Yuk Temani Anak Membaca dengan Buku-buku Berikut Ini

Nurul Habibah Jun 3, 2022 • 6 min read


Yuk Temani Anak Membaca dengan Buku-buku Berikut

“Artikel ini membahas tentang buku-buku terbaik yang bisa memberikan banyak pengetahuan dengan cara menarik bagi anak-anak, serta menumbuhkan minat bacanya”

Sebagai salah satu sumber pengetahuan, buku sudah sepatutnya menjadi benda yang digemari anak-anak. Disamping memberikan pengetahuan, buku juga bisa memberikan hiburan, pelajaran, dan melatih imajinasi anak-anak. Nah, agar anak Anda gemar membaca, Anda bisa mengenalkan mereka dengan berbagai jenis buku, meski mereka belum bisa membaca. Anda bisa membacakan buku-buku yang membuat mereka tertarik sebelum mereka tidur. 

Rekomendasi buku untuk anak(Sumber: Sehatq.com)

Berikut 8 buku terbaik yang cocok Anda kenalkan untuk anak-anak.

1. Aku Anak Pemberani, Percaya Diri, dan Mandiri

Buku yang pertama ini merupakan terbitan Kanak yang berisi kisah-kisah berupa tips agar anak bisa menjaga dirinya ketika sedang tidak bersama orang tua. Tips yang disajikan dalam buku ini dikemas dengan menarik dan dipaparkan melalui jalan cerita yang bagus dan tidak membosankan. Dalam satu buku Anda sudah bisa mendapatkan berbagai judul cerita. Selain itu, soft cover dan ilustrasi serta warna gambar dari buku Aku Anak Pemberani, Percaya Diri, dan Mandiri ini sangat menarik.

2. Seri Goyi Pipi

Apakah anak Anda sedang dalam masa toilet training? Nah, buku yang satu ini sangat cocok untuk anak Anda. Buku Seri Goyi Pipi hadir dengan berbagai jenis judul. Seri yang cocok untuk Anak yang tengah mengikuti toilet training adalah buku dengan judul "Saatnya ke Toilet" dan "Saatnya Pup!". Kedua buku tersebut membantu anak untuk terbiasa pipis sebelum tidur, dan paham apa yang harus dilakukan ketika perutnya terasa sakit dan merasa ada sesuatu yang ingin dikeluarkan.

Kemudian, melalui buku ini, anak menjadi paham bahwa pipis dan pup harus dilakukan ditempat khusus yang dikenal dengan toilet. Sehingga. anak-anak yang melakukan toilet training menjadi lebih mudah memahami situasi dirinya untuk langsung pergi ke toilet saat ingin pipis dan pup, dan anak tidak mengompol atau pup di tempat selain toilet.

3. Seri Ayo Berkata Baik

Buku anak-anak(Sumber: Twitter.com)

Buku berseri ini terdiri dari 4 jenis buku yang mengajarkan tentang nilai-nilai kebaikan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam berinteraksi dengan orang lain. Nilai-nilai kebaikan ini antara lain adalah Tolong, Maaf, Terima Kasih, serta Permisi. Nah, buku ini juga hadir dengan untuk mempermudah anak belajar kesopanan dengan cara yang ringan dan tidak menggurui. Judul-judul dari buku ini yang bisa melatih anak berucap yang baik adalah “Tiko Bilang Tolong, Elpa Bilang Maaf, Sisi Bilang Terima Kasih, serta Mimi Bilang Permisi”.

4. Seri Halo Balita

Buku terbitan Mizan ini memiliki banyak seri cerita yang bisa Anda pilih. Seri Halo Balita ini mempunyai 3 tema besar, yakni 9 judul buku bertema self-help, 11 buku bertema value atau nilai-nilai kebaikan, serta 5 buku bertema spiritual yang menanamkan nilai-nilai agama. Buku Seri Halo Balita menggunakan karakter tokoh muslim, namun nilai-nilai yang ditampilkan di dalam cerita bersifat universal. Contohnya buku yang berjudul "Aku Bisa Makan Sendiri" ini mengajarkan kemandirian pada anak atau buku "Aku Anak Jujur" mengajarkan tentang nilai kebaikan.

5.Mom, Dad, I Love You

Buku ini merupakan terbitan dari Bhuana Ilmu Populer yang menggambarkan tentang kasih sayang ayah dan ibu kepada anaknya. Buku ini termasuk buku dwibahasa dengan cerita realistis dan fantasi yang menceritakan kehebatan seorang ibu serta keajaiban yang dilakukannya. Tak hanya itu, dari buku ini, anak juga bisa mengetahui bagaimana pentingnya peran ayah dalam keluarga untuk melindungi serta berinteraksi dengan anak.

6.Baby Touch: Tummy Time

Buku cerita anak(Sumber: Youtube.com)

Jika Anda memiliki anak di usia 0-3 tahun, maka buku yang satu ini sangat cocok untuk mereka. Buku Baby Touch: Tummy Time berbentuk 3 dimensi dan mempunyai banyak warna. Dengan buku ini, anak bisa belajar untuk meningkatkan sistem sensorik mereka, sebab pada buku tersebut ada beberapa bagian yang memiliki area sentuh dengan tekstur yang berbeda-beda. Selain itu, ada juga loh lubang intip untuk bayi. Sehingga tidak heran kalau banyak orang tua yang suka dengan buku Baby Touch: Tummy Time, karena dapat membantu anak bereksplorasi.

7. Bella dan Balon Merah

Buku Bella dan Balon Merah adalah karya dari Devi Raissa. Buku ini mengajarkan anak tentang cara mengontrol emosi, empati, serta memecahkan masalah yang mereka hadapi. Sehingga secara tidak langsung anak dapat terbiasa untuk menyelesaikan masalah dengan memilih cara yang tepat, tanpa menggunakan emosi.

8. Magical Unicorns

Buku jenis fabel sering kali menjadi pilihan terbaik bagi orang tua yang ingin mendongengkan anak. Buku magical unicorns seperti judulnya berkisah tentang unicorn. Pada setiap halamanya ada hiasan berupa ekor unicorn yang terdiri dari berbagai macam tekstur dan warna, sehingga bisa disentuh oleh anak. Sehingga, anak bisa sekaligus melatih sistem sensorik mereka.

Nah, buku mana yang sudah dimiliki anak Anda? Selain dari buku, anak juga bisa mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan melalui altaschool loh. Alta School adalah sekolah yang khusus untuk anak di tingkat PAUD hingga SD. Berbagai fasilitas yang tersedia di Alta School tak hanya membantu anak mengembangkan ilmu pengetahuan mereka, namun juga membangun kecerdasan sosial emosionalnya. Hadir dengan konsep homeschooling, membuat Alta School digemari oleh orang tua yang ingin anak mereka bisa belajar dari mana pun dan kapan pun. 

New call-to-action

Sumber: 

Christvidya, K.P. (2021), ‘8 Rekomendasi Buku Cerita untuk Anak’, Fimela.com, 08 Desember 2021 [daring] Available at: https://www.fimela.com/parenting/read/4639352/8-rekomendasi-buku-cerita-untuk-anak

Intan. R. ‘15 Rekomendasi Buku yang Cocok Dibaca Anak Sebelum Beranjak Remaja’, Theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/rekomendasi-buku

Ratih, D. ‘6 Rekomendasi Buku Cerita Anak Terbitan dalam Negeri’, Ibupedia.com, [daring] Available at: https://www.ibupedia.com/artikel/balita/6-rekomendasi-buku-cerita-anak-terbitan-dalam-negeri

Ratnasari, S. (2019), ‘20 Buku Novel Anak Terbaik yang Harus Dibaca Sebelum Usia 12 Tahun’, Popmama.com, 03 Maret 2019 [daring] Available at: https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/sandraratnasari/buku-cerita-anak-terbaik-yang-harus-dibaca-sebelum-usia-12-tahun/6

Sumber Gambar:

Anak sedang Membaca Buku [daring]. Available at: https://www.sehatq.com/artikel/sejumlah-manfaat-memberikan-buku-anak-kepada-si-kecil

Buku Seri Ayo Berkata Baik [daring]. Available at: https://twitter.com/bukugpu/status/1128586730745950209

Buku Baby Touch: Tummy Time [daring]. Available at: https://www.youtube.com/watch?v=H75vdPzBV0Q

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar