [daring] Available at: https://www.popmama.com/baby/7-12-months/winda-carmelita/cara-sederhana-meningkatkan-daya-ingat-anak-sejak-dini/5  

Sumber Gambar:

Anak Bermain Sambil Belajar [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3289521/latih-kecerdasan-otak-anak-dengan-permainan-puzzle

Anak Bernyanyi [daring]. Available at: https://bobo.grid.id/read/081868470/apakah-kemampuan-menyanyi-dengan-suara-yang-merdu-itu-keturunan?page=all

Memberikan Nutrisi Penguat Otak [daring]. Available at: https://review.bukalapak.com/mom/5-cara-meningkatkan-daya-ingat-anak-dengan-nutrisi-dan-aktivitas-yang-tepat-53268

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar