7 Tips Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Sejak Dini

Nurul Habibah Mei 16, 2022 • 6 min read


Edukasi -Tips Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Sejak Dini-01(1)

"Artikel ini berisi informasi tentang cara mengajarkan bahasa inggris kepada anak. Simak yuk, agar anak Anda lancar berbahasa inggris sejak dini"

--

Sebagai bahasa internasional, bahasa inggris sangat penting untuk dunia akademis maupun bidang kehidupan lainnya. Oleh karena itu, sudah sepatutnya Anda mengajarkan anak bahasa inggris sejak dini. Menurut Albert Ford, Ph.D, seorang psikolog dari Southern Illinois University, saat anak-anak masih kecil, otaknya masih berkembang dengan pesat. Albert juga mengatakan bahwa pada usia balita, pola bahasa serta kemampuan berbicara anak belum terbentuk dengan benar, dan beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa usia balita memang waktu yang tepat untuk mendorong anak mempunyai kemampuan bahasa.

Beberapa orang tua mungkin berpikir bahwa mengajarkan bahasa inggris kepada anak sedikit lebih rumit, sebab lingkungan di sekitarnya tidak menggunakan bahasa tersebut. Namun, Anda kini tidak perlu khawatir, berikut ada 7 tips mengajarkan anak bahasa inggris sejak dini yang dapat Anda coba.

1. Gunakan dalam Percakapan Sehari-hari

Tips mengajarkan anak bahasa inggris(Sumber: Plimbi.com)

Salah satu cara terbaik mengajari anak bahasa inggris adalah dengan menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Anda bisa mencoba untuk sering berbicara dengan anak menggunakan bahasa Inggris. Dengan cara ini, anak bisa terbiasa dan mampu berkomunikasi dengan bahasa inggris secara otomatis.

2. Rutin Berbahasa Inggris

Rutin berlatih bahasa inggris setiap hari juga merupakan tips sukses anak bisa berbahasa inggris dengan baik. Bukan hanya dengan percakapan sehari-hari, tapi Anda bisa menyediakan waktu khusus untuk anak berlatih bahasa inggris setiap hari. Nah, karena anak-anak memiliki sikap mudah bosan, sebaiknya sesi belajar bahasa inggris diatur dalam rentan waktu yang pendek, seperti 15 hingga 20 menit. Waktu belajar yang pendek dan teratur sebenarnya jauh lebih baik dibandingkan waktu yang panjang namun tidak teratur.

3. Belajar Bahasa Inggris dengan Cara Menyenangkan

Cara terbaik untuk membuat anak senang dan tertarik ketika belajar bahasa inggris adalah dengan melibatkan mereka dalam sebuah permainan. Anda bisa mencoba berbagai permainan yang dapat mengasah kemampuan bahasa inggris anak, contohnya scrabble, permainan yang ada di gadget, atau game-game lain. 

Menurut Dr Martha Burns, salah satu ahli saraf terkemuka, menyatakan bahwa semakin tertarik anak ketika melakukan suatu kegiatan, maka semakin banyak dopamin atau hormon yang membuat perasaan bahagia yang dilepaskan, dan semakin baiklah anak untuk mengingat kegiatan tersebut. Begitupun saat belajar bahasa inggris, ketika dilakukan dengan cara menyenangkan, maka anak semakin mudah untuk mengingatnya.

4. Memanfaatkan Teknologi

Cara mengajarkan anak bahasa inggris(Sumber: Gramedia.com)

Perkembanga teknologi dan gadget tidak selamanya memberikan efek buruk. Kini Anda bisa memanfaatkan fasilitas internet dengan mudah untuk mengajarkan anak bahasa inggris sejak dini. Contohnya, Anda bisa mencari berbagai gambar dan video menarik yang menggunakan bahasa inggris. Video-video dan gambar ini biasanya menjadi salah satu media belajar yang disukai anak-anak. Anak-anak bisa lebih tertarik dan bersemangat untuk belajar bahasa inggris.

5. Membacakan Buku Cerita Berbahasa Inggris

Meskipun anak Anda belum bisa membaca, bukan berarti Anda tidak bisa menyediakan buku-buku  menarik untuknya. Anda bisa mencoba menyediakan buku cerita dalam bahasa inggris untuk dibaca bersama. Selain membantu anak belajar bahasa inggris, membacakan buku cerita untuk anak juga bisa membantu mendekatkan Anda dengan mereka. Anda bisa membacakan buku cerita menjelang anak tidur, sebab di waktu ini anak lebih mudah menyerap informasi. Sehingga apa yang Anda ajarkan kepadanya dapat dengan mudah diingatnya.

6. Jangan Terpaku pada Grammar

Ajarkan anak bahasa inggris sejak dini(Sumber: Lottemart.co.id)

Ketika anak belajar bahasa inggris jangan terlalu fokus pada grammarnya. Kesalahan grammar merupakan hal yang wajar dilakukan oleh banyak orang, bahkan seorang native sekalipun, apalagi anak Anda yang baru belajar. Usahakan tidak terus-menerus memperbaiki kesalahan tersebut dan membiarkan kesalahan kecil yang dilakukan anak, agar anak berani untuk berbicara, mengekspresikan dirinya, serta tidak kehilangan minat untuk terus belajar bahasa inggris. Anda memang perlu juga untuk memperbaiki kesalahan grammar anak, namun jangan terlalu fokus untuk menunjukkan kesalahannya.

7. Memasang Poster di Dinding

Tips terakhir dan yang cukup mudah untuk dilakukan dalam mengajarkan anak bahasa inggris adalah memasang poster berbahasa inggris yang menarik  di tempat-tempat tertentu di rumah Anda. Contohnya, Anda bisa memasang poster sayur-sayuran di dapur, atau poster anggota tubuh di kamar mandi. Nah, sambil melakukan kegiatan sehari-hari anak dapat sekaligus belajar bahasa inggris tanpa meluangkan waktu khusus.

Jadi, itulah 7 tips mengajarkan anak bahasa inggris sejak dini yang bisa Anda coba di rumah. Selain cara di atas, Anda juga bisa loh membantu anak untuk fasih bahasa inggris dengan belajar di altaschool. Alta School merupakan sekolah online yang khusus untuk anak di tingkat PAUD hingga SD. Sekolah yang menggunakan konsep homeschooling ini memiliki berbagai fasilitas belajar yang menarik, seperti Pendidikan Karakter, Home-Based Project, Live Teaching, Learning Kit, serta masih banyak lagi. Nah, uniknya, sekolah ini juga menggunakan metode belajar blended learning. Dengan berlangganan di Alta School, anak Anda dapat mengembangkan bakat dan minat mereka sejak dini loh. 

New call-to-action

Sumber:

Yani, I. F . (2021), 'Mulai Sejak Dini, Ini 10 Cara Jitu Mengajari Anak Bahasa Inggris', Hellosehat.com, 04 Oktober 2021 [daring] Available at: https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/cara-mengajari-anak-bahasa-inggris/

Dii, M. (2019), '5 Tips Efektif Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak di Rumah', Idntimes.com, 20 Maret 2019 [daring] Available at: https://www.idntimes.com/life/education/dita-3/tips-efektif-mengajarkan-bahasa-inggris-pada-anak-c1c2/5

Rompies, J. K. (2021), 'Mudah Kok Ma, 8 Cara Mengajari Anak Bahasa Inggris di Rumah', Popmama.com, 03 Mei 2021 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/jemima/mudah-cara-mengajari-anak-bahasa-inggris-di-rumah/8

Febrida, M. (2018), 'Tips Mengajari Anak Bahasa Inggris dengan Menyenangkan', Haibunda.com, 16 Januari 2018 [daring] Available at: https://www.haibunda.com/parenting/20180116073948-61-11864/tips-mengajari-anak-bahasa-inggris-dengan-menyenangkan

Sumber Gambar:

Anak Belajar Bahasa Inggris dengan Cara Menarik [daring]. Available at: https://www.plimbi.com/article/177093/5-cara-efektif-mengajarkan-anak-bahasa-inggris-sejak-dini-dijamin-ampuh

Anak Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Laptop [daring]. Available at: https://www.gramedia.com/blog/mengajarkan-anak-bahasa-inggris-dengan-cara-yang-menyenangkan/

Anak Belajar Bahasa Inggris dengan Orang Tua [daring]. Available at: https://lottemart.co.id/smartalog/inspirasi/cara-mengajarkan-bahasa-inggris-pada-anak

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar