10 Manfaat Alat Musik untuk Anak Sejak Dini

Nurul Habibah Des 27, 2021 • 7 min read


Manfaat Alat Musik untuk Anak Sejak Dini“Belajar alat musik sejak kecil bisa memberikan banyak manfaat untuk anak. Kenali dulu yuk manfaat-manfaatnya melalui tulisan berikut ini”

Musik adalah salah satu hal yang disukai oleh setiap orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Musik sendiri juga memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan, dan bukan hanya sebatas hiburan. Nah, berbagai alat musik dapat Anda kenalkan pada anak sejak dini loh. Sebab, mengenal alat musik sejak kecil pada dasarnya juga memberikan berbagai manfaat untuk anak. 

Manfaat Mengajarkan Anak Alat Musik(Sumber: Haibunda.com)

Apa aja sih manfaat dari alat musik untuk anak? Simak penjelasannya yuk.

1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Bermain alat musik dapat membantu meningkatkan kapasitas otak kiri anak, yang mana ini berhubungan langsung dengan kemampuan berbahasa. Jadi, anak yang telah mengikuti kegiatan musik sejak dini, cenderung mempunyai artikulasi kata serta kemampuan membaca yang lebih baik, dibandingkan anak-anak yang tidak ikut kegiatan musik.

2. Meningkatkan Koordinasi

Sama halnya dengan kegiatan berolahraga, bermain alat musik bisa membantu meningkatkan kemampuan motorik anak. Contohnya ketika anak bermain piano, maka anak harus mengkoordinasikan jari dengan telinga dan juga matanya, sehingga otak dan otot anak harus bisa melakukan sinkronisasi.

3. Melatih Disiplin

Jika anak-anak Anda sudah dalam tingkat menengah dan lanjut dalam bermain alat musik, maka Anda sudah bisa mengatur target dalam kegiatan seni musiknya. Hal tersebut dapat melatih anak untuk disiplin dan memiliki komitmen. 

Tidak hanya itu, mengatur target dalam bermain alat musik, juga dapat membuat anak paham tentang kerja keras serta kesabaran. Nah, jika anak Anda berhasil mencapai targetnya, maka jangan lupa berikan apresiasi agar anak merasa bangga atas kedisiplinan yang Ia terapkan selama ini.

4. Pintar Matematika

Anak-anak yang terbiasa berlatih alat musik, juga banyak yang lebih pintar dalam matematika, mulai dari matematika dasar, hingga tingkat lanjut, contohnya kemampuan untuk membayangkan perubahan bentuk tertentu. 

5. Belajar Sensori yang Lengkap

Manfaat Alat Musik untuk Anak(Sumber: Orami.co.id)

Dengan belajar alat musik, anak secara tidak langsung juga bisa merasakan berbagai sensori. Sebab, hampir semua indera terlibat di dalam kegiatan bermusik tersebut, mulai dari bermain musik, menyanyi, bahkan menari. 

6. Meningkatkan Indera Pendengaran

Anak-anak yang bermain alat musik akan lebih peka dalam pendengaran, karena mereka terbiasa mendengarkan berbagai irama yang dihasilkan dari alat musik yang dimainkan. Nah, biasakan juga anak untuk berada dalam suatu kelompok musik, sehingga mereka bisa mengenal berbagai irama musik bersama. 

7. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Daya ingat adalah salah satu yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Dengan memperkenalkan alat musik pada anak sejak dini, maka Anda dapat membantu memperkuat kemampuan kognitif anak. Dengan kemampuan kognitif yang terlatih dengan baik sejak kecil, anak-anak akan lebih mudah belajar ketika memasuki dunia pendidikan nantinya. 

8. Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi

Saat mengenalkan anak dengan alat musik, bisa juga Anda memasukkan anak dalam suatu kelompok musik atau band. Nah, hal tersebut nantinya dapat membantu anak memiliki kemampuan sosial yang baik. Melalui musik, anak-anak dapat belajar tentang empati kepada orang lain. 

9. Mengekspresikan Diri Sendiri

Anak Belajar Alat Musik(Sumber: Klikdokter.com)

Mengenalkan anak dengan alat musik juga membuat anak menjadi lebih kreatif dan berani untuk mengekspresikan dirinya. Anak dapat mengeksplorasi bakatnya dengan baik, dan menampilkan semua keahliannya dengan bebas.

10. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat terakhir dari mengenalkan dan melatih anak bermain alat musik sejak dini adalah meningkatkan konsentrasi. Anak-anak yang berlatih musik sejak kecil, terbukti lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu dalam periode waktu tertentu. 

Nah, berikut ini ada beberapa alat musik yang cocok Anda kenalkan pada anak sejak dini.

A. Harmonika

Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara ditiup. Berbeda dengan suling yang membutuhkan bantuan jari untuk menghasilkan nada, harmonika hanya butuh menghisap lubang-lubang dan meniupnya. Mengajarkan harmonika pada anak dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk bisa melatih konsentrasi dan ketepatannya ketika bermain. Anda tidak perlu takut bibir anak akan terluka, sebab harmonika biasanya dibuat dari bahan kayu berkualitas. 

B. Piano dan Keyboard

Ini adalah alat musik yang paling banyak dikenalkan oleh orang tua kepada anak sejak dini. Bermain piano atau keyboard terbukti bisa meningkatkan kemampuan otak anak untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan pendengaran anak, serta menangkap bahasa dengan lebih cepat. 

C. Drum Tangan

Mnafaat Musik untuk Perkembangan Otak Anak(Sumber: Kumparan.com)

Drum tangan cocok Anda kenalkan kepada anak yang suka dengan suara nyaring. Cara menggunakan alat musik ini juga mudah, hanya dengan memukul atau menggerakan nya sedikit, maka sudah ada suara gemerincing yang nyaring dari lonceng di setiap sisi drum. Dengan alat musik ini, anak dapat belajar menentukan ritme kesukaannya dan merangsang indera pendengarannya.

D. Marakas

Marakas merupakan alat musik yang akan melatih gerak motorik dan kekuatan tangan serta jari anak. Alat musik ini biasanya terbuat dari kayu dengan pegangan yang halus sehingga aman untuk tangan anak. Di dalam alat musik ini berisi butiran-butiran kecil yang keras. 

E. Suling

Suling adalah alat musik yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Alat musik ini cocok untuk Anda kenalkan pada anak. Meskipun suling tampak sebagai alat musik yang mudah digunakan, karena hanya ditiup, namun nyatanya dibutuhkan kemampuan jari-jari agar suara yang keluar dari suling menjadi beraturan. Bermain suling akan membantu meningkatkan kemampuan koordinasi jari-jari anak loh. 

Jadi, itulah 10 manfaat serta alat musik yang bisa Anda kenalkan pada anak dari kecil. Selain mengenalkan anak pada alat musik, mendaftarkannya di altaschool juga merupakan langkah baik untuk meningkatkan kecerdasan anak loh. 

Alta School memiliki berbagai fasilitas belajar yang dapat menggali minat dan kreativitas anak dengan baik. Sebagai sekolah online terbaik, Alta School hadir dengan kurikulum K-13. Sekolah online ini diperuntukkan bagi anak-anak di tingkat PAUD hingga kelas 3 SD. Nah, beberapa fasilitas belajar yang disediakan adalah Live Teaching, Kelas Tambahan, Pendidikan Karakter, Home-Based Project, dan lain sebagainya. 

sekolah online anak

Sumber: 

Intan, V. (2021), ‘7 Alat Musik untuk Anak 1 Tahun, Kenalkan Demi Mendukung Kecerdasannya’, Popmama.com, 28 Juli 2021 [daring] Available at: https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/verina-intan-l/alat-musik-untuk-anak-1-tahun/7

Harismi, A. (2019), ‘Mengenal Manfaat Alat Musik Anak yang Perlu Diketahui Orangtua’, Sehatq.com, 07 November 2019 [daring] Available at: https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-alat-musik-bagi-anak

Adrian, K. (2021). ‘5 Manfaat Musik untuk Anak’, Alodokter.com, 24 Juli 2021 [daring] Available at: https://www.alodokter.com/5-manfaat-musik-untuk-anak

Yolanda. (2020), ‘Manfaat Memperkenalkan Alat Musik untuk Anak Usia Dini’, Jakartanotebook.com, 06 Oktober 2020 [daring] Available at: https://www.jakartanotebook.com/blog/manfaat-memperkenalkan-alat-musik-anak-usia-dini/

Sumber Gambar:

Anak Bermain Piano [daring]. Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20211221154411-61-262302/10-alat-musik-harmonis-yang-bisa-bunda-kenalkan-pada-anak

Anak Bermain Pianika [daring]. Available at: https://www.orami.co.id/magazine/ternyata-ini-pentingnya-mengenalkan-musik-sejak-anak-usia-dini/

Anak Bermain Ukulele [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/rubrik/read/3618825/berapa-usia-ideal-si-kecil-belajar-musik

Anak Bermain Drum Tangan [daring]. Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/musik-cara-mudah-kenalkan-anak-dengan-dunia

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar