7 Manfaat Mengikuti Kelas Online untuk Anak Pra Sekolah

Nurul Habibah Jan 19, 2022 • 6 min read


Edukasi - 5 Manfaat Mengikuti Kelas Online untuk Anak Pra Sekolah-01“Anak-anak pra sekolah kini dapat belajar dengan mudah melalui kelas online. Dalam artikel ini Anda bisa mendapatkan informasi tentang manfaat yang bisa dapatkan oleh anak pra sekolah saat mengikuti kelas online”

Kini berbagai hal dapat dilakukan secara online, mulai dari bekerja, belanja, bahkan belajar. Namun, beberapa orang tua mungkin masih merasa asing dengan sistem pembelajaran online. Para orang tua merasa khawatir anak-anak tidak dapat memahami pelajaran dengan baik dan justru malah kecanduan gadget.

Padahal, nyatanya kelas online tidaklah seburuk apa yang Anda bayangkan. Meski tidak sama dengan pembelajaran tatap muka, kelas online masih memiliki berbagai manfaat untuk anak, termasuk anak-anak pra sekolah. Apalagi sekarang kelas online selalu menyajikan materi-materi dengan cara yang interaktif dan menarik, sehingga anak-anak dijamin bisa betah belajar meski hanya melalui gadget mereka. 

Manfaat Kelas Online Untuk Anak Pra Sekolah(Sumber: Klikdokter.com)

Nah, berikut ada 7 manfaat kelas online yang dapat dirasakan oleh anak pra sekolah.

1. Interaksi Sosial

Mendaftarkan anak sekolah sejak masa pra sekolah adalah salah satu langkah baik untuk membantu anak berkenalan dengan teman-teman baru. Meski tidak mengikuti sekolah tatap muka dan hanya kelas online, ini tetap bisa memberikan kesempatan pada anak untuk berinteraksi dengan teman sebayanya. Dengan cara ini, anak bisa berlatih untuk berinteraksi serta berkomunikasi dengan anak-anak yang mungkin mempunyai latar belakang beragam. 

Di samping membangun interaksi dengan teman-temannya, kelas online ternyata juga bisa membantu orang tua untuk menjalin hubungan yang baik dengan anak pra sekolah. Interaksi yang terjalin antara anak dengan teman maupun dengan Anda dapat membantu perkembangan sosial serta emosi anak.

2. Keterampilan Kognitif

Belajar di kelas online dapat membantu mengembangkan keterampilan kognitif yang bisa meningkatkan kemampuan anak untuk belajar di ruang kelas nantinya. Umumnya pembelajaran dengan basis kognitif mengembangkan keterampilan penalaran serta pemecahan masalah. Kurikulum yang digunakan juga sebaiknya juga sangat informatif serta menarik untuk anak-anak terus bertanya hingga mereka paham. 

Nah, dengan adanya kelas online, orang tua bisa dengan mudah mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan guna mengembangkan keterampilan kognitif anak-anak.

3. Eksploitasi Keterampilan Penggunaan Teknologi Baru

Manfaat Anak Mengikuti Kelas Online(Sumber: Kompas.com)

Anak-anak yang mengikuti kelas online dapat diperkenalkan dengan teknologi serta konsep belajar baru, yang mungkin tidak dapat mereka kenali jika hanya mengikuti pembelajaran tatap muka. Proses ini bisa membantu melatih keterampilan motorik anak. 

Selain itu, anak dapat belajar berbagai bahasa baru tentang teknologi, hingga bisa juga belajar coding. Dengan mengikuti kelas online, anak dapat mempelajari berbagai keterampilan serta konsep teknologi yang tentunya penting di masa sekarang ini. 

4. Lebih Fleksibel

Salah satu keuntungan dari kelas online yang tentunya dirasakan oleh semua anak adalah tempat yang fleksibel. Anak-anak dapat mengikuti kelas online dimanapun mereka mau. Anak tidak harus duduk berjam-jam di ruang kelas. Kelas online pun tak harus dilakukan dari rumah, namun bisa di cafe atau tempat lain yang anak senangi.

Selain tempat belajar, waktu belajar tentu juga lebih fleksibel. Anak-anak dapat belajar kapanpun Ia mau, baik itu pagi, siang atau bahkan tengah malam. Nah, kelas online juga bisa membantu anak maupun Anda menghemat waktu. Anda tidak harus menghabiskan waktu melewati jalanan yang macet ketika mengantarkan anak ke sekolah. 

5. Membentuk Rutinitas

Ketika anak terdaftar dalam program sekolah online, Anda bisa menambahkan satu rutinitas baru dalam aktivitas harian anak. Dengan mengikuti kelas online, anak bisa membangun rutinitas yang konsisten. Hal ini, nantinya dapat berguna untuk mengembangkan kemandirian anak, membangun kebiasaan baik, dan bahkan menawarkan kenyamanan serta kemampuan untuk beradaptasi. 

6. Mengembangkan Keterampilan dan Rasa Percaya Diri

Manfaat Kelas Online(Sumber: Klikdokter.com)

Melalui kelas onlinenya, anak-anak pra sekolah dikenalkan dengan pelajaran dan kegiatan yang sesuai dengan umur mereka. Pelajaran ini antara lain adalah keterampilan akademis seperti literasi bahasa dan berhitung. Selain itu, anak-anak juga dapat belajar keterampilan seperti merawat diri sendiri dan menyapu rumah.

Nah, semua pelajaran yang didapat oleh anak di kelas online bisa berguna untuk mengembangkan keterampilan hidup serta rasa percaya dirinya. Hal ini, dapat membuat anak terus terstimulasi meski tidak belajar dengan tatap muka. 

7. Bisa Mengakomodasi Banyak Gaya Belajar

Gaya belajar anak kadang berbeda dengan gaya mengajar gurunya di sekolah. Sehingga anak seringkali tidak betah dan bermalas-malasan saat belajar. Nah, kelas online bisa mengakomodasi berbagai gaya belajar, sebab metode yang digunakan juga berbeda-beda. Di kelas online anak bisa belajar lewat gambar, tulisan, bahkan video. Nah, ketika anak belajar dengan gaya belajar yang Ia suka, tentu anak menjadi lebih semangat dan mudah untuk memahami pelajarannya. 

Jadi, itulah 7 manfaat kelas online untuk anak pra sekolah. Buat Anda yang memiliki anak di usia pra sekolah, kini Anda bisa loh mendaftarkannya di altaschool. Alta School ini adalah layanan pendidikan dengan konsep homeschooling yang berbasis online. Sekolah online ini diperuntukkan bagi anak di tingkat PAUD hingga kelas  4 SD. 

Nah, di Alta School anak-anak bisa mendapatkan berbagai fasilitas belajar menarik yang dapat mengembangkan minat dan kreativitasnya. Beberapa fasilitas tersebut adalah Home-Based Project, Live Teaching, Pendidikan Karakter, Kelas Tambahan, dan lain sebagainya. 

Sumber: 

Intan,R. ‘6 Manfaat Mengikuti Kelas Online untuk Perkembangan Anak Prasekolah’, Id,theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/kelas-online

Williams,A. ‘Manfaat kelas online untuk siswa TK’, Victor-mochere.com, [daring] Available at:https://victor-mochere.com/id/benefits-of-online-classes-for-kindergarten-students

Partiwi, S.W.P. ‘Ini Manfaat Belajar Daring untuk Anak TK dan PAUD’, Mediaindonesia.com, 11 Oktober 2020 [daring] Available at: https://mediaindonesia.com/humaniora/351919/ini-manfaat-belajar-daring-untuk-anak-tk-dan-paud

Sumber Gambar: 

Anak sedang Mengikuti Kelas Online [daring]. Available at:https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3644600/belajar-online-saat-pandemi-idealnya-berapa-jam-dalam-sehari

Anak sedang Belajar Secara Online [daring}. Available at: https://www.kompas.com/edu/read/2020/09/16/135700771/belajar-online-orangtua-diminta-lebih-sabar-dampingi-anak

Anak Mengikuti Kelas Online Didampingi Orang Tua [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3641505/penuh-tantangan-ini-alasan-ortu-harus-dampingi-anak-belajar-online

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar