7 Manfaat Camping Bersama Anak, Patut Dicoba

Nurul Habibah Feb 3, 2022 • 6 min read


Header-Alta School-Edukasi-Manfaat Camping Bersama Anak, Patut Dicoba-02“Mengisi waktu libur dengan camping bersama anak adalah kegiatan menyenangkan. Selain bisa bersenang-senang, camping bersama anak juga ada manfaatnya, cek dulu yuk manfaat tersebut”

Biasanya kalau hari libur, Anda mengajak anak jalan-jalan kemana? Pernah coba camping bareng keluarga tidak? 

Nah, kalau belum, ada baiknya Anda mencoba mengajak anak camping bersama di masa liburannya nanti. Cukup dua hari saja di akhir pekan dan pilih tempat camping yang tidak terlalu jauh, ini sudah bisa memberikan kesan liburan yang berharga untuk anak. 

Sebelum camping jangan lupa bawa berbagai peralatan penting yang nanti Anda butuhkan. Seperti tenda, sleeping bag, jaket, peralatan mandi, selimut, jas hujan, korek api, senter, obat-obatan, dan lain sebagainya. Lalu, berhubung di tempat camping Anda harus memasak sendiri, bawa juga beberapa peralatan memasak yang simpel, seperti kompor spiritus atau parafin, termos, panci dan peralatan makan dari bahan plastik yang ringan.

Manfaat Camping untuk Anak(Sumber: Orami.co.id)

Meski camping diidentikkan dengan udara dingin dan persiapan yang ribet, namun nyatanya camping juga memiliki banyak manfaat loh untuk anak-anak. Apa aja sih manfaatnya? Yuk simak!

1. Jauh dari Gadget 

Camping melibatkan kegiatan fisik yang cukup banyak, seperti mendirikan tenda, memasak bersama, membuat api unggun, makan bersama dan lain sebagainya. Dengan berbagai kegiatan ini, otomatis anak-anak tidak sempat untuk terlalu banyak bermain gadget saat camping. Anak-anak bisa fokus menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga.

2. Melatih Ketahanan Fisik Anak

Anak-anak memiliki ketahanan fisik yang tidak sekuat orang dewasa. Dikatakan bahwa anak kecil lebih rentan dengan udara luar. Namun, dari salah satu penelitian Thomas Tallman, yang merupakan seorang dokter ahli, mengatakan bahwa udara dingin atau panas tidak bisa membuat anak sakit atau terkena flu. 

Anak-anak yang sering diajak camping, dan bertemu dengan udara luar justru dapat memiliki fisik yang lebih kuat. Oleh karena itu, jika anak terbiasa camping bersama keluarga, dijamin ketahanan fisiknya jauh lebih baik. 

3. Belajar Bersosialisasi dengan Orang Lain

Camping bersama Anak(Sumber: Popmama.com)

Anak-anak biasanya memiliki kegiatan yang monoton setiap hari, seperti bangun tidur, sekolah, les, makan dan tidur kembali. Hal ini dapat membuat anak berpikir bahwa hidupnya hanya untuk hal-hal tersebut.

Nah, ketika Anda mengajaknya camping, anak-anak bisa bertemu dengan banyak orang baru di luar sana. Ketika bertemu orang baru saat camping, anak-anak dapat belajar berbagai hal baru, dan secara tidak langsung anak juga bisa bersosialisasi dengan orang-orang baru yang mereka temui di tempat camping.

4. Anak Menjadi Lebih Percaya Diri

Anak-anak memiliki sikap yang berbeda-beda, ada yang pendiam, cerewet, dan ada yang pemalu. Nah, kalau anak Anda pendiam, mengajak camping adalah salah satu kegiatan yang baik. Ketika camping anak Anda dapat mengenal lingkungan baru, dan anak biasanya pasti merasa ingin tahu tentang lingkungan baru tersebut.

Jika sudah demikian, anak dapat lebih banyak bertanya, dan anak juga mungkin mengajak Anda berkeliling karena ingin mengenal lingkungan itu. Secara tidak langsung, ini dapat membantu anak untuk lebih percaya diri melalui kegiatan camping

5. Membiasakan Anak Bermain dengan Alam

Mengajak anak camping artinya Anda tengah mengajak Ia berkenalan langsung dengan alam. Dengan begini, anak otomatis bisa terbiasa dan sangat tertarik dengan  berbagai hal tentang alam. Biasanya anak-anak yang sering bermain di alam, juga dapat sensitif terhadap isu-isu yang berhubungan dengan lingkungan loh.  Anda pasti bangga ketika anak tumbuh menjadi pribadi yang peduli dan cinta dengan alam sertalingkungannya. 

6. Menghilangkan Tekanan pada Anak akan Dunia Luar atau Dunia Sekolah

Manfaat Camping Bersama Anak(Sumber: Orami.co.id)

Kadang dunia anak-anak tak seindah yang Anda pikirkan. Kadang, anak juga bisa mengeluh tentang suatu hal, entah itu tugas sekolahnya, atau bahkan bully-an yang diterima dari teman-temannya. Nah, sesekali coba ajak anak menenangkan diri dengan camping. Lakukan hal menyenangkan saat camping dan beri anak waktu untuk bercerita tentang apa yang mereka rasakan. Melihat pemandangan alam yang segar dapat membuat anak tenang dan kembali bersemangat untuk melakukan berbagai aktivitas.

7. Memberikan Pengalaman Baru

Biasanya anak-anak sangat suka camping meski telah sering melakukannya. Mereka bersemangat untuk camping karena pengalaman-pengalaman menyenangkan yang bisa mereka dapatkan. Anda bisa menjadikan ini pengalaman baru yang tidak terlupakan. Saat camping lakukan berbagai kegiatan seru, seperti bernyanyi bersama, menari dan melihat bintang, atau membuat api unggun bersama. 

Jadi, itulah 7 manfaat yang bisa dirasakan oleh anak ketika camping bersama keluarga. Sebelum pergi camping jangan lupa ya siapkan juga makanan yang praktis dan bergizi. Agar kegiatan camping semakin seru, bawalah beberapa cemilan kesukaan anak Anda. 

Nah, selain camping, anak juga bisa semakin aktif dan percaya diri melalui berbagai kegiatan belajar di altaschool. Alta School merupakan sekolah online yang telah menggunakan kurikulum K-13. Sekolah yang diperuntukkan bagi anak di tingkat PAUD hingga kelas 4 SD ini menggunakan metode belajar blended learning. 

Selama belajar di Alta School anak-anak mendapatkan berbagai fasilitas belajar yang menarik. Seperti, Live Teaching, Kelas Tambahan, Pendidikan Karakter, Learning Kit, dan lain sebagainya. 

New call-to-action

Sumber: 

Sulistiarmi, W. ‘9 Manfaat camping Bersama Anak’, Phinemo.com, [daring] Available at: https://phinemo.com/9-manfaat-camping-bersama-anak/

Ryani, A. (2017), ‘Jangan ke Mall Terus, Sekali-kali Yuk Ajak Anak camping di Alam Terbuka. Ini Sederet Manfaatnya’, Orami.co.id, 09 Desember 2017 [daring] Available at:https://www.orami.co.id/magazine/jangan-ke-mal-terus-sekali-kali-yuk-ajak-anak-camping-di-alam-terbuka-ini-sederet-manfaatnya/

Rinso. ‘10 Peralatan Wajib Dibawa Saat camping Bersama Keluarga’, Rinso.com, [daring] Available at: https://www.rinso.com/id/kotor-itu-baik/tips-orang-tua/10-peralatan-wajib-dibawa-saat-camping-bersama-keluarga.html

Suciawati, D. (2017), ‘Manfaat camping Bersama Bagi Keluarga dan Anak-anak’, mhbali.com, 25 Januari 2017 [daring] Available at: http://mhbali.com/manfaat-camping-bersama-bagi-keluarga/

Sumber Gambar: 

Anak sedang camping [daring]. Available at: https://www.orami.co.id/magazine/jangan-ke-mal-terus-sekali-kali-yuk-ajak-anak-camping-di-alam-terbuka-ini-sederet-manfaatnya/

Anak Berdiri di Depan Tenda [daring]. Available at: https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/kchintiana/manfaat-camping-untuk-anak-mama

Anak sedang Membangun Tenda Bersama Orang Tua [daring]. Available at: https://www.orami.co.id/magazine/jangan-lakukan-6-hal-ini-saat-mengajak-anak-camping/

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar