7 Tips Ampuh Agar Anak Tidur Cepat dan Lelap Malam Hari

Nurul Habibah Jan 5, 2022 • 6 min read


Alta - Tips Ampuh Agar Anak Tidur Cepat dan Lelap Malam Hari-02“Susah tidur tidak hanya dialami orang dewasa, namun juga anak-anak. Artikel ini berisi informasi tentang cara mudah untuk membantu anak tidur cepat dan lelap”

Tidur yang cukup merupakan hal yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Baik orang dewasa maupun anak-anak, sebaiknya setiap hari bisa memenuhi kebutuhan istirahat dengan maksimal. Namun, sebagian orang, justru mengalami susah tidur yang disebabkan oleh berbagai hal, tidak hanya pada orang dewasa, anak-anak pun sering mengalami susah tidur. 

Padahal, jika anak susah tidur ketika malam hari, itu dapat menyebabkan Ia mudah kelelahan dan bahkan dapat tertidur selama pelajaran berlangsung. Hal ini, tentu dapat membuat anak tidak bisa berkonsentrasi saat belajar, dan bahkan bisa ketinggalan banyak informasi penting terkait pelajarannya. 

Tips Agar Anak Tidur Cepat(Sumber: Liputan6.com)

Nah, ketika Anda dan pasangan seharian lelah bekerja, lalu anak juga susah tidur dan mengajak bermain terus, sebaiknya apa sih yang Anda lakukan? 

Berikut ada 7 tips mudah yang dapat Anda lakukan untuk membuat anak bisa tidur cepat dan bahkan lelap.

1. Tata Kamar Senyaman Mungkin

Suasana kamar tidur yang nyaman tentu menjadi salah satu hal yang dapat mempengaruhi anak untuk tidur dengan nyaman. Pastikan tidak ada lagi suara berisik dari televisi atau suara lainnya. Selain itu, jangan biarkan ada mainan yang dapat menstimulasi anak untuk bangun dan terus bermain di dalam kamar tersebut. 

Nah, Anda dapat mematikan lampu kamar dan menggantinya dengan lampu tidur yang lebih redup. Lalu, jika udara kamar cukup dingin, jangan lupa kenakan pakaian yang nyaman dan hangat untuk anak, selain itu bisa juga Anda tambahkan selimut yang lembut.

2. Batasi Waktu Tidur Siang

Tidur siang memang sesuatu yang juga dibutuhkan untuk mencukupi waktu tidur anak setiap hari. Namun, Anda harus bisa mengatur waktu tidur siang anak dengan baik. Sebab, jika anak tidur siang terlalu lama, maka Ia dapat merasa segar di malam hari, sehingga susah untuk tidur. 

Anda dapat membatasi waktu tidur siang anak sekitar 30 menit sehari, dan lakukan tidur siang sebelum jam 3 sore. Meskipun hanya sebentar, tidur siang dipercaya dapat memperbaiki mood anak dan juga energinya.

3. Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman sebelum Tidur

Sebelum tidur, hindari anak dari mengkonsumsi makanan berat, makanan berlemak atau gorengan, makanan pedas, serta minuman yang berkarbonasi. Hal ini, dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Selain itu, berbaring setelah makan juga bisa memicu naiknya asam lambung ke tenggorokan, perut bisa mulas dan tenggorokan juga menjadi panas, sehingga bisa membuat anak mudah terbangun di tengah malam. 

Cara Agar Anak Tidur Lelap(Sumber: Popmama.com)

Hindari juga anak dari minuman yang mengandung kafein, seperti coklat, teh atau bahkan kopi. Sebab, efek dari kafein ini dapat membuat anak semakin susah untuk tidur dan bahkan sering terbangun di tengah malam, karena Ia gelisah atau justru selalu ingin buang air kecil.

4. Hindari Kegiatan yang Terlalu Aktif

Sebelum anak memasuki waktu tidur, hindari Ia dari kegiatan yang terlalu aktif, seperti melompat, atau bahkan berlari-lari. Sebab, gerakan tersebut dapat menstimulasi tubuhnya, sehingga Ia bisa terjaga dan sulit untuk tidur. 

Selain itu, hindari juga anak dari bermain video games atau menonton TV, hal ini agar mata anak tidak terlalu terpaku pada layar. Sebaiknya, gantilah kegiatan yang terlalu aktif tersebut dengan membacakan buku dongeng, yang bisa membuat anak lebih tenang dan bisa belajar banyak kosakata baru. 

5. Berikan Minuman yang Membuat Rileks

Memberikan susu hangat kepada anak sebelum tidur merupakan hal umum yang dilakukan oleh orang tua untuk membuat anak tidur lebih cepat. Kandungan tryptophan yang ada di dalam susu dapat memberikan ketenangan yang membuat anak tidur dengan nyenyak. Dengan memberikan minuman hangat kepada anak sebelum tidur, juga bisa membuat suhu tubuhnya menjadi meningkat, dan anak bisa tidur lebih nyaman. 

6. Penuhi Kebutuhan Anak Secukupnya

Anak Susah Tidur(Sumber: Republika.co.id)

Saat anak terbangun tengah malam, maka hindari untuk memenuhi semua keinginan anak. Contohnya, jika anak mengajak bermain dan Anda menyetujuinya, maka anak bisa terus mengulangi hal tersebut jika Ia terbangun tengah malam. Oleh sebab itu, Anda harus tega menolaknya, agar anak paham bahwa hari sudah malam dan semua orang harus tidur. Namun, jika anak terbangun untuk buang air kecil, barulah Anda harus segera menemaninya.

7. Atur Waktu Tidur yang Konsisten

Mengatur waktu tidur yang konsisten adalah cara terbaik agar anak mudah untuk tidur malam. Jika anak sudah terbiasa dengan waktu tidur yang teratur, maka tubuhnya juga bisa ikut membiasakan diri. Sebisa mungkin atur waktu tidur dan bangun yang sama setiap harinya, bahkan meski itu hari libur. Nah, umumnya anak sekolah butuh waktu tidur sekitar 9-11 jam setiap hari. 

Jadi, itulah 7 tips yang bisa Anda coba agar anak dapat tidur cepat dan lelap setiap hari. Jika kebutuhan tidurnya terpenuhi, anak dapat mengikuti kegiatan sekolah dengan maksimal dan lebih konsentrasi. Nah, agar anak lebih bersemangat belajar, tidak ada salahnya juga Anda daftarkan Ia di altaschool.

Alta School merupakan sekolah online yang diperuntukkan bagi anak di jenjang PAUD hingga kelas 4 SD. Sekolah online yang telah menggunakan kurikulum K-13 ini memiliki berbagai fitur belajar yang seru. Beberapa fitur belajar yang dapat dinikmati ketika berlangganan adalah Home-Based Projek, Pendidikan Karakter, Kelas Tambahan, Live Teaching, dan lain sebagainya. 

New call-to-action

Sumber: 

Elizabeth,Y. (2021), ‘Buat Anak Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari dengan Sleep Hygiene’, Hellosehat.com, 26 November 2021 [daring] Available at: https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/sleep-hygiene-untuk-anak-sulit-tidur-malam/

Anisya, N. (2020), ‘Ampuh! Ini 7 Cara Membuat Anak Cepat Tidur dengan Lelap’, Popmama.com, 24 Juni 2020 [daring] Available at:https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/ninda/ampuh-ini-cara-agar-anak-cepat-tidur-dengan-lelap 

Yusrini, F. (2016), ‘9 Cara Agar Anak Tidur Cepat pada Malam Hari’, Femina.co.id, 24 Mei 2016 [daring] Available at: https://www.femina.co.id/family/9-cara-agar-anak-tidur-cepat-pada-malam-hari

Sumber Gambar: 

Anak Tidur Nyenyak [daring]. Available at: https://www.liputan6.com/health/read/3241165/waspada-anak-susah-tidur-bisa-picu-kanker-nantinya

Anak Tidur dengan Nyaman [daring]. Available at: https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/donahandayani/manfaat-tidur-siang-bagi-anak-balita

Anak Susah Tidur [daring]. Available at: https://www.republika.co.id/berita/mk9iln/anak-sering-susah-tidur-mengapa-ya

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar