Pentingnya Kesehatan Pencernaan Anak untuk Kecerdasannya

Nurul Habibah Jan 26, 2022 • 6 min read


Alta - Pencernaan Anak Senang“Kecerdasan anak juga berhubungan dengan kesehatan pencernaan. Dalam artikel ini terdapat informasi tentang hubungan kesehatan pencernaan dan kecerdasan anak”

Orang tua pasti ingin anaknya tumbuh sehat dan juga cerdas. Namun, banyak orang tua yang hanya berfokus pada pertumbuhan organ otak anak dengan memberikan berbagai gizi yang diyakini dapat memberikan efek positif untuk kemampuan otak anak. Padahal, nyatanya kecerdasan juga berkaitan loh dengan kesehatan saluran pencernaan. Para ahli juga sering menyebut bahwa saluran pencernaan merupakan second brain atau otak kedua.

Nah, Anda pernah mendengar istilah gut-brain axis tidak? Gut-brain axis adalah konsep yang menghubungkan antara pengaruh mikrobiota saluran pencernaan dengan proses perkembangan serta fungsi otak. Jadi, jika anak memiliki banyak mikrobiota baik, bisa membuat saluran pencernaan menjadi sehat, serta bisa menyerap nutrisi lebih optimal, dengan demikian nutrisi dapat tersuplai dengan baik ke seluruh tubuh, termasuk nutrisi untuk otak.

Supaya saluran pencernaan anak selalu dalam kondisi sehat, maka keseimbangan mikrobiota dalam tubuh anak harus dijaga dengan baik. Jangan sampai mikrobiota ini jumlahnya lebih sedikit atau berkurang di dalam usus. 

Pentingnya Kesehatan Pencernaan Anak untuk Kecerdasannya(Sumber: Orami.co.id)

Melalui gut-brain axis, saluran pencernaan juga bisa mempengaruhi otak untuk memproduksi neurotransmitter yang berhubungan dengan emosi yang dimiliki oleh anak. Lalu, hormon serotonin pun juga akhirnya terbentuk dan membuat anak merasa senang dan nyaman. Jika saluran pencernaan dan otak anak sehat, maka Ia dapat memiliki kecerdasan intelektual dan emosional yang baik. 

Nah, berikut ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan anak.

1. Berikan Makanan Bernutrisi Tinggi 

Anda sebaiknya memberikan makanan yang sehat dengan nutrisi tinggi supaya anak terhindar dari masalah pencernaan. Hindari makanan cepat saji atau junk food. Sebab junk food tidak mempunyai kandungan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anak. 

2. Penuhi Kebutuhan Serat

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan serat pada anak. Kebutuhan serat setiap anak berbeda-beda tergantung dengan usia mereka. Nah, untuk memenuhi kebutuhan serat pada anak, Anda bisa memberikan makanan serat tinggi seperti apel, pir, kacang merah, yogurt, serta wortel. 

3. Minum Air Putih yang Cukup

Selain serat kebutuhan asupan air pada anak juga harus terpenuhi dengan baik, sehingga anak tidak mengalami dehidrasi. Hal tersebut disebabkan karena sistem pencernaan membutuhkan air untuk memecah makanan, melarutkan mineral serta nutrisi dalam makanan untuk melanjutkan ke tinja. 

Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak(Sumber: Klikdokter.com)

Itulah tiga langkah yang bisa Anda coba untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Setelah Anda paham apa hubungan antara saluran pencernaan dengan otak, sekarang Anda juga harus tau, apa saja gangguan pencernaan yang dapat dialami oleh anak.

1. Diare

Diare merupakan salah satu keluhan paling umum yang ditemukan ketika anak memiliki gangguan saluran pencernaan. Nah ketika anak mengkonsumsi ASI, susu formula atau makanan lain yang kepadatannya tidak sempurna, ini menyebabkan tekstur kotoran ketika buang air menjadi cenderung lunak. Namun, Anda tetap harus waspada ketika anak terlalu sering buang air besar. Tanda lainnya adalah kotorannya lebih cair dari biasanya dan jumlah yang keluar juga lebih banyak. Nah, ketika anak Anda mengalami hal ini, maka artinya Ia sedang terkena diare. 

Diare pada anak disebabkan oleh berbagai hal, seperti virus, parasit, infeksi bakteri, infeksi terhadap obat-obatan serta makanan, mengkonsumsi jus terlalu banyak, dan bisa juga karena keracunan makanan. Selain itu, dikatakan juga bahwa diare merupakan hasil manifestasi dari infeksi usus dengan berbagai bakteri, parasit atau virus yang berbeda. Diare secara konsisten juga dihubungkan dengan penurunan berat badan dalam jangka pendek. 

2. Konstipasi

Konstipasi atau yang dikenal juga dengan sembelit, merupakan kondisi kesulitan untuk buang air besar. Konstipasi ini juga umum terjadi pada anak-anak. Berbagai faktor yang menyebabkan lah ini adalah karena dehidrasi, jenis makanan yang diberikan saat MPASI atau Makanan Pendamping ASI, atau juga karena anak mengalami kondisi medis tertentu.

Disamping itu, terlalu sering menahan buang air besar juga bisa loh menjadi faktor sembelit. Kadang kala anak membiasakan menahan buang air besar karena Ia takut dirinya ditinggal bermain ketika ia sedang buang air besar. Selain itu, anak menunda buang air besar bisa diakibatkan karena ia tidak nyaman buang air besar di toilet umum.  

MasalahPencernaan Pada Anak(Sumber: Orami.co.id)

Beberapa tanda-tanda anak sedang mengalami konstipasi adalah:

a. Tekstur kotoran keras

b. Sakit perut terus menerus

c. Tekstur kotoran kering dan sulit dikeluarkan

d. Anak merasa kesakitan ketika buang air besar

e. Buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu

f. Terdapat jejak tinja cair atau pucat pada pakain dalam anak

g. Terdapat darah pada permukaan tinja yang keras, sebagai tanda kotoran tertahan dalam rektum. 

Jadi,  Anda sudah paham kan apa saja gangguan pencernaan yang bisa dialami oleh anak? Berhubung kesehatan saluran pencernaan masih berpengaruh pada kecerdasan anak, maka Anda harus bisa menjaga anak tidak mengalami berbagai gangguan pencernaan seperti di atas. 

Nah, untuk membantu anak semakin cerdas, kini Anda bisa mendaftarkan Ia di altaschool. Alta School merupakan sekolah online yang dikhususkan untuk anak di tingkat PAUD hingga kelas 4 SD. Sekolah online ini telah menggunakan kurikulum K-13 dengan berbagai fasilitas belajar yang menarik.

Beberapa fasilitas belajar tersebut antara lain adalah Home-Based Project, Learning Kit, Pendidikan Karakter, Kelas Tambahan, Live Teaching dan lain sebagainya. 

New call-to-action

Sumber:

Zulvi, F. (2021), ‘Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan untuk Kecerdasan Anak’, Orami.co.id, 22 Maret 2021 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/menjaga-kesehatan-saluran-pencernaan/

Prasetyo, D. (2020), ‘Kesehatan Saluran Pencernaan Dukung Kecerdasan Otak Anak, Ini Faktanya’, Popmama.com, 15 Desember 2020 [daring] Available at: https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/fx-dimas-prasetyo/fakta-kesehatan-saluran-pencernaan-mendukung-kecerdasan-otak-anak/3

Rachmatia, W. (2020), ‘Pentingnya Kesehatan Saluran Cerna untuk Kecerdasan Anak’, Today.line.me, 14 Oktober 2020 [daring] Available at: https://today.line.me/id/v2/article/jKP1gz

Sumber Gambar: 

Anak yang Terlihat Senang [daring]. Available at: https://www.orami.co.id/magazine/menjaga-kesehatan-saluran-pencernaan/

Anak Minum Air Putih [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3078057/berapa-kebutuhan-air-minum-yang-ideal-untuk-anak

Anak Buang Air Besar [daring]. Available at: https://www.orami.co.id/magazine/mengatasi-balita-susah-bab/

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar