5 Tips agar Anak Mau Mendengarkan Orang Tua, Bukan Dimarahi

Nurul Habibah Feb 8, 2022 • 6 min read


Alta - Pengasuhan Anak - Tips Agar Anak Mau Mendengarkan Orang Tua, Bukan Dimarahi-01“Memarahi anak saat Ia tidak mendengarkan Anda adalah salah satu tindakan yang salah. Nah, agar anak menjadi pribadi yang patuh dan mau mendengarkan, simak dulu yuk artikelnya”

Kemampuan anak untuk mendengarkan nasihat perlu dilatih sejak dini, agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang taat aturan. Namun, kebanyakan anak-anak masih belum mau mendengarkan orang tua mereka, bahkan ada yang kritis dengan perkataan orang tuanya. Permasalahan seperti ini adalah hal yang umum terjadi, entah karena anak tidak mau mendengarkan atau berpura-pura tidak mendengarkan. 

Menurut psikolog dan dosen UC Berkeley, Erica Reischer, Ph.D, ketika anak tidak mau mendengarkan, maka jangan meneriaki anak Anda. Berteriak menurutnya memang menarik perhatian anak-anak, namun itu bermasalah karena membuat komunikasi menjadi tidak efektif. Katanya, penelitian juga menunjukkan bahwa berteriak mungkin memiliki efek berbahaya pada anak-anak sebanding dengan hukuman fisik, seperti pemukulan. Jadi, ketika anak Anda tidak mendengarkan, jangan sesekali berteriak padanya ya. 

Cara Agar Anak Mau Mendengarkan Orang Tua(Sumber: Ulyadays.com)

Nah, dibanding Anda marah-marah saat anak tidak mendengarkan, sebaiknya Anda coba lakukan 5 tips berikut ini:

1. Dengarkan Anak Lebih Dahulu

Anak ketika berusia 6 hingga 9 tahun, mulai tertarik dengan dunia di luar rumah, seperti di sekolah atau di lingkungan mainnya. Anak-anak cenderung lebih menikmati dunia barunya dan tidak peduli pada perkataan Anda. Nah, beberapa orang tua juga tidak memahami situasi yang dihadapi oleh anak mereka di luar rumah, sehingga sulit untuk berempati. Akibatnya, hubungan Anda dan anak menjadi berjarak. 

Sebelum Anda memaksa anak untuk mendengarkan Anda, sebaiknya bangunlah kedekatan terlebih dahulu. Anda harus mendengarkan cerita dan keluh kesah Anak. Dengan demikian, diharapkan anak mulai bisa membuka diri dan menerima nasihat Anda. 

2. Jangan Bicara Sebelum Anak Memperhatikan Anda

Jangan banyak bicara ketika anak belum memperhatikan Anda. Jika anak mau mendengar, maka coba dekati Ia, coba untuk jongkok dan sejajar dengannya. Penelitian mengungkapkan bahwa saat kita merasa terhubung dengan orang lain, kita lebih terbuka terhadap pengaruhnya. Jadi, Anda membuat anak mau mendengarkan, namun tidak memanipulasinya. 

Ketika anak tidak melihat ke arah Anda, maka tunggu hingga Ia memperhatikan Anda, Jika anak telah memperhatikan, tatap matanya dan mulailah berbicara. Dengan begitu, anak umumnya mau mendengarkan orang tuanya.

3. Gunakan Kata-Kata yang Mudah Dipahami

Tips agar anak mendengarkan orang tua(Sumber: Liputan6.com)

Beberapa orang tua kadang menceramahi anak mereka dengan kata-kata yang rumit dan panjang lebar. Hal ini, nyatanya susah diterima oleh anak. Oleh sebab itu, gunakan sesedikit mungkin kata ketika Anda memberikan instruksi kepada anak. Anak-anak juga seringkali lupa apa yang baru Ia dengarkan, sebab kata-katanya terlalu rumit dan panjang. 

Biasakan memberi satu instruksi untuk satu hal. Nah, jika Anda ingin memberikan banyak instruksi, maka berikan urutan. Contohnya “Pertama, kamu bersihkan ya mainannya. Kedua cuci tangan, dan kamu baru bisa makan”. Memberikan perintah secara berurut jauh lebih bisa dipahami oleh anak dengan mudah. 

4. Cari Tahu Kenapa Anak Tidak Mau Mendengarkan

Melatih Anak agar Mau mendengarkan orang tua(Sumber: Kaskus.co.id)

Sebelum Anda mencoba berbagai cara agar anak mau mendengarkan, sebaiknya cari tahu dulu apa penyebab anak tidak mau mendengarkan Anda. Umumnya, anak-anak malas mendengarkan sebab tidak menyukai apa yang Anda sampaikan. Selain itu, bisa juga karena anak tidak setuju dengan permintaan Anda, tetapi Ia tidak berani mengungkapkannya.

Contohnya, saat Anda meminta anak meminjamkan mainan yang sedang ia pegang kepada teman atau adiknya, Anak bisa saja berpura-pura tidak mendengarkan Anda. Hal tersebut Ia lakukan bukan karena bermaksud mengabaikan Anda, melainkan Ia merasa sulit untuk mematuhi perintah tersebut. Biasanya ini terjadi saat anak sudah memiliki ego dan posesif terhadap sesuatu.

5. Sampaikan Alasan dan Tujuan Perintah Anda

Anak-anak kadang tidak mau mendengarkan orang tua, karena tidak mengetahui pentingnya nasihat dan perkataan orang tuanya. Nah, agar anak mau mendengarkan Anda, maka jangan lupa sampaikan alasan dan tujuan dari apa yang Anda sampaikan padanya. 

Contohnya, ketika Anda meminta anak untuk berhenti main game, maka sertakan juga alasan yang dapat dipahami oleh anak. Seperti, bermain game terlalu lama dapat membuat anak malas belajar, terganggu tidurnya, dan paling buruk anak kecanduan game. Jika memungkinkan, tunjukkan juga artikel atau video yang mendukung alasan Anda. 

Jadi, itulah 5 tips yang dapat Anda coba agar anak mau mendengarkan ketika Anda berbicara dan menasihatinya. Agar anak senantiasa mendengarkan Anda, jangan lupa berikan pujian setiap kali Ia mau mendengarkan Anda. Sampaikan padanya betapa Anda sangat senang ketika anak bisa menjadi pendengar yang baik dan mau menuruti nasihat atau permintaan Anda. 

Nah, untuk terus mengasah kemampuan anak agar terbiasa mendengarkan orang lain, dan kemampuan lainnya, kini Anda bisa mendaftarkan Ia di altaschool loh. Alta School ini adalah sekolah online yang diperuntukkan bagi anak di tingkat PAUD dan SD. Jadi buat Anda yang memiliki anak di usia tersebut, tunggu apa lagi? 

Di Alta School anak-anak belajar dengan menggunakan metode blended learning. Berbagai fasilitas belajar yang menarik bisa dinikmati oleh anak ketika sudah berlangganan. Fasilitas tersebut antara lain adalah Live Teaching, Home-Based Project, Learning Kit, Pendidikan Karakter, Kelas Tambahan, dan masih banyak lagi.

New call-to-action

Sumber: 

Yani, I.F (2021), ‘Bukan Dimarahi, Ini 10 Cara agar Anak Mau Mendengarkan Orangtua’, Hellosehat.com, 29 Agustus 2021 [daring] Available at: https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/agar-anak-mau-mendengarkan-orangtua/

Ediyati, A. (2020), ‘5 Tips Agar Anak Mau Mendengarkan Orang Tua, Bunda Perlu Tahu’, Haibunda.com, 07 September 2020 [daring] Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20200904195804-62-160304/5-tips-agar-anak-mau-mendengar-orang-tua-bunda-perlu-tahu

Danti, N. (2020), ‘5 Jurus Jitu agar Anak Mau Mendengarkan Orangtua’, Popmama.com, 06 Oktober 2020 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/nisrina-danti/cara-agar-anak-mau-mendengarkan-orangtua/4

Andriani, D. (2016), ‘5 Jurus Supaya Anak Mau Mendengarkan Orang Tua’, Cantik.tempo.co, 23 November 2016 [daring] Available at: https://cantik.tempo.co/read/822411/5-jurus-supaya-anak-mau-mendengarkan-orang-tua/full&view=ok

Sumber Gambar:

Anak sedang Mendengarkan Orang Tua [daring]. Available at: https://ulyadays.com/mendengar-nasehat-orang-tua/

Anak sedang Dinasehati Orang Tua [daring]. Available at: https://www.liputan6.com/health/read/784047/kenapa-ada-ibu-yang-tega-sakiti-anaknya

Anak tidak Mau Mendengarkan Orang Tua [daring]. Available at: https://www.kaskus.co.id/thread/5d8d8107349d0f5c632f2e2d/5-cara-agar-anak-mendengarkan-nasehat-orangtua/

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar