Ini Momen Tepat Anak Belajar Bahasa Asing, Jangan Terlewat!

Nurul Habibah Apr 23, 2022 • 6 min read


Alta - Ini Momen Anak Belajar Bahasa Asing-01

"Anak yang pintar bahasa asing tentu membuat orang tua bangga. Cari tahu yuk kapan momen yang tepat anak belajar bahasa asing'

Anak yang cerdas adalah impian setiap orang tua. Oleh sebab itu, tidak heran sekarang banyak sekali orang tua yang berbondong-bondong menyekolahkan anaknya sejak dini. Di samping itu tak jarang banyak juga orang tua milenial yang mulai mengenalkan bahasa asing sebagai bahasa kedua untuk anak mereka. Hal ini, dilakukan tentu agar anak piawai berbahasa asing sehingga bisa bersaing, unggul, serta berprestasi di kemudian hari.

Namun, tahukah Anda kapan sebenarnya momen yang tepat untuk anak mulai belajar bahasa asing, apakah sejak masuk sekolah PAUD, sejak anak bisa berbicara, atau justru saat Ia mulai Sekolah Dasar?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Boston, Amerika serikat, ditemukan bahwa momen terbaik anak untuk belajar bahasa asing secara optimal adalah sebelum usia 10 tahun. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa kemampuan belajar seseorang mulai melemah saat dewasa dibandingkan anak-anak. Joshua Hartshorne, seorang asisten profesor psikologi di Boston College, pada penelitiannya juga menyatakan bahwa kemampuan menyerap bahasa asing secara maksimal justru ketika seseorang berada di usia balita.

Tips Ajarkan Anak Bahasa Asing

(Sumber: Parapuan.co)

Lalu, ada lagi argumen lain dari pengajar bahasa Prancis dan Inggris yakni Elizabeth Allen yang mengatakan bahwa usia belajar bahasa asing adalah tiga tahun. Hal ini Ia katakan berdasarkan pengalamannya selama mengajar bahasa asing semenjak tahun 1986. Allen menyatakan juga bahwa sebaiknya orang tua mendorong anak mereka untuk belajar bahasa asing sebelum memasuki usia 11 tahun. Sebab, dari hasil pengalamannya, anak di usia 11 tahun ke atas bisa mengalami kesulitan saat belajar bahasa asing dibandingkan sebelum usia tersebut.

Manfaat Anak Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing tentu memiliki berbagai manfaat untuk anak, apalagi mengingat momen terbaik anak belajar bahasa asing ini sebelum usia 10 tahun. Anak yang telah belajar bahasa asing sejak usia dini dapat terlatih untuk tidak takut melakukan kesalahan dalam belajar. 

Selain itu, beberapa manfaat nyata yang juga terlihat dari anak belajar bahasa asing adalah:

  1. Anak bisa berpikir kritis.
  2. Anak terlatih mendengar dengan baik.
  3. Kemampuan kognitif anak meningkat.
  4. Anak memiliki kemampuan konsentrasi serta multitasking.
  5. Memori otak anak meningkat.
  6. Mengenalkan anak dengan budaya baru

Tips Ajarkan Anak Bahasa Inggirs

(Sumber: Suara.com)

Sebuah penelitian juga menyatakan  bahwa belajar dan menggunakan bahasa asing memiliki manfaat besar bagi otak. Di sisi lain, otak orang yang bilingual, bahkan bisa beroperasi secara berbeda untuk penutur bahasa tunggal. Fungsi otak dikatakan meningkat karena harus mengenali, menegosiasikan makna, serta berkomunikasi dalam sistem bahasa yang berbeda.

Cara Tepat Anak Belajar Bahasa Asing

1. Mulailah di Rumah

Orang tua adalah tempat pertama dimana anak belajar banyak hal, termasuk bahasa asing. Oleh sebab itu, langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan anak bahasa asing dimulai dari rumah. Anda bisa mengajarkan anak dengan cara yang menyenangkan, seperti melalui buku berwarna yang menarik, membacakan dongeng, atau menonton kartun yang menggunakan bahasa asing.

2. Satu Kata Dasar Setiap Waktu

Anda bisa menempelkan kertas berwarna warni di setiap benda yang ada di rumah menggunakan bahasa asing. Namun, pastikan itu terlihat dengan mudah oleh anak. Nah, anak bisa belajar lebih baik sambil melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, seperti bermain atau menggambar. Tanpa disadari, kosakata anak bisa bertambah dan membuatnya semakin mahir merangkai kata.

3. Buat Jadwal Belajar

Agar anak bisa belajar bahasa asing dengan disiplin, Anda bisa membuatkan jadwal belajar untuk anak. Contohnya, Anda bisa menetapkan jam berapa anak harus dibacakan buku atau mendengarkan lagu berbahasa asing.

4. Belajar Lewat Lagu

Momen Tepat Anak Belajar Bahasa Asing

(Sumber: Sehatq.com)

Anak-anak di bawah usia 10 tahun, umumnya sangat senang bernyanyi atau mendengarkan lagu. Ini dapat Anda jadikan salah satu cara terbaik untuk mengajarkan anak bahasa asing. Anda bisa mengajak anak untuk mendengarkan bahkan bernyanyi lagu berbahasa asing setiap hari. Dengan cara ini, anak juga bisa terbiasa dengan kosa kata bahasa asing yang ada dalam lagu tersebut.

5. Berikan Respon pada Anak

Selama proses belajar anak, pastikan Anda selalu antusias memberi respon positif pada anak. Contohnya, ketika anak berbicara menggunakan bahasa asing, maka Anda bisa menjawabnya dengan menggunakan bahasa asing pula. Lalu, jangan lupa, berikan anak pujian ketika Ia berhasil atau berani mengucapkan kalimat-kalimat berbahasa asing yang telah diajarkan.

Nah, apakah anak Anda kini berada di momen yang tepat untuk belajar bahasa asing? Selain belajar bahasa asing di rumah, anak juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa asingnya di altaschool. Alta School adalah homeschooling yang khusus untuk anak di tingkat PAUD hingga SD. Sekolah dengan kurikulum K-13 ini telah menggunakan metode belajar blended learning. Dengan mendaftarkan anak Anda di Alta School, Ia bisa menikmati berbagai fasilitas belajar menarik yang tersedia. Nah, yang paling penting, minat dan kreativitas anak Anda juga bisa berkambang dengan baik loh.

New call-to-action

Sumber:

Dewi, D. S. (2020), 'Kapan Sebaiknya Anak Mulai Belajar Bahasa Asing?', Tirto.id, 16 Juli 2020 [daring] Available at: https://tirto.id/kapan-sebaiknya-anak-mulai-belajar-bahasa-asing-fRce

Handayani, V.V. (2020), 'Inilah Usia Ideal Anak untuk Belajar Bahasa Asing', Halodoc.com, 15 Juli 2020 [daring] Available at: https://www.halodoc.com/artikel/inilah-usia-ideal-anak-untuk-belajar-bahasa-asing

Ramadhini, E.S. 'Kapan Usia Terbaik Ajarkan Anak Bahasa Asing? Simak Panduan ini, Parents!', Id.theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/belajar-bahasa-asing

Harismi, A. (2022), 'Belajar Bahasa Inggris untuk Anak, Kapan dan Bagaimana?', Sehatq.com, 07 Januari 2022 [daring] Available at: https://www.sehatq.com/artikel/sejak-usia-berapa-anak-boleh-belajar-bahasa-inggris-ini-penjelasannya

Sumber Gambar: 

Orang Tua Mengajarkan Anak Bahasa Asing [daring]. Available at: https://www.parapuan.co/read/533050081/hindari-4-kesalahan-ini-saat-mendampingi-anak-belajar-bahasa-inggris

Anak Belajar Bahasa Asing [daring]. Available at: https://www.suara.com/lifestyle/2022/03/24/170450/begini-cara-perkuat-kemampuan-bahasa-asing-anak-sejak-dini

Anak Menyanyikan Lagu Bahasa Asing [daring]. Available at: https://www.sehatq.com/artikel/lagu-anak-anak-yang-bisa-merangsang-kecerdasan-si-kecil

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar