Hewan Invertebrata: Pengertian, Ciri, Peran dan Contohnya

hewan invertebrata

Berikut pengertian hewan invertebrata, ciri, contoh, dan perannya bagi lingkungan.

Saat adik-adik meraba punggung kalian, pasti akan menemukan tulang berbentuk lurus panjang di tengah-tengah punggung. Nah, tulang tersebut dinamakan tulang belakang. Fungsi utamanya adalah menopang, melindungi, dan mendukung gerak tubuh. Kalau nggak punya tulang belakang, manusia nggak akan bisa berdiri.

Nah, begitu pula pada hewan. Hewan juga memiliki tulang belakang untuk menopang gerak tubuh mereka. Tapi, apakah adik-adik tau, ternyata nggak semua hewan punya tulang belakang, lho! 

Jadi, kalau dalam kingdom animalia, binatang dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu hewan vertebrata (hewan bertulang belakang) dan hewan invertebrata (hewan tak bertulang belakang).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tulang belakang salah satunya berfungsi untuk menopang gerak tubuh. Lalu bagaimana dengan hewan invertebrata yang tidak mempunyai tulang belakang? Bagaimana mereka menopang tubuhnya? Mari kita bahas mengenai pengertian hewan invertebrata beserta ciri dan contohnya!

 

Pengertian Hewan Invertebrata

Hewan invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang atau kolom vertebral. Umumnya, golongan hewan ini juga tidak memiliki struktur tulang yang lengkap dalam tubuhnya. Lalu bagaimana hewan invertebrata menopang tubuhnya? Biasanya hewan ini memiliki perlindungan lain, misalnya cangkang. Jadi, walaupun tidak memiliki struktur tulang yang lengkap mereka tetap bisa hidup.

Jumlah hewan invertebrata lebih banyak dari hewan vertebrata. Sebagian besar hewan di bumi merupakan hewan invertebrata. Golongan hewan invertebrata merupakan kelompok yang paling beragam. Jumlahnya mencapai sekitar 12 juta spesies hidup.

Organ tubuh yang dimiliki oleh hewan invertebrata juga sederhana. Jadi, apa saja ciri-ciri hewan invertebrata, adik-adik?

Baca juga: Apa saja Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya?

 

Ciri-Ciri Hewan Invertebrata

Karena jumlahnya yang mencapai hingga 12 juta spesies, ciri hewan invertebrata juga beragam. Tidak semua hewan invertebrata cirinya sama ya, adik-adik. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Memiliki sistem saraf sederhana

Hewan invertebrata memiliki sistem saraf yang sederhana. Bahkan mereka belum memiliki pusat saraf kecuali pada beberapa jenis hewan yang pusat sarafnya adalah kumpulan simpul saraf atau disebut ganglion.

 

2. Tubuhnya lunak dan fleksibel

Hewan invertebrata memiliki tubuh yang lentur dan dapat berubah bentuk dengan mudah. Mereka tidak punya tulang belakang yang memberikan dukungan pada tubuh, sehingga tubuh mereka lebih lunak.

 

3. Kerangka tubuh ada di luar

Selain tubuhnya lunak, ada beberapa jenis hewan invertebrata yang tubuhnya justru keras. Hal ini disebabkan karena kerangka tubuh yang ada di luar atau disebut dengan eksoskeleton. Contohnya seperti kepiting, kerang, dan lobster.

 

4. Memiliki banyak kaki atau tentakel

Beberapa hewan invertebrata memiliki banyak kaki seperti serangga, sedangkan yang lain memiliki tentakel seperti ubur-ubur. Kaki atau tentakel ini membantu hewan invertebrata bergerak dan mencari makan.

 

5. Memiliki kulit yang berbeda-beda

Kulit hewan invertebrata dapat berupa kitin seperti pada serangga atau kulit yang lebih lunak seperti pada cacing tanah. Beberapa hewan invertebrata bahkan memiliki kulit yang dapat berubah warna.

 

6. Memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi

Hewan invertebrata memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya dapat hidup di air, sedangkan yang lain hidup di tanah atau bahkan di dalam tanah.

 

7. Sistem peredaran darahnya terbuka

Golongan hewan invertebrata memiliki peredaran darah terbuka. Maksudnya, darah didistribusikan langsung tanpa menggunakan pembuluh darah. Jadi mereka tidak memiliki pembuluh darah.

 

8. Tubuhnya terdiri dari 3 bagian

Hewan invertebrata tubuhnya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu kepala, dada, dan perut. Mereka tidak memiliki paru-paru, lho. Jadi mereka melakukan respirasi atau pernapasan melalui kulit.

 

–Mau belajar lebih banyak tentang sains dan pelajaran lain tanpa keluar rumah? Coba kelas gratis homeschooling Alta School, yuk!–

CTA Blog Alta School

 

Peran Hewan Invertebrata dalam Kehidupan

Tahukah kamu? Tidak hanya hewan herbivora yang punya manfaat bagi keberlangsungan makhluk hidup lainnya. Hewan invertebrata yang mempunyai manfaat di berbagai aspek, diantaranya:

  • Bermanfaat untuk dekomposer dalam air.
  • Bisa jadi daya tarik wisata, misalnya terumbu karang.
  • Bisa menjadi sumber makanan manusia dan hewan lain.
  • Membantu penyerbukan tanaman pertanian, misalnya lebah dan kupu-kupu.
  • Beberapa hewan invertebrata bisa jadi rumah atau sarang hewan lain, misalnya karang, spons, dan anemon laut.

 

Baca juga: Pengertian Makhluk Hidup dan 9 Ciri-cirinya, Kamu Sudah Hafal Belum?

 

Contoh Hewan Invertebrata

Ada banyak sekali jenis hewan invertebrata lainnya yang hidup di berbagai habitat dan memainkan peran penting dalam ekosistem. Beberapa contoh hewan invertebrata yang populer yaitu:

1. Serangga

Kelompok hewan dengan tiga pasang kaki dan sayap. Contohnya seperti lalat, lebah, semut, dan kupu-kupu.

2. Echinodermata

Kelompok hewan laut dengan simetri radial seperti bintang laut, teripang, dan bulu babi.

3. Cacing

Kelompok hewan yang memiliki tubuh panjang dan silindris dengan beberapa segmen seperti cacing tanah, cacing pipih, dan cacing tambang.

4. Mollusca

Kelompok hewan dengan tubuh lunak dan sering dilindungi oleh cangkang. Contohnya seperti siput, kerang, tiram, dan cumi-cumi.

5. Arachnida

Kelompok hewan dengan delapan kaki dan biasanya memiliki dua bagian tubuh seperti laba-laba, kalajengking, dan tungau.

6. Coelenterata

Kelompok hewan yang umumnya hidup di air dan memiliki tubuh yang lunak dan fleksibel, seperti ubur-ubur, koral, dan anemon laut.

7. Crustacea

Kelompok hewan air yang memiliki tubuh keras dan dilindungi oleh cangkang seperti kepiting, udang, lobster, dan krill.

8. Platyhelminthes

Kelompok hewan yang memiliki tubuh pipih dan umumnya hidup di lingkungan air seperti cacing pipih dan lintah.

9. Nemathelminthes

Kelompok hewan yang memiliki tubuh berbentuk silindris dan panjang seperti cacing bulat.

10. Porifera

Kelompok hewan air dengan tubuh yang lunak dan pori-pori di seluruh tubuhnya, seperti spons.

11. Rotifera

Kelompok hewan air kecil yang memiliki roda corong berputar untuk bergerak, seperti rotifer.

12. Bryozoa

Kelompok hewan laut yang sering tumbuh dalam koloni dan memiliki cangkang berongga, seperti bryozoan.

13. Tardigrada

Kelompok hewan kecil yang hidup di air dan dikenal sebagai ‘beruang air’ karena bentuknya yang gemuk dan berbulu.

14. Annelida

Kelompok hewan yang memiliki tubuh tersegmentasi seperti cacing gelang dan lintah.

15. Protozoa

Kelompok mikroorganisme yang umumnya hidup di air seperti amoeba dan paramecium.

Nah, itu dia ciri-ciri dan contoh hewan invertebrata yang ada di bumi. Selain contoh-contoh di atas, sebenarnya masih banyak lagi contoh hewan invertebrata. Ternyata banyak sekali ya jenis hewan di dunia ini. Ayo kenali lebih banyak tentang makhluk hidup lain lewat homeschooling di AltaSchool. Tersedia untuk jenjang PAUD, SD, serta kelas Bilingual.

CTA Blog Alta School

Adya Rosyada Yonas