8 Tips Memilih Sekolah Dasar (SD) untuk Anak

Nurul Habibah Agu 5, 2022 • 6 min read


Tips Memilih Sekolah Dasar (SD) untuk Anak-01“Artikel ini berisi informasi tentang tips memilih Sekolah Dasar terbaik untuk anak. Sebelum buru-buru memilih sekolah untuk anak, yuk cari tahu dulu tipsnya”

Orang tua tentu ingin menyekolahkan anaknya di tempat terbaik. Namun, memilih sekolah terbaik ini seringkali membuat orang tua dilema harus memilih sekolah yang mana. Kebutuhan setiap anak terkait sekolah tentu berbeda, sehingga sekolah favorit di kota belum tentu ideal bagi semua anak.

Nah, SD (Sekolah Dasar) merupakan tempat dimana anak menghabiskan 6 tahun waktunya untuk pendidikan dasar yang nanti berpengaruh pada masa depannya. Oleh karena itu, sudah sebaiknya Anda memilih sekolah yang tepat demi membantu anak menjadi pribadi yang berkualitas, baik dari sisi karakter, atau kemampuan akademiknya.

073795400_1437791598-header_rimanews_com(Sumber: Liputan6.com)

Berikut ada 8 tips memilih Sekolah Dasar yang patut Anda coba:

1. Jarak dari Rumah

Jarak lokasi sekolah dengan rumah juga menjadi bagian penting untuk Anda pertimbangkan. Jangan sampai anak Anda selalu terlambat karena lokasi sekolahnya yang jauh. Selain terlambat, anak juga harus bangun terlalu pagi, sehingga bisa jadi waktu tidurnya tidak cukup, dan Ia mengantuk saat di sekolah. Jadi, meski ingin anak Anda masuk sekolah terbaik, tetap perhatikan jarak dari rumah ya.

2. Gedung dan Keamanan

Kondisi gedung sekolah juga penting untuk diperhatikan. Apakah jumlah toilet di sana banyak, dan apakah kondisinya layak untuk anak gunakan? Bila muslim, apakah sekolah menyediakan mushola dan apakah tempatnya nyaman? Semua ini perlu untuk Anda cari tahu. Lalu, jangan lupa perhatikan juga jarak pintu gerbang sekolah, dan proses penjemputan anak di sekolah tersebut. 

3. Kurikulum

Banyak para ahli yang menyarankan orang tua untuk memilih sekolah yang menawarkan kegiatan akademik dan non akademik bagi siswa. Misalnya, adanya kegiatan ekstrakurikuler dan seni. Anda bisa mencari tahu berapa banyak waktu yang dicurahkan setiap minggu untuk kelas olahraga dan seni seperti melukis, drama, musik, dan lain sebagainya, serta apa yang dilakukan oleh anak-anak di kelas tersebut. 

004743800_1577786583-WHO-80_-Anak-di-Dunia-Kurang-Aktif-Bergerak-dan-Berolahraga-Mengapa-Shutterstock_1100557307(Sumber: Klikdokter.com)

Kemudian, pertimbangkan berapa banyak pekerjaan rumah yang diberikan kepada anak. Umumnya anak-anak yang tingkat kelasnya masih rendah belum mendapatkan tugas rumah. Nah, beberapa sekolah juga mungkin lebih memilih membebankan semua tugas di sekolah sehingga anak di rumah bisa sepenuhnya istirahat, atau justru sebaliknya. 

4. Sistem Belajar dan Program Belajar yang Ditawarkan

Sebelum memilih Sekolah Dasar untuk anak, sebaiknya cari tahu dulu model pembelajaran seperti apa yang diterapkan di sekolah tersebut, apakah sekolah mengikuti program pendidikan berdasarkan kurikulum yang dirancang khusus dari pendidik, menerapkan pembelajaran bermain di tahun-tahun awal, atau memperkenalkan membaca dan matematika, atau bahkan menggabungkan pembelajaran dengan campuran filosofi, coba Anda telusuri lagi. 

Nah, sekolah yang baik sesungguhnya merupakan sekolah yang menawarkan pendidikan khusus. Setiap anak berbeda-beda, sehingga memiliki kebutuhan dan gaya belajar yang berbeda-beda. Jika sekolah tersebut memiliki pendekatan yang fleksibel dan akomodatif, maka mungkin Anda bisa menemukan kesuksesan dengan program tersebut.

5. Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah juga penting untuk Anda perhatikan. Apakah sekolah memiliki suasana belajar yang mendukung, apakah ruang kelas terasa bersih dan nyaman, atau justru sebaliknya. Selain itu, jangan lupakan lingkungan outdoor, yang sangat penting untuk Anda amati. Sebab, itu merupakan tempat dimana anak banyak menghabiskan waktu ketika istirahat dan kelas olahraga. Perhatikan apakah ada lapangan besar untuk berlari, atau hanya lempengan beton kecil. Lalu, apakah ada taman bermain dan pembelajaran di luar kelas? Pikirkan tentang lingkungan sekolah yang Anda inginkan untuk anak dengan baik.

6. Keunggulan Sekolah

Setiap sekolah pasti mempunyai visi dan misi yang berbeda-beda. Sebelum memilih sekolah untuk anak, sebaiknya Anda mengetahui keunggulan apa saja yang ingin ditonjolkan oleh masing-masing sekolah tersebut. Kemudian, lihat apakah itu sejalan dengan nilai-nilai yang ada dalam keluarga Anda.

7. Kedisiplinan, Bullying, dan Pengembangan Sosial Emosional

Penanganan kedisiplinan, bullying, dan pengembangan sosial emosi anak di sekolah yang akan Anda pilih juga penting untuk diperhatikan. Anda bisa mempertimbangkan apakah mereka memiliki kebijakan disiplin yang jelas atau tidak. Cari tahu apakah sekolah mengambil pendekatan hukum, dengan kerugian dan penangguhan atau sekolah tersebut mendukung lingkungan yang lebih santai yang menawarkan peringatan sebelum konsekuensi.

1457b4f0-cc71-4f29-b13f-f73c4cec1dad_169(Sumber: News.detik.com)

Lalu, mengetahui kebijakan dan pendekatan sekolah terhadap perkembangan sosial emosional anak juga harus dilakukan. Apakah sekolah tersebut menjunjung tinggi keharmonisan, kedamaian, empati serta kebaikan. Lalu, apakah guru dan staf sekolah mendapatkan pelatihan tentang bahaya kekerasan anak, dan lain sebagainya. 

8. Survey dan Testimoni Orang Tua

Memilih sekolah untuk anak tentu butuh survey langsung ke sekolah yang akan Anda pilih. Dengan demikian, Anda bisa memutuskan langsung apakah sekolah tersebut cocok atau tidak untuk anak Anda. Selain itu, testimoni orang tua juga bagian penting yang harus Anda ketahui. Anda bisa bertanya kepada orang tua yang anaknya sedang bersekolah di sana. Tanyakan hal-hal seperti kerjasama pihak sekolah jika ada masalah, pergaulan orang tua, dan lain sebagainya. 

Jadi, sudahkan Anda memilih sekolah terbaik yang cocok untuk anak Anda? Membantu anak belajar dengan kurikulum terbaik, kini juga bisa Anda lakukan dengan mendaftarkannya di altaschool. Alta School adalah sekolah online khusus untuk anak di tingkat PAUD hingga SD yang menggunakan kurikulum K-13. Sekolah dengan konsep homeschooling ini mempunyai berbagai fasilitas belajar yang menarik dengan metode belajar blended learning. Belajar di Alta School dijamin dapat membantu meningkatkan bakat dan minat anak Anda loh. 

New call-to-action

Sumber: 

Rizfa. (2022), ‘Tips Memilih SD yang Mendukung Perkembangan Belajar Anak’, Tokopedia.com, 05 Januari 2022 [daring] Available at: https://www.tokopedia.com/blog/tips-memilih-sekolah-anak-kpt/ 

Kasih, A.P. (2020), ‘Orangtua, Simak 8 Kiat Memilih Sekolah Ideal untuk Anak’, Edukasi.kompas.com, 10 Desember 2020 [daring] Available at: https://edukasi.kompas.com/read/2020/12/10/081159771/orangtua-simak-8-kiat-memilih-sekolah-ideal-untuk-anak?page=all 

Annisast. (2021), ‘Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Sekolah Dasar’, Mommiesdaily.com, 07 September 2021 [daring] Available at: https://mommiesdaily.com/2021/09/07/yang-harus-diperhatikan-saat-memilih-sekolah-dasar/ 

Setiaputri, K.A. (2021), ‘Begini Trik Cerdas Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak’, Hellosehat.com, 11 Juni 2021 [daring] Available at: https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/cara-memilih-sekolah-untuk-anak/ 

Sumber Gambar: 

Anak SD Berangkat Sekolah Bersama Teman [daring]. Available at: https://www.liputan6.com/health/read/2281309/ortu-antar-anak-ke-sekolah-itu-wajib 

Anak Sekolah Berolahraga [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3250699/manfaat-pendidikan-jasmani-di-sekolah-untuk-anak

Anak SD Belajar di Ruang Kelas [daring]. Available at: https://news.detik.com/kolom/d-4668483/mengajar-murid-yang-heterogen

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar