7 Tips Belajar Efektif di Rumah Untuk Anak

Nurul Habibah Apr 9, 2022 • 6 min read


Alta - 16 April 2022-01

"Artikel ini berisi informasi tentang tips belajar di rumah yang efektif untuk anak. Simak dulu yuk informasinya, agar anak Anda bisa mengikuti pelajaran dengan baik dari rumah"

Belajar di rumah cenderung lebih sulit dilakukan dibanding belajar di sekolah. Sebab, di rumah banyak sekali godaan yang membuat anak tidak fokus dan malas untuk belajar, seperti keinginan untuk bermain bersama teman atau saudara, main gadget, menonton televisi, dan lain sebagainya.

Hal tersebut sering membuat orang tua ikut pusing dan takut anak-anak tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Untuk menjadi pembelajar yang baik, anak membutuhkan motivasi yang tepat serta tips belajar yang efektif. 

Nah, untuk membantu anak bisa belajar dengan baik, berikut ada 7 tips belajar efektif di rumah yang bisa Anda terapkan.

1. Bantu Anak Menemukan Gaya Belajarnya

Tips Belajar Efektif di Rumah(Sumber: Medcom.id)

Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Tips belajar efektif pertama yang perlu Anda coba adalah membantu anak menemukan strategi belajar yang cocok untuk mereka. Gaya belajar sendiri terdiri dari beberapa model, yakni:

  1. Pembelajaran auditorial (musik dan diskusi)
  2. Pembelajaran visual (melalui gambar, diagram, dan film)
  3. Pembelajaran kinestetik (gerakan, aktivitas langsung, dan eksperimen)
  4. Membaca dan menulis (membuat daftar, membaca buku teks dan mencatat)

Beberapa anak dapat menguasai materi pelajaran dengan membaca dan mencatat. Sedangkan sebagian anak lainnya lebih bisa menguasai materi dengan mempraktekkannya secara hafalan. Jika anak sudah mengetahui gaya belajar yang cocok untuknya, Ia bisa lebih bersemangat untuk belajar dan bisa cepat memahami materi yang dipelajarinya.

2. Membuat Jadwal Belajar

Menurut Learning Center University of North Carolina, waktu belajar yang terlalu panjang justru dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi. Oleh sebab itu, agar anak bisa belajar dengan efektif, sudah seharusnya Anda membantu membuat jadwal belajar sesuai dengan kebutuhannya. Jadwal belajar dipercaya bisa membantu anak lebih terorganisir, serta baik untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab. Terapkan kedisiplinan agar anak belajar sesuai jadwal. Namun, jangan lupa selingi juga kegiatan belajar dengan aktivitas yang disukai oleh anak. Hal ini berguna untuk menghindari anak dari stres akibat terus dipaksa belajar.

3. Siapkan Tempat Belajar

Tips Belajar Efektif(Sumber: Gatra.com)

Menyiapkan tempat belajar yang nyaman dan menyenangkan khusus untuk anak dapat menjadi salah satu tips anak belajar dengan efektif di rumah. Suasana belajar yang tenang dan nyaman dapat membantu anak lebih fokus dan tidak terganggu dengan suasana lain di sekitarnya. Nah, jangan lupa pastikan ruang belajar khusus untuk anak ini tetap bersih dan rapi. Dengan demikian, anak dapat bersemangat untuk belajar di rumah.

4. Ajak Anak Belajar Sambil Bermain

Belajar tidak hanya dengan menggunakan buku. Anda bisa mengajarkan berbagai materi kepada anak sambil bermain. Contohnya, Anda bisa mengajak anak menanam tanaman dengan menyiapkan peralatan, serta ajak anak berkreasi sendiri untuk menghiasi potnya. Belajar sambil bermain tidak membuat anak mudah merasa bosan saat belajar di rumah. Mereka justru lebih bersemangat dan menanti-nanti kegiatan seru apalagi yang harus mereka pelajari.

5. Fokus pada Apa yang Dipelajari, Bukan Nilai

Tips belajar efektif yang juga harus Anda terapkan pada anak adalah fokus pada apa yang anak pelajari, bukan pada performanya. Dari pada Anda bertanya bagaimana hasil tes yang anak kerjakan, lebih baik minta Ia mengemukakan materi yang sudah Ia pelajari. Kinerja memang sangat penting, namun, tanamkan pada anak bahwa kualitas lebih penting dibandingkan dengan kuantitas. Dengan fokus pada pengalaman belajar anak, Anda berarti sudah memberikan kesempatan pada anak untuk mengemukakan pendapat serta mengimprovisasi pemahamannya.

6. Mencari Banyak Sumber Informasi

Cara belajar efektif(Sumber: Halodoc.com)

Internet memang menyediakan banyak informasi yang bagus. Namun, banyak juga informasi yang terkadang salah. Jadi, sebaiknya Anda membantu anak mengevaluasi suatu informasi dengan membandingkannya dari satu sumber dengan sumber lainnya. Keterampilan penelitian sumber informasi ini seringkali diremehkan. Padahal, kemampuan ini dapat membantu Anak menyajikan informasi yang seimbang serta mendalam.

7. Berikan Rewards Saat Menyelesaikan Tugas

Sesekali tidak ada salahnya Anda memberikan reward kepada anak. Reward berguna sebagai apresiasi Anda kepada anak karena Ia telah berhasil melakukan suatu kegiatan dengan baik, contohnya ketika Ia menyelesaikan tugas. Reward tak selalu identik dengan barang mahal dan mewah. Berbagai hal sederhana seperti membuatkan makanan kesukaan anak juga dapat membuat anak senang dan kembali bersemangat. Nah, agar belajar di rumah semakin efektif, tips ini jangan Anda lupakan ya.

Jadi, itulah 7 tips belajar efektif di rumah yang dapat membantu anak belajar dengan baik. Selain tips di atas, Anda bisa juga membantu kegiatan belajar anak di rumah lebih menyenangkan, dengan cara mendaftarkannya di altaschool.

Alta School adalah salah satu homeschooling yang khusus untuk anak di tingkat PAUD hingga SD. Sekolah ini telah menggunakan metode belajar blended learning yang fokus mengembangkan minat dan kreativitas anak sejak dini. Berbagai fasilitas belajar telah tersedia di Alta School, contohnya Home-Based Project, Live Teaching, Learning Kit, Pendidikan Karakter, Laporan Pembelajaran, dan masih banyak lagi.

New call-to-action

Sumber:

Ruangmom. (2021), 'Study From Home: 8 Tips Belajar di Rumah Agar Menyenangkan', Ruangmom.com, 16 Agustus 2021 [daring] Available at: https://www.ruangmom.com/study-from-home.html

Ibudanbalita. (2020), '8 Cara Belajar yang Efektif untuk Anak Selama di Rumah', Ibudanbalita.com, 28 September 2020 [daring] Available at: https://www.ibudanbalita.com/artikel/8-cara-belajar-yang-efektif-untuk-anak-selama-di-rumah

Nisania, A. (2021), '8 Tips Belajar Efektif untuk Si Kecil di Rumah agar Lebih Fokus dan Cerdas', Orami.co.id, 14 Desember 2021 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/tips-belajar-efektif

Sumber Gambar:

Anak sedang Belajar di Depan Laptop [daring]. Available at:https://m.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/lKYxvXJk-tips-efektif-belajar-dari-rumah-di-tengah-pandemi

Anak Belajar dengan Nyaman di Ruangan [daring]. Available at: https://www.gatra.com/news-524961-milenial-begini-cara-belajar-efektif-di-rumah-yang-patut-dicoba.html

Anak yang Belajar Didampingi Orang Tua [daring]. Available at: https://www.halodoc.com/artikel/solusi-mendampingi-anak-belajar-di-masa-pandemi

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar