Urutan Planet di Tata Surya beserta Ciri dan Gambarnya

nama-nama-planet

Bumi adalah salah satu planet yang ada di sistem tata surya, yaitu sebagai tempat tinggal manusia. Tapi di tata surya ada banyak planet lainnya, lho! Yuk simak artikel berikut!

Adik-adik, pernahkah kalian mengamati benda yang ada di langit? Seperti bulan, matahari, bintang, dan sebagainya? Nah, selain benda langit yang biasa kita lihat sehari-hari, juga ada benda langit yang bernama planet. Bumi yang kita tinggali ini juga termasuk ke dalam salah satu planet dalam sistem tata surya kita, loh. Selain bumi, ada beberapa planet lain juga yang penting untuk kamu ketahui.

Nah, kali ini,  kita akan belajar dan memahami urutan planet yang ada dalam sistem tata surya kita mulai dari yang paling dekat dari matahari hingga yang paling jauh, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Berikut adalah penjelasan dari nama-nama planet beserta dengan ciri dan gambarnya.

 

1. Merkurius

planet merkurius

(Sumber: pixabay.com)

Merkurius adalah planet pertama jika diurutkan dari matahari. Planet ini kecil dan hanya sebesar Samudera Atlantik. Bahkan kalau dibandingkan dengan Bumi, ukuran Bumi sama dengan 18 kali ukuran Merkurius. Planet ini tidak memiliki atmosfer, dan suhunya ekstrim. Yang paling dingin suhunya sebesar -180 derajat Celcius, sedangkan paling panas mencapai 430 derajat Celcius.

Merkurius adalah planet yang paling cepat mengitari matahari di antara planet-planet lainnya di Bimasakti. Nama Mekurius diambil dari nama Dewa Pengirim Pesan Romawi, karena kemampuannya yang bergerak sangat cepat.

Ciri-ciri planet Merkurius:

  • Planet terkecil di sistem tata surya
  • Planet tercepat mengorbit Matahari
  • Tidak memiliki satelit alam
  • Planet pertama jika diurutkan dari Matahari

2. Venus

planet venus

(Sumber: pixabay.com)

Planet kedua dari Matahari adalah planet Venus. Planet ini bisa Ayah dan Bunda melihatnya di langit bangian timur saat fajar, dan di langit bagian barat saat senja. Karena Venus bersinar terang, planet ini memiliki nama lain yaitu Bintang Kejora. Nama Venus diambil dari nama Dewi Kecantikan Romawi.

Meskipun planet Venus adalah planet kedua dari Matahari, tapi dari seluruh planet di sistem tata surya kita, Venus merupakan planet terpanas, karena suhunya bisa mencapai 460 derajat Celsius. Permukaan planet Venus dipenuhi dengan ribuan gunung berapi, kawah-kawah dan gunung-gunung yang sangat tinggi.

Ciri-ciri planet Venus:

  • Planet kedua dari Matahari
  • Planet terpanas di sistem tata surya
  • Sangat terang dan tidak memiliki satelit alami
  • Dinamakan dari Dewi Kecantikan Romawi

3. Bumi

planet bumi

(Sumber: pixabay.com)

Planet bumi adalah planet urutan ke tiga dari sistem tata surya. Bumi adalah lima planet terbesar di tata surya dan memiliki satelit alami yang besar yaitu Bulan. Menariknya, dari seluruh planet yang ada di sistem tata surya, Bumi adalah satu-satunya nama planet yang tidak diambil dari nama dewa atau dewi Romawi.

Bumi bahkan memiliki makna berarti “tanah”. Meskipun namanya memiliki arti “tanah”, 70% permukaan bumi adalah air. Hanya di planet inilah diketahui satu-satunya kehidupan yang ada di seluruh luar angkasa.

Ciri-ciri planet Bumi:

  • Planet ketiga dari Matahari
  • Planet terbesar kelima di sistem tata surya kita
  • Memiliki satu satelit alam yaitu Bulan dan permukaannya terdiri dari 70% air
  • Satu-satunya planet yang tidak dinamai dari dewa atau dewi romawi

Baca juga: Nama-Nama Bangun Datar, Ciri, dan Rumusnya Lengkap

4. Mars

planet mars

(Sumber: pixabay.com)

Meskipun hingga saat ini Bumi adalah satu-satunya planet yang diketahui memiliki kehidupan, planet Mars sedang diteliti apakah memungkinkan jika manusia dapat hidup di sana. Namun, di planet Mars sendiri terdapat banyak sekali badai debu. Planet Mars bersifat sangat dingin dan kering. Tapi di kutub bagian utara dan selatan ditemukan air dalam bentuk es. Di permukaan planet Mars ditemukan banyak sekali kawah, lembah yang dalam serta gunung berapi.

Mars memiliki dua satelit alami yang dinamakan Deimos dan Phobos. Para peneliti berpendapat bahwa kemungkinan dua satelit alami tersebut merupakan asteroid yang tertangkap oleh gravitasi Mars. Saat ini ada dua robot penjelajah dari Bumi yang ditugaskan untuk meneliti Mars, dan ada enam pesawat ruang angkasa yang mengorbit Mars untuk mencari keberadaan air dan bukti-bukti kehidupan purba.

Ciri-ciri planet Mars:

  • Planet keempat dari Matahari
  • Disebut sebagai planet merah
  • Memiliki dua satelit alami yang dinamai Phobos dan Deimos
  • Mars diambil dari nama Dewa Perang Romawi

5. Jupiter

planet jupiter

(Sumber: pixabay.com)

Jupiter adalah planet terbesar di sistem tata surya dan memiliki tanda yang ada di permukaan planet itu dengan nama “Great Red Spot” atau “Titik Merah besar”. Titik tersebut sebenarnya adalah badai yang sudah ada selama 350 tahun lamanya atau lebih.

Jupiter memiliki beberapa satelit alami yang terbesar di sistem tata surya kita. Salah satunya yang paling terkenal bernama Europa dan memungkinkan bisa memiliki kehidupan di samuderanya yang ada di bawah permukaan es.

Terdapat satu pesawat luar angkasa yang saat ini sedang mengorbit palnet Jupiter, yaitu Juno. Pesawat Juno ini memiliki tugas untuk mencoba memencahkan bagaimana planet Jupiter terbentuk dan mencari tahu bagaimana kondisi udara di planet tersebut.

Ciri-ciri planet Jupiter:

  • Planet kelima dari Matahari
  • Planet terbesar di sistem tata surya
  • Berisi gas dan memiliki lebih dari 80 satelit alami
  • Dinamakan dari raja para Dewa Romawi

6. Saturnus

planet saturnus

(Sumber: pixabay.com)

Seperti Jupiter, Uranus dan Neptunus, planet Uranus adalah planet gas raksasa dan tidak memiliki permukaan yang padat. Planet ini hanya memiliki inti kecil yang bersifat seperti batu. Saturnus adalah planet terbesar kedua dan dikenal dengan cincinnya. Meskipun planet gas raksasa lainnya memiliki cincin, tapi cincin di planet Saturnus lah yang paling terlihat jelas.

Ciri-ciri planet Saturnus:

  • Planet keenam dari Matahari
  • Planet kedua terbesar di sistem tata surya
  • Planet gas raksasa dengan cincin dan lebih dari 80 satelit alami
  • Dinamai dari Dewa Pertanian Romawi

Baca juga: Nama-Nama Bangun Ruang, Ciri, dan Rumusnya Lengkap

7. Uranus

planet uranus

(Sumber: pixabay.com)

Planet Uranus adalah planet kedua terjauh dari Matahari. Karena itulah memiliki waktu mengorbit Matahari dengan waktu yang lama. Planet Uranus membutuhkan waktu selama 84 tahun untuk mengitari Matahari sebanyak satu kali.

Uranus adalah planet biru tapi tidak dikarenakan memiliki air, melainkan memiliki gas yang tebal sehingga terlihat berwarna biru. Karena posisi Uranus mengorbit dari sisi, musim panas dan musim dingin berganti selama 27 tahun lamanya di kutub utara dan di kutub selatan planet tersebut.

Ciri-ciri planet Uranus:

  • Planet kedua terjauh dari Matahari
  • Memiliki 27 satelit alami
  • Planet keempat terbesar dan merupakan planet es raksasa
  • Memiliki cincin seperti planet Saturnus tapi tidak begitu terlihat
  • Dinamai dari Dewa Langit Romawi

8. Neptunus

planet neptunus

(Sumber: pixabay.com)

Planet Neptunus berhubungan erat dengan planet Uranus. Atmosfer planet Neptunus berkomposisi hampir sama dengan planet Uranus yang terdiri dari gas dan berwarna biru. Nama planet Neptunus diambil dari nama Dewa Laut Romawi sebagai referensi dari warna biru gelapnya. Neptunus adalah planet terjauh dari Matahari dan membutuhkan waktu 165 tahun lamanya untuk mengitari Matahari sebanyak satu kali.

Ciri-ciri planet Neptunus:

  • Planet terjauh dari Matahari
  • Terbuat dari gas padat dan memiliki 14 satelit alami
  • Planet es raksasa dengan angin dan badai yang kencang
  • Dinamai dari Dewa Laut Romawi

Itulah 8 urutan planet di sistem tata surya kita, mulai dari yang paling dekat dengan matahari hingga paling jauh. Dengan belajar sistem tata surya sejak dini, kamu nggak hanya akan mengetahui tentang pengetahuan dasar astronomi, tetapi juga dapat membuat mereka lebih bersyukur akan semesta yang kita tinggali ini.

Untuk belajar lebih dalam kamu juga bisa lho mendaftarkan diri ke Altaschool. Alta School adalah sekolah online di tingkat PAUD hingga SD kelas 4 Menggunakan metode belajar blended learning dengan live teaching dan aktivitas mandiri, Alta School fokus mengembangkan minat dan kreativitas anak sejak usia dini.

Yuk, coba kelas gratis Altaschool dengan klik gambar di bawah!

CTA Blog Alta School

Referensi:

Kids World Travel Guide. ND. (online) https://www.kids-world-travel-guide.com/solar-system.html [accessed 22 Februari 2023]

Sumber Gambar:

Gambar planet: https://pixabay.com/

Muhammad Azka Rais