Bangun Ruang: Macam-Macam, Sifat, Gambar, dan Rumusnya

jenis-jenis-bangun-ruang

Berikut 7 macam bangun ruang yang sering dipelajari di sekolah beserta sifat, gambar, dan rumusnya.

Memasuki usia sekolah, si kecil mungkin sudah belajar tentang benda-benda di sekelilingnya, termasuk bangun ruang. Bangun ruang adalah salah satu mata pelajaran Matematika yang diperoleh anak ketika ia duduk di bangku SD, lho.

Agar anak tak kewalahan saat menerima pelajaran, Ayah dan Bunda bisa mengajarkan bangun ruang sejak dini. Mulai dari pengertian, jenis-jenis, contoh gambar, ciri, dan rumusnya.

 

Pengertian Bangun Ruang

Bangun ruang adalah bentuk bangunan yang memiliki isi atau volume. Bangun ruang memiliki tiga dimensi dan sering disebut sebagai 3D. Dimensi tersebut antara lain adalah panjang, lebar dan tinggi. Maka dari itu, bangun ruang merupakan bentuk bangun yang dapat dipegang, dipindah-pindahkan dan disusun.

Bangun ruang adalah bentuk lanjutan dari bangun datar. Contoh, persegi panjang merupakan bentuk dasar dari balok, lingkaran adalah bentuk dasar dari bola, persegi merupakan bentuk dasar dari kubus, dan lain-lain. Penting untuk mengetahui jenis-jenis bangun datar terlebih dahulu agar mudah memahami bangun ruang.

 

Manfaat Anak Belajar Bangun Ruang

Ayah dan Bunda bisa mengenalkan bangun ruang lewat benda-benda di sekitar. Misalnya, bentuk tabung bisa ditemukan pada gelas, kerucut pada cone es krim, balok pada peti, dan sebagainya. Berikut manfaat yang didapat anak ketika mengenal bentuk bangun ruang:

1. Meningkatkan Kemampuan Motorik

Bermain dengan bangun ruang membantu meningkatkan kemampuan motorik anak. Mereka belajar bagaimana cara memegang benda tersebut agar tidak terlepas dari tangan.

Mereka juga menggunakan indera peraba untuk mengenal tekstur dan bentuk, seperti kubus memiliki sudut yang tajam, dan bola memiliki permukaan yang halus dan bundar.

2. Meningkatkan Kreativitas

Bermain bangun ruang dapat mengasah kreativitas si kecil, lho. Lewat lego misalnya, anak bisa membangun rumah mainan menggunakan imajinasi mereka. Dari menyusun balok sebagai dinding, kemudian limas atau prisma sebagai atapnya.

3. Meningkatkan Kemampuan Visual

Mempelajari bangun ruang dapat meningkatkan kemampuan visual, karena anak terbiasa melihat bentuk melalui perspektif yang berbeda. Hal tersebut dikenal dengan nama lain, yaitu proyeksi. Contoh: membedakan lingkaran dan silinder.

Anak akan membayangkan silinder terlihat sebagai lingkaran jika dilihat dari permukaannya, namun akan terlihat sebagai bentuk bangun datar jika dilihat dari sudut yang berbeda.

4. Belajar Ilmu Dasar Geometri

Salah satu hal yang dipelajari di mata pelajaran matematika adalah geometri, yaitu menghitung luas permukaan, keliling serta volume dari bentuk bangun ruang. Untuk dapat memiliki kemampuan menghitung bangun ruang, tentunya anak perlu memahami terkait apa itu bangun ruang, bagaimana sifatnya dan lain-lain. Sehingga dapat memudahkannya untuk belajar geometri saat duduk di bangku sekolah nanti.

 

Baca juga: 7 Keterampilan yang Harus Dimiliki Anak Sebelum Masuk SD

 

Macam-Macam Nama Bangun Ruang

Jenis bangun ruang yang dipelajari antara lain; tabung, kerucut, bola, kubus, balok, prisma, dan limas. Berikut penjelasan lengkap, sifat, serta rumus volume dan luasnya.

1. Tabung atau Silinder

Silinder

Gambar silinder

Tabung atau silinder adalah salah satu bangun ruang dengan sisi lengkung. Bangun ruang ini dibatasi oleh dua buah lingkaran sebagai alas dan tutupnya. Bangun ruang ini juga memiliki tiga sisi, yaitu alas, tutup dan selimut, serta memiliki dua rusuk. Tabung atau silinder juga merupakan bangun ruang yang tidak memiliki sudut. Di sekitar kita, bentuk bangun ruang berupa tabung atau silinder adalah pipa air, kaleng, selang air dan lain-lain.

Ciri-Ciri Tabung

  • Memiliki dua lingkaran pada ujungnya dan bentuknya seperti silinder.
  • Memiliki 3 rusuk yaitu jari-jari, tinggi, dan garis pelukis.
  • Tidak memiliki titik sudut.

Rumus Tabung

  • Luas permukaan = 2 x luas lingkaran + keliling lingkaran x tinggi
  • Volume = luas lingkaran x tinggi

 

2. Kerucut

kerucut

Gambar kerucut

Mirip dengan tabung, kerucut merupakan bangun ruang melengkung. Namun bedanya, kerucut hanya memiliki satu lingkaran sebagai alas. Sisi lainnya adalah selimut. Rusuk yang ada dalam bangun ruang ini hanya ada satu. Contoh bentuk kerucut yang sering kita lihat adalah topi ulang tahun dan cone es krim.

Ciri-Ciri Kerucut

  • Memiliki alas lingkaran dan satu titik di atasnya.
  • Memiliki 2 rusuk yaitu jari-jari dan garis pelukis.
  • Tidak memiliki titik sudut.

Rumus Kerucut

  • Luas permukaan = luas alas + luas selimut
  • Volume = 1/3 x luas alas x tinggi

 

3. Bola

Bola

Gambar bola

Bangun ruang sisi lengkung yang lainnya adalah bola. Berbeda dengan bangun ruang sisi lengkung lainnya, bola hanya memiliki satu sisi dan tidak memiliki sudut. Contoh bangun ruang ini yang ada di sekitar kita adalah bola ping pong, bola basket, bola sepak, bola tenis dan lain-lain.

Ciri-Ciri Bola

  • Memiliki bentuk bulat sempurna.
  • Tidak memiliki rusuk dan titik sudut.

Rumus Bola

  • Luas permukaan = 4 x luas lingkaran
  • Volume = 4/3 x π x jari-jari³

 

Baca juga: 5 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Anak, Bukan Cuma Sehat!

 

4. Kubus

Kubus

Gambar kubus

Selain bangun ruang sisi lengkung, terdapat juga bangun ruang sisi datar. Salah satunya adalah kubus. Kubus adalah bangun ruang yang semua sisinya terbuat dari persegi, dan memiliki rusuk-rusuk yang sama panjangnya. Terdapat enam buah sisi yang ada pada bangun ruang kubus.  Contoh  kubus dalam kehidupan sehari-hari adalah dadu.

Ciri-Ciri Kubus

  • Memiliki 6 sisi yang sama besar, masing-masing berbentuk segi empat sama sisi.
  • Memiliki 12 rusuk dengan panjang yang sama.
  • Memiliki 8 titik sudut dengan sudut-sudut yang sama besar (90 derajat).

Rumus Kubus

  • Luas permukaan = 6 x sisi x sisi
  • Volume = sisi x sisi x sisi

 

5. Balok

Balok

Gambar balok

Selain kubus, balok juga merupakan bangun ruang sisi datar dengan enam sisi. Hanya saja, dua sisinya terbentuk dari persegi, dan keempat sisi lainnya merupakan persegi panjang. Empat sisi persegi panjang saling berhadapan, dan dua sisi perseginya juga saling berhadapan. Dua persegi dalam bangun ruang ini adalah alas dan tutupnya. Contoh balok yang dalam kehidupan sehari-hari adalah kulkas, lemari dan kardus.

Ciri-Ciri Balok

  • Memiliki 6 sisi, dengan 3 pasang sisi bersebrangan yang sama besar dan berbentuk persegi panjang.
  • Memiliki 12 rusuk dan 8 titik sudut dengan sudut-sudut yang sama besar (90 derajat).

Rumus Balok

  • Luas permukaan = 2 x (panjang x lebar + panjang x tinggi + lebar x tinggi)
  • Volume = panjang x lebar x tinggi

 

6. Prisma

Prisma

Gambar prisma

Prisma memiliki sifat yang serupa dengan tabung. Bentuk bangun ruang ini memiliki alas dan tutup berupa segitiga, dan diselimuti oleh tiga sisi berbentuk persegi panjang. Terdapat sembilan rusuk, lima sisi dan enam titik sudut dalam bangun ruang ini. Contoh prisma tegak segitiga yang ada di sekitar kita adalah tenda.

Ciri-Ciri Prisma

  • Memiliki 2 sisi segitiga atau 2 sisi segiempat yang sejajar dan bentuknya sama.
  • Memiliki jumlah rusuk dan titik sudut yang berbeda tergantung pada jenis prisma.

Rumus Prisma

  • Luas permukaan = (jumlah sisi tegak x keliling alas) + (2 x luas alas)
  • Volume = luas alas x tinggi

 

7. Limas

 

limas

Limas adalah bangun ruang yang memiliki satu sisi dengan selimut berupa beberapa segitiga yang bertemu di ujung. Terdapat dua jenis limas, yaitu limas segi empat dan limas segituga. Limas segi empat memiliki alas yang berupa persegi, sedangkan limas segitiga beralaskan segitiga. Contoh limas segi empat yaitu piramida.

Ciri-Ciri Limas

  • Memiliki alas segiempat atau segitiga dan memiliki satu titik di atasnya.
  • Memiliki jumlah rusuk dan titik sudut yang berbeda tergantung pada jenis limas.

Rumus Limas

  • Luas permukaan = luas alas + jumlah sisi tegak
  • Volume = 1/3 x luas alas x tinggi

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam bentuk bangun ruang beserta ciri dan rumusnya. Yuk, berikan pendidikan terbaik untuk si kecil di Altaschool. Menggunakan metode homeschooling dengan kurikulum 2013 dan aktivitas mandiri, anak bisa belajar sekaligus mengembangkan minat dan bakat mereka.

Masih ragu? Coba kelas gratisnya dengan klik gambar di bawah ini!

CTA Blog Alta School

Referensi:

Bangun Ruang [Daring]. Tautan: https://blog.thinkacademy.uk/2d-and-3d-shapes/

https://www.haibunda.com/parenting/20220719144551-61-281022/mengenal-bangun-ruang-dalam-matematika-serta-rumus-dan-contohnya

Byju’s Future School. ND. (online) https://www.byjusfutureschool.com/blog/importance-of-learning-3d-shapes-at-a-young-age/#A_Few_Benefits_of_Learning_3D_Shapes_at_a_Young_Age

Diakses 11 Februari 2023

Sumber Gambar:

Limas [Daring]. Tautan: https://www.math.net/pyramid

Prisma [Daring]. Tautan: https://www.dkfindout.com/us/math/geometry/prism/

Balok [Daring]. Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Balok

Bola [Daring]. Tautan: https://quizizz.com/admin/quiz/60eb9bfed10dea001cf019a6/bola-sepak

Kerucut [Daring]. Tautan: https://www.amazon.in/COMPANY-ICE-CREAM-CONES-WAFER-MEDIUM/dp/B096FZ11LR

Kaleng [Daring]. Tautan: https://www.grid.id/read/04173446/privacy.html?page=2

(Diakses 24 Februari 2023)

Muhammad Azka Rais