8 Tips Melatih Sikap Tanggung Jawab pada Anak

Nurul Habibah Nov 1, 2021 • 6 min read


Pengasuhan Anak - Tips Melatih Sikap Tanggung Jawab pada Anak-01“Sikap tanggung jawab akan membantu anak untuk lebih mandiri. Dalam artikel ini ada beberapa tips melatih sikap tanggung jawab pada anak yang bisa Anda terapkan”

Banyak hal yang dapat Anda ajarkan kepada anak sejak dini. Salah satunya adalah mengajarkan mereka tentang tanggung jawab. Memiliki sikap bertanggung jawab adalah salah satu komponen penting yang akan membantu anak untuk sukses kedepannya. 

Anak yang memiliki rasa tanggung jawab biasanya lebih mandiri. Selain itu mereka dapat menjadi pribadi yang tidak menyalahkan orang lain ketika dirinya salah. Nah, yang paling penting juga, sikap tanggung jawab dapat membuat anak lebih hati-hati dan berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu. 

Tapi, gimana sih cara mudah untuk melatih sikap tanggung jawab pada anak? 

Nah, 8 tips berikut dapat Anda gunakan untuk menanamkan rasa tanggung jawab pada anak sejak dini:

1. Beri Pemahaman Apa Itu Tanggung Jawab

Ketika anak melakukan kesalahan dan tidak mau mengakui kesalahannya, maka jangan langsung dimarahi. Hal ini tidak akan membuat anak mau mendengarkan perkataan Anda, justru bisa membuatnya menangis atau malah membalas perkataan Anda. 

Cara Mengajarkan Anak Sikap Tanggung Jawab(Sumber: Lifestyle.kompas.com)

Cara yang sebaiknya Anda lakukan adalah memberikan penjelasan kepada Ia tentang kesalahan yang telah diperbuat dan tanyakan padanya siapa yang harus bertanggung jawab. Penjelasan sebab-akibat ini akan membantu anak bisa memahami apa itu tanggung jawab. 

Jika cara ini belum berhasil, maka coba buatlah penjelasan yang lebih sederhana, dan tegaskan apa yang harus anak lakukan untuk bertanggung jawab atas kesalahannya. Serta jangan lupa juga, ingatkan anak untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di lain waktu.

2. Kenalkan Anak dengan Berbagai Peraturan 

Waktu luang bersama anak adalah kesempatan terbaik untuk menjelaskan tentang berbagai peraturan. Baik itu peraturan yang ada di rumah, di sekolah atau ditempat umum. Jelaskan juga apa konsekuensi yang akan didapatkan jika anak melanggar aturan tersebut. Dengan demikian, anak akan lebih berhati-hati sebelum bertindak, dan juga bertanggung jawab mengikuti peraturan yang sudah ada.

3. Ajak Mengerjakan Tugas Rumah

Anda bisa mengajak anak untuk ikut serta mengerjakan tugas rumah, seperti merapikan tempat tidur, menyapu, mengepel, memasakan dan lain sebagainya. Tapi, pastikan memberikan mereka tugas yang sesuai dengan usianya. Dengan mengerjakan tugas rumah, Anda akan mengajarkan anak untuk bisa bertanggung jawab dengan kepercayaan yang telah anda berikan. 

4. Memelihara Hewan

Tips Melatih Sikap Tanggung Jawab Pada Anak(Sumber: Orami.co.id)

Siapa sangka kalau memelihara hewan dapat dijadikan salah satu cara melatih sikap tanggung jawab pada anak. Anda bisa mengajak anak memelihara hewan seperti kucing dan anjing. Lalu, ajarkan mereka untuk memberikan makan secara rutin, mengajak bermain, serta memandikan hewan peliharaan. 

Saat memelihara hewan, anak akan mulai belajar tentang nilai tanggung jawab yang harus Ia terima jika lalai dalam menunaikan tugasnya. Contohnya, jika anak lupa memberi makan, maka hewan peliharaannya bisa saja sakit. 

5. Membersihkan Mainan

Ajaklah anak untuk mulai terbiasa membersihkan mainannya sendiri. Hal ini akan mengajarkan anak bagaimana Ia harus bertanggung jawab untuk menjaga barang-barang yang Ia miliki. Membiasakan hal seperti ini tidak hanya dapat mengajarkan anak cara membersihkan mainannya, namun juga dapat dijadikan kesempatan untuk mengajarkan anak menjaga kebersihan di sekitarnya.

6. Ajarkan Cara Memakai Pakain Sendiri

Cara Menanamkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak(Sumber: Momsindonesia.com)

Memakai pakaian sendiri dapat Anda ajarkan sejak dini, terutama sejak anak mulai masuk sekolah. Anda bisa mengajarkan satu per satu, mulai dari mengenakan kaus kaki atau kemeja. Selain membantu anak belajar bertanggung jawab, hal seperti ini juga akan membuat anak lebih mandiri sejak kecil. Anak-anak tidak harus menunggu bantuan dari orang tuanya dulu ketika mempersiapkan diri untuk berangkat sekolah.

7. Ajarkan Anak tentang Konsekuensi

Anak-anak harus belajar tentang konsekuensi atas segala perilakunya. Mereka perlu mengetahui bahwa segala pilihan yang diambil memiliki konsekuensi baik atau buruk. Penting untuk anak paham tentang konsekuensi agar Ia lebih bertanggung jawab. Contohnya, jika anak tidak mengerjakan tugas atau tidak disiplin, beritahu Ia bahwa akan ada konsekuensi yang harus Ia terima atas tindakan tersebut.

Biarkan anak untuk belajar dari pilihannya sendiri. Meski demikian, tetap ajarkan anak untuk merefleksikan tindakannya, mencari solusi, dan juga berusaha untuk selalu lebih baik dari sebelumnya. Keterampilan memecahkan masalah sangat penting agar anak bisa bertanggung jawab atas perilakunya.

8. Jadilah Contoh Baik Bagi Anak

Anak-anak cenderung belajar dari melihat dan meniru orang terdekatnya. Oleh karena itu, Anda memiliki peran yang penting untuk memberikan contoh baik pada anak. Dengan mengamati perilaku Anda, anak akan pelan-pelan belajar tentang tanggung jawab. Anak akan lebih tanggap terhadap tugas serta kewajibannya.

Jadi itulah 8 tips melatih sikap tanggung jawab pada anak yang bisa Anda coba. Nah, untuk memberikan pelajaran lain pada anak dengan cara yang lebih menarik, kini Anda bisa mendaftarkannya di altaschool.

Alta School adalah sekolah online, yang khusus untuk jenjang PAUD hingga kelas 3 SD. Di sekolah online ini anak-anak akan belajar dengan kurikulum K-13. Ada berbagai fasilitas belajar yang dapat dinikmati ketika anak Anda berlangganan Alta-School, diantaranya Learning Kit, Home-Based Project, Pendidikan Karakter, Laporan Pembelajaran, dan masih banyak lagi. 

New call-to-action

Sumber: 

Puji, A. (2021), ‘4 Cara Jitu Menanamkan Rasa Tanggung Jawab Pada Anak’, Hellosehat.com, 16 Agustus 2021 [daring] Available at: https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/latih-rasa-tanggung-jawab-pada-anak/

Cussons Kids, ‘13 Cara Mengajarkan Tanggung Jawab Pada Anak’, cussonskids.co.id, [daring] Available at: https://www.cussonskids.co.id/tanggung-jawab-anak/

 Bahar, R.W (2019), ‘10 Kegiatan di Rumah yang Bisa Melatih Anak Bertanggung Jawab’, Tokopedia.com, 02 Juli 2019 [daring] Available at: https://www.tokopedia.com/blog/cara-latih-anak-tanggung-jawab/

Fimela. (2018), ‘7 Cara Mengajarkan Tanggung Jawab Terhadap Anak’, Fimela.com, 09 Agustus 2018 [daring] Available at: https://www.fimela.com/parenting/read/3809255/7-cara-mengajarkan-tanggung-jawab-terhadap-anak

Sumber Gambar:

Mengajarkan Anak Tentang Tanggung Jawab [daring]. Available at: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/15/131729820/5-alasan-anak-tidak-mau-mendengarkan-orangtua?page=all

Anak Memelihara Hewan [daring]. Available at: https://www.orami.co.id/magazine/4-tanda-balita-siap-merawat-hewan-peliharaan/

Anak Belajar Memakai Baju Sendiri [daring]. Available at: https://www.momsindonesia.com/article/redirect/parenting/mandiri-pakai-baju-sendiri

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar