8 Manfaat Musik Klasik untuk Perkembangan Anak

Nurul Habibah Nov 15, 2021 • 6 min read


Pengasuhan Anak - Manfaat Musik Klasik untuk Perkembangan Anak-01Mendengarkan musik klasik adalah kegiatan yang menyenangkan. Selain menghibur, ternyata musik klasik memiliki manfaat dalam perkembangan anak. Apa aja sih manfaatnya? Simak yuk!”

Musik adalah salah satu hiburan yang disukai banyak kalangan, mulai dari orang dewasa, remaja, hingga anak-anak. Musik seringkali juga digunakan oleh orang tua untuk hiburan atau menenangkan anaknya. Nah, tahukah kamu, ternyata selain untuk dua hal tersebut, musik memiliki manfaat yang jauh lebih luas. 

Meski banyak manfaatnya, namun tidak semua musik  cocok untuk didengarkan oleh anak-anak. Salah satu musik yang bisa memberikan manfaat untuk perkembangan anak adalah musik klasik. 

Musik klasik merupakan jenis musik yang lahir atau berakar dari tradisi kesenian barat. Musik ini berasal dari budaya Eropa yang lahir tahun 1750 hingga 1825. Mendengarkan musik klasik pada anak, bisa memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Stimulasi yang Bagus untuk Perkembangan Bahasa

Manfaat musik klasik yang pertama adalah membantu anak memiliki kemampuan berbicara dan membaca lebih cepat. Anak-anak yang mendengarkan musik klasik dapat mengembangkan kemampuan ingatan dan kemampuan mendengarnya dengan lebih baik. Nah, dua kemampuan tersebut, nantinya memiliki dampak penting untuk mengembangkan keahlian bahasa pada anak.

2. Meningkatkan IQ dan Kemampuan Kecerdasan Spasial

Manfaat musik klasik yang paling terkenal dan kontroversial adalah efek mozart. Istilah ini berasal dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik, dapat meningkatkan IQ serta kemampuan kecerdasan spasial pada anak. Di beberapa penelitian lain, juga terbukti bahwa musik klasik bisa mendorong perkembangan otak dan meningkatkan perkembangan mental anak.

Manfaat Mendengar Musik Bagi Anak(Sumber: Mommyasia.id)

3. Membantu Proses Tumbuh Kembang Bayi

Musik klasik memberikan efek menenangkan pada bayi, bahkan ketika bayi masih berada di dalam kandungan. Biasanya, ketika bayi masih di dalam kandungan, dan Ia sudah terpapar musik, maka  mereka bisa mengingat musik tersebut setelah lahir. 

4. Mampu Meningkatkan Kesehatan Mental

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun membutuhkan nutrisi yang tepat untuk menjaga kesehatan mentalnya. Nah, salah satu cara yang cocok untuk membantu menjaga kesehatan anak adalah dengan menggunakan musik klasik. Musik klasik dapat membuat anak merasa tenang dan senang. Hal tersebut bisa membantu melepaskan hormon endorfin di dalam tubuh anak.

Manfaat Musik Klasik untuk Perkembangan Anak(Sumber: Klikdokter.com)

5. Membantu Anak Tidur Lebih Baik

Efek santai dan menenangkan dari musik klasik,  dapat membantu anak tidur lebih baik. Nah, jika anak mendapatkan tidur yang berkualitas, maka secara langsung ini bisa berdampak baik terhadap perkembangannya secara keseluruhan. Musik klasik yang lebih lambat sangat cocok  Anda gunakan untuk menemani anak saat tidur di siang hari. 

6. Meningkatkan Fokus pada Anak

Manfaat musik klasik selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah meningkatkan fokus. Cobalah untuk secara konsisten mendengarkan musik klasik pada anak. Dengan begitu anak dapat menjadi lebih fokus dalam segala hal. Di samping mendengarkan, memainkan alat musik juga bisa loh melatih anak untuk dapat berkonsentrasi terhadap suatu kegiatan dalam waktu tertentu.

7. Melatih Koordinasi Anggota Tubuh

Meskipun anak-anak belum paham dengan makna dari lirik lagu yang Ia dengar, namun ketika mendengarkan musik, itu bisa membuatnya ingin menari dan bergoyang. Nah, kegiatan menari ini dapat melatih koordinasi anggota tubuh, serta keseimbangannya. Selain itu, menari juga bisa memperkuat otot-otot pada tubuh anak. 

8. Mendukung Kemampuan Menulis dan Berhitung

Musik klasik yang didengarkan oleh anak bisa mendukung kemampuan alaminya untuk memecahkan kata atau kode suara. Dengan mendengarkan musik atau bernyanyi, dapat menjadi metode belajar dengan pengulangan bagi anak. Kemudian, ketika anak memahami irama lagu, anak diharapkan bisa mengetahui pola urutannya. Jika anak berhasil menguasainya, maka keterampilan tersebut bisa dijadikan dasar untuk anak mengenal huruf, serta mengembangkan kemampuan berhitungnya. 

Manfaat Musik Klasik Untuk Anak(Sumber: Klikdokter.com)

Cara Memilih Musik Klasik untuk Anak

Musik klasik sendiri memiliki jenis yang beragam, dan tidak semuanya cocok untuk anak-anak. Oleh karena itu, untuk memilih musik klasik yang bagus untuk perkembangan anak, ada 3 hal yang perlu Anda perhatikan. 

1. Musik klasik dengan irama yang teratur dan konsisten

Musik klasik yang memiliki irama tidak stabil memang dapat menstimulasi perkembangan anak. Namun, jenis musik tersebut tidak bisa membantu anak untuk merasa rileks dan tidak dapat mendorong pengembangan keterampilan dan ingatannya.

2. Musiknya harus sederhana dan mudah dimengerti

Karya-karya opera dan orkestra pada umumnya cukup rumit untuk anak-anak. Oleh karena itu, sebaiknya carilah karya tanpa vokal yang tidak menggunakan terlalu banyak instrumen.

3. Irama musik dominan

Jangan memilih musik klasik yang mempunyai banyak lirik dan vokal. Musik jenis tersebut tidak dapat menstimulasi anak, khususnya bayi. Kurangnya jumlah ketukan dalam musik tersebut menjadi salah satu alasannya.

Itulah beberapa manfaat musik klasik untuk perkembangan anak, lengkap dengan cara memilihnya. Nah, jika Anda juga ingin meningkatkan kecerdasan anak, jangan lupa untuk daftarkan Ia di altaschool

Alta School mempunyai banyak fasilitas belajar yang seru, yang dapat membuat anak lebih mudah memahami materi pelajarannya. Nah, Alta school sendiri merupakan sekolah online yang khusus untuk anak di jenjang PAUD hingga kelas 3 SD. Beberapa fasilitas di sekolah online yang telah menggunakan kurikulum K-13 ini adalah Home-Based Project, Learning Kit, Pendidikan Karakter, Penilaian Mandiri, dan lain sebagainya. 

New call-to-action

Sumber:

Puteri, A. (2019), ‘Ketahui 5 Manfaat Musik Klasik untuk Bayi’, Orami.co.id, 06 Desember 2019 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/ketahui-5-manfaat-musik-klasik-untuk-tumbuh-kembang-bayi/

Ibu&Balita. (2021), ‘10 Fungsi Musik Klasik bagi Perkembangan si Kecil’, Ibudanbalita.com, 19 Juli 2021 [daring] Available at: https://www.ibudanbalita.com/artikel/musik-untuk-si-kecil

Putri, D.I. (2020), ‘Manfaat Musik untuk Tumbuh Kembang Anak’, Klikdokter.com, 22 Mei 2020 [daring] Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3357534/manfaat-musik-untuk-tumbuh-kembang-anak

Guesehat. (2018), ‘Manfaat Musik Klasik untuk Kesehatan si Kecil’, Guesehat.com, 10 April 2018 [daring] Available at: https://www.guesehat.com/manfaat-musik-klasik-untuk-kesehatan-si-kecil

Onoini. (2021), ‘Pengertian Musik Klasik dan Contohnya’, Onoini.com, 21 Agustus 2021 [daring] Available at: https://www.onoini.com/pengertian-musik-klasik/

Sumber Gambar:

Anak Mendengarkan Musik Klasik [daring]. Available at: https://mommyasia.id/3843/article/ternyata-ini-manfaat-anak-mendengar-musik-klasik-moms

Musik Tingkatkan Kesehatan Mental anak [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3645508/anak-sering-dengar-lagu-dewasa-apa-efeknya

Anak Memainkan Musik [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3624287/yuk-tingkatkan-kecerdasan-anak-lewat-alunan-musik

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar