5 Manfaat Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Nurul Habibah Des 24, 2021 • 7 min read


Alta - Manfaat Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini-10“Menabung adalah kebiasaan baik yang harus diajarkan pada anak sejak dini. Artikel ini berisi berbagai manfaat yang didapatkan jika mengajarkan menabung pada anak sejak kecil.”

Menabung adalah salah satu hal yang perlu Anda latih kepada anak sejak dini. Sebab, kebiasaan menabung bukanlah hal yang mudah. Berbagai kebutuhan dan keinginan seringkali membuat orang malas dan menunda untuk menabung. 

Nah, dari salah satu penelitian di Universitas Cambridge, dikatakan bahwa orang tua sudah bisa mengajarkan anak-anak tentang menabung semenjak anak berusia 3 tahun. Sebab, di usia tersebut, anak sudah bisa memahami apa itu uang. 

Seorang ahli perencana keuangan dan penulis “The Four Money Bears”, yakni Mack Gardner juga menyatakan bahwa orang tua bisa mengajari empat hal dasar tentang uang kepada anaknya sejak dini. Empat hal tersebut yakni cara membelanjakan uang, menabung, memberikannya, dan menginvestasikannya. 

Manfaat Mengajarkan Anak Menabung Sejak Kecil(Sumber: Money.kompas.com)

Mengajarkan anak menabung sejak dini memiliki berbagai manfaat, yakni:

1. Melatih Kesabaran Anak

Manfaat pertama mengajarkan anak menabung adalah dapat melatih kesabarannya. Ketika anak baru mulai menabung, pastikan Anda membantu anak untuk menyimpan dana yang Ia miliki dengan tujuan tertentu. 

Contohnya, ajarkan anak menabung untuk membeli mainan atau tas baru. Nah, dengan cara ini, anak dilatih untuk bersabar saat berusaha mencapai keinginan atau tujuannya untuk membeli suatu benda baru yang Ia impikan. 

2. Mengajarkan Anak untuk Menghargai Uang

Menabung bisa bermanfaat untuk mengajarkan anak menghargai uang dan tidak menghambur-hamburkannya. Setelah anak terbiasa mengumpulkan uang sendiri untuk membeli sesuatu, Ia nantinya dapat memikirkan ulang apakah keinginan tersebut penting untuk Ia beli atau tidak. Sebab, setelah memiliki tabungan sendiri, anak dapat mengetahui usaha dan jerih payah untuk mengumpulkan uang, sehingga menjadi lebih bijak dalam menggunakan uang. 

3. Mengajarkan Anak Mengumpulkan Dana Darurat

Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini(Sumber: Berkeluarga.id)

Selain mengajarkan anak menabung untuk membeli barang-barang yang Ia inginkan, Anda sebaiknya juga mulai mengajarkan anak bahwa menyimpan uang juga penting untuk persiapan dari hal-hal yang tidak terduga di masa mendatang.

Umumnya, orang dewasa mengumpulkan dana darurat untuk menjalani kehidupan saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, contohnya ketika mereka mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Sedangkan untuk anak, Anda bisa mengajarkannya mengumpulkan dana darurat untuk kebutuhan yang mendesak baginya, contohnya untuk membetulkan mainan yang rusak atau sepeda yang rusak. 

4. Membiasakan Anak Disiplin Menabung

Menabung sejak dini dapat bermanfaat untuk mengajarkan kedisiplinan menyisihkan uang untuk disimpan. Ketika melatih anak menabung, Anda tidak perlu menuntut jumlah tabungan tertentu pada anak. Justru sebaiknya, Anda perlu memberikan reward atau hadiah untuk anak agar Ia semakin semangat menabung. 

Contohnya, ketika Anda mengajak anak menyetor uang tabungan ke bank, maka sepulang dari sana, Anda bisa mengajaknya membeli es krim atau makanan lain yang Ia suka. Dengan demikian, anak semakin senang untuk menabung. 

5. Mengajarkan Anak Membuat Keputusan yang Bijak

Dengan mengajarkan anak menabung, maka Anda secara tidak langsung juga mengajarkan anak untuk bisa membuat keputusan yang bijak nantinya. Sebaiknya berilah anak kesempatan untuk mengambil keputusan dan menentukan sendiri untuk apa uang tabungan tersebut nanti digunakan. 

Namun, jika Anda khawatir anak membuang-buang uangnya, maka cobalah untuk mengarahkannya, agar anak nantinya dapat terlatih untuk mengambil keputusan. 

Nah, berbagai manfaat di atas, tentu membuat Anda ingin segera mengajari anak menabung sejak dini bukan? Berikut ada 5 cara yang dapat Anda coba untuk mengajarkan anak menabung sejak dini.

A. Membelikan Celengan untuk Anak

Anda bisa membelikan anak celengan dengan bentuk yang lucu, seperti karakter yang mereka suka atau hewan. Dorong anak untuk selalu mengisi celengan mereka, baik dengan uang receh maupun uang kertas. Anda bisa menyemangati anak untuk mengisi celengan nya dengan uang hingga penuh. 

B. Membuka Rekening Tabungan untuk Anak

Cara Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini(Sumber: economy.okezone.com)

Setelah anak terbiasa menabung di celengan, dan celengan nya sudah penuh, Anda bisa membuatkan rekening khusus untuk anak. Keluarkan uang dari celengan anak, dan ajak Ia ke bank untuk membuka rekening dan menyetorkan uangnya. Sebelum itu, jangan lupa ajak juga anak untuk menghitung berapa uang yang telah berhasil Ia kumpulkan. Ini berguna juga untuk mengajarkan anak berhitung loh. 

Ketika Anda membuka rekening tabungan untuk anak, jelaskan kepadanya bahwa rekening tersebut atas namanya, dan semua uang yang ada di sana adalah miliknya sendiri, yang nantinya boleh digunakan untuk membeli mainan kesukaan nya atau membeli kebutuhan lain. 

C. Berilah Hadiah jika Anak Berhasil

Ketika anak berhasil mengumpulkan uang untuk menabung, maka jangan lupa berikan mereka hadiah kecil yang membuatnya bahagia karena berhasil menabung. Misalnya Anda bisa membuatkan makanan kesukaan anak setiap dia berhasil memenuhi celengannya. Hadiah tersebut bisa menjadi dorongan positif pada anak untuk terus menabung, agar ia bisa mendapatkan makanan kesukaanya. 

D. Beri Contoh yang Baik

Cara Mudah Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini(Sumber: Orami.co.id)

Agar anak semakin rajin menabung, maka berikanlah contoh yang baik kepadanya. Anda bisa membeli 2 celengan, yang satu untuk Anda dan satu lagi untuk anak. Ajak anak untuk sama-sama menabung dan bahkan berlomba untuk memenuhi celengan tersebut. Anak-anak biasanya lebih kompetitif, dan Ia jadi termotivasi untuk mengalahkan Anda.

E. Bantu Anak Mendapatkan Uang

Selain mengajarkan anak menabung, ajarkan juga cara untuk menghasilkan uang. Contohnya, pada hari libur, Anda bisa mengajak anak membuat kue dan minuman segar. Lalu, jual makanan yang dibuat tersebut bersama anak di taman yang ada di sekitar rumah Anda. Berikan semua uang hasil jualan kepada anak, dan dorong anak untuk menabung sebagian uang hasil kerja keras mereka. 

Jadi, itulah manfaat dan cara mengajarkan anak menabung sejak dini yang dapat Anda coba. Nah, di samping mendidik anak untuk rajin menabung, mari bantu juga anak untuk lebih pintar dan kreatif melalui altaschool.  

Alta School merupakan sekolah online terbaik, yang dibuka untuk anak di tingkat PAUD hingga kelas 3 SD. Sekolah ini memiliki metode belajar secara online yang lebih adaptif, serta bisa menggali kreativitas, potensi, serta minat anak secara maksimal. 

Berbagai fasilitas belajar yang menarik bisa didapatkan oleh anak ketika berlangganan di Alta School. Contohnya, Live Teaching, Pendidikan Karakter, Home-Based Project, Laporan Pembelajaran, dan lain sebagainya.

New call-to-action

Sumber: 

Zurich. (2020), ‘5 Manfaat Tabungan Anak dalam Mendidik Buah Hati Berhemat Sejak Dini’, Zurich.co.id, 07 September 2020 [daring] Available at: https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2020/08/5-manfaat-tabungan-anak-dalam-mendidik-buah-hati-berhemat-sejak-dini

Irach, H. (2021), ‘5 Manfaat Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini’, Fimela.com, 22 Juli 2021 [daring] Available at: https://www.fimela.com/parenting/read/4606916/5-manfaat-mengajarkan-anak-menabung-sejak-dini

Widyananda, R. F. (2020), ‘6 Manfaat Menabung untuk Anak Sejak Dini, Salah Satunya Ajarkan Ilmu Berhemat’, Merdeka.com. 25 November 2020 [daring] Available at: https://www.merdeka.com/jatim/6-manfaat-menabung-untuk-anak-sejak-dini-salah-satunya-ajarkan-ilmu-berhemat-kln.html

SimulasiKredit. ‘Cara Mengajari Anak Menabung’, Simulasikredit.com, [daring] Available at: https://www.simulasikredit.com/cara-mengajari-anak-menabung/

Sumber Gambar: 

Anak sedang Memasukkan Uang ke Celengan [daring]. Available at: https://money.kompas.com/read/2021/01/12/060800226/cara-asyik-mengajarkan-anak-menabung-sejak-dini?page=all

Anak Menabung bersama Orang Tua [daring]. Available at: https://berkeluarga.id/2020/05/28/4-manfaat-ajarkan-anak-menabung-sejak-kecil/

Anak sedang Menghitung Uang Hasil Tabungan [daring]. Available at: https://economy.okezone.com/read/2016/12/23/320/1574228/15-cara-jitu-untuk-mengajarkan-anak-menabung

Anak dan Orang Tua yang sedang Menabung [daring]. Available at: https://www.orami.co.id/magazine/ini-lho-5-cara-seru-mengajari-anak-menabung/

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar