8 Manfaat Menonton Pertandingan Olahraga Bersama Anak

Nurul Habibah Mei 25, 2022 • 6 min read


Aktivitas & Hobi - Manfaat Menonton Pertandingan Olahraga Bersama Anak-01

“Menonton pertandingan olahraga bersama anak memiliki banyak manfaat. Cari tahu yuk apa aja manfaatnya”

Pertandingan olahraga biasanya menjadi salah satu acara menyenangkan yang disukai banyak orang, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Nah, apakah Anda pernah mengajak anak menonton pertandingan olahraga secara langsung, atau bahkan melalui media televisi? Menonton pertandingan olahraga bersama anak ternyata tidak hanya sebatas hiburan semata loh, namun bisa memberikan berbagai manfaat yang bagus untuk perkembangan anak Anda.

Nah, apa aja sih manfaat yang bisa didapat dengan menonton pertandingan olahraga bersama anak? Berikut penjelasannya:

1. Belajar Sportivitas

Sportivitas adalah sesuatu yang dapat dipelajari melalui pertandingan olahraga. Dalam pertandingan olahraga selalu ada tim yang harus menghadapi kekalahan. Anda bisa mengajarkan kepada anak bahwa kekalahan adalah hal yang wajar dan harus dapat diterima dengan lapang dada. Namun, bagian paling penting juga adalah telah berusaha dengan semaksimal mungkin dan bermain secara sportif, tanpa melakukan kecurangan. Dengan sering menonton pertandingan olahraga bersama anak, Anda bisa membangun karakter anak agar sportif menghadapi kekalahan.

2. Belajar untuk Mengembangkan Diri

Manfaat menonton pertandingan olahraga bersama anak(Sumber: Klikdokter.com)

Sebagian anak mungkin ada yang telah terbiasa berolahraga. Menonton pertandingan olahraga dapat membantu anak untuk meningkatkan kemampuannya. Contohnya, ketika anak menonton pertandingan bulu tangkis, anak pasti lebih bersemangat menirukan teknik olahraga dari pemain favorit mereka. Dengan cara ini, anak tidak pernah lelah untuk terus berusaha meningkatkan kemampuannya menjadi pemain yang lebih baik.

3. Belajar Rendah Hati

Ketika menonton pertandingan olahraga, anak tidak hanya bisa belajar menghadapi kekalahan, namun juga dapat membangun karakter anak menjadi orang yang rendah hati saat menang dalam pertandingan. Anda bisa memberikan contoh bagaimana pemain yang menang dalam pertandingan mau bersalaman dengan pemain yang kalah, bahkan tetap menyemangati pemain tersebut. Itu merupakan contoh dari tindakan seorang juara yang sesungguhnya.

4. Belajar Toleransi dan Perbedaan

Revista Espacios dalam jurnalnya yang berjudul sport as an important factor of strengthening tolerance menuliskan bahwa olahraga membuat pemahaman tentang toleransi dan perbedaan menjadi lebih mudah. Olahraga bahkan dikatakan bisa menghapus stigma tertentu pada suatu ras. Selain itu, juga dapat menjadi bahasa universal dalam mempromosikan perdamaian serta pemahaman atas perbedaan, terlepas dari perbedaan budaya, agama serta latar belakang sosial. 

Contohnya, ketika ada pertandingan antar negara, seperti Asean Games, masyarakat Indonesia dengan kompak mendukung serta mendoakan para atlet tanpa mempedulikan perbedaan budaya dan agama mereka. Nah, ini pun secara tidak langsung dapat memupuk persatuan masyarakat.

5. Mengajarkan Anak untuk Hidup Sehat

Menonton pertandingan olahraga bersama anak(Sumber: Halodoc.com)

Sesuai dengan riset yang dilakukan oleh ESSEC Business School di Prancis, ditemukan bahwa 16% warga Prancis yang menonton Olympics Games 2014 di Rusia merasa terinspirasi untuk ikut berolahraga. Berdasarkan hasil riset ini juga bisa diasumsikan bahwa orang-orang berkeinginan untuk melakukan permainan sepak bola setelah mereka menonton World Cup. 

Nah, agar anak bisa aktif secara fisik serta mau berolahraga, Anda bisa menjadi contoh nyata bagi mereka. Lalu, mengajak anak secara rutin untuk menonton pertandingan olahraga dapat menumbuhkan kebiasaan hidup sehat loh. Ketika anak Anda aktif secara fisik, ini juga bisa membantu mengurangi waktu anak untuk bermain gadget.

6. Mendekatkan Anak dengan Orang Tua

Menonton pertandingan olahraga bersama anak bisa Anda jadikan waktu yang tepat untuk lebih dekat dengan anak. Selama menonton pertandingan, Anda harus aktif, pancing keingintahuan anak tentang aturan permainan, prestasi dan nama pemain, atau hal lainnya yang bisa membuat anak tertarik. 

Anak-anak kadang juga punya pemikiran sendiri dan bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan diluar dugaan Anda. Jawablah pertanyaan anak dengan penjelasan yang mudah dipahami. Walaupun Anda tidak terlalu paham, tidak apa-apa, yang paling penting Anda bisa menghabiskan waktu luang lebih banyak bersama anak dan membangun kedekatan dengan mereka.

7. Mengajarkan Kepedulian

Saat Anda dan anak menonton pertandingan olahraga berkelompok seperti sepak bola dan basket, Anda bisa membangun karakter anak dengan menjelaskan bahwa dalam permainan kadang ada salah satu pemain yang kehilangan semangat. Oleh sebab itu, anggota tim yang lain harus berusaha saling menyemangati. Dengan demikian, anak bisa belajar bahwa dalam pertandingan olahraga yang terpenting bukanlah berjuang sendiri, namun peduli satu sama lain dengan saling mendukung.

8. Menumbuhkan Rasa Nasionalisme

Menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak(Sumber: Review.bukalapak.com)

Pertandingan olahraga khususnya pertandingan internasional bisa menumbuhkan rasa nasionalisme atau cinta pada bangsa. Ini bisa lebih terasa jika Anda menonton pertandingan dengan anak secara langsung. Namun, bahkan jika Anda hanya bisa menontonnya melalui televisi, nasionalisme juga dapat tetap ditumbuhkan. Anda bisa membangun rasa cinta tanah air dengan keseruan menonton pertandingan sambil memakai kostum Indonesia, menyanyikan lagu kebangsaan, membawa atribut bendera merah putih, atau bersorak menyerukan yel-yel yang bersemangat.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menonton pertandingan olahraga bersama anak? Nah, selain menonton pertandingan olahraga, Anda bisa juga membangun kedekatan bersama anak dengan menemaninya belajar di altaschool. Berbagai fasilitas belajar yang seru tersedia di Alta School untuk membantu mengembangkan bakat dan minat anak Anda. Sebagai salah satu layanan pendidikan yang menggunakan konsep homeschooling, Alta School telah menggunakan metode belajar blended learning. Serunya juga, waktu dan tempat belajar di Alta School bisa Anda sesuaikan dengan keinginan anak loh

Nah, tunggu apalagi? Bagi Anda yang memiliki anak di tingkat PAUD hingga SD, buruan daftarkan anak Anda sekarang juga!

New call-to-action

Sumber: 

Milo. (2020), ‘Ajak Anak Menonton Pertandingan Olahraga, Yuk, Ini 7 Manfaatnya’, Milo.co.id, 01 Oktober 2020 [daring] Available at: https://www.milo.co.id/artikel/ajak-anak-nonton-pertandingan-olahraga-yuk-ini-7-manfaatnya

Puspitasari, A. (2022), ‘3 Manfaat Menonton Pertandingan Olahraga dengan Anak’, Ruangguru.com, 15 Maret 2022 [daring] Available at: https://www.ruangguru.com/blog/3-manfaat-menonton-pertandingan-olahraga-dengan-anak

Fajriati, N. (2018), ‘5 Manfaat Ajak Anak Nonton Pertandingan Olahraga Seperti Asian Games’, femina.co.id, 08 Agustus 2018 [daring] Available at: https://www.femina.co.id/family/5-manfaat-ajak-anak-nonton-pertandingan-olahraga-seperti-asian-games-

Mumpuni, S. (2018), ‘5 Alasan Wajib Mengajak Anak Menonton Pertandingan Olahraga’, Review.bukalapak.com, 30 Agustus 2018 [daring] Available at: https://review.bukalapak.com/mom/5-alasan-wajib-mengajak-anak-menonton-pertandingan-olahraga-50346

Sumber Gambar:

Orang Tua Menonton Pertandingan Bola dengan Anak [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3581060/nonton-piala-dunia-dengan-anak-bisa-bikin-ia-suka-olahraga

Anak Lari Pagi Bersama Orang Tua [daring]. Available at: https://www.halodoc.com/artikel/5-jenis-olahraga-yang-bisa-dilakukan-bersama-anak

Menonton Pertandingan Olahraga Menumbuhkan Nasionalisme [daring]. Available at: https://review.bukalapak.com/mom/5-alasan-wajib-mengajak-anak-menonton-pertandingan-olahraga-50346 

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar