5 Tempat Wisata di Bandung yang Nyaman untuk Anak

Nurul Habibah Nov 8, 2021 • 7 min read


Aktivitas & Hobi - 5 Tempat Wisata di Bandung yang Nyaman untuk Anak-01“Tempat wisata adalah tempat yang disenangi oleh anak-anak. Namun, pastikan Anda memilih tempat wisata yang nyaman serta bisa memberikan edukasi. Nah, jika Anda berencana membawa anak liburan ke Bandung, simak artikel ini ya!”

Bandung merupakan salah satu kota besar sekaligus ibukota dari Provinsi Jawa Barat. Kota yang dikenal dengan julukan Paris van Java ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Namun, buat Anda yang ingin berwisata dengan anak, tentu akan membutuhkan tempat wisata yang ramah anak bukan? 

Biasanya tempat wisata yang ramah anak memiliki wahana permainan yang penuh dengan edukasi. Selain itu, fasilitas dan akses masuk juga perlu untuk Anda pertimbangkan dalam memilih tempat wisata untuk anak. 

Nah, jika Anda ingin mengajak anak liburan di Bandung pada akhir pekan ini, berikut 5 rekomendasi tempat wisata ramah anak yang seru di Bandung. 

1. Rabbit Town Bandung

Tempat wisata ini cocok untuk anak dan keluarga. Tempat ini memiliki konsep wisata yang unik, yakni konsep penyuguhan dan pengenalan hewan, serta konsep wisata kuliner dengan spot foto yang keren.

Di Rabbit Town Anda tidak hanya bisa melihat kelinci saja, namun disana juga ada berbagai hewan lain seperti merpati, monyet, dan lain sebagainya. Tempat wisata di Bandung ini sangat cocok dijadikan pilihan jika Anda ingin mengenalkan anak dengan berbagai jenis hewan. 

Tempat Wisata Ramah Anak di Bandung(Sumber: pinhome.id)

Nah, jika anak sudah bosan berkeliling, Anda bisa mengajaknya mencoba makanan khas daerah yang ada di sana. Rabbit Town berada di Jalan Rancabentang No. 30-32, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Bandung, Jawa Barat. Untuk bisa menikmati fasilitas yang ada di tempat ini, Anda cukup merogoh kocek sekitar Rp. 35.000 per orang untuk tiket masuknya. 

2. Farmhouse Lembang

Satu Lagi tempat wisata di Bandung yang bisa menjadi pilihan untuk anak lebih mengenal hewan adalah Farmhouse. Di tempat ini, anak tidak hanya bisa melihat, namun juga bisa berfoto dengan hewan yang ada. Nah, kegiatan menarik lainnya adalah memeras susu. Jadi Anda bisa mengajak anak untuk menikmati segelas susu kental yang masih segar hasil dari pemerahan sendiri. 

Tempat Wisata di Bandung yang Nyaman untuk Anak(Sumber: explorebandungbarat.com)

Tempat wisata ini juga memiliki spot foto menarik, yakni berbagai bangunan ala negara-negara Eropa. Selain dapat  memberikan pengetahuan umum tentang bangunan tersebut, Anda dan anak juga bisa berfoto dengan kostum bergaya eropa, yang disewa dengan harga Rp. 75.000. 

Anda bisa menikmati liburan di tempat ini dari jam 08-00 pagi hingga jam 07.00 malam loh. Untuk lokasinya, Farmhouse Lembang berada di Jalan Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Kec. Lembang. Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

3. Bandung Science Center (BSC)

Dari namanya saja Anda sudah bisa menebak bahwa tempat ini adalah objek wisata yang bagus untuk anak. BSC menyediakan tempat dengan suasana wisata sambil belajar. Tempat ini memiliki beragam permainan interaktif dengan teknologi canggih.

Sebagai salah satu tempat wisata edukatif paling baik di kota Bandung, BSC seringkali dikunjungi oleh anak-anak sekolah. 

Tempat Wisata di Bandung Aman untuk Anak(Sumber: bastianrental.com)

Di sana Anda akan menemukan 16 ruangan dengan berbagai tema. Anak-anak di tempat ini bisa belajar mengenai fisika, kimia, atau berbagai teknologi melalui audio, visual, bahkan juga audio-visualisasi. BSC berada di Jalan Sirnagalih No,15, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Harga tiket masuk yang harus kamu keluarkan untuk bisa bermain di sini adalah sekitar Rp. 45.000 per orang.

4. Orchid Forest

Tempat ini merupakan taman anggrek terluas yang ada di Indonesia. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda bisa mengenalkan anak dengan beraneka ragam jenis anggrek. Orchid Forest digunakan sebagai tempat budidaya anggrek agar tidak punah. Sehingga di sini tidak hanya ada anggrek lokal, namun juga ada anggrek dari negara lain. Salah satu anggrek langka seperti anggrek hitam bisa juga loh kamu lihat di sini.

Tempat Wisata Aman Untuk Anak di Bandung(Sumber: wisataoke.com)

Tempat wisata yang satu ini dibuka setiap hari dari pukul 09.00 hingga pukul 18.00. Selain dapat menikmati indahnya anggrek, anda juga akan disuguhi pemandangan hutan pinus yang rindang dan sejuk. Orchid Forest sendiri berlokasi di Genteng, Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk menikmati indahnya pemandangan di Orchid Forest, kamu harus membayar tiket masuk kurang lebih seharga Rp. 50.000. 

5. Museum Geologi

Wisata museum selalu jadi pilihan terbaik untuk mengajak anak berlibur sambil belajar. Museum Geologi yang berada di Jalan Diponegoro No. 57. Cihaurgeulis, Kec Cibeunying Kaler, Kota Bandung adalah objek wisata edukatif yang banyak dikunjungi anak-anak.

Tempat Wisata di Bandung yang Bagus untuk Anak(Sumber: idetrips.com)

Di tempat ini anak-anak dapat belajar berbagai kejadian alam di bumi, khususnya Indonesia. Beberapa pelajaran yang dapat ditemukan adalah proses awal mula adanya bumi yang disajikan secara audio-visual, dan juga belajar tentang meletusnya suatu gunung, dengan menunjukkan barang bukti yang masih tersisa. 

Museum Geologi ini dibuka setiap hari kecuali pada hari Jumat dan hari libur. Harga tiket masuk untuk bisa menikmati semua pembelajaran geologi yang menarik di museum ini, sangat terjangkau, yakni sekitar Rp. 2.000 per orang. 

Dari lima tempat wisata di Bandung yang ramah anak tersebut, tempat wisata mana nih yang ingin Anda kunjungi terlebih dahulu?

Nah, selain mengajak anak belajar dengan cara berlibur, kini Anda juga bisa loh memberikan pembelajaran menarik dan seru kepada anak melalui altaschool. Anda bisa mendaftarkan anak segera, untuk dapat menikmati semua fasilitas belajar yang ada di Alta School. 

Fasilitas belajar yang tersedia antara lain adalah Home-Based Project, Live Teaching, Kelas  Tambahan, Pendidikan Karakter, Modul, Laporan Pembelajaran, dan lain sebagainya. Alta School dibuka untuk anak pada jenjang PAUD hingga kelas 3 SD. Kurikulum pembelajarannya juga sudah menggunakan kurikulum K-13 loh. Jadi tunggu apa lagi? Buruan berlangganan ya!

New call-to-action

Sumber: 

Arofani, P. (2019), ‘10 Tempat Wisata di Bandung yang Cocok untuk Anak-anak, Seru Banget!’, idntimes.com, 23 Juli 2019 [daring] Available at: https://www.idntimes.com/travel/destination/prila-arofani/tempat-wisata-di-bandung-ramah-anak/10

Pertiwi, A. ‘15 Tempat Wisata Anak di Bandung Paling Hits untuk Dikunjungi Keluarga’, id.theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/tempat-wisata-anak-di-bandung

Ikrar. S. ‘15 Tempat Wisata Anak & Keluarga di Bandung yang Populer’, itrip.id, [daring] Available at: https://www.itrip.id/wisata-anak-keluarga-bandung 

Sumber Gambar: 

Rabbit Town Bandung [daring]. Available at: https://www.pinhome.id/blog/rabbit-town-bandung/

Farmhouse Lembang [daring]. Available at: http://explorebandungbarat.com/wisata-bersama-keluarga-di-farm-house-lembang/ 

Bandung Science Center [daring]. Available at: https://www.bastianrental.com/perkaya-ilmu-pengetahuan-di-bandung-science-center/

Orchid Forest Cikole Lembang Bandung [daring]. Available at: http://www.wisataoke.com/2019/08/tiket-masuk-orchid-forest-cikole-lembang.html

Museum Geologi Bandung [daring]. Available at: https://idetrips.com/museum-geologi-bandung-tiket-dan-aktivitas/

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar