Apa Saja Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya?

Bagian-Bagian Tumbuhan_Header

Sama seperti manusia, tumbuhan juga punya bagian-bagian tertentu, loh! Bagian tumbuhan tersebut memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Yuk, baca selengkapnya di artikel ini!

“Tumbuhan bernafas lewat apa, sih?” 

“Perasaan tumbuhan nggak punya mulut, deh. Terus makannya dari mana, ya?”

Adik-adik, apakah kamu pernah berpikir seperti itu? Pada dasarnya, tumbuhan itu sama seperti kita, loh! Tumbuhan merupakan makhluk hidup. Jadi, tentu saja, tumbuhan punya ‘hidung’ dan ‘mulut’ untuk bernafas dan makan.

Tidak hanya itu saja, tumbuhan juga memiliki bagian-bagian lain yang berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan. Nah, di artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya. Ada apa saja, ya? Umumnya, bagian tumbuhan terdiri dari akar, batang, daun, bunga, biji, dan buah. Yuk, kita bahas satu per satu!

 

1. Akar

Akar adalah bagian tumbuhan yang letaknya bisa di dalam tanah, atau di luar tanah. Tapi, kebanyakan, akar tumbuhan letaknya di dalam tanah, ya. Akar berfungsi untuk menopang tubuh tumbuhan agar dapat berdiri tegak. Selain itu, akar juga berfungsi untuk menyerap air dan nutrisi dari dalam tanah.

Jadi, bisa dibilang, akar ini layaknya mulut pada manusia, ya. Karena, dari akar inilah tumbuhan bisa makan. Oh iya, akar tumbuhan terdiri dari dua jenis loh, yaitu akar tunggang dan akar serabut.

akar-tunggang-dan-akar-serabut

Gambar akar tunggang dan akar serabut (Sumber: iwanlukman.blogspot.com)

Nah,  apa sih bedanya akar tunggang dan akar serabut? Kalau kamu lihat gambar di atas, akar tunggang adalah jenis akar yang tumbuhnya tegak ke bawah dan tidak memiliki banyak cabang. Sementara itu, akar serabut adalah jenis akar yang tumbuhnya cenderung ke samping dan bergerombol.

Meskipun akar tunggang dan serabut punya bentuk yang berbeda, tapi kedua jenis akar ini fungsinya tetap sama, ya.

Baca juga: Pengertian Makhluk Hidup dan Ciri-Cirinya

 

2.  Batang

Kita lanjut ke bagian tumbuhan berikutnya, yaitu batang. Batang adalah tempat tumbuhnya cabang atau ranting. Batang tumbuhan letaknya di atas tanah. Fungsi batang, yaitu mengangkut air dan nutrisi dari akar ke daun, serta sebagai tempat cadangan makanan

Ada beberapa jenis tumbuhan yang batangnya memiliki kambium. Kambium adalah lapisan jaringan yang berfungsi dalam pertumbuhan sekunder tumbuhan. Nah, tumbuhan yang batangnya memiliki kambium, biasanya akan tumbuh lebih tinggi, banyak cabang, dan besar. Contohnya, pohon rambutan, apel, mangga, jambu, dan masih banyak lagi.

tumbuhan-berbatang-kambium

Contoh tumbuhan yang batangnya memiliki kambium  (Sumber: plantmegreen.com)

 

3. Daun

Daun adalah bagian tumbuhan yang tumbuh dari ranting. Biasanya, daun akan berwarna hijau karena mengandung klorofil, yaitu zat warna hijau tumbuhan. Daun terdiri dari tiga bagian, di antaranya pelepah, tangkai, dan helai daun. 

Daun memiliki fungsi yang sangat penting bagi tumbuhan, loh, yaitu sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis. Nah, kamu tahu nggak, apa itu fotosintesis? Simpelnya, fotosintesis adalah proses pembuatan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan menggunakan bantuan sinar matahari. 

Pada proses fotosintesis, terjadi pertukaran gas karbon dioksida (CO2) dan oksigen (O2) melalui stomata. Jadi, stomata ini ibarat hidung kita, ya. Nantinya, fotosintesis akan menghasilkan berbagai zat, seperti glukosa (gula), air, dan oksigen yang bermanfaat untuk kita.

Oh, iya, daun juga memiliki bentuk yang bermacam-macam. Ada yang menyirip, sejajar, melengkung, ataupun menjari.

  • Contoh tumbuhan dengan daun menyirip: daun mangga, daun jambu, daun rambutan, dsb.
  • Contoh tumbuhan dengan daun sejajar: rumput, padi, daun kelapa, daun jagung, daun tebu, dsb.
  • Contoh tumbuhan dengan daun melengkung: daun sereh, daun genjer, daun gadung, dsb.
  • Contoh tumbuhan dengan daun menjari: daun singkong, daun pepaya, daun jarak, daun kapas, dsb.

bentuk-bentuk-daunGambar bentuk-bentuk daun (Sumber: roboguru.ruangguru.com)

Baca juga: Pengertian Hewan Karnivora, Ciri, Contoh, dan Perannya di Lingkungan

 

Alta School Bilingual

 

4. Bunga

Bunga adalah bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Nah, proses perkembangbiakan ini bisa kita sebut sebagai penyerbukan, ya. Tujuannya untuk menghasilkan buah. 

Bunga terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Tangkai bunga untuk menghubungkan bunga dengan batang.
  • Kelopak untuk melindungi kuncup ketika bunga sedang berkembang.
  • Mahkota untuk membantu proses penyerbukan dengan cara mengundang serangga agar hinggap dan menghisap nektar.
  • Benang sari, yaitu alat perkembangbiakan jantan.
  • Putik, yaitu alat perkembangbiakan betina.

bagian-bunga-dan-fungsinya

Gambar bagian-bagian bunga (Sumber: websitependidikan.com)

Proses penyerbukan bunga terjadi ketika benang sari bertemu dengan putik. Proses ini bisa dibantu oleh serangga, angin, maupun air.

Berdasarkan kelengkapan organ reproduksinya, bunga dibedakan menjadi bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. Apa sih bedanya? Jadi, bunga sempurna adalah bunga yang memiliki dua alat reproduksi, yaitu putik dan benang sari. Contohnya, bunga sepatu, anggrek, mawar, tulip, dsb.

Sementara itu, bunga tidak sempurna adalah bunga yang hanya memiliki satu alat reproduksi, bisa putik atau benang sari saja. Contohnya, bunga pepaya, salak, pakis haji, jagung, melinjo, dsb.  

Adik-adik, kamu tahu nggak, meskipun bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan, tapi, ada loh tumbuhan yang tidak memiliki bunga. Lalu, tumbuhan itu berkembang biak dengan cara apa, dong? Nah, mereka akan berkembang biak tanpa melalui bunga. Bisa dengan tunas, spora, umbi, rhizoma, maupun stolon.

 

5. Buah

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, buah adalah hasil dari perkembangbiakan tumbuhan. Pada buah, terdapat biji tanaman yang diselimuti oleh daging buah. Buah berfungsi sebagai tempat cadangan makanan, serta melindungi biji.

Buah yang masak (matang) juga bisa kita petik untuk dikonsumsi, ya. Buah mengandung banyak vitamin dan serat yang bagus untuk tubuh kita. Coba deh tulis di kolom komentar, apa buah kesukaan kamu?

 

6. Biji

Kita masuk ke bagian tumbuhan yang terakhir, yaitu biji. Biji adalah cikal bakal tanaman baru. Artinya, semua tanaman bisa tumbuh dari biji. Berdasarkan jumlah kepingnya, biji dibedakan menjadi dua jenis, yaitu biji berkeping satu (monokotil) dan biji berkeping dua (dikotil). 

Secara umum, kamu bisa membedakan, mana tumbuhan monokotil dan mana tumbuhan dikotil. Karena, di antara keduanya, punya ciri-ciri yang spesifik, mulai dari bentuk akar, batang, daun, bunga, hingga buah. Berikut ciri-ciri tumbuhan monokotil dan dikotil yang bisa kamu amati:

 

Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan Dikotil

  • Memiliki biji tunggal (berkeping satu)
  • Memiliki akar serabut

  • Memiliki batang yang tidak bercabang dan beruas-ruas

  • Batang tidak mengandung kambium

  • Memiliki daun sejajar

  • Memiliki bunga dengan kelopak dan mahkota yang berjumlah 3-6 helai atau kelipatannya

  • Contoh tumbuhan monokotil: jagung, padi, kelapa, nanas, kangkung, jahe, kunyit, dsb.

  • Memiliki biji berkeping dua

  • Memiliki akar tunggang

  • Memiliki batang bercabang

  • Batang mengandung kambium

  • Memiliki daun berbentuk oval (melengkung, menyirip) dan menjari

  • Memiliki bunga dengan kelopak dan mahkota berjumlah 2, 4, 5 helai atau kelipatannya

  • Contoh tumbuhan dikotil: mangga, pepaya, belimbing, cabai, tomat, sirih, kacang-kacangan, dsb.

 

Baca juga: Penjelasan Urutan Planet di Tata Surya Beserta Ciri dan Gambarnya

Nah, itulah penjelasan mengenai bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Sekarang, kamu sudah tahu ya, kalau tumbuhan itu terdiri dari akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Kamu juga sudah tahu masing-masing fungsi bagian tumbuhan. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kamu, ya!

Kalau kamu ingin belajar lebih banyak lagi tentang pengetahuan alam yang lain, yuk daftar di Alta School, sekolah modern dengan metode belajar yang modern dan adaptif. Alta School tersedia untuk jenjang PAUD, SD, serta kelas Bilingual. Kelasnya seru, materinya lengkap, dan bikin kamu betah belajar di rumah.

Coba kelas gratisnya dengan klik gambar di bawah ini, ya!

Alta School Bilingual

Referensi:

‘Mengenal Bagian-Bagian Tumbuhan dan Masing-Masing Fungsinya’ [Daring]. Tautan: https://kumparan.com/kabar-harian/mengenal-bagian-bagian-tumbuhan-dan-masing-masing-fungsinya-1wM02FGhMmU/full (Diakses pada 9 April 2023)

Annisafitri, L. 2022. ‘Kenali Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya, Yuk!’ [Daring]. Tautan: https://www.ruangguru.com/blog/bagian-tubuh-tumbuhan-dan-fungsinya (Diakses pada 9 April 2023) 

‘Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil Dilengkapi Contohnya’ [Daring]. Tautan: https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20221118170412-569-875651/perbedaan-tumbuhan-monokotil-dan-dikotil-dilengkapi-contohnya#:~:text=Monokotil%20adalah%20tumbuhan%20berkeping%20berbiji,4%2D5%20helai%20atau%20kelipatannya. (Diakses pada 9 April 2023)

Sumber Gambar:

Gambar ‘Bagian-Bagian Tumbuhan’ [Daring]. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=5f5vwKprm7s (Diakses pada 9 April 2023)

Gambar ‘Akar Tunggang dan Akar Serabut’ [Daring]. Tautan: https://iwanlukman.blogspot.com/2018/10/akar-tunggang-dan-akar-serabut.html (Diakses pada 9 April 2023)

Gambar ‘Contoh Tumbuhan Batang Berkambium’ [Daring]. Tautan: https://www.plantmegreen.com/pages/apple-tree-guide (Diakses pada 9 April 2023)

Gambar ‘Bentuk-Bentuk Daun’ [Daring]. Tautan: https://roboguru.ruangguru.com/question/perhatikan-gambar-tulang-daun-tumbuhan-di-bawah-ini-tulang-daun-seperti-itu_QU-UR7CPSCC (Diakses pada 9 April 2023)

Gambar ‘Bagian-Bagian Bunga’ [Daring]. Tautan: https://www.websitependidikan.com/2019/09/bagian-bagian-bunga-dan-fungsinya.html (Diakses pada 9 April 2023)

Hani Ammariah