Pentingnya Mengenalkan Matematika Kepada Anak, Nggak Cuma Soal Hitungan

Nurul Habibah Mar 21, 2022 • 5 min read


Alta - Pentingnya Mengenalkan Matematika Kepada Anak“Belajar matematika ternyata memiliki banyak manfaat untuk anak. Simak dulu yuk apa saja manfaat tersebut, di samping  pintar berhitung tentunya ya”

Apakah Anda suka belajar matematika? Sering kali matematika dianggap sebagai pelajaran yang susah dan menyeramkan oleh anak-anak. Sebab, dalam mempelajari matematika, anak-anak dituntut untuk bisa menyelesaikan suatu persoalan dengan rumus. Matematika sendiri merupakan dasar bagi berbagai ilmu, seperti biologi, fisika, kimia, ekonomi, akuntansi, teknologi dan informasi, manajemen, dan lain sebagainya. 

Nah, sebagai salah satu ilmu yang bisa terpakai selamanya dalam kehidupan, sudah sewajarnya anak-anak belajar matematika sejak dini. Selain untuk mengetahui dasar-dasar berhitung, menurut Guru Besar Ilmu Matematika Universitas Andalas Padang, Prof Syafrizal Sy pelajaran matematika dapat membantu menumbuhkan logika. Katanya, jika seseorang dapat memahami matematika dengan baik, maka kemampuan berlogikanya bisa bagus, sehingga Ia bisa mencegah berbagai kesalahpahaman dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, ada 6 manfaat lainnya mengapa matematika sangat penting diajarkan kepada anak sejak dini.

1. Membantu Berpikir Sistematis

Manfaat Anak Belajar Matematika(Sumber: Viva.co.id)

Ketika anak mempelajari matematika, Ia bisa berpikir lebih sistematis. Hal ini terjadi karena adanya kebiasaan berhitung dan berlatih deret. Dengan mempelajari hal tersebut, otak anak secara otomatis dapat berpikir dengan terstruktur. Nah, dengan demikian anak bisa lebih mudah untuk mengatur sesuatu. Kemampuan berpikir yang sistematis tersebut bisa mendukung anak untuk menjadi seorang pemimpin di kemudian hari. 

2. Menajamkan Penalaran Anak

Penalaran adalah suatu kemampuan untuk bisa memahami informasi dari orang lain. Anak harus dilatih penalarannya sejak dini, sebab itu akan menjadi penentu keberhasilannya untuk memahami pelajaran. Nalar anak dapat Anda latih dengan matematika, contohnya dengan cara belajar menghitung jumlah buah apel hijau dan apel merah, memecahkan soal cerita, atau mencocokkan angka dengan jumlah gambar. Dengan soal-soal sederhana ini, nalar anak akan semakin tajam. 

3. Memupuk Keberanian dalam Menyelesaikan Masalah

Tidak semua anak berani menyelesaikan masalah mereka. Namun, anak-anak yang telah dikenalkan dengan matematika bisa mencari cara untuk menyelesaikan masalah mereka, seperti ketika Ia mengerjakan soal matematika. Anak dapat menyelesaikan masalah dengan memahami serta menyusun strategi. 

Salah satu contoh masalah sehari-hari yang dihadapi anak adalah menghitung waktu tempuh dari rumah ke sekolah. Ketika anak Anda pandai matematika, maka Ia bisa menghitung lama perjalanannya menggunakan menit bahkan jam. Dengan demikian, anak juga mampu untuk memperkirakan sebaiknya pukul berapa Ia bangun agar bisa datang ke sekolah dengan tepat waktu. 

4. Melatih Kesabaran Anak

Pentingnya anak belajar matematika(Sumber: Kumparan.com)

Saat mengerjakan soal matematika, ada kalanya soal yang ditemukan anak cukup rumit. Oleh karena itu, anak harus menggunakan berbagai rumus untuk menyelesaikan soal tersebut. Nah, jika anak Anda tidak sabar, maka pastinya soal tersebut tidak bisa selesai. Sedangkan, anak-anak yang mengerjakan dengan sabar mencari solusi untuk memecahkan soal tersebut, tentu akan menemukan hasilnya. Nah, dengan demikian anak-anak yang dapat bersabar ketika menghadapi soal matematika, kelak Ia juga bisa menjadi orang yang sabar hingga dewasa. 

5. Menumbuhkan Sikap Jujur dan Disiplin

Ketika guru memberikan pertanyaan 1 + 2 , pernahkan Anda menjawabnya dengan 5? Tentu tidak bukan, sebab semua orang tahu bahwa hasilnya adalah 3. Lalu, ketika ditanya apakah 3 = 5? Anda juga pasti menjawab tidak. Itulah matematika, senantiasa jujur serta lugas. 

Anak yang mengenal matematika dapat tumbuh menjadi pribadi yang jujur dan disiplin. Disiplin adalah ketika anak mematuhi tata cara yang berlaku. Contohnya, ketika anak harus menyelesaikan suatu soal matematik dengan langkah yang berurut. Jika salah satu langkah diabaikannya, maka anak tidak bisa menyelesaikan soal tersebut. Begitupun dalam kehidupan sehari-harinya, matematika dapat melatih anak Anda untuk menyelesaikan masalah dengan runtut.

6. Anak Menjadi Cerdas, Kreatif, dan Inovatif

Anak yang telah mengenal dan mempelajari matematika sejak dini dengan tekun, dapat terasah kecerdasannya. Para ahli menyatakan bahwa anak tersebut bisa cepat memahami masalah, menyusun jalan keluar, serta memecahkan masalahnya dengan logis serta sistematis. Di samping itu, anak-anak juga dapat menjadi lebih kreatif serta inovatif, sebab Ia sudah terbiasa mencari pola dan cara baru saat menyelesaikan soal matematikanya.

Itulah 6 manfaat dari pentingnya Anak mengenal dan belajar matematika sejak dini. Sebagai salah satu ilmu yang dapat membantu anak untuk berpikir logis dan terstruktur, sudah saatnya Anda mulai melatih kemampuan anak dalam pelajaran matematika sejak dini. 

Nah, mendaftarkan anak Anda di altaschool adalah solusi agar anak bisa belajar matematika dengan baik dan lebih mudah. Alta School merupakan sekolah online yang dikhususkan untuk anak di jenjang PAUD hingga SD. Sekolah ini menggunakan konsep homeschooling dengan metode belajar blended Learning. Dengan belajar di Alta School, anak-anak dapat menikmati berbagai metode belajar menarik, seperti Live Teaching, Learning Kit, Pendidikan Karakter, Laporan Pembelajaran dan masih banyak lagi. 

New call-to-action

Sumber: 

Martens, M.L (2019), ‘Tumbuhkan Logika Lewat Matematika dengan Cara Ini’, Scholae.co, 19 November 2019 [daring] Available at: https://www.scholae.co/web/read/2599/tumbuhkan.logika.lewat.matematika.dengan.cara.ini

Mirna. (2016). ‘5 Manfaat Pelajaran Matematika Bagi Perkembangan Anak’, Appletreebsd.com, 19 Desember 2016 [daring] Available at: https://www.appletreebsd.com/5-manfaat-pelajaran-matematika-bagi-perkembangan-anak/

Meini, L. (2013), ‘Tujuan Pengenalan Matematika Pada Anak Usia Dini’, Ibudanbalita.com, 06 Februari 2013 [daring] Available at: https://www.ibudanbalita.com/forum/diskusi/TUJUAN-PENGENALAN-MATEMATIKA-PADA-ANAK-USIA-DINI

Anjani, A. (2022), ‘5 Manfaat Belajar Matematika, Bisa Latih Kesabaran’, Detik.com, 14 Januari 2022 [daring] Available at: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5897163/5-manfaat-belajar-matematika-bisa-latih-kesabaran

Sumber Gambar: 

Anak Laki-laki Belajar Matematika [daring]. Available at: https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/886820-manfaat-ajarkan-anak-matematika-di-usia-dini

Anak Perempuan Membuat Rumus Matematika di Papan Tulis [daring]. Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/tak-sekadar-pandai-berhitung-ini-manfaat-belajar-matematika-untuk-anak-1xD0iHKqclh

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar