Pentingnya Mengenalkan Sains kepada Anak Sejak Dini

Nurul Habibah Jun 24, 2022 • 6 min read


ALTA - Pentingnya Mengenalkan Sains kepada Anak Sejak Dini(1)-1“Ada beragam manfaat mengenalkan sains kepada anak sejak dini.  Simak penjelasannya dalam artikel ini ya”

Sains adalah ilmu pengetahuan sistematis tentang alam serta dunia fisik yang membahas tentang fisika, kimia, botani, zoologi, geologi, dan lain sebagainya. Dalam kehidupan sehari-hari, sains memiliki pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, sains juga memberikan banyak manfaat dalam kehidupan. Oleh sebab itu, tidak heran kalau sains menjadi salah satu pelajaran wajib yang harus diajarkan di sekolah.

Belajar sains kedengarannya cukup sulit dan tidak jarang beberapa anak tidak menyukai pelajaran ini. Namun, tahukah Anda bahwa mengenalkan sains kepada anak adalah hal yang penting karena bisa membawa berbagai manfaat.

Manfaat Mengenalkan Sains kepada Anak

1. Bekal untuk Masa Depan Anak

Anak-anak dipersiapkan untuk belajar, dan apa yang dipelajarinya ketika masih muda dapat mempengaruhi minat anak di kemudian hari. Penelitian menunjukkan bahwa anak mulai mengembangkan minat mereka dalam sains, teknologi, teknik, serta matematika (STEM) selama bertahun-tahun di Sekolah Dasar. Mempunyai minat dan pengetahuan di bidang sains dapat memberikan peluang karir yang baik di masa depan untuk anak.

2. Mengembangkan Keterampilan Hidup

Sains bermanfaat untuk membantu anak mengembangkan kemampuan hidup, termasuk kemampuan berkomunikasi, tetap teratur dan fokus, serta dapat membentuk pendapat anak berdasarkan pengamatan. Selain itu, sains juga dapat membantu mengembangkan indera dan kesadaran anak secara keseluruhan.

3. Praktik Langsung

Mengajarkan sains kepada anak(Sumber: Mamapapa.id)

Anak-anak merupakan pembelajar langsung, dan dunia sekitarnya menyediakan berbagai peluang alami untuk anak melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menyepelekan kekuatan belajar melalui permainan. Melalui interaksi dengan lingkungan disekitarnya, anak dapat mengembangkan kemampuan intelektual mereka.

4. Mengasah Rasa Ingin Tahu

Ketika belajar sains, anak dapat terlibat langsung dalam melakukan berbagai kegiatan yang bersifat eksperimen dan penemuan. Anak-anak seringkali diminta untuk memahami berbagai benda baik struktur, ciri, dan fungsinya. Hal ini berguna untuk mengasah rasa ingin tahu anak Anda.

5. Mengembangkan Pengetahuan Dasar

Dengan mengenal sains sejak dini, anak bisa mengembangkan keterampilan proses sains dasar, seperti kegiatan pengamatan, mengukur, menggunakan bilangan, serta mengkomunikasikan atau mendiskusikan hasil pengamatan.

6. Mengasah Kemampuan Eksplorasi

Tips ajarkan sains kepada anak(Sumber: Popmama.com)

Saat mempelajari sains, anak diajak untuk mengamati serta menyelidiki suatu objek atau fenomena alam. Kegiatan tersebut ternyata bisa mengembangkan kemampuan eksplorasi serta investigasi anak loh.

Tips Mengajarkan Sains kepada Anak

1. Mulai Pelajari di Rumah

Anda harus ingat bahwa sains memiliki sifat kumulatif. Artinya, anak bisa membangun pengetahuan dari apa yang telah mereka ketahui. Oleh karena itu, sebaiknya mulailah mengajarkan anak sains di rumah sedini mungkin. Bahaslah topik-topik yang berkaitan dengan sains setiap hari, serta buat hal tersebut menjadi menyenangkan, seperti dengan membuat makanan atau kue di rumah.

2. Ajak Anak Mengeksplorasi Alam Sekitar

Kenalkan anak dengan sains(Sumber: Review.bukalapak.com)

Jangan lupa untuk mulai mengajak anak menjelajah ke kebun, taman, bahkan halaman belakang rumah. Ajak anak mengamati bunga-bunga, serangga, atau lumut-lumut yang menempel di pohon. Dengan demikian, anak bisa merasakan bahwa sains merupakan hal menarik dan menyenangkan.

3. Gunakan Peralatan yang Mendukung

Supaya anak Anda lebih tertarik mempelajari sains, maka coba investasikan beberapa peralatan yang mendukung. Contohnya, Anda bisa membelikan mikroskop dengan harga murah, yang dapat membuat waktu belajar sains anak lebih seru. Selain itu, Anda bisa menggunakan berbagai peralatan astronomi, dan eksperimen sains yang ada di dapur.

4. Berkunjung ke Suatu Tempat

Manfaat anak belajar sains(Sumber: Guesehat.com)

Mengajak anak berkunjung ke suatu tempat seperti kebun binatang atau museum bisa menjadi cara belajar sains yang menyenangkan bagi anak. Di museum ada berbagai ilmu pengetahuan tentang alam dan sejarahnya. Sedangkan, di kebun binatang. anak bisa melihat berbagai jenis hewan serta tingkah laku hewan tersebut.

5. Ajak Anak Bereksperimen

Eksperimen jadi bagian penting dari belajar sains. Anda bisa mengajak anak melakukan eksperimen sederhana seperti mencampur warna. Ajaklah anak Anda mengenali konsep warna yang beragam. Coba juga untuk mengajukan pertanyaan atau merespon dengan menggunakan kalimat yang menggali penalaran kritis anak Anda tentang warna tersebut.

6. Tinggalkan Stigma Salah tentang Sains

Beberapa stigma menganggap sains adalah pelajaran yang sulit, kaku, serta tidak menyenangkan. Anda harus menunjukkan kepada anak bahwa stigma tersebut tidak benar. Sebab, benda-benda serta fenomena yang terjadi di sekitar anak mengandung sains. Contohnya, apel yang hitam ketika dipotong disebabkan oleh adanya proses oksidasi.

Jadi, sudah paham kan mengapa Anda perlu mengenalkan sains kepada anak sejak dini? Yuk, jadikan sains sebagai pelajaran menyenangkan bagi anak melalui eksperimen-eksperimen seru dari altaschool. Di Alta School anak dapat memilih kelas yang sesuai dengan minat mereka, salah satunya adalah klub sains. Anak-anak bisa mendapatkan pembelajaran eksplorasi sains dengan metode storytelling serta eksperimen.

sekolah online anak

Sumber:

Wahyu, A. (2020), 'Mengajarkan Sains pada Balita, Ini Manfaat dan Cara Serunya', Orami.co.id, 23 Oktober 2020 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/mengajarkan-sains-pada-balita

Pratama, F. '5 Tips Menumbuhkan Minat Anak Belajar Sains, Mudah dan Menyenangkan', Theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/anak-belajar-sains

Adit, A. (2020), '4 Tips Bermain Sains bagi Anak Usia Dini', Kompas.com, 14 Juni 2020 [daring] Available at: https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/14/140346071/4-tips-bermain-sains-bagi-anak-usia-dini?page=all

Sumber Gambar:

Anak Melakukan Eksperimen Sains [daring]. Available at: https://mamapapa.id/belajar-sains-itu-menyenangkan/

Orang Tua Menemani Anak Bereksperimen [daring]. Available at: https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/alfon/tips-sebelum-bermain-sains-bersama-anak 

Anak Menanam Pohon [daring]. Available at: https://review.bukalapak.com/mom/tertarik-mengajak-anak-bermain-di-taman-cari-tahu-5-manfaatnya-81892

Anak Berkunjung ke Kebun Binatang [daring]. Available at: https://www.guesehat.com/persiapan-mengajak-anak-ke-kebun-binatang

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar