Waktu yang Tepat untuk Mengenalkan Anak pada Teks atau Angka

Nurul Habibah Okt 22, 2021 • 7 min read


Edukasi - Waktu yang tepat untuk mengenalkan anak pada teks atau angka-01“Mengenalkan anak pada teks atau angka sebaiknya dilakukan di usia yang tepat agar lebih efektif. Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan informasi tentang waktu yang tepat mengajarkan anak pada teks atau angka, lengkap dengan caranya”

Saat anak sudah mulai bisa berbicara, memahami dan mengenal banyak hal di usia dini, orang tua tentunya ingin memberikan tantangan baru yang lebih menarik untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak. Sehingga masa kanak-kanak yang menyenangkan tidak hanya diisi dengan kegiatan bermain, namun juga bisa untuk memulai proses pembelajaran sederhana. 

Mengenalkan anak pada teks atau angka merupakan pembelajaran dasar yang sederhana, namun akan sangat membantu anak ketika akan masuk sekolah nantinya. Mengenal teks atau angka merupakan salah satu langkah awal sebelum anak nantinya belajar membaca dan berhitung. Nah, Anda mungkin akan bertanya-tanya, sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk mulai mengenalkan anak pada teks dan angka? 

Berikut tahapan membaca dan menulis, serta berhitung pada anak yang perlu Anda ketahui, sebelum mulai mengenalkan anak pada teks dan angka. 

1. Usia 2 - 3 Tahun (Prasekolah)

Pada usia ini anak masih dalam tahap pengembangan kemampuan bahasa dan berbicara, serta juga mengasah kemampuan motorik halus dasar yang nanti akan dibutuhkan anak untuk belajar menulis. Kemampuan motorik halus ini antara lain adalah menggambar lingkaran, menghubungkan titik-titik, mewarnai, serta menarik garis. 

Waktu yang tepat mengenalkan anak pada angka dan huruf(Sumber: nvexo.com)

Di samping itu, anak di usia ini juga sudah mengenali angka satu digit, yakni angka 1 hingga 9. Selain itu, anak biasanya juga sudah bisa menghitung benda yang jumlahnya tidak lebih dari lima. Kemampuan lainnya pada usia ini adalah anak telah bisa mengelompokkan benda menjadi dua atau tiga kelompok berdasarkan bentuk, warna atau ukuran.

2. Usia 4-6 Tahun (Taman Kanak-kanak)

Di usia ini anak biasanya sudah mulai memasuki sekolah Taman Kanak-kanak (TK). Usia ini dianggap waktu yang sangat tepat untuk mulai mengajarkan anak dasar-dasar dari baca dan tulis, serta termasuk belajar mengenal huruf dan angka, mendengarkan sajak berirama, dan mencocokkan kata-kata yang mempunyai bunyi awal dan akhir yang sama, contohnya kata main dan makan, kata buka dan suka. Nah, kalau anak telah bisa mengeja suku kata, setelahnya Ia akan bisa membaca kata-kata yang sederhana, seperti mama, papa atau buku. 

Waktu yang tepat mengajarkan anak angka dan huruf(Sumber: Ibudanbalita.com)

Anak-anak dalam usia 4-6 tahun pada umumnya akan memiliki kemampuan berhitung angka dari 1 hingga 20. Anak juga telah bisa menghitung benda-benda yang jumlahnya kurang dari 20. Tidak hanya itu, anak-anak di usia ini juga dapat mengelompokkan benda menjadi tiga kelompok hingga lebih berdasarkan lebih dari satu sifat benda tersebut. Contohnya balon putih panjang atau balon merah kecil. 

3. Usia 7-10 Tahun (Sekolah Dasar)

Ketika anak telah masuk usia Sekolah Dasar, anak sudah bisa untuk belajar berhitung. Pada tahun pertama, anak akan mempelajari penjumlahan dan pengurangan satu digit terlebih dahulu. Kemudian di tahun kedua, anak mulai mempelajari penjumlahan dan pengurangan dua digit. Nah, di tahun ketiga, merupakan waktu yang tepat anak untuk mulai belajar perkalian serta pembagian.

Sedangkan untuk kemampuan membaca dan menulis dibagi lagi menjadi dua kategori:

  1. Usia 7-8 tahun
    Pada tahun pertama SD anak biasanya sudah mahir membaca banyak kata, mengenali kata tanpa perlu mengeja, dan memahami makna sebagian besar kata serta kalimat yang Ia baca. Lalu, di pertengahan tahun pertama, anak mulai bisa membaca buku sederhana. Anak juga sudah bisa memegang pensil sehingga mulai lancar untuk menulis tulisan yang dapat dibaca
  2. Usia 8 tahun ke atas
    Ketika telah memasuki usia 8 tahun, anak biasanya sudah bisa membaca sendiri dengan lancar. Ketika membaca suatu cerita, anak juga bisa mengenali tokoh, waktu, tempat dan peristiwa yang terjadi di dalam cerita tersebut.

Cara Mengajarkan Anak Teks atau Angka

Cara Mengajarkan anak huruf atau angka(Sumber: today.line.me)

Setelah Anda memahami tahapan belajar anak di atas, kini saatnya untuk mengetahui cara-cara mengajarkan anak pada teks dan angka yang efektif.

  1. Jangan mengajarkan anak secara terburu-buru. Ajarkan anak secara bertahap, misalnya mulai mengajarkan 5 huruf atau angka terlebih dahulu, lakukan secara konsisten sehingga anak benar-benar bisa mengingatnya. Setelah itu, baru kenalkan anak dengan angka atau huruf lainnya.

  2. Fasilitasi anak dengan berbagai benda menarik untuk belajar, seperti poster huruf dan angka berwarna-warni, puzzle berbentuk huruf atau angka, dan lain sebagainya.

  3. Ajak anak untuk bermain permainan yang mengedukasi. Contohnya menghitung benda-benda yang ada disekitarnya, atau mencocokkan huruf dan angka dengan warna yang sama.

  4. Membacakan buku cerita sebelum anak tidur, atau mengenalkan anak pada kosakata dalam buku tersebut di waktu senggang.

  5. Memberikan anak buku bacaan dengan gambar-gambar menarik

  6. Membantu meningkatkan kemampuan motorik anak dengan menggunakan buku-buku yang berisi gabungan titik-titik untuk membentuk huruf atau angka.

  7. Mengajak anak untuk menebak angka atau huruf ketika mereka melihatnya di suatu tempat, seperti di rumah bahkan di jalan.

  8. Mengajarkan anak angka dan huruf melalui lagu, supaya anak lebih mudah untuk menghafal dan mengingatnya. 

Jadi itulah tahapan usia belajar teks dan angka, serta cara mengajarkannya pada anak, yang perlu Anda ingat. Selain cara-cara di atas, kini anak bisa juga belajar lebih seru melalui altaschool.

Alta School merupakan sekolah online blended learning,  khusus untuk anak di jenjang PAUD hingga kelas 3 SD. Di sekolah online ini, anak akan mendapatkan pelajaran sesuai dengan kurikulum K-13. 

Nah, yang paling serunya, Alta School menyediakan berbagai fasilitas belajar yang seru dan tentunya sangat efektif. Fasilitas ini antara lain Live Teaching, Home-Based Project, Learning Kit, Pendidikan Karakter, dan masih banyak lagi. 

New call-to-action

Sumber:

Murniaseh, E. (2020), ‘Tips Mengenalkan Angka pada Anak: Waktu dan Cara yang Tepat’, Tirto.id, 15 Desember 2020 [daring] Available at: https://tirto.id/tips-mengenalkan-angka-pada-anak-waktu-dan-cara-yang-tepat-f8aZ

Shimajiro Club. ‘Mengajarkan Huruf dan Angka pada Anak: Kapan Saat yang Tepat dan Bagaimana Caranya ya?’, Shimajiro.id, [daring] Available at: https://shimajiro.id/article/468/mengajarkan-huruf-dan-angka-pada-anak-kapan-saat-yang-tepat-dan-bagaimana-caranya-ya

Ibu&Balita, (2021), ‘Cara Mengajari Anak Mengenal Huruf dan Angka’, Ibudanbalita.com, 29 Juli 2021 [daring] Available at: https://www.ibudanbalita.com/artikel/usia-tepat-bagi-anak-belajar-mengenal-huruf-dan-angka

Kiddo, (2021), ‘Usia Tepat Anak Belajar Mengenal Huruf dan Angka’, Kiddo.id, 24 Februari 2021 [daring] Available at: https://kiddo.id/usia-belajar-huruf-dan-angka

Sumber Gambar:

Mengenal Angka dan Huruf Usia 2-3 tahun [daring]. Available at:https://nvexo.com/2021/03/30/tips-menjaga-kesehatan-anak-usia-3-tahun/

Mengenal Angka dan Huruf  Usia 4-6 tahun [daring]. Available at: https://www.ibudanbalita.com/artikel/usia-tepat-bagi-anak-belajar-mengenal-huruf-dan-angka

Cara Mengajarkan Anak Teks dan Angka [daring]. Available at: https://today.line.me/id/v2/article/GPL56Z

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar