5 Tips Dampingi Anak Pra Sekolah Belajar Selama di Rumah

Nurul Habibah Feb 14, 2022 • 6 min read


tips dampingi anak pra sekolah“Artikel ini berisi informasi tentang tips mendampingi anak pra sekolah belajar di rumah. Agar tidak penasaran dengan tipsnya, simak dulu yuk”

Belajar dari rumah masih jadi salah satu sistem pembelajaran yang diterapkan hingga kini. Apalagi sekarang kasus Pandemi Covid-19 kembali meningkat. Beberapa sekolah yang telah menerapkan sistem tatap muka bahkan kembali meminta siswa belajar secara daring dari rumah. 

Belajar dari rumah bagi siswa yang sudah remaja seperti di tingkat SMP dan SMA mungkin sudah lebih mudah, namun bagi anak-anak di bawahnya, terutama yang pra sekolah, belajar dari rumah sangat butuh dampingan orang tua. Nah, agar anak-anak pra sekolah bisa belajar dengan efektif, ada 5 tips yang bisa Anda terapkan.

1. Ciptakan Suasana Belajar yang Kondusif

Tips Damping Anak Pra Sekolah Belajar di Rumah(Sumber: Haibunda.com)

Belajar dari rumah kadang cukup sulit untuk anak pra sekolah, karena suasana rumah yang tentunya tidak sama dengan sekolah. Oleh karena itu, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menciptakan suasana belajar yang kondusif. Anda bisa menyediakan satu ruangan khusus untuk anak belajar. Lengkapi ruangan tersebut dengan meja dan peralatan belajar lainnya yang bisa membuat anak nyaman. 

Selain itu, pastikan bahwa ketika belajar, anak-anak tidak mendengar suara yang terlalu berisik, baik dari televisi atau dari percakapan anggota keluarga yang terlalu lantang. Lalu, Anda juga perlu memberi waktu istirahat untuk anak ketika Ia belajar di rumah. Sediakan cemilan dan minuman favoritnya agar Ia semakin semangat untuk belajar. 

2. Buat Jadwal Belajar

Meski anak-anak harus belajar dari rumah, bukan berarti Ia jadi tidak disiplin waktu. Selama belajar dari rumah anak-anak tetap mengikuti jadwal yang sudah ada sebelumnya, seperti jadwal bangun tidur, mandi, serta sarapan. Nah, biasanya sekolah juga tetap memberikan panduan jadwal belajar yang dapat diikuti anak, seperti mata pelajarannya, tema pelajaran yang harus dipelajari hari itu, pukul berapa anak-anak menerima materi dan tugas, atau kapan anak harus menyelesaikan dan menyerahkan tugasnya. Jika panduan ini ada, maka Anda akan sangat terbantu. 

Namun, jika sekolah tidak memberikan jadwal yang jelas selama belajar di rumah, maka Anda bisa membuat kesepakatan sendiri dengan anak. Anda dan anak bisa membuat kesepakatan tentang jam belajar dan pelajaran apa yang harus dipelajari tiap harinya. Jangan lupa tentukan juga berapa jam yang dialokasikan untuk setiap mata pelajaran. Lalu, sepakati jam istirahat anak-anak, agar Ia tidak bosan belajar terus menerus.

3. Pilih Cara Belajar yang Menyenangkan

Masing-masing anak memiliki cara belajar yang berbeda. Agar anak-anak tetap semangat belajar di rumah, Anda perlu mengenal tiga metode belajar yang seru, yakni: 

a. Metode belajar visual

Yakni gaya belajar yang dominan melibatkan media gambar atau alat peraga yang berwarna, contohnya dengan menggunakan video youtube, animasi, atau aplikasi yang dapat memaparkan materi pelajaran. Gestur tubuh serta mimik wajah pemberi materi juga bisa membantu anak-anak yang suka metode belajar ini, agar mereka mudah paham pelajarannya. 

b. Metode belajar yang dominan melibatkan suara

Anak-anak yang suka metode ini sangat terbantu dengan intonasi, volume, serta artikulasi suara saat menjelaskan materi. Anak-anak dengan gaya belajar ini sangat suka membaca materi pelajaran dengan suara sendiri, agar mereka bisa mengingat materi dengan mudah. Nah, Anda bisa membantu dengan menceritakan kembali materi pelajaran dalam bentuk dongeng atau cerita menarik, sehingga anak cepat memahaminya. 

Tips Dampingi Anak Belajar di Rumah(Sumber: Ibupedia.com)

c. Metode belajar yang dominan melibatkan gerak tubuh

egiatan pembelajaran yang dikerjakan secara langsung atau secara praktek dapat membantu anak-anak yang suka metode ini untuk paham pelajaran mereka. Saat belajar berhitung, Anda bisa mengajak anak untuk menghitung dengan menggunakan bola. Anak-anak dengan gaya belajar ini tidak bisa hanya diam saat belajar, mereka lebih suka belajar dengan melibatkan anggota butuhnya. 

4. Gunakan Permainan Edukatif

Agar kegiatan belajar di rumah semakin seru dan tidak membosankan, Anda bisa mengajak anak melakukan berbagai permainan edukatif saat jam istirahat belajarnya. Terutama berbagai permainan edukatif yang melibatkan aktivitas fisik, seperti sit up, puzzle, bulu tangkis, bermain lompat tali, main catur, dan permainan lainnya yang bisa menyehatkan serta tentunya menyenangkan. 

5. Ajak Anak Melakukan Pekerjaan Rumah

Tips Dampingi Anak Belajar(Sumber: Parapuan.co)

Pekerjaan rumah tangga juga bisa menjadi salah satu pembelajaran yang melatih life skill anak-anak. Namun, tentunya Anda harus memilih pekerjaan-pekerjaan sederhana yang dapat dilakukan oleh anak pra sekolah. Contohnya, Anda bisa mengajak Ia mencoba membuat kue bersama, melipat kaos kaki sendiri, atau membantu berkebun, Mungkin hasil kerja anak Anda tidak sempurna, namun hargai setiap usahanya agar Ia tetap bersemangat melakukan pelajaran tersebut. 

Jadi, itulah 5 tips mendampingi anak pra sekolah belajar di rumah. Selama anak belajar dari rumah, lakukanlah pendampingan belajar mengajar secara bergantian antara Ibu dan Ayah. Hal ini berguna agar anak bisa mendapatkan suasana belajar yang berbeda dan pembagian peran orang tua juga dapat Anda lakukan.

Nah, agar belajar di rumah semakin mudah, kini Anda juga bisa mendaftarkan anak pra sekolah di altaschool. Sebab, Alta School sendiri adalah layanan pendidikan yang dikhususkan untuk anak di tingkat PAUD hingga SD. Alta School hadir dengan konsep homeschooling yang menggunakan metode belajar blended learning. 

Melalui berbagai fasilitas belajar yang tersedia, Alta School fokus mengembangkan minat serta bakat anak sejak dini. Beberapa fasilitas yang akan dinikmati oleh anak saat berlangganan adalah Live Teaching, Kelas Tambahan, Home-Based Project, Pendidikan Karakter, dan lain sebagainya. 

New call-to-action

Sumber:

Adit, A. (2020), ‘9 Tips Dampingi Anak Belajar di Rumah dari Akademisi IPB University’, Kompas.com, 07 April 2020 [daring]. Available at: https://www.kompas.com/edu/read/2020/04/07/092756171/9-tips-dampingi-anak-belajar-di-rumah-dari-akademisi-ipb-university?page=all

Damasha, K. (2020), ‘9 Tips Mendampingi Anak Belajar Online di Rumah Selama Pandemi’, Cekaja.com, 14 Oktober 2020 [daring] Available at: https://www.cekaja.com/info/9-tips-mendampingi-anak-belajar-online

Latifa, L. ‘7 Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah Selama Sekolah Ditutup’, Parenting.co.id, [daring] Available at:  https://www.parenting.co.id/usia-sekolah/7-tip-mendampingi-anak-belajar-di-rumah-selama-sekolah-ditutup

Marlina, H. (2020), ‘Cara Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Daring’, Patinews.com, 24 November 2020 [daring] Available at:https://www.patinews.com/cara-mendampingi-anak-usia-dini-belajar-daring/

Sumber Gambar:  

Anak Pra Sekolah Belajar di Depan Laptop [daring]. Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20201004161026-61-166922/anak-prasekolah-ngambek-enggak-mau-sekolah-daring-bunda-harus-gimana

Ibu yang sedang Mendampingi anak Belajar di Rumah [daring]. Available at: https://www.ibupedia.com/artikel/keluarga/10-tips-mendampingi-anak-belajar-di-rumah-selama-pandemi

Anak yang sedang Melipat Pakaian Bersama Ibu [daring]. Available at: https://www.parapuan.co/read/532828912/6-tahap-ajarkan-anak-tanggung-jawab-melakukan-pekerjaan-rumah-tangga

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar