Memposting Anak di Sosmed? Ini Dia Batasan-Batasannya

Nurul Habibah Mar 16, 2022 • 6 min read


Alta - Memposting Anak di Sosmed_ Ini Dia Batasan-Batasannya“Foto anak di media sosial bisa disalahgunakan oleh pelaku kejahatan. Jadi, sebelum memposting anak di sosmed Anda, cek dulu yuk batasannya”

Memposting anak di media sosial adalah hal umum yang kini banyak dilakukan oleh orang tua. Ada berbagai momen dan tingkah lucu anak yang ingin mereka bagikan di media sosial. Namun, tahukah Anda bahwa memposting anak di media sosial juga dapat memberikan efek negatif. 

Salah satu ahli etika teknologi, Jessica Barron dalam artikelnya di Forbes, bahkan mengatakan bahwa perilaku orang tua yang gemar membagikan foto anaknya di media sosial sangatlah berbahaya. Menurutnya, perilaku itu berpotensi menimbulkan risiko penghinaan, pelanggaran privasi, pencurian identitas, serta diskriminasi di masa depan. 

Oleh sebab itu, sebelum Anda buru-buru memposting ekspresi lucu anak di Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya, sebaiknya kenali dulu batasan-batasan berikut ini. 

1. Sembunyikan Lokasi

Beberapa media sosial seperti Instagram menyediakan fitur yang bisa menunjukkan lokasi Anda saat mengunggah foto anak. Nah, sebaiknya Anda menghindari fitur tersebut. Jangan biarkan orang lain tahu dimana lokasi Anda mengunggah foto anak Anda. Soalnya, informasi lokasi bisa saja disalahgunakan oleh orang-orang yang berniat jahat. Mereka dapat menguntit keberadaan anak Anda dengan lokasi tersebut. Bahkan, bisa saja orang jahat tersebut suatu saat mendatangi anak Anda dan melakukan kejahatan seperti penculikan. 

2. Jangan Unggah Foto Anak Tanpa Busana

Aturan memposting foto anak di media sosial(Sumber: Purepremiumcare.co.id)

Beberapa orang tua kadang merasa tidak masalah mengunggah foto anak tanpa busana, sebab menurutnya mereka masih kecil. Padahal, ini bukanlah hal yang benar. Jika Anda sering melakukan ini, mulai sekarang jangan lakukan lagi. Media sosial digunakan oleh banyak orang. Bisa saja, salah satu diantara mereka adalah pedofil. Foto anak-anak tanpa busana, bisa dimanfaatkan oleh orang-orang seperti itu. Anda tentu tidak mau bukan, kalau foto anak Anda digunakan oleh para pedofil? 

3.  Gunakan Watermark

Watermark digunakan untuk menunjukkan bahwa foto tersebut adalah hak milik Anda secara pribadi. Umumnya watermark digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menandakan kepemilikan mereka atas suatu foto. Namun, demi keamanan anak Anda, tidak ada salahnya juga Anda memberikan watermark pada foto anak. 

Apalagi, sekarang sudah banyak aplikasi watermark yang bisa Anda unduh. Aplikasi-aplikasi tersebut juga mudah untuk digunakan. Dengan adanya watermark pada foto anak, para pelaku kejahatan dapat berpikir berulang kali sebelum menyalahgunakan foto anak Anda. 

4. Cek Pengaturan Privasi

Supaya foto yang Anda unggah lebih aman, Anda bisa mengatur ulang fitur privasi di media sosial yang Anda gunakan. Anda bisa memilih siapa saja yang bisa melihat akun Anda, dan siapa saja yang bisa menghubungi Anda melalui akun tersebut. Sebaiknya Anda memilih orang-orang yang sudah menjadi teman saja yang bisa melihat akun Anda. Tapi, jangan lupa pastikan bahwa teman-teman Anda adalah orang yang bisa dipercaya dan tidak akan menyalahgunakan foto-foto anak Anda. 

5. Unggah Foto Berukuran Kecil

Batasan memposting foto anak di sosmed(Sumber: Klikdokter.com)

Agar orang lain kesulitan memanfaatkan foto anak Anda, seperti menyimpan atau mencetaknya, sebaiknya unggah foto dengan resolusi yang rendah. Dengan demikian orang lebih susah untuk memanfaatkan foto anak Anda. Anda tentu tidak ingin foto tersebut disimpan dan diunggah di akun-akun tidak baik, seperti akun penjual bayi. 

6. Jangan Membuat Akun Khusus Anak

Cukup mudah mencari akun anak-anak yang bertebaran di media sosial. Sebab, faktanya banyak sekali orang tua yang secara sengaja membuatkan akun khusus untuk anak-anak mereka. Hal ini sebenarnya bisa berbahaya, sebab di sana orang tak hanya dapat melihat foto anak, namun juga ada informasi lainnya seperti nama. Itu bisa saja disalahgunakan oleh orang-orang jahat. 

Tujuan Anda membuatkan akun untuk anak mungkin baik, yakni untuk mengabadikan masa pertumbuhannya. Namun, tetaplah berhati-hati, sebab orang bisa saja menyalahgunakan informasi yang didapatkan dari akun anak Anda. 

7. Hindari Komentar

Jangan mudah terpancing komentar ketika mengunggah foto anak Anda di media sosial. Sebab, secara tidak langsung Anda bisa saja memberikan identitas bahkan alamat anak jika ada yang bertanya tentang foto tersebut. Lalu, Anda harus menghindari komentar yang bernada perundungan. Jangan sampai anak Anda sakit hati akibat komentar tersebut. Jika Anda memang perlu menjawab komentar tersebut, maka jawab secara pribadi melalui pesan, supaya orang lain tidak bisa membaca komentar tersebut. 

8. No Bullying

Aturan posting foto anak di medsos(Sumber: Tirto.id)

Tanpa Anda sadari, pelaku bullying terhadap anak bisa jadi Anda sendiri. Bagaimana bisa? Ya bisa, ini terjadi saat Anda mengunggah foto anak yang berpotensi membuatnya malu di kemudian hari. Entah foto Ia sedang berpose aneh atau bertingkah ‘ajaib’. Anak tentu juga punya perasaan, oleh karena itu, mari berusaha menjaga perasaan anak agar Ia tidak merasa menjadi korban bullying di media sosial.

Jadi, itulah 8 batasan yang perlu Anda perhatikan sebelum mengunggah foto anak di sosmed Anda. Meski Anda sangat antusias ingin membagikan momen lucu anak-anak, sebaiknya tetap perhatikan keamanannya ya. 

Nah, buat Anda yang memiliki anak di usia TK hingga SD, kini ada satu layanan pendidikan yang dapat membantu mengembangkan bakat dan minat anak sejak dini, yakni altaschool. Alta School hadir dengan konsep homeschooling dan metode belajar blended learning. Di sekolah ini, anak-anak bisa menikmati berbagai fasilitas belajar yang menarik, seperti Learning Kit, Home-Based Project, Live Teaching, Pendidikan Karakter, dan lain sebagainya. 

New call-to-action

Sumber: 

Efendi, A. (2020). ‘Etika Mengunggah Foto Anak ke Media Sosial’, Tirto.id, 06 Juli 2020 [daring] Available at: https://tirto.id/etika-mengungah-foto-anak-ke-media-sosial-fNvo

Lubis, P. ‘Aman Upload Foto Anak di Media Sosial, Ini Aturannya’, Parenting.co.id, [daring] Available at: https://www.parenting.co.id/usia-sekolah/aman-upload-foto-anak-di-media-sosial-ini-aturannya-

Intan, R. ‘5 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Posting Foto Anak di Medsos’, Id.theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/posting-foto-anak-di-medsos

Warrantyasri, T. (2019), ‘9 Tips Aman Posting Foto Anak di Media Sosial’, Motherandbeyond.id, 22 Juli 2019 [daring] Available at: https://motherandbeyond.id/read/12637/9-tips-aman-posting-foto-anak-di-media-sosial

Sumber Gambar:

Memfoto Anak Tanpa Busana [daring]. Available at: https://purepremiumcare.co.id/purekids/web/artikel/detail?id=259&title=aturan-upload-foto-anak

Orang Tua Berfoto bersama Anak [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3421904/baca-aturan-ini-sebelum-posting-foto-anak-di-media-sosial

Orang Tua Memfoto Anaknya [daring]. Available at: https://tirto.id/hobi-posting-foto-anak-di-medsos-baik-atau-tidak-cwyq

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar