6 Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga

Nurul Habibah Apr 1, 2022 • 5 min read


AS - Edukasi - Tips Jaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga-01“Artikel ini berisi informasi tentang cara menjaga kesehatan mental ibu rumah tangga. Cek dulu yuk, agar kesehatan mental Anda selalu terjaga dengan baik”

Ibu rumah tangga umumnya menghabiskan hampir seluruh waktu mereka di rumah untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan domestik, seperti membersihkan rumah, memasak, mengurus anak, dan lain sebagainya. Banyaknya pekerjaan yang dilakukan secara berulang setiap hari, sering kali menjadi salah satu pemicu stres pada ibu rumah tangga.

Sebagai fondasi utama dalam sebuah rumah, kesehatan mental ibu rumah tangga sangatlah penting. Dengan kesehatan mental ibu yang terjaga, kestabilan rumah dan hal lain yang berhubungan dengan kerjasama di rumah juga dapat berjalan dengan lancar. Nah, selain itu, ibu rumah tangga yang memiliki kesehatan mental yang baik tentu bisa mengurus dan mendidik anak mereka dengan baik.

Untuk menurunkan risiko terjadinya gangguan mental pada ibu rumah tangga, 6 tips berikut ini dapat Anda coba, agar kesehatan mental tetap terjaga dengan baik.

1. Buat Jadwal Harian

Sebagai ibu rumah tangga, Anda melakukan pekerjaan yang sama hampir setiap hari. Meski begitu, ada baiknya Anda tetap membuat jadwal kegiatan harian, dan lakukan semua pekerjaan sesuai dengan jadwal yang dibuat. Contohnya, Anda bangun pukul 06.00, lalu dilanjutkan dengan sarapan hingga pukul 07.00, setelahnya baru Anda mulai mengurus anak dan pekerjaan lainnya. Kerjakan semua tugas pada waktu yang konsisten sehingga terasa lebih mudah. Selain itu, mengerjakan sesuai jadwal dapat membantu Anda mengukur jam kerja ibu rumah tangga, sehingga dapat Anda imbangi dengan istirahat yang cukup.

2. Lakukan Hobi

Menjaga kesehatan mental ibu rumah tangga(Sumber: Kompasiana.com

Sebelum menjadi ibu rumah tangga, Anda tentu memiliki hobi yang sering dilakukan. Contohnya, bernyanyi, menonton drama, membaca novel, bermain musik, atau lain sebagainya. Nah, meski banyak sekali pekerjaan rumah yang harus dikerjakan, tetaplah selipkan jadwal untuk Anda bisa melakukan hobi atau kegiatan yang bisa membuat Anda merasa bahagia. Selain dapat menghibur diri, melakukan hobi dapat membantu Anda menemukan potensi diri yang mungkin belum Anda sadari.

3. Jalan-jalan Keluar

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti Anda tidak bisa jalan-jalan keluar rumah. Faktanya, ibu rumah tangga tetap bisa pergi keluar dan mencuri waktu untuk refreshing. Misalnya, ketika Anda dalam perjalanan ke pasar atau saat Anda mengantarkan anak ke sekolah, Anda bisa sekaligus merelaksasi tubuh serta pikiran sehingga kesehatan mental dapat terjaga dengan baik. Selain itu, Anda bisa melakukan jalan santai di sore hari di sekitar komplek, ini dapat bermanfaat untuk mencari teman sesama ibu-ibu. Anda bisa bercengkrama atau berbagi cerita untuk melepas penat.

4. Berolahraga

Kesehatan mental ibu rumah tangga(Sumber: Cantik.tempo.co)

Kesibukan sebagai ibu rumah tangga tidak seharusnya membuat Anda malas berolahraga. Olahraga diketahui dapat membantu meningkatkan mood dan kesejahteraan emosional. Tidak hanya menjaga kesehatan fisik, kesehatan psikis pun dapat terjaga dengan baik melalui olahraga. Beberapa penelitian bahkan merekomendasikan olahraga sebagai salah satu aktivitas untuk menjaga suasana hati, serta membantu tubuh memproduksi hormon pemicu rasa bahagia.

5. Istirahat yang Cukup

Ibu rumah tangga banyak melakukan aktivitas fisik setiap hari, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Sebaiknya sisihkan waktu 8 jam setiap hari untuk beristirahat. Jika tidak bisa dipenuhi malam hari, maka coba dengan menambahkannya di waktu tidur siang. Anda bisa tidur siang selama 1 hingga 2 jam, saat pekerjaan Anda sudah selesai.

6. Bicarakan dengan Pasangan

Menjaga kesehatan mental(Sumber: Hipwee.com)

Jika Anda merasa sudah lelah dan sangat butuh untuk istirahat dari segala kesibukan rumah tangga, maka jangan sungkan untuk membicarakannya dengan pasangan Anda. Jika memungkinkan, mintalah pasangan untuk bergantian mengerjakan pekerjaan rumah di hari liburnya, atau meminta pasangan menjaga anak di malam hari setelah pulang kerja. Dengan membagi waktu, Anda bisa mendapatkan sedikit waktu untuk memanjakan diri dan menjaga kesehatan mental Anda.

Jadi, itulah 6 tips yang dapat dicoba oleh ibu rumah tangga untuk menjaga kesehatan mental mereka. Nah, buat Anda para ibu yang ingin membantu anak belajar tanpa ribet dan tidak membuat Anda ikut stres, kini Anda bisa segera daftarkan mereka di altaschool

Alta School adalah layanan pendidikan dengan konsep homeschooling yang diperuntukkan bagi anak di tingkat PAUD hingga SD. Sekolah dengan metode belajar blended learning ini telah memiliki berbagai fasilitas belajar yang menarik. Dengan belajar di Alta School, anak-anak dapat mengembangkan minat dan kreativitas mereka sejak dini.

Anda penasaran dengan fasilitas belajar yang tersedia di Alta School? Buruan, daftarkan anak Anda sekarang juga!

New call-to-action

Sumber:

Fadli, R. (2021), '5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga', Halodoc.com, 21 Desember 2021 [daring]. Available at: https://www.halodoc.com/artikel/5-tips-menjaga-kesehatan-mental-ibu-rumah-tangga

DokterSehat. (2022), ‘11 Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga’, Doktersehat.com, 18 Februari 2022 [daring] Available at: https://doktersehat.com/psikologi/kesehatan-mental/tips-menjaga-kesehatan-mental-ibu-rumah-tangga/

CNN. (2022), ‘7 Cara Menjaga Kesehatan Mental Ibu’, CNNindonesia.com, 22 Maret 2022 [daring] Available at: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220322081813-260-774505/7-cara-menjaga-kesehatan-mental-ibu

Ginanti, A. R. (2021), ‘10 Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga’, review.bukalapak.com, 11 Oktober 2021 [daring] Available at: https://review.bukalapak.com/mom/kesehatan-mental-ibu-rumah-tangga-115107

Sumber Gambar:  

Ibu sedang Membaca Buku [daring]. Available at: https://www.kompasiana.com/wijayalabs/550ffde7813311ae36bc6079/kenapa-ibuibu-perlu-membaca-buku

Ibu dan Anak Berolahraga [daring]. Available at: https://cantik.tempo.co/read/1556723/ibu-di-rumah-juga-bisa-atur-waktu-untuk-olahraga-ini-5-caranya

Pasangan yang Tengah Berdiskusi [daring]. Available at: https://www.hipwee.com/list/sebelum-menikah-diskusikanlah-6-hal-ini-dengan-pasangan-anda/

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar