6 Manfaat Baca Komik untuk Anak serta Rekomendasi Komik yang Cocok

Nurul Habibah Jun 29, 2022 • 8 min read


Alta - 1 Juli 2022-01“Artikel ini berisi informasi tentang manfaat komik untuk anak, lengkap dengan rekomendasi komik-komik yang cocok untuk anak Anda”

Pernahkah Anda membaca komik? Komik adalah salah satu bacaan yang disukai anak-anak karena memiliki gambar-gambar yang menarik. Tetapi, beberapa orang berpendapat bahwa membaca komik bukanlah hal yang positif. Menurut Professor Carol Tilley dari University of Illinois, kritik dan pandangan buruk tentang komik sebenarnya berawal dari anggapa bahwa anak hanya senang melihat gambar di dalam komik dan tidak membaca isinya.

Nah, sebelum Anda melarang anak membaca komik, ketahui dulu yuk 6 manfaat membaca komik untuk anak berikut ini.

1. Mengenalkan Anak pada Perbendaharaan Kata

Manfaat membaca komik yang pertama untuk anak adalah semakin meningkatnya kosakata anak. Semakin sering anak membaca komik, maka semakin bermacam kosakata yang Ia dapatkan. Hal tersebut terjadi karena komik menyajikan urutan cerita bergambar, sehingga memudahkan anak menyerap kosakata baru. Kata-kata dapat dengan mudah dipahami oleh anak ketika ada gambar yang menjelaskan maksud kosakatanya.

2. Meningkatkan Daya Imajinasi dan Kreativitas Anak

Komik merupakan bacaan bergambar yang menarik dimata anak-anak. Dengan membaca serial bergambar yang penuh warna, anak terbantu untuk memvisualisasikan jalan cerita dari komik, serta menumbuhkan daya imajinasi melalui gambar-gambar yang dibaca. Selain itu, anak-anak yang suka membaca komik memiliki ruang untuk berimajinasi. Kemampuan imajinasi tersebut dapat berkembang menjadi kreativitas, sehingga kemungkinan besar anak yang menyukai komik juga bisa belajar menggambar.

3. Meningkatkan Kemampuan Literasi

Manfaat komik(Sumber: Popmama.com)

Secara tidak langsung ternyata membaca komik dapat meningkatkan kemampuan literasi anak loh. Cerita yang ringan dengan tampilan visual menarik, membuat komik menjadi bacaan yang mudah dipahami oleh anak sesuai urutan. Selain itu, anak juga bisa membuat kesimpulan berdasarkan fakta, belajar ejaan, tata bahasa yang baik, serta penggunaan  tanda baca.

4. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini

Bagi anak-anak yang belum bisa membaca, komik dapat dijadikan alternatif untuk belajar membaca. Sebab, komik memiliki banyak gambar, huruf-hurufnya tidak terlalu rapat, dan pilihan kata yang pendek serta sederhana, sehingga menjadi media yang tepat untuk mengajarkan anak membaca. Melalui komik, anak berarti sedang membudayakan kebiasaan membaca pada dirinya. Sebaiknya dukung kegiatan mereka dalam membaca komik, agar anak terus memiliki minat baca.

5. Mengisi Waktu Luang

Akhir pekan merupakan waktu untuk anak menikmati liburannya. Jika anak Anda mulai menyukai komik, maka jangan dilarang. Lebih baik anak Anda mengisi waktu luang dengan membaca dibanding bermain gadget. Membaca komik menjadi salah satu kegiatan positif yang membuat anak mencintai kegiatan membaca melalui bacaan kesukaannya.

6. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Kemampuan menulis dengan baik tidak hanya berguna untuk mendukung pendidikan anak, namun juga bisa menunjang karirnya di masa depan. Banyak anak yang kesulitan menulis cerita, makalah, essay atau presentasi dengan baik karena tidak tahu harus mulai dari mana untuk menuangkan idenya ke dalam tulisan. Membaca komik secara tidak langsung dapat membiasakan anak untuk membayangkan ide dalam bentuk gambar, mengurutkannya, lalu mengambil kesimpulan di pikiran. Proses tersebut bisa sangat membantu anak menuangkan ide dalam bentuk tulisan.

Cara Memilih Komik untuk Anak

1. Sesuaikan dengan Genrenya

rekomendasi komik untuk anak(Sumber: Gramedia.com)

Ada berbagai genre dari komik anak, seperti edukasi, fantasi, keluarga, dan lain sebagainya. Setiap genre memiliki daya tarik masing-masing. Untuk mengembangkan imajinasi anak, Anda bisa memilih genre fantasi, untuk mendapatkan banyak pelajaran tentu lebih cocok dipilih genre edukasi. Nah, khusus genre yang ringan bacaannya, genre keluarga dapat dijadikan pilihan terbaik.

2. Periksa Jumlah Serinya

Komik ada yang diterbitkan dalam beberapa seri. Ada yang terdiri dari tiga seri, ada yang bahkan sampai puluhan seri. Anda bisa membeli secara satuan atau dalam bentuk paket lengkap. Namun, biasanya urutan seri dalam komik anak-anak tidak mempengaruhi jalan ceritanya. Sebab, tiap seri komik anak memiliki judul atau tema yang berbeda dari komik lainnya.

3. Pertimbangkan Komik yang Telah Dibuat Versi Animasinya

Selain dalam bentuk bacaan, cerita komik juga banyak yang dibuat dalam bentuk visual berupa tontonan animasi, contohnya animasi Doraemon. Ketika komik-komik yang dibaca oleh anak telah memiliki versi animasi, biasanya anak lebih tertarik untuk membacanya. Akan tetapi, masih belum terlalu banyak komik yang dibuat versi animasinya.

Komik yang Cocok untuk Anak

1. Terdampar di Kota-Kota dalam Al-Quran

Komik ini bercerita tentang lima karakter yang melakukan petualangan menggunakan pesawat hasil eksperimen seorang profesor. Sayangnya dalam perjalanan mereka mengalami kendala. Namun, ternyata mereka malah bisa mengelilingi kota-kota yang ada di dalam kitab suci. Komik yang terdiri dari 3 seri ini dapat Anda gunakan untuk mengenalkan kota-kota bersejarah kepada anak loh.

2. Cerita Spesial Doraemon

Manfaat Komik untuk Anak(Sumber: Edukasi.Kompas.com)

Doraemon menjadi salah satu komik yang familiar di kalangan anak-anak bahkan orang dewasa. Tak hanya komik, doraemon juga memiliki serial kartun yang sering tayang di televisi loh. Komik doraemon ini mempunyai genre fantasi, sehingga cocok untuk membantu anak memiliki daya imajinasi yang tinggi. Cerita Spesial Doraemon berisi cerita sesuai dengan tema komik, seperti tema tentang teman-teman Nobita.

3. Keluarga Super Irit

Apakah Anda ingin mengajarkan anak untuk berhemat? Komik ini sangat berguna untuk membuat anak-anak paham tentang manfaat berhemat. Komik yang berasal dari Korea ini menceritakan tentang keluarga yang mengutamakan untuk irit setiap hari. Kiat-kiat hemat yang terdapat di dalam komik ini bahkan bisa Anda jadikan life hack loh. Komik Keluarga Super Irit bergenre edukasi dan keluarga. Nah, untuk jumlah serinya lebih dari 35 seri.

4. Boboiboy  Galaxy Musim 2

Komik ini menjadi komik yang sangat diminati oleh anak laki-laki, apalagi yang suka menonton film bertema heroik. Cerita asal Malaysia ini juga sudah diangkat ke layar lebar, sehingga anak-anak banyak yang familiar dengan para tokohnya. Dalam Boboiboy Galaxy Musim 2, geng Boboiboy masih dihadapkan dengan musuh lama mereka, yakni Adu Du dan Probe Cuba.

5. Komik Hadist Anak

cara memilih komik untuk anak(Sumber: Tokopedia.com)

Mengenalkan dan mengajarkan hadits-hadist kepada anak dapat dilakukan dengan cara seru melalui Komik Hadist Anak. Cerita dalam komik ini dikemas dengan gaya khas anak-anak  usia sekolah yang ceria dan lucu. Di setiap akhir cerita, terdapat hadist yang berhubungan dengan cerita tersebut. Ini dapat membantu anak memahami makna hadist dengan lebih mudah. Sesuai judulnya, Komik Hadist Anak memiliki genre edukasi serta agama.

Selain komik-komik di atas, masih banyak lagi komik untuk anak yang dapat memberikan berbagai pelajaran. Meski komik memiliki manfaat positif, tetap awasi jenis komik yang dibaca oleh anak Anda. Jangan biarkan anak membaca komik yang tidak sesuai dengan usianya ya!. 

Nah, tak hanya melalui komik, meningkatkan kemampuan membaca anak kini juga bisa dilakukan melalui berbagai media belajar yang tersedia di altaschool. Fasilitas belajar yang beragam dan menarik, membantu anak lebih fokus dan semangat untuk belajar. Jika Anda sedang mencari sekolah online terbaik untuk anak di tingkat PAUD hingga SD, Alta School merupakan pilihan terbaik loh.

New call-to-action

Sumber: 

Orami. (2019), ‘Tidak Disangka, Ternyata Ini 4 Manfaat Membaca Komik bagi Anak’, Orami.co.id, 03 Agustus 2019 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/tidak-disangka-ternyata-ini-4-manfaat-membaca-komik-bagi-anak 

Mybest. (2022), ‘10 Rekomendasi Komik Terbaik untuk Anak-anak (Terbaru Tahun 2022)’, My-best.id, 2022 [daring] Available at: https://my-best.id/137516

Lesmana, B. (2018), ‘5 Manfaat Positif Anak Gemar Membaca Komik’, Popmama.com, 05 November 2018 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/bella-lesmana/manfaat-positif-anak-gemar-membaca-komik/5 

Ndani, A.R. (2020), ‘Jangan Dilarang, Membaca Komik Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Anak’, Diadona.id, 16 Juli 2020 [daring] Available at: https://www.diadona.id/family/jangan-dilarang-baca-komik-ternyata-punya-banyak-manfaat-untuk-anak-200715h.html

Sumber Gambar:

Anak sedang Membaca Bersama Orang Tua [daring]. Available at: https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/sarrah-ulfah/langkah-mudah-mengajarkan-anak-membaca-tanpa-mengeja

Anak sedang Membaca Komik [daring]. Available at: https://www.gramedia.com/blog/rekomendasi-komik-anak-lucu-mendidik-bikin-ngikik/

Komik Doraemon [daring]. Available at: https://edukasi.kompas.com/read/2021/06/06/151416071/yuk-nostalgia-bersama-doraemon-mulai-dari-vol-0?page=all

Komik Hadist Anak [daring]. Available at: https://www.tokopedia.com/rimbistore/buku-cerita-anak-komik-hadits-anak

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar