5 Manfaat Anak Belajar Coding Sejak Dini

Nurul Habibah Apr 25, 2022 • 6 min read


Alta - Manfaat Anak Belajar Coding Sejak Dini-02

“Belajar coding ternyata tak hanya bisa dilakukan saat dewasa, namun bisa dimulai sejak dini. Cari tahu yuk manfaat apa saja yang didapat jika anak belajar coding sejak dini ”

Coding atau programming merupakan suatu cara untuk memberikan perintah pada komputer, telepon, aplikasi, atau website untuk melakukan sesuatu. Pakar komputer dan pendidik sekarang banyak yang menganggap coding sebagai "bahasa baru" yang harus dikuasai oleh anak sejak dini. Apalagi untuk anak-anak yang terlahir di era digital ini. Anak-anak sekarang dituntut untuk memiliki pemahaman dan penguasaan yang lebih terhadap aset digital dan teknologi terkini. Sebab, setiap hari nya kita semakin sering berinteraksi dengan teknologi dan sistem komputasi.

Meski sebagian orang tua masih ada yang berpikir bahwa coding belum terlalu diperlukan sejak kecil, namun sudah banyak juga orang tua yang mengajarkan coding pada anaknya sedini mungkin. Nah, pengenalan coding pada anak pada dasarnya juga harus menggunakan bahasa dan cara berpikir anak-anak yang sesuai dengan umur mereka.

Untuk anak usia 7 -13 tahun misalnya, mereka bisa mulai belajar tentang block coding animasi, membuat animasi, pengenalan dasar, dan penambahan efek suara serta storytelling. Lalu, bisa juga anak belajar seni coding, yakni anak bisa belajar menggambar coding, memainkan efek suara, bahkan mengatur latar serta menggambar animasi. Kemudian, untuk anak-anak yang telah berada di tingkat lanjut, mereka bisa mulai belajar konsep komputer hingga dasar coding untuk bisa mengembangkan game.

Manfaat Anak Belajar Coding

(Sumber: Popmama.com)

Belajar coding memang bukan suatu hal yang mudah untuk dipahami saat pertama kali mencobanya. Bagi Anda yang sudah dewasa saja, coding bukan tugas yang mudah, apalagi bagi anak-anak. Namun, meskipun sulit, bukan berarti anak tidak mungkin melakukannya. Dengan belajar yang tekun dan latihan rutin, maka Anda bisa melihat berbagai manfaat anak belajar coding seperti berikut ini:

1. Mendorong Kreativitas Anak

Banyaknya variasi serta proses mencari solusi dalam coding bisa mendorong anak untuk berpikir out of the box. Hal ini dapat mendorong potensi kreativitas anak Anda. Belajar coding sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan bercerita. Oleh karena itu manfaat belajar coding bisa membuat anak lebih banyak berimajinasi serta menemukan banyak kemungkinan. Nah, ini kedepannya juga membantu anak untuk tumbuh menjadi anak yang percaya diri untuk tampil di depan umum.

2. Mengatasi Masalah Sendiri

Tips ajarkan anak coding

(Sumber: Phiradio.net)

Ketika anak belajar coding, Ia diajarkan untuk bisa mengatasi segala masalah dalam program. Umumnya itu meliputi cara mengantisipasi masalah yang bisa muncul, lalu menuliskan kode yang tepat untuk bisa mencegah terjadinya masalah lebih lanjut. Proses pembelajaran ini membuat anak menjadi pribadi yang lebih awas dalam bertindak. Anak juga selalu memperhitungkan berbagai risiko yang bisa muncul dari tindakan-tindakan yang akan dilakukannya.

3. Computational Thinking

Computational thinking merupakan kemampuan untuk bisa mengkomunikasikan pikiran secara terstruktur dan logis. Ini adalah manfaat paling besar yang bisa dirasakan anak dari belajar coding. Saat anak belajar coding, maka kemampuannya untuk memahami konsep algoritma serta memecahkan masalah bisa berkembang dengan pesat. Kemampuan tersebut juga menggabungkan antara disiplin logis dan matematis, sehingga anak dapat menemukan solusi dari suatu masalah dengan cepat.

4. Kesempatan Kerja Lebih Luas

Anak belajar coding

(Sumber: Dream.co.id)

Manfaat belajar coding yang dapat dirasakan oleh anak saat dewasa nanti adalah kesempatan kerja yang lebih luas. Di masa depan coding dipercaya bisa menjadi salah satu kemampuan yang wajib untuk bisa sukses dalam karir dan pekerjaan. Saat ini saja sudah terlihat, bahwa mereka yang bisa coding dapat bekerja lebih mandiri dan menghasilkan banyak uang.

5. Membuat Aplikasi Sendiri

Anak yang belajar coding sejak dini, nantinya bisa membuat aplikasi sendiri sesuai kebutuhannya. Di awal belajar, anak mungkin baru bisa membuat aplikasi mainan sederhana yang sesuai usianya. Namun, seiring dengan meningkatkan kemampuan coding anak, kelak Ia juga bisa membuat aplikasi yang dapat membantu orang banyak.

Belajar coding sejak dini ternyata dapat memberikan banyak manfaat ya untuk anak. Bahkan, manfaat tersebut dapat Ia rasanya hingga dewasa. Jadi, apakah anak Anda juga sudah mulai belajar coding?

Nah, selain belajar coding, masih banyak lagi hal yang perlu dipelajari oleh anak sejak dini. Oleh sebab itu, sudah saatnya Anda mendaftarkan Ia di altaschool. Alta School merupakan sekolah untuk anak di tingkat PAUD hingga SD. Di sini anak-anak dapat meningkatkan minat dan kreativitasnya melalui berbagai fasilitas belajar yang tersedia. Lalu, yang menarik juga, Alta School ini hadir dengan konsep homeschooling loh.

New call-to-action

Sumber:

Rahma, C. (2021). '8 Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman untuk Anak, Apa saja?', Orami. co.id, 16 Desember 2021 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-belajar-bahasa-pemrograman

Baskoro, D. (2022), 'Belajar Coding sejak Dini Dapat Mengasah Kreativitas Anak', Lifestyle.kompas.com, 11 Maret 2022 [daring] Available at: https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/11/102141820/belajar-coding-sejak-dini-dapat-mengasah-kreativitas-anak?page=all

Wakool. 'Ini Manfaat Belajar Coding Sejak Dini', Wakool.id, [daring] Available at: https://wakool.id/blog/1391-ini-manfaat-belajar-coding-sejak-dini

Rompies, J. K. (2022), 'Mengapa Anak Perlu Belajar Coding Sejak Usia Dini?', Popmama.com, 17 Maret 2022 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/jemima/mengapa-anak-perlu-belajar-coding-sejak-usia-dini

Sumber Gambar:

Anak Belajar Coding [daring]. Available at: https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/jemima/tempat-kursus-coding-anak-bisa-buat-game-roblox

Anak Berhasil Menyelesaikan Masalah dalam Program [daring]. Available at: https://www.phiradio.net/3-aplikasi-belajar-bahasa-pemrograman-untuk-anak-anak/

Anak yang Sukses Berkarir di Masa Depan [daring]. Available at: https://www.dream.co.id/dinar/benarkah-anak-keras-kepala-bakal-jadi-orang-sukses-160315w.html

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar