Ternyata Ini 7 Manfaat Memelihara Hewan Bagi Anak

Nurul Habibah Mei 27, 2022 • 6 min read


Alta - Ternyata Ini Manfaat Memelihara Hewan Bagi Anak “Memiliki hewan peliharaan bukan hal berbahaya loh bagi anak. Cari tahu yuk manfaat apa yang bisa dirasakan anak saat memiliki hewan peliharaan”

Apakah Anda memiliki hewan peliharaan? Anak-anak biasanya juga menyukai hewan peliharaan loh, seperti kucing, kelinci, anjing atau hewan lainnya. Memelihara hewan gunanya ternyata tidak hanya untuk menjadi teman bermain bagi anak. Namun, ada berbagai manfaat lain yang bisa dirasakan secara langsung oleh anak Anda.

Berdasarkan Verywell Family, memelihara hewan peliharaan bisa berdampak baik bagi anak-anak yang didiagnosis dengan autisme atau attention- deficit hyperactivity disorder (ADHD). Disamping itu, Gail F. Melson, PhD yang merupakan profesor emeritus studi perkembangan di Purdue University, Indiana, sekaligus penulis dari buku Why the Wild Things Are: Animals in the Lives of Children mengatakan bahwa manfaat memelihara hewan dan kehadiran binatang di rumah antara lain adalah membantu menumbuhkan perkembangan kognitif, emosi, fisik, serta sosial anak.

Nah, agar lebih jelas, berikut 7 manfaat memelihara hewan bagi anak yang perlu Anda ketahui.

1. Membangun Empati dan Kasih Sayang

Hewan peliharaan pada dasarnya menggantungkan hidup pada manusia untuk merawatnya, mulai dari makan, buang air, serta bermain. Dengan bergantungnya hewan peliharaan pada orang yang merawatnya, ini seringkali bisa memicu rasa empati serta kasih sayang pada anak. Oleh karena itu, orang tua bisa menggunakan hewan peliharaan sebagai salah satu cara untuk mengajari anak tentang pentingnya menghormati mahluk lain. Seperti, membicarakan dan mendorong anak untuk berpikir bagaimana perasaan hewan peliharaan ketika diabaikan, kedinginan atau kelaparan.

2. Mengurangi Stres

Manfaat memelihara hewan bagi anak(Sumber: Mamapapa.id)

Tak hanya orang tua, anak-anak juga bisa mengalami stres akibat rutinitas yang membosankan, tekanan dari orang tua, tantangan akademis, dan masalah lainnya. Nah, berinteraksi dengan hewan peliharaan ternyata bisa meningkatkan pelepasan dopamin dan oksitosin, yang merupakan hormon anti stres, dan menurunkan kortisol atau hormon stres. Lalu, ketika anak bermain atau membelai hewan peliharaan, ini bisa memicu terjadinya perubahan fisiologis dalam diri mereka.

Beberapa studi juga telah membuktikan bahwa anak yang lebih sering bermain dan merawat hewan peliharaan mempunyai tingkat stres yang lebih rendah dibandingkan dengan anak yang jarang bermain dengan hewan peliharaan. Anak-anak yang mempunyai hewan peliharaan juga lebih sering bergerak ketika mereka bermain dengan hewan peliharaan tersebut, sehingga secara tidak langsung anak lebih banyak berolahraga dan menjadi lebih aktif.

3. Mengurangi Risiko Alergi pada Anak

Dari beberapa studi ditemukan bahwa anak-anak yang dibesarkan di lingkungan rumah dengan hewan peliharaan mempunyai risiko lebih rendah untuk menderita asma dan alergi. Menurut para ahli, keberadaan hewan peliharaan di rumah juga bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh anak karena paparan dini terhadap kuman tertentu. Kemudian, anak yang tinggal bersama dengan kucing dan anjing di rumah, umumnya lebih tahan terhadap alergi bulu hewan dibandingkan anak-anak yang tidak mempunyai hewan peliharaan di rumahnya.

4. Mengajarkan Kepercayaan Diri dan Tanggung Jawab

Anak-anak bisa lebih percaya diri dengan memiliki tanggung jawab untuk merawat hewan peliharaan. Anda bisa memberikan tanggung jawab merawat hewan peliharaan kepada anak, mulai dari hal yang mudah, seperti mengisi air minum hewan, atau memastikan mangkuk makannya selalu terisi. Nah, seiring pertumbuhan anak Anda, Anda bisa memberikan Ia tanggung jawab yang lebih besar, seperti mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan, atau bahkan memandikannya.

5. Membantu Anak Belajar

Manfaat hewan peliharaan bagi anak(Sumber: Diadona.id)

Menurut profesor pendidikan di Indiana University of Pennsylvania yakni Mary Renck Jalongo, PhD, hewan peliharaan, biasanya anjing, bisa menjadi alat bantu terapi bagi anak yang mempunyai kesulitan dalam belajar. Dalam suatu penelitian, anak-anak diminta untuk membaca buku di depan orang dewasa, teman sebaya,dan seekor anjing. Para peneliti pun memantau tingkat stres anak-anak tersebut. Nah, di sana ditemukan bahwa ternyata anak bisa merasa paling santai saat mereka berada di sekitar binatang, bukan manusia. Dr. Jalongi mengatakan juga bahwa meringkuk bersama hewan ketika belajar jauh lebih menarik.

6. Memperkuat Ikatan Keluarga

Memiliki hewan peliharaan di rumah juga bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga. Sebab, hewan ini bisa menjadi salah satu pemersatu keluarga. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan bersama anak dan anggota keluarga lainnya untuk merawat hewan peliharaan. Seperti jalan-jalan sore bersama hewan peliharaan, bermain, memberikan makan, atau memandikannya secara bersama-sama. Dengan semua kegiatan menyenangkan saat merawat hewan tersebut, Anda bisa memperkuat ikatan keluarga Anda.

7. Membantu Perkembangan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus

Manfaat memelihara hewan(Sumber: Orami.co.id)

Berdasarkan penelitian Andrea Beetz dari University of Rostock Jerman, hewan peliharaan bisa memberikan manfaat untuk perkembangan anak yang berkebutuhan khusus, terutama dalam hal interaksi sosial. Hal ini dapat terjadi karena memelihara hewan bisa membangun empati, melatih sensorik dan motorik, meningkatkan konsentrasi, dan membuat emosi anak lebih stabil. Namun, sebaiknya pertimbangkan juga usia dan kondisi anak Anda. Jangan sampai memelihara hewan justru membuat anak mengalami cedera.

Jadi, itulah 7 manfaat memelihara hewan peliharaan bagi anak. Meski hewan peliharaan memiliki banyak manfaat bagi anak, namun jangan lupa perhatikan juga panduan memiliki hewan peliharaan bagi Anda yang mempunyai anak. Terutama jika anak-anak Anda masih kecil.

Nah, bagi Anda yang mempunyai anak di usia PAUD atau SD, selain bermain dengan hewan peliharaan, Anda bisa juga mengarahkan anak untuk melakukan kegiatan produktif lainnya, seperti belajar di altaschool. Alta School merupakan sekolah online dengan konsep homeschooling yang telah menggunakan metode belajar blended learning. Di Alta School, anak-anak bisa mengembangkan bakat dan minat mereka melalui berbagai fasilitas belajar yang menarik. Serunya lagi, jadwal belajar di Alta School bisa disesuaikan dengan waktu luang anak-anak Anda loh.

New call-to-action

Sumber:

Andrian, K. (2020), 'Benarkah Hewan Peliharaan Dapat Membuat Anak Lebih Sehat?', Alodokter.com, 12 September 2020 [daring] Available at: https://www.alodokter.com/benarkah-hewan-peliharaan-dapat-membuat-bayi-lebih-sehat

Fitria, L. (2022), 'Manfaat Pelihara Hewan untuk Perkembangan Anak, Bisa Kurangi Stres', Kompas.com, 07 Februari 2022 [daring] Available at: https://www.kompas.com/parapuan/read/533131896/manfaat-pelihara-hewan-untuk-perkembangan-anak-bisa-kurangi-stres 

Yani, I. F. (2021), 'Yuk Ketahui 10 Manfaat Jika Anak Punya Hewan Peliharaan', Hellosehat.com, 20 Juni 2021 [daring] Available at: https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/manfaat-hewan-peliharaan-untuk-anak/ 

Vionetta, D. (2019), '5 Manfaat Memelihara Hewan untuk Psikologis Anak', Orami.co.id, 17 Juli 2019 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/5-manfaat-memelihara-hewan-untuk-psikologis-anak 

Sumber Gambar:

Anak Bermain dengan Kucing [daring]. Available at: https://mamapapa.id/hewan-peliharaan-untuk-anak/ 

Anak Bermain dengan Anjing [daring]. Available at: https://www.diadona.id/family/tak-hanya-orang-dewasa-ini-alasan-kenapa-anak-juga-harus-memiliki-hewan-peliharaan-191227m.html 

Anak Bermain dengan Kelinci [daring]. Available at: https://www.orami.co.id/magazine/7-manfaat-memiliki-hewan-peliharaan-untuk-anak 

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar