Mengenal Hewan: 10 Hewan Paling Ramah di Dunia

Nurul Habibah Sep 5, 2022 • 7 min read


Mengenal Hewan 10 Hewan Paling Ramah di Dunia-01“Artikel ini berisi informasi tentang hewan paling ramah di dunia yang cocok dijadikan hewan peliharaan”

Biasanya hewan dikelompokkan menjadi dua, yakni hewan  buas dan hewan jinak. Hewan jinak seringkali juga dijadikan hewan peliharaan. Hewan-hewan tersebut hidup berdampingan dengan pemiliknya. Bahkan, banyak juga yang menganggap hewan peliharaan seperti anggota keluarganya. Nah, tahukan Anda bahwa ada juga hewan-hewan yang dianggap paling ramah?

Hewan yang ramah, artinya hewan yang bisa berhubungan baik dengan manusia. Meski tak selalu menjadi hewan peliharaan, namun 10 hewan berikut dikenal paling ramah di dunia.

1. Anjing

hewan paling ramah di dunia(Sumber: cnnindonesia.com)

Tidak diragukan lagi, anjing dikenal sebagai salah satu hewan paling ramah dan setia di dunia. Wajah anak anjing yang begitu polos seringkali membuat luluh hati orang yang melihat. Anjing dikenal bisa memahami perasaan dan emosi manusia. Sehingga, tidak heran banyak yang menganggap anjing sebagai sahabat manusia. Anjing bahkan lebih mempercayai orang asing dibandingkan hewan lain. Dengan sifatnya yang penyayang, anjing menjadi hewan yang paling disukai manusia, bahkan anjing juga dikatakan sebagai simbol kesetiaan. Nah, selain menggemaskan, anjing juga banyak dipelihara karena alasan keamanan, sebab anjing mempunyai sifat protektif.

2. Kucing

Kucing merupakan hewan peliharaan yang umum dimiliki banyak orang, sebab hewan ini mempunyai sifat yang ramah. Orang-orang menyukai kucing sebagai hewan peliharaan karena sifatnya yang sangat menyenangkan dan suka bermain. Hewan paling ramah yang satu ini juga sangat suka dipeluk oleh pemiliknya. Kucing mempunyai indra pendengaran hampir lima kali lebih kuat dibandingkan manusia. Nah, setiap hari, kucing biasanya menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Namun, kucing dikenal juga dapat memanjat pohon dan  mempunyai kemampuan penglihatan yang sangat baik.

3. Capybara

hewan ramah di dunia(Sumber: Bobo.grid.id)

Capybara adalah mamalia yang mempunyai bentuk tubuh besar, namun mereka merupakan salah satu hewan paling ramah di dunia loh. Hewan pengerat yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ini kebanyakan ditemukan di daerah rawa atau dekat dengan air. Capybara dapat tumbuh setinggi 2 kaki dengan berat badan mencapai 65 kilogram.  Setiap hari capybara memakan rumput dan membutuhkan air sepanjang waktu untuk kulit kering mereka. Hewan ini dikenal sangat mudah bersosial dan mudah dilatih, sehingga dapat menjadi teman baik untuk semua orang. Di habitat aslinya, capybara hidup secara berkelompok, terdiri dari 10 hingga 30 anggota. Usia rata-rata capybara adalah 8 sampai 10 tahun di alam liar dan 12 tahun di penangkaran.

4. Lumba-Lumba

Lumba-lumba tidak hanya dikenal sebagai hewan terpintar di dunia, namun juga hewan teramah. Lumba-lumba mempunyai keterampilan sosial yang baik dan suka bermain di dekat manusia atau makhluk lain. Ketika di laut, lumba-lumba bahkan banyak yang sering mengikuti kapal dan perahu. Sehingga, para wisatawan dapat dengan mudah melihat gerombolan lumba-lumba. Uniknya, lumba-lumba seringkali menunjukkan atraksi menarik. Ada beberapa lumba-lumba yang dapat bertahan selama 20 detik di bawah air, dan ada juga yang bisa bertahan hingga 30 menit tanpa kembali ke permukaan air.

5. Hamster

Hamster termasuk salah satu kelompok hewan pengerat. Hewan yang menginginkan banyak perhatian ini juga mempunyai sikap yang ramah. Hamster tergolong ke dalam kelompok hewan herbivora yang dapat hidup hingga empat tahun. Hewan yang sangat senang dikelilingi oleh manusia atau kelompoknya sendiri ini mempunyai waktu tidur yang pendek, yakni sekitar 3-4 jam dalam sehari. Hamster sangat lucu karena mereka sering terlihat seperti menari. Hewan ini sangat suka melompat lurus ke atas dan ke bawah.

6. Panda

kelompok hewan ramah(Sumber: idntimes.com)

Panda, si hewan lucu yang pemalas dan ramah. Setiap hari hewan ini memakan bambu. Panda yang mempunyai berat hingga 135 kilogram seringkali menyukai alam dan suka bermain atau bersenang-senang. Hewan yang lucu ini kini termasuk dalam spesies yang terancam punah. Geraham panda sangat lebar dan bentuk giginya sedemikian rupa, sehingga dapat membantu mereka menghancurkan rebung, daun, serta batang yang mereka makan. Panda diketahui juga mempunyai tulang pergelangan tangan yang membesar dan berfungsi sebagai ibu jari untuk menggenggam. Nah, panda dapat memanjat sejauh 13.000 kaki dan termasuk perenang yang sangat baik.

7. Kelinci

Anak-anak biasanya sangat suka dengan hewan lucu yang satu ini. Yap, kelinci adalah hewan lucu yang ramah dan digemari anak-anak hingga orang dewasa. Hewan yang termasuk kelompok herbivora ini mempunyai kemampuan bergaul yang baik, mudah dilatih, bahkan dapat melompat-lompat ketika namanya dipanggil. Kelinci sudah mulai dijadikan hewan peliharaan semenjak tahun 1800-an dan semakin populer hingga saat ini. Kelinci juga suka loh menjaga kebersihan dan berusaha untuk tetap sehat dan bahagia.

8. Domba

Siapa sangka, domba juga termasuk dalam sepuluh hewan paling ramah di dunia. Hewan yang dipenuhi wol ini pertama kali dijinakkan beberapa dekade yang lalu. Saat ini, ada beberapa negara yang merupakan penyumbang utama produksi domba, yakni India, Australia, dan Selandia Baru. Di dunia ada lebih dari 200 jenis domba. Sifat sosial serta non agresif yang dimiliki domba, membuatnya dapat menjadi pendamping manusia. Biasanya hewan yang dapat hidup hingga 12 tahun ini dipelihara sebagai ternak.

9. Angsa

Angsa merupakan hewan yang paling ramah dan dapat ditenangkan oleh suara manusia. Nah, meski tergolong salah satu hewan paling ramah, angsa diketahui sangat melindungi bayinya yang disebut cygnets. Sehingga, anak-anak harus berhati-hati ketika bermain di sekitar telur angsa. Salah satu fakta menarik dari angsa adalah mereka kawin seumur hidup, namun sekitar tiga persen bercerai, yang seringkali disebabkan oleh kegagalan bersarang.

10. Kuda

Hewan ternak yang ramah(Sumber: Health.kompas.com)

Kuda sudah mulai populer sejak 4000 SM, dan tetap menjadi hewan yang berharga dalam masyarakat modern. Hewan yang satu ini dikenal agung, setia dan memiliki emosional, sehingga seringkali dapat membangun persahabatan dengan manusia. Ahli kesehatan bahkan sering menawarkan kuda sebagai metode dukungan emosional. Kuda dapat tidur sambil berdiri dan berbaring, serta bisa minum sampai 25 galon air sehari. Faktanya, menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN) sekitar 300 spesies kuda berpacu di seluruh dunia, 18 diantaranya terancam punah atau rentan.

Jadi itulah 10 hewan paling ramah di dunia yang mungkin salah satunya kini ada di rumah Anda. Membiarkan anak berinteraksi dan bermain dengan hewan-hewan ramah tersebut dapat memberikan banyak manfaat. Contohnya, anak bisa belajar bertanggung jawab, karena terbiasa memberi makan hewan. Lalu, bisa juga melatih kepercayaan diri anak, sebab ketika bermain dengan hewan, anak bisa merasa bahwa Ia dapat berteman dengan siapa saja. Serta masih banyak manfaat lainnya.

Nah, selain mengenalkan hewan-hewan ramah, jangan lupa ajarkan juga anak Anda untuk bersikap ramah. Tidak hanya kepada manusia, namun juga kepada makhluk lainnya di dunia. Melalui fasilitas Pendidikan Karakter yang ada di altaschool, anak-anak dapat melatih kecerdasan sosial dan emosional mereka, termasuk juga belajar perilaku baik seperti ramah dan lain sebagainya.

New call-to-action

Sumber:

Intan. R. '10 Hewan Paling Ramah di Dunia, Manis dan Menggemaskan', Id.Theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/hewan-paling-ramah 

Rompies, J. K. (2022), 'Tak Hanya Anjing, ini 10 Hewan yang Paling Ramah di Dunia', Popmama.com, 20 April 2022 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/jemima/hewan-yang-paling-ramah-di-dunia/10 

Dancow. (2020), '5 Manfaat Si Buah Hati Terbiasa Main dengan Hewan', Dancow.co.id, 04 November 2020 [daring] Available at: https://www.dancow.co.id/dpc/artikel/1-plus/5-manfaat-si-buah-hati-terbiasa-main-dengan-hewan 

Dirgantara, A. (2020) 'Intip 7 Hewan Paling Ramah di Dunia, Cocok Dijadikan Teman', Idntimes.com, 21 Juni 2020 [daring] Available at: https://www.idntimes.com/science/discovery/adhyasta-dirgantara/kumpulan-hewan-paling-ramah-di-dunia 

Sumber Gambar:

Anak-anak Bermain dengan Anjing [daring]. Available at: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170807213542-260-233137/lima-cara-agar-anak-aman-bermain-dengan-anjing-pit-bull

Hewan Capybara Berkumpul [daring]. Available at: https://bobo.grid.id/read/081279835/kapibara-hewan-pengerat-terbesar-yang-super-ramah?page=all

Panda Bermain dengan Anaknya [daring]. Available at: https://www.idntimes.com/science/discovery/maria-liana/fakta-unik-panda-exp-c1c2 

Anak Menunggangi Kuda [daring]. Available at: https://health.kompas.com/read/2017/03/06/110000723/manfaat.berkuda.bagi.perkembangan.otak.anak 

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar