8 Tips Meningkatkan IQ Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Nurul Habibah Des 13, 2021 • 7 min read


Alta - Tips Meningkatkan IQ Anak-06

“Anak dengan IQ yang tinggi tentu menjadi idaman para orang tua. Nah, dalam artikel ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan IQ anak sejak dini”

IQ (Intelligence Quotient) merupakan ukuran kecerdasan dan potensi intelektual seseorang yang pertama kali dipopulerkan oleh seorang psikolog, yakni Alfred Binet pada tahun 1900-an. IQ digunakan umumnya untuk mengukur kemampuan dan potensi intelektual anak dalam belajar, berpikir, serta memecahkan masalah. Hasil tes IQ juga biasanya menjadi salah satu persyaratan untuk masuk ke suatu institusi pendidikan. 

Tips Meningkatkan IQ Anak(Sumber: Merdeka.com)

IQ seorang anak dapat meningkat atau bahkan menurun, karena berbagai faktor. Salah satunya adalah pola asuh yang baik. Kasih sayang dan perilaku orang tua menjadi peranan penting dalam meningkatkan IQ anak. Namun, selain itu, berikut ini ada 8 cara yang juga dapat Anda lakukan untuk membantu anak meningkatkan IQ anak. Penasaran tipsnya apa saja? Simak satu per satu yuk.

1. Bangun Interaksi dengan Anak

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan IQ anak adalah membangun interaksi yang baik. Ikatan antara Anda dan anak dapat membantu kecerdasan intelektualnya. Selain itu, membangun interaksi juga bisa menjadi salah satu kunci utama untuk proses belajar dan tumbuh kembang anak. 

Anda bisa meningkatkan IQ anak dengan membangun interaksi seperti mendengarkan setiap anak berbicara, memeluk anak dengan kasih sayang, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, anak dapat meningkatkan rasa percaya dirinya, serta bisa lebih berani untuk mengekspresikan berbagai pikiran yang ada di otaknya.

2. Didik Anak untuk Disiplin

Setelah Anda membangun interaksi yang baik dengan anak, mulailah untuk melatih anak menjadi pribadi yang disiplin. Membangun sikap disiplin sejak dini tidak hanya dapat membentuk karakter anak, namun juga bisa meningkatkan IQ anak. 

Cara Meningkatkan IQ Anak(Sumber: Ibupedia.com)

Sikap disiplin yang Anda ajarkan pada anak sejak dini dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan anak. Oleh karena itu, agar anak Anda memiliki IQ yang tinggi, tidak ada salahnya Anda mulai membangun kebiasaan disiplin pada anak, dengan cara memberikan jadwal yang seimbang, serta menerapkannya dengan tertib. 

3.Sistem Belajar yang Efektif

Tingkat IQ seorang anak juga dipengaruhi oleh proses belajarnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda memperhatikan sistem belajar yang dijalani oleh anak. Tingkat IQ seseorang umumnya dapat meningkat jika sistem belajar yang dilakukan dapat mendorong anak untuk menjadi aktif, bukannya pasif. 

Dalam hal ini, Anda diharapkan tidak hanya memberikan sistem belajar yang anak hanya menghabiskan waktu untuk mendengarkan saja, mulai dari mendengarkan guru atau berbagai sarana belajar lainnya. Namun, sebaiknya biarkan anak belajar dengan cara ke luar ke dalam lingkungan, dimana anak bisa melakukan observasi dan mendapatkan pengalaman sendiri. 

4. Membaca Buku

Cara-Cara Meningkatkan IQ Anak(Sumber: Klikdokter.com)

Membaca buku nyatanya juga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan IQ seseorang. Manfaat membaca buku untuk meningkatkan IQ dapat terasa jika membaca dilakukan secara rutin setiap hari. 

Salah satu penelitian bahkan menemukan bahwa, ketika orang tua membacakan buku dengan suara lantang, maka kemampuan kognitif dan bahasa anak bisa mengalami peningkatan. Nah, yang penting lagi, dengan membaca atau dibacakan buku, anak bisa mendengar lebih banyak kosa kata, sehingga bisa merangsang otaknya dan membantu mengasah kecerdasan anak. 

5. Memuji Proses Belajar Anak

Anda sebaiknya tidak hanya memperhatikan hasil belajar dan nilai anak di sekolah. Namun, perhatikan juga cara serta proses belajar anak. Sebab, memuji proses belajar anak ternyata dapat membangun motivasi dan rasa percaya diri pada anak, untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. 

Dengan terlatih memecahkan berbagai masalah, maka kapasitas otak anak dapat berkembang seiring berjalannya waktu. Hal tersebut, tentunya nanti dapat meningkatkan kecerdasan intelektual pada anak. 

6. Sertakan Musik dalam Proses Belajar

Mendengarkan musik dikenal sebagai salah satu cara untuk menciptakan suasana yang Anda inginkan. Anda dapat merasa gembira dengan memutar musik bernada riang, ataupun Anda bisa merasa tenang dengan musik yang nadanya merdu. 

Nah, dari beberapa penelitian, ternyata manfaat musik tidak terbatas pada hal tersebut. Sebab, musik juga dikatakan bisa membantu meningkatkan IQ anak. Jadi, sejak dini mulaikan untuk menyertakan musik dalam proses belajar anak. Salah satu musik yang dinyatakan bisa untuk mempengaruhi kinerja otak anak adalah musik klasik. 

7. Mempelajari Bahasa Asing

Mempelajari bahasa asing  bisa digunakan sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan IQ. Sebab, jika Anda bisa menguasai lebih dari satu bahasa, maka ini dapat bermanfaat untuk kesehatan serta kecerdasan otak. 

Selain itu, dari salah satu penelitian, diketahui bahwa pembelajaran bahasa pada usia dini memiliki hubungan dengan IQ seseorang. Efek dari belajar bahasa asing melalui interaksi dan pembicaraan sejak usia 18 hingga 24 bulan, dapat memberikan manfaat untuk kemampuan kognitif anak di masa depan. 

8. Ajak Anak untuk Rajin Berolahraga

Tips-Tips Meningkatkan IQ Anak(Sumber: Nakita.grid.id)

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, namun juga baik untuk meningkatkan IQ anak. Olahraga dikatakan bisa meningkatkan kemampuan suku kata dengan tingkat 20 persen lebih cepat. Lalu, kemampuan belajar dan memori anak juga bisa meningkat sebanyak 30 persen. 

Nah. salah satu olahraga yang bisa meningkatkan kecerdasan verbal sebanyak 50 persen adalah aerobik. Jadi, cobalah untuk mulai melakukan olahraga bersama anak setiap hari, agar kebiasaan tersebut bisa Ia bawa hingga dewasa. 

Jadi, itulah 8 tips yang dapat Anda coba untuk membantu meningkatkan IQ anak. Selain tips di atas, mendaftarkan anak di altaschool juga bisa loh menjadi solusi ampuh meningkatkan IQ anak. 

Alta School adalah salah satu sekolah online yang telah menggunakan kurikulum K-13, dengan metode belajar yang lebih adaptif. Sehingga dapat membantu menggali potensi, kreativitas, dan juga minat anak dengan lebih maksimal. Sekolah online ini menyediakan berbagai fasilitas belajar terbaik, diantaranya ada Home-Based Project, Live Teaching, Pendidikan Karakter, Kelas Tambahan, dan lain sebagainya. 

sekolah online anak

Sumber:

Adrian, K. (2020), ‘Cara Meningkatkan IQ Anak yang Jarang Diketahui Orang Tua’, Alodokter.com, 10 Mei 2020 [daring] Available at: https://www.alodokter.com/cara-meningkatkan-iq-anak-yang-jarang-diketahui-orangtua

Utari, R. (2020), ‘10 Cara Meningkatkan IQ yang Bisa Anda Lakukan’, Sehatq.com, 11 Februari 2020 [daring] Available at: https://www.sehatq.com/artikel/8-cara-meningkatkan-iq-anak-sejak-dini

Politton, M. (2018), ‘Terbukti Secara Ilmiah, Ini Cara Efektif Meningkatkan IQ Anak’, Popmama.com, 03 September 2018 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/mariana-politton/ini-dia-cara-efektif-meningkatkan-iq-anak-mama/7

Anggraini. M. (2020), ‘7 Cara Meningkatkan IQ Anak, Cepat dan Bikin Otak Makin Cerdas’, Merdeka.com, 29 Mei 2020 [daring], Available at: https://www.merdeka.com/trending/7-cara-meningkatkan-iq-anak-cepat-dan-bikin-otak-makin-cerdas-kln.html

Sumber Gambar: 

Anak Tengah Belajar di Laboratorium [daring]. Available at:https://www.merdeka.com/trending/7-cara-meningkatkan-iq-anak-cepat-dan-bikin-otak-makin-cerdas-kln.html

Anak Tengah Belajar dengan Orang Tua [daring]. Available at: https://www.ibupedia.com/artikel/balita/15-cara-meningkatkan-iq-anak-yang-bisa-diterapkan-orang-tua

Orang Tua Membaca Bersama Anak [daring]. Available at: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3428409/benarkah-kecerdasan-anak-menurun-dari-ibu

Anak-anak Bermain Bola [daring]. Available at: https://nakita.grid.id/read/0210585/perlu-dicoba-4-aktivitas-fisik-ini-bisa-meningkatkan-kecerdasan-anak

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar