20 Tempat Wisata di Bandung yang Nyaman untuk Anak

Aktivitas & Hobi - 5 Tempat Wisata di Bandung yang Nyaman untuk Anak-01

Masa liburan sekolah sudah tiba. Berikut rekomendasi tempat jalan-jalan di Bandung yang ramah anak beserta harga, fasilitas, dan jam operasionalnya.

Bandung merupakan salah satu kota besar sekaligus ibukota dari Provinsi Jawa Barat. Kota yang dikenal dengan julukan Paris van Java ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Namun, buat Anda yang ingin berwisata dengan anak, tentu akan membutuhkan tempat wisata yang ramah anak bukan?

Biasanya tempat wisata yang ramah anak memiliki wahana permainan yang penuh dengan edukasi. Selain itu, fasilitas dan akses masuk juga perlu untuk Anda pertimbangkan dalam memilih tempat wisata untuk anak.

Nah, jika Anda ingin mengajak anak liburan di Bandung pada akhir pekan ini, berikut 20 rekomendasi tempat wisata ramah anak yang seru di Bandung.

 

1. Rabbit Town Bandung

Tempat wisata ini cocok untuk anak dan keluarga. Tempat ini memiliki konsep wisata yang unik, yakni konsep penyuguhan dan pengenalan hewan, serta konsep wisata kuliner dengan spot foto yang keren.

Di Rabbit Town Anda tidak hanya bisa melihat kelinci saja, namun disana juga ada berbagai hewan lain seperti merpati, monyet, dan lain sebagainya. Tempat wisata di Bandung ini sangat cocok dijadikan pilihan jika Anda ingin mengenalkan anak dengan berbagai jenis hewan.

Nah, jika anak sudah bosan berkeliling, Anda bisa mengajaknya mencoba makanan khas daerah yang ada di sana. Rabbit Town berada di Jalan Rancabentang No. 30-32, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Bandung, Jawa Barat. Untuk bisa menikmati fasilitas yang ada di tempat ini, Anda cukup merogoh kocek sekitar Rp. 35.000 per orang untuk tiket masuknya.

 

2. Farmhouse Lembang

Satu lagi tempat wisata di Bandung yang bisa menjadi pilihan untuk anak lebih mengenal hewan adalah Farmhouse. Di tempat ini, anak tidak hanya bisa melihat, namun juga bisa berfoto dengan hewan yang ada. Nah, kegiatan menarik lainnya adalah memeras susu. Jadi Anda bisa mengajak anak untuk menikmati segelas susu kental yang masih segar hasil dari pemerahan sendiri.

Tempat wisata ini juga memiliki spot foto menarik, yakni berbagai bangunan ala negara-negara Eropa. Selain dapat  memberikan pengetahuan umum tentang bangunan tersebut, Anda dan anak juga bisa berfoto dengan kostum bergaya eropa, yang disewa dengan harga Rp. 75.000.

Anda bisa menikmati liburan di tempat ini dari jam 08-00 pagi hingga jam 07.00 malam loh. Untuk lokasinya, Farmhouse Lembang berada di Jalan Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Kec. Lembang. Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

 

3. Bandung Science Center

Dari namanya saja Anda sudah bisa menebak bahwa tempat ini adalah objek wisata yang bagus untuk anak. BSC menyediakan tempat dengan suasana wisata sambil belajar. Tempat ini memiliki beragam permainan interaktif dengan teknologi canggih.Sebagai salah satu tempat wisata edukatif paling baik di kota Bandung, BSC seringkali dikunjungi oleh anak-anak sekolah.

Di sana Anda akan menemukan 16 ruangan dengan berbagai tema. Anak-anak di tempat ini bisa belajar mengenai fisika, kimia, atau berbagai teknologi melalui audio, visual, bahkan juga audio-visualisasi. BSC berada di Jalan Sirnagalih No,15, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Harga tiket masuk yang harus kamu keluarkan untuk bisa bermain di sini adalah sekitar Rp. 45.000 per orang.

 

Baca juga: 15 Permainan untuk Merangsang Motorik Anak Usia Dini

 

4. Orchid Forest

Tempat ini merupakan taman anggrek terluas yang ada di Indonesia. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda bisa mengenalkan anak dengan beraneka ragam jenis anggrek. Orchid Forest digunakan sebagai tempat budidaya anggrek agar tidak punah. Sehingga di sini tidak hanya ada anggrek lokal, namun juga ada anggrek dari negara lain. Salah satu anggrek langka seperti anggrek hitam bisa juga loh kamu lihat di sini.

Tempat wisata yang satu ini dibuka setiap hari dari pukul 09.00 hingga pukul 18.00. Selain dapat menikmati indahnya anggrek, anda juga akan disuguhi pemandangan hutan pinus yang rindang dan sejuk. Orchid Forest sendiri berlokasi di Genteng, Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk menikmati indahnya pemandangan di Orchid Forest, kamu harus membayar tiket masuk kurang lebih seharga Rp. 50.000.

 

5. Museum Geologi

Wisata museum selalu jadi pilihan terbaik untuk mengajak anak berlibur sambil belajar. Museum Geologi yang berada di Jalan Diponegoro No. 57. Cihaurgeulis, Kec Cibeunying Kaler, Kota Bandung adalah objek wisata edukatif yang banyak dikunjungi anak-anak.

Di tempat ini anak-anak dapat belajar berbagai kejadian alam di bumi, khususnya Indonesia. Beberapa pelajaran yang dapat ditemukan adalah proses awal mula adanya bumi yang disajikan secara audio-visual, dan juga belajar tentang meletusnya suatu gunung, dengan menunjukkan barang bukti yang masih tersisa.

Museum Geologi ini dibuka setiap hari kecuali pada hari Jumat dan hari libur. Harga tiket masuk untuk bisa menikmati semua pembelajaran geologi yang menarik di museum ini, sangat terjangkau, yakni sekitar Rp. 2.000 per orang.

 

6. De Ranch Lembang

Di sini, Anda bisa mewujudkan imajinasi anak untuk menjadi koboi berkuda ala-ala film Barat. Letaknya yang strategis tidak jauh dari pusat kota Lembang membuatnya mudah dijangkau. Anda dapat mengajak anak untuk menunggang kuda, main air, berfoto dengan kostum koboi, dan masih banyak lagi. 

De Ranch terletak di Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Untuk bisa masuk ke area ini, Anda akan dikenakan tarif Rp15.000. Tiket ini nantinya bisa ditukar dengan susu murni juga. Oh iya, jika Anda ingin mencoba wahana permainan, nantinya akan dikenakan biaya tambahan yang berbeda di setiap wahananya.

 

Baca juga: Mengenal Perbedaan Motorik Halus dan Kasar, Orangtua Wajib Tahu!

 

7. Pinisi Resto

Tema bajak laut memang kerap disukai anak-anak. Nah, tempat makan yang satu ini cocok untuk mewujudkan imajinasi mereka menjadi pirates alias bajak laut.

Selain bisa menikmati hidangan lezat, resto berkonsep kapal bajak laut yang terdampar ini terletak di kawasan dataran tinggi. Jadi suasananya dijamin adem deh. Di sekelilingnya, Anda bisa menikmati pemandangan hamparan kebun teh dan danau. 

Pinisi Resto terletak di Situ Patenggang, Kawasan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Menunya bervariasi mulai dari Rp25.000 hingga Rp110.000 dan buka mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. Tempat ini sangat cocok untuk berkumpul bersama keluarga!

 

8. Lereng Anteng

Tempat makan satu ini sangat kids-friendly. Anda akan disambut dengan panorama Bandung yang indah dan sejuk di Lereng Anteng ini. Selain menu-menu yang lezat, di Lereng Anteng, Anda dapat mengajak anak untuk bermain di area permainan. Jadi sangat cocok untuk liburan keluarga!

Lereng Anteng terletak di Pageurmaneuh, Punclut, Ciumbuleuit, Bandung dan buka setiap hari. Harga menunya juga bervariasi dan ramah di kantong.

 

9. Rainbow Garden Lembang

Komplek taman ini berisi ratusan koleksi jenis bunga warna-warni yang siap memanjakan mata. Uniknya, 80 persen jenis bunga di sini bisa dimakan, lho. Jadi, Anda tidak perlu khawatir anak menelan bunga saat jalan-jalan di area ini. 

Bunga-bunga cantik di Rainbow Garden ditata berdasarkan jenis dan terlihat seperti pelangi. Jika Anda tertarik untuk memiliki koleksi bunganya di rumah, Anda juga bisa membelinya di sini. Jadi, selain Rainbow Garden menyajikan keindahan taman bunga, mereka juga menjual koleksi bunganya. 

Terletak di Jl. Grand Hotel no. 33E – Lembang, Bandung Barat, Rainbow Garden dapat Anda kunjungi dengan membeli tiket masuk ke Floating Market Rp20.000 dan dilanjutkan Rainbow Garden Rp10.000.

 

Baca juga: 15 Kreasi dari Kertas Origami yang Lucu & Cara Membuatnya

 

10. Tafso Barn

Bandung memang terkenal dengan wisatanya yang serba asri. Rekomendasi tempat wisata asri selanjutnya adalah Tafso Barn. Di sini, Anda dapat menghabiskan waktu bercengkrama bersama anak dan keluarga ditemani dengan pemandangan serba hijau. 

Terletak di daerah Ciumbuleuit, tempat wisata kuliner ini memiliki lapangan golf mini dan tenda yang lucu. Menu yang disajikan juga bermacam-macam, mulai dari hidangan nusantara, western, hingga makanan Jepang. 

Alamat lengkap Tafso Barn ada di Jl. Baru Laksana No.75, Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Mereka buka setiap hari dengan harga masuk Rp20.000 yang dapat ditukar dengan makanan atau minuman. 

 

11. Rumah Guguk

Apakah Anda merupakan pecinta anjing? Kalau iya, tempat ini wajib Anda kunjungi. Di sini Anda dapat mengajak anak bermain dengan anjing-anjing yang lucu. Anda dapat menyaksikan banyak staf terlatih untuk mendandani para anjing di Rumah Guguk. 

Spot favorit di Rumah Guguk adalah bagian belakang rumahnya. Anda dapat menemukan taman indah serba hijau dan kolam renang khusus anjing. Jadi, Anda bisa mengajak anak untuk melihat anjing berlarian dan berenang dengan bahagia.

Di Rumah Guguk, ada dua area lain yang mengharuskan Anda membeli tiket terlebih dahulu, yaitu area anjing besar dan area anjing kecil. Keduanya juga dilengkapi dengan kolam. Dekorasi lucu juga turut melengkapi area ini.

Rumah Guguk terletak di Jalan Pada Lestari No. 23, Cidadap, Isola, Sukasari, Bandung, Jawa Barat. Tiket masuknya bisa Anda dapatkan mulai dari Rp20.000.

 

12. Bird & Bromelia Pavilion

Tempat wisata yang satu ini cocok untuk menambah pengetahuan anak tentang satwa, khususnya burung. Anda dapat mengisi kegiatan Anak selama liburan dengan mengunjungi Bird & Bromelia Pavilion yang terletak di Jalan Akaza Utama No. 9 (Dago Giri), Komplek Pramestha Resort Town, Desa Mekar Wangi, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Terdapat berbagai zona burung yang terbagi menjadi lima bagian di sini. Zona tersebut dikelompokkan berdasarkan spesiesnya. Ada lebih dari 600 jenis burung yang ada di Bird & Bromelia Pavilion. Banyak sekali bukan? 

Anda bahkan bisa mengajak anak untuk langsung berinteraksi dengan mereka. Tapi tentu saja dengan pengawasan staf yang sudah terlatih, ya. Tiket masuknya dibandrol dengan harga Rp35.000 di hari biasa dan Rp50.000 di akhir pekan dan libur nasional.

 

Baca juga: Mengenal Aktivitas Playdate dan Manfaatnya untuk Anak

 

13. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya menyuguhkan area glamping yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Areanya yang sejuk dengan pemandangan menakjubkan bisa menjadi pilihan untuk melepas penat dari kehidupan perkotaan. Anda dapat menyaksikan hutan pinus yang hijau yang berada di ketinggian 2.080 mdpl.

Di sini, Anda juga bisa mengajak anak untuk menikmati serunya api unggun, pesta barbeque, hingga menunggang kuda. Selain itu, ada banyak spot-spot foto yang menarik untuk dicoba.

Untuk bisa menginap di sini, harganya dipatok mulai dari Rp750.000 per malam. Tapi, jika tidak ingin menginap, Anda cukup membayar tiket masuk Rp20.000 untuk hari biasa dan Rp25.000 untuk akhir pekan. Letaknya ada di Jalan Maribaya No 149/252, RT. 03 / RW. 15, Babakan Gentong, Cibodas, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. 

 

14. Grafika Wisata Cikole

Masih seputar menikmati suasana hutan pinus, Grafika Wisata Cikole juga bisa menjadi pilihan berlibur bersama keluarga. Grafika Wisata Cikole merupakan area perkemahan yang bisa Anda gunakan camping. Di sini, Anda akan mendapatkan sleeping bag, bisa menyaksikan api unggun, hingga bakar-bakar jagung. Sensasinya seperti berkemah di alam terbuka.

Untuk camping di sini, harga per malamnya dipatok mulai Rp460.000. Alamat lengkapnya terletak di Jln. Tangkuban Perahu KM.8 Cikole, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

 

15. Barusen Hills Ciwidey

Nah, kalau ingin mengajak anak bermain air, Barusen Hills Ciwidey bisa jadi opsi. Tempat wisata yang ramah keluarga ini cocok Anda kunjungi.  Di sini terdapat kolam luas dilengkapi ember raksasa yang siap menumpahkan air untuk menambah keseruan liburan bersama buah hati. Tidak hanya itu, air mancur dan perosotan warna-warni menambah keseruan main air.

Tempat wisata satu ini buka setiap hari pukul 08.00 sampai 17.00. Harga tiket masuknya Rp20.000 di hari biasa dan Rp25.000 di akhir pekan dan libur nasional. Alamat lengkapnya berada di Gambung, Ciwidey, Cisondari, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat.

 

Baca juga: 7 Manfaat Liburan untuk Anak, Bukan Sekadar Jalan-Jalan Lho!

 

16. Observatorium Bosscha

Sejak munculnya film legendaris Petualangan Sherina pada awal tahun 2000an, pamor Observatorium Bosscha makin melejit. Di sini, Anda dapat mengenalkan anak dengan sistem tata surya melalui teropong raksasa. Jika Anda mengunjungi Bosscha pada malam hari, ada wisata khusus untuk melihat tata surya lebih dekat menggunakan teleskop.

Observatorium Bosscha tertelak di Jalan Peneropongan Bintang No 45, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Untuk bisa masuk ke sini, Anda cukup merogoh kocek Rp50.000 untuk membeli tiket masuknya.

 

17. Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort

Anda bisa menikmati taman rekreasi air panas di Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort. Ada berjajar perosotan mengarah ke kolam air hangat yang bisa Anda coba bersama anak Anda.

Di resort ini terdapat patung-patung yang memancarkan air panas langsung ke kolam. Pasti seru sekali bisa berenang dan bermain bersama anak di kolam air panas. 

Di sini juga terdapat kandang burung yang berukuran sangat besar. Setelah puas bermain air, Anda bisa mengenalkan berbagai jenis burung yang ada di sini pada anak.

Di resort yang terletak pada  Jl. Barutunggul KM.17, Ciwidey, Alamendah, Rancabali, Bandung ini, Anda juga bisa menyewa tenda untuk camping bersama anak,  lho. Jadi, ada area camping ground yang memang disediakan untuk pengunjung bercamping. Untuk bisa camping di sini, Anda bisa menyewa camping ground mulai dari Rp850.000 per malam. 

 

18. Dusun Bambu Family Leisure Park

Tempat wisata yang terletak di kaki gunung kawasan Situ Lembang ini menyajikan panorama alam dengan udara segar. Untuk menuju tempat ini, Anda masih harus naik shuttle bus dari parkiran. 

Anak pasti akan senang mengunjungi Dusun Bambu ini karena banyak kegiatan interaktif yang bisa dilakukan. Misalnya naik balon udara, masuk wahana labirin, hingga mendayung kano sembari menikmati udara pegunungan yang segar. Jika belum puas bermain, Anda dapat menyewa tenda berkapasitas 6 orang yang dibandrol dengan harga Rp1.400.000 per malamnya. 

Dusun Bambu Family Leisure Park berlokasi di Jl. Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Bandung Barat dan tiket masuknya bisa Anda dapatkan dengan harga Rp20.000 di hari biasa dan Rp25.000 di akhir pekan. 

 

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta yang Nyaman untuk Anak

 

19. Kampung Batu Malakasari

Tempat rekreasi keluarga ini dibangun dari sebuah tambang yang terbengkalai. Keindahan alamnya dijamin akan memanjakan mata. Selain itu, Anda juga dapat mengajak anak untuk menyebrangi danau yang dikelilingi oleh batuan bergerigi.

Di sana, Anda bisa mengajak anak bermain di peternakan bersama ayam, sapi, dan rusa. Hal ini akan membantu anak belajar memahami keseimbangan ekosistem. 

Kampung Batu Malakasari ini dilengkapi dengan Tektona Waterpark yang menjadi area renang bagi anak-anak. Area ini juga dilengkapi dengan lifeguards dan tim medis. Jadi, Anda tidak perlu khawatir!

Untuk masuk ke area yang terletak di Jalan Raya Banjaran (Rencong), Desa Malakasari Kec. Bale Endah, Kab. Bandung, Jawa Barat ini, Anda akan dikenakan tiket masuk Rp10.000. Di sini juga terdapat paket wisata pelajar dengan harga Rp90.000 per orang.

 

20. Jendela Alam 

Anda dapat mengajak anak lebih dekat mengenal alam di Jendela Alam. Di sini terdapat berbagai macam koleksi binatang terutama ternak, seperti ayam, kambing, dan kelinci. Anak juga bisa diajak berinteraksi langsung dengan ikut memberi makan mereka.

Alamatnya terletak di Komplek Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri, Cihideung, Lembang, Bandung. Untuk masuk ke sini, Anda akan dikenakan tiket masuk Rp15.000 di hari biasa dan Rp20.000 di akhir pekan. Untuk hari biasa, Anda bisa mengunjungi Jendela Alam mulai pukul 09.00 – 15.30 WIB. Sedangkan di akhir pekan, Anda bisa datang mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Dari 20 tempat wisata di Bandung yang ramah anak tersebut, tempat wisata mana nih yang ingin Anda kunjungi terlebih dahulu?

Nah, selain mengajak anak belajar dengan cara berlibur, kini Anda juga bisa loh memberikan pembelajaran menarik dan seru kepada anak melalui Altaschool. Anda bisa mendaftarkan anak segera, untuk dapat menikmati semua fasilitas belajar yang ada di Alta School. 

Fasilitas belajar yang tersedia antara lain adalah Home-Based Project, Live Teaching, Kelas  Tambahan, Pendidikan Karakter, Modul, Laporan Pembelajaran, dan lain sebagainya. Alta School dibuka untuk anak pada jenjang PAUD hingga SMA. Jadi tunggu apa lagi? Buruan berlangganan ya!

CTA Blog Alta School

Adya Rosyada Yonas