30 Contoh Hewan Omnivora beserta Pengertian & Cirinya

hewan omnivora

Berdasarkan jenis makanannya, kita mengenal adanya hewan herbivora, karnivora, dan omnivora. Apa itu omnivora? Berikut pembahasan tentang ciri, contoh, dan perannya terhadap ekosistem.

Selain hewan herbivora dan karnivora, ada jenis hewan lainnya, yaitu hewan omnivora. Apa itu hewan omnivora? Hewan yang suka makan segalanya? Hewan yang makan tumbuhan dan daging? Yuk kita bahas apa yang dimaksud dengan hewan omnivora!

 

Pengertian Hewan Omnivora

Hewan omnivora adalah jenis hewan yang memakan tumbuhan dan daging sebagai sumber makanannya. Omnivora juga bisa disebut sebagai sarwaboga. Hewan omnivora memiliki sistem pencernaan atau mekanisme mencerna makanan yang berbeda dengan hewan karnivora dan hewan herbivora. Terutama pencernaan mereka dapat mengolah protein dari daging. 

 

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

Untuk membedakannya dengan jenis hewan lainnya, ada ciri-ciri khusus untuk hewan omnivora. Apa saja ciri-cirinya?

 

1. Pemakan Segala

Ciri utama dari hewan omnivora adalah pemakan segala. Hewan jenis ini bisa memakan daging, tumbuhan, baik itu alga maupun jamur juga bisa dimakan oleh mereka.

 

2. Struktur Gigi Beragam

Hewan omnivora umumnya memiliki susunan gigi yang beragam. Susunan giginya biasanya tajam di bagian depan dan datar di bagian belakang. Gigi-gigi ini memungkinkan mereka untuk memotong, merobek dan mengunyah berbagai jenis makanan. Gigi tajam di bagian depan berfungsi untuk memakan daging. Sementara itu, gigi belakang digunakan untuk menumbuk dan menghancurkan makanan nabati.

 

3. Saluran Pencernaan Serbaguna

Saluran pencernaan hewan omnivora dapat mencerna dan menyerap nutrisi dari berbagai jenis makanan, baik itu daging maupun tumbuhan. Sistem pencernaan mereka bisa beradaptasi untuk mencerna protein dan serat, serta bisa memanfaatkan nutrisi dari makanan daging dan sayuran.

 

4. Berkembang Biak

Cara berkembang biak hewan omnivora adalah dengan cara bertelur (ovipar) dan juga melahirkan (vivipar).

 

5. Bisa Ditemukan di Berbagai Jenis Habitat

Hewan omnivora bisa ditemukan di berbagai jenis habitat karena kemampuannya untuk memperoleh makanan dari berbagai macam sumber. Mereka bisa hidup di hutan, padang rumput, dan savana. Hewan jenis ini juga bisa ditemukan di wilayah perairan, seperti sungai, danau, lautan, dan pesisir seperti pantai dan rawa.

 

Baca Juga: Pengertian Hewan Karnivora, Ciri, Contoh & Perannya dalam Lingkungan

 

Contoh Hewan Omnivora

Wah unik sekali ya, ciptaan Tuhan. Masing-masing makhluk ciptaan Tuhan memiliki ciri khas atau keunikannya masing-masing. Apa saja ya hewan yang termasuk omnivora? mungkin kalian pernah melihatnya, yuk kita cari tahu!

 

1. Tupai 

Pasti kalian tidak menyangka kalau tupai termasuk hewan omnivora ya, iya betul tupai adalah hewan omnivora. Tupai termasuk jenis tikus pohon. Tupai termasuk omnivora karena tupai juga memakan serangga dan tupai juga memakan buah. 

 

2. Monyet

Kalian juga tidak menyangka bukan, kalau monyet adalah hewan omnivora.Hewan yang dikenal sebagai pecinta buah pisang ini juga ternyata memiliki menu makanan daging. Daging yang dimakannya adalah daging hewan kecil atau serangga yang hidup disekitarnya. Selain itu monyet juga menyukai jenis makanan kacang-kacangan serta buah dan sayur lainnya. 

 

3. Semut

Binatang yang dapat dengan mudah ditemui ini ternyata tidak hanya makan makanan yang manis lho. Ia juga mengkonsumsi makanan yang tinggi protein, seperti bangkai serangga yang mati, misalnya bangkai lalat, kecoa. oleh karena itu semut juga termasuk hewan omnivora.

 

4. Bebek 

Hewan unggas teman ayam ini adalah salah satu hewan omnivora. Bebek merupakan hewan yang memiliki paruh lebih besar daripada ayam, memiliki leher yang lebih panjang, meski tak sepanjang angsa, bebek termasuk hewan omnivora karena bebek juga memakan apapun untuk kelangsungan hidupnya. Bisa memakan tumbuhan, serangga, hingga pakan ternak yang banyak dijumpai.

 

5. Musang

Pasti kalian tidak menyangka kalau musang termasuk hewan omnivora. Musang atau biasa disebut luwak adalah hewan omnivora yang bentuk dan corak bulunya menyerupai kucing, Selain makan biji-bijian, ia juga memakan serangga atau binatang kecil lainnya.

 

6. Berang-berang

Berang-berang merupakan hewan yang hidup di air dan di darat. Ia mengkonsumsi tumbuhan dan ikan kecil yang biasanya ia temui di sekitar sungai. Dan ternyata Berang – berang termasuk salah satu hewan pengerat terbesar, lho.

 

berang-berang/otter

 

7. Cacing 

Cacing tidak hanya makan tanaman tapi juga hewan yang telah membusuk. Karena cacing memakan sisa makanan dan bangkai hewan yang membusuk, maka cacing termasuk hewan omnivora.

 

8. Ayam

Hewan yang paling sering kita konsumsi ini ternyata termasuk hewan omnivora, loh. Ayam bisa memakan apa saja, seperti tumbuhan, daging, hingga beras.

 

9. Babi

Babi adalah omnivora yang cenderung memakan tumbuhan, akar, serangga, dan kadang-kadang hewan kecil. Mereka juga dapat memakan sisa-sisa makanan manusia.

 

10. Beruang

Beruang adalah hewan omnivora yang makanan utamanya adalah tumbuhan, buah-buahan, akar, dan tunas, tetapi mereka juga dapat memakan ikan, serangga, dan hewan kecil.

 

11. Rakun

Rakun adalah hewan omnivora yang mencari makanan dari berbagai sumber, termasuk sampah manusia, buah-buahan, serangga, dan hewan kecil.

 

rakun

 

12. Anjing

Anjing adalah omnivora, meskipun makanan utama mereka adalah daging. Mereka juga dapat memakan sayuran, buah-buahan, dan makanan manusia.

 

13. Kucing

Seperti anjing, kucing adalah omnivora yang makan daging sebagai makanan utama, tetapi mereka juga dapat mengonsumsi tumbuhan, terutama dalam bentuk rumput.

 

14. Tikus

Tikus adalah hewan omnivora yang sangat adaptif dan dapat memakan berbagai jenis makanan, termasuk biji-bijian, tumbuhan, serangga, dan makanan manusia.

 

15. Opossum

Opossum adalah hewan omnivora yang makanan utamanya adalah serangga dan tumbuhan, tetapi mereka juga dapat memakan hewan kecil dan sumber makanan lainnya.

 

Baca Juga: Pengertian Hewan Herbivora, Ciri, Contoh & Perannya dalam Lingkungan

 

16. Landak

Landak omnivora dapat memakan tumbuhan, buah-buahan, serangga, dan kadang-kadang hewan kecil.

 

17. Burung Elang

Burung elang, meskipun dikenal sebagai pemangsa, juga dapat memakan hewan kecil dan bangkai, membuat mereka omnivora dalam beberapa situasi.

 

18. Ikan Mas

Ikan mas adalah contoh ikan omnivora yang memakan plankton, alga, serangga air, dan bahkan tumbuhan dalam lingkungan airnya.

 

19. Burung Kehicap

Burung kehicap adalah omnivora yang makan serangga, nektar bunga, dan buah-buahan. Mereka memiliki paruh panjang yang cocok untuk mengambil nektar dari bunga.

 

20. Kelelawar Buah

Kelelawar buah adalah omnivora yang makan buah-buahan, nektar, serangga, dan kadang-kadang biji-bijian.

 

kelelawar

 

21. Tikus Bambu

Tikus bambu adalah omnivora yang mendiami hutan dan makanan utamanya adalah tumbuhan, tetapi mereka juga memakan serangga dan telur burung.

 

22. Capung

Capung adalah hewan omnivora yang berada di dunia serangga. Mereka memakan serangga kecil, larva serangga, dan kadang-kadang serangga lainnya.

 

23. Burung Puyuh

Burung puyuh adalah omnivora yang makan biji-bijian, rumput, serangga, dan kadang-kadang tumbuhan.

 

24. Kura-kura

Kura-kura adalah hewan omnivora yang makan tumbuhan, buah-buahan, serangga, dan kadang-kadang bangkai.

 

25. Ikan Gurame

Ikan gurame adalah omnivora yang memakan alga, serangga air, cacing, dan bahkan makanan buatan yang diberikan oleh manusia.

 

26. Kijang

Kijang adalah herbivora yang biasanya memakan tumbuhan dan rumput, tetapi dalam beberapa kasus, mereka juga dapat memakan serangga atau telur burung.

 

27. Burung Kutilang

Burung kutilang adalah omnivora yang makan biji-bijian, buah-buahan, serangga kecil, dan nektar bunga.

 

28. Paus

Nggak hanya dikenal sebagai mamalia laut, Paus juga termasuk ke dalam hewan pemakan segala alias omnivora. Paus sering memakan cumi-cumi jenis crustacea, serta beberapa jenis hewan kecil lainnya.

 

29. Udang

Udang termasuk hewan yang bisa memakan apapun untuk kebutuhan hidupnya. Hewan omnivora yang satu ini termasuk dalam golongan pemakan organisme dasar, seperti plankton, cacing kecil, siput, kerang, tumbuhan air, serta biji-bijian.

 

30. Piranha

Walaupun dikenal sebagai pemakan daging, ternyata piranha juga termasuk ke dalam jenis hewan omnivora karena bisa memakan tumbuhan.

Itulah beberapa contoh hewan omnivora yang menjadi saudara dari karnivora dan herbivora, dan cirinya yang perlu kita ketahui, agar pengetahuan kalian semakin bertambah. Temukan fakta menarik seputar hewan omnivora lainnya di sekitar kalian ya! Untuk belajar lebih dalam, gabung sekarang ke Alta School!

Alta School

Referensi:

id.wikipedia.org/wiki/Omnivor  

dosenpendidikan.co.id/hewan-omnivora/  

tirto.id/20-contoh-hewan-omnivora-beserta-penjelasan-makanannya-gwGz 

orami.co.id/magazine/contoh-hewan-omnivora 

MT Alta School