7 Pilihan Menu Sehat untuk Anak Selama Covid 19

Nurul Habibah Mar 7, 2022 • 6 min read


Alta - Pencernaan Anak Senang (1)“Makanan yang sehat penting untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Nah, cari tahu dulu yuk menu sehat apa saja yang cocok untuk anak selama covid 19”

Di masa pandemi Covid 19 seperti sekarang ini, menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting, terutama bagi anak-anak yang cukup rentan terserang virus dan penyakit. Salah satu hal yang perlu diperhatikan demi daya tahan tubuh yang kuat tentunya adalah asupan nutrisi serta hidrasi yang tepat bagi tubuh anak. 

Namun, tidak jarang banyak juga orang tua yang cenderung mengandalkan makanan siap saji atau makanan olahan sebagai pilihan yang cepat dan terjangkau untuk anak mereka di masa sulit ini. Padahal, makanan siap saji bukanlah pilihan terbaik untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Berikut ada 7 kombinasi makanan sehat untuk anak yang bisa Anda sajikan selama masa Covid 19: 

1. Telur dan Sayuran Berwarna

Menu untuk anak dimasa covid 19(Sumber: Dancow.co.id)

Salah satu menu sehat yang bisa melindungi anak dari berbagai penyakit adalah perpaduan telur dan sayuran. Suatu penelitian yang dirilis oleh The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa lemak yang ada dalam kuning telur berguna untuk meningkatkan penyerapan karotenoid yang terdapat dalam sayuran berwarna. Karotenoid merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh anak.

2. Roti Gandum dan Alpukat

Kombinasi dua makanan ini dapat Anda jadikan pilihan cemilan sehat untuk anak. Perpaduan tekstur dan rasa dari keduanya juga saling melengkapi dan dijamin dapat disukai oleh anak-anak. Namun, lemak sehat yang ada pada alpukat ternyata dapat memperlambat proses metabolisme karbohidrat dari roti gandum menjadi gula yang diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, tidak heran kenapa anak-anak dapat kenyang lebih lama setelah mengkonsumsi menu ini. Selain itu, perpaduan roti gandum dan alpukat juga bisa loh mencegah lonjakan kadar gula darah.

3. Daging dan Rosemary

Daging merupakan salah satu menu sehat yang bisa Anda kombinasikan dengan berbagai rempah, salah satunya rosemary. Daging sendiri adalah sumber protein serta zat besi yang dapat Anda olah dengan berbagai cara, seperti dibakar dan dipanggang. Namun, memanggang atau membakar daging dengan suhu yang terlalu tinggi bisa memicu terbentuknya senyawa pemicu kanker yang dikenal dengan heterocyclic amines (HCAs). 

Nah, jika Anda melakukan marinasi daging dengan tambahan rosemary kurang lebih selama satu jam sebelum dipanggang, maka ini dapat mengurangi pembentukan HCAs hingga 88%. Dengan demikian, daging panggang atau daging bakar yang Anda buat tentu jauh lebih sehat untuk dikonsumsi oleh anak-anak. 

4. Sayuran dan Minyak Zaitun

Menu sehat untuk anak(Sumber: Haibunda.com)

Sayuran memiliki kandungan vitamin A, E, D, dan K yang tergolong vitamin larut lemak. Oleh karena itu, sayuran sebaiknya dikonsumsi dengan lemak supaya dapat diserap dengan baik oleh tubuh anak. Nah, salah satu cara mengolah sayuran yang bisa Anda coba adalah mengkombinasikannya dengan minyak zaitun. Sehingga, dapat membantu meningkatkan penyerapan berbagai vitamin dari sayuran serta memberikan asupan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh anak. 

5. Yoghurt dan Buah Segar

Mencampurkan yoghurt dan buah segar adalah pilihan terbaik untuk menambah energi anak. Makanan yang satu ini bisa Anda jadikan sebagai cemilan sehat untuk anak karena rasanya yang manis serta menyegarkan. Agar anak semakin senang, campurkan yoghurt dengan buah kesukaannya, seperti mangga, blueberry, kiwi, stroberi dan lain sebagainya. 

6. Smoothie Buah-buahan

Cara lain agar anak mau mengkonsumsi buah-buahan adalah dengan mengolahnya menjadi smoothie. Smoothie dipercaya bisa menjaga kualitas asli dari makanan loh. Anak bisa mendapatkan berbagai vitamin, protein, mineral, serta serat dari smoothie. Tidak hanya membuat smoothie dari berbagai jenis buah, mencampurkan sayuran bayam ke dalamnya pun juga bisa Anda lakukan. Nah, perlu Anda ketahui bahwa smoothie sangat bermanfaat untuk anak-anak yang kurang nafsu makan ataupun yang sedang membutuhkan nutrisi tambahan. 

7. Sereal dan Susu

Sarapan sehat untuk anak(Sumber: Idntimes.com)

Sereal dan susu dapat dijadikan pilihan sarapan sehat untuk anak. Meski umumnya sereal memang dikonsumsi pada pagi hari, namun menjadikannya cemilan yang mengenyangkan juga tidak salah loh. Akan tetapi, pastikan Anda memilih sereal dengan baik. Perhatikan kandungan yang ada di dalam sereal. Jangan hanya membeli karena bentuk serta warna sereal menarik. 

Kebanyakan sereal memiliki kandungan pewarna buatan dan refined grain atau biji-bijian serta gandum yang sudah diolah. Selain itu, beberapa sereal juga memiliki kadar gula yang tinggi. Oleh sebab itu, sebelum membeli sereal, pastikan Anda sudah mengecek nilai gizi di setiap kotaknya. 

Jadi, itulah 7 pilihan menu sehat yang bisa Anda sajikan untuk anak pada masa Covid 19. Selain menu diatas pastikan anak juga mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari, yakni delapan hingga sepuluh gelas per hari. Selain untuk memenuhi asupan hidrasi pada tubuh, air juga bertugas mengangkut nutrisi dan senyawa dalam darah, membuang limbah, mengatur suhu tubuh, dan melumasi bantalan sendi. 

Setelah asupan nutrisi anak terpenuhi, jangan lupa ajari juga anak Anda tentang tindakan pencegahan agar tidak terserang virus Covid 19. Diantaranya, mengajarkan anak untuk rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dengan orang sekitar, memakai masker dan juga berusaha untuk tetap berada di rumah. 

Nah, agar pendidikan anak tetap berjalan lancar di masa pandemi Covid 19, maka sudah saatnya Anda mendaftarkan Ia di altaschool. Alta School merupakan sekolah online khusus untuk anak-anak di tingkat PAUD hingga SD. Sekolah yang telah menggunakan metode belajar blended learning ini juga memiliki banyak fasilitas belajar yang menarik. Diantaranya Learning Kit, Live Teaching, Home-Based Project, Pendidikan Karakter, dan masih banyak lagi. 

New call-to-action

Sumber: 

Zulvi, F. (2021), ‘Menu Makanan Sehat untuk Anak yang Dukung Pencernaan, Otak, dan Keseimbangan Emosional’, Orami.co.id, 13 April 2021 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/menu-makanan-sehat-untuk-anak/ 

Unicef. ‘Tips Menyiapkan Makanan yang Praktis, Ekonomis, dan Sehat pada Masa Pandemi Virus Corona’, Unicef.org. [daring] Available at: https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/tips-menyiapkan-makanan-yang-praktis-ekonomis-dan-sehat-pada-masa-pandemi-covid-19

Lukyani, L. (2021), ‘Ini Makanan yang Disarankan WHO untuk Dikonsumsi Saat Pandemi Covid 19’ Kompas.com, 10 Juli 2021 [daring] Available at: https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/10/103700665/ini-makanan-yang-disarankan-who-untuk-dikonsumsi-saat-pandemi-covid-19?page=all

Nareza, M. (2020), ‘Daftar Nutrisi Anak yang Harus Dipenuhi Selama Pandemi Covid 19’, Alodokter.com, 19 Juni 2020 [daring] Available at: https://www.alodokter.com/daftar-nutrisi-anak-yang-harus-dipenuhi-selama-pandemi-covid-19

Sumber Gambar: 

Anak-anak Sedang Memotong Sayuran [daring]. Available at: https://www.dancow.co.id/dpc/artikel/5-plus/cinta-makanan-bergizi

Anak yang Sedang Makan Bersama Orang Tua [daring]. Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20191205165109-59-70626/tips-penting-buat-orang-tua-agar-anak-punya-kebiasaan-makan-sehat

Sereal dan Susu [daring]. Available at: https://www.idntimes.com/food/dining-guide/putriana-cahya/sarapan-sereal-sebenarnya-bergizi-gak-1

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar