8 Perlengkapan Sekolah untuk Anak SD yang Perlu Disiapkan

8 Perlengkapan Sekolah untuk Anak SD yang Perlu Disiapkan-01 (1)

Berbeda tingkat sekolah, tentu berbeda juga perlengkapannya. Cari tahu yuk, perlengkapan untuk anak SD yang harus Anda siapkan.

Perlengkapan sekolah merupakan barang-barang yang digunakan untuk menyelesaikan aktivitas siswa di sekolah. Berbagai jenis kegiatan tentu membutuhkan perlengkapan untuk penunjangnya. Nah, semakin tinggi sekolah anak, biasanya perlengkapan sekolahnya juga semakin banyak loh. 

Untuk anak SD, berikut 8 perlengkapan sekolah yang bisa Anda siapkan untuk anak yang sudah masuk Sekolah Dasar (SD).

 

Perlengkapan Sekolah SD

Yuk, simak beberapa perlengkapan sekolah SD yang penting untuk dipersiapkan saat masuk sekolah.

 

1. Seragam Sekolah Baru

Selama masa libur sekolah jangan lupa untuk mengukur kembali seragam sekolah anak. Jangan sampai ketika dipakai ternyata ukurannya sudah mulai kecil karena pertumbuhan anak selama liburan. Lalu, cek juga kondisinya, apakah warna seragam masih bagus dan cerah atau justru sudah kusam. Jika sudah kusam, sebaiknya Anda ganti dengan seragam sekolah yang baru.

 

2. Sepatu dan Kaos Kaki yang Nyaman

Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan seringkali ukuran sepatunya cepat sempit sehingga tidak nyaman lagi untuk digunakan. Oleh karena itu, ketika memilih sepatu untuk anak, sebaiknya ukurannya jangan terlalu pas, tetapi tidak terlalu longgar juga. Model sepatu seharusnya disesuaikan juga dengan aturan yang diterapkan di sekolah, agar anak belajar mematuhi aturan dan disiplin sejak dini.

Perlengkapan sekolah anak SD(Sumber: Kumparan.com)

Kemudian, pastikan sepatu yang dipilih nyaman dan tidak membuat kaki anak lecet. Nah, selain sepatu, jangan lupa untuk memilih kaus kakinya juga. Sebaiknya siapkan jumlah kaus kaki minimal sejumlah hari sekolah anak dalam seminggu, sehingga anak bisa berganti kaus kaki setiap hari untuk menjaga kebersihan kaki dan sepatunya.

 

3. Tas Sekolah yang Bisa Menampung Alat Tulis

Tas sekolah adalah perlengkapan paling penting yang harus disiapkan untuk anak sekolah. Membeli tas sekolah sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan anak. Anak SD tentu membutuhkan tas yang ukurannya lebih besar dibandingkan anak TK, sebab peralatan sekolahnya jauh lebih banyak. Anda bisa mengajak anak untuk berdiskusi tentang selera tas yang Ia inginkan. Sebab, tas tersebut digunakan oleh anak setiap hari, jangan sampai Anda asal memilih, sehingga anak tidak nyaman dan tidak percaya diri saat pergi sekolah. 

Tas sekolah pun memiliki banyak model, seperti tas ransel dan tas troli. Tas ransel kelebihannya adalah cukup simpel, sedangkan tas troli bisa ditarik ketika anak merasa keberatan menyandangnya. Nah, motif tas untuk anak laki-laki dan perempuan juga berbeda ya, jadi jangan sampai salah pilih dan memaksa anak memakai tas yang Anda pilih.

Baca Juga: Perlengkapan Sekolah untuk Anak TK yang Wajib Dibawa

 

4. Alat Tulis

perlengkapan sekolah untuk anak sekolah dasar(Sumber: Gramedia.com)

Ketika memasuki Sekolah Dasar, alat tulis menjadi bagian paling penting yang wajib dimiliki oleh anak-anak. Keti SD anak-anak tentu sudah mulai diajarkan menulis, sehingga Anda perlu menyiapkan alat tulis lengkap seperti buku tulis, pensil, penghapus, penggaris, rautan, dan lain sebagainya yang dapat mempermudah anak belajar di sekolah.

 

5. Tempat Minum dan Kotak Bekal

Agar anak Anda tidak jajan sembarangan, maka sebaiknya Anda menyiapkan bekal makanan dan minuman dari rumah. Oleh karena itu, Anda butuh menyediakan perlengkapan berupa tempat makan dan kotak minum yang mudah untuk mereka bawa. Pilihkan kotak makan yang tidak terlalu besar, disesuaikan dengan pormi makan anak, sehingga Ia tidak keberatan membawanya. Untuk tempat minum, sebaiknya pilih botol yang menyediakan sedotan, sebab jika model gelas, itu rawan untuk tumpah.

 

6. Tempat Pensil

Tempat pensil mempermudah anak menyimpan peralatan menulisnya, seperti pensil, penghapus, pulpen, pensil warna, atau rautan. Banyak sekali model kotak pensil yang menarik dengan bentuk dan warna yang dapat anak pilih. Izinkan anak memilih sendiri kotak pensilnya, agar mereka senang dan semangat untuk belajar. 

 

7. Topi, Payung, dan Jas Hujan

Ketiga barang ini memang bukan alat tulis, namun semuanya dibutuhkan untuk melindungi anak Anda dari panas dan hujan ketika berangkat dan pulang sekolah. Menyediakan jas hujan dan payung dari jauh-jauh hari membantu anak saat musim hujan tiba. Sedangkan topi bisa membantu anak berlindung dari teriknya panas matahari. 

 

8. Obat Pribadi

Ketika anak sudah masuk SD, menyediakan obat pribadi juga perlu dilakukan. Terutama jika anak memiliki penyakit tertentu. Jangan lupa komunikasikan dengan guru tentang cara penanganan yang tepat jika sewaktu-waktu penyakit anak Anda kambuh. 

 

Tips Mempersiapkan Perlengkapan Sekolah

Anak belajar di kelas(Sumber: Edukasi.kompas.com)

Supaya tidak ada barang-barang yang terbuang, sebaiknya, Anda memahami tips mempersiapkan perlengkapan sekolah berikut ini:

  1. Tentukan skala prioritas barang mana yang dibutuhkan oleh anak.
  2. Buat catatan daftar peralatan yang harus dibeli agar tidak terlewatkan.
  3. Bertanya kepada pihak sekolah apakah ada perlengkapan khusus yang harus disiapkan oleh anak.
  4. Ajak anak berbelanja perlengkapan sekolahnya, agar Ia semakin semangat untuk bersekolah.
  5. Belilah perlengkapan sekolah yang unik yang membuat anak antusias untuk menggunakannya.
  6. Jangan membawakan anak terlalu banyak barang ke sekolah, karena bisa membuat Ia kerepotan dan tasnya bisa terlalu berat.
  7. Jelaskan kepada anak tentang barang apa yang boleh dan tidak boleh dibawa ke sekolah.

Nah, selain perlengkapan sekolah, metode belajar yang menyenangkan juga perlu Anda perhatikan ya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mendaftarkan anak di altaschool, demi meningkatkan kemampuannya. Alta School menyediakan berbagai fasilitas belajar yang menarik loh. Tak hanya mengembangkan kemampuan akademik, Alta School juga bisa membantu anak mengembangkan kemampuan emosional melalui kegiatan Pendidikan Karakter. Mengusung konsep homeschooling, Alta School sangat diminati oleh anak dan orang tua yang ingin belajar dimanapun dan kapanpun.

CTA Blog Alta School

Sumber: 

Loyalita, S. (2019), ‘Ini Daftar Peralatan Sekolah yang Harus Disiapkan Sebelum Anak Masuk Sekolah’, Review.Bukalapak.com, 08 Juli 2019 [daring] Available at: https://review.bukalapak.com/mom/daftar-peralatan-sekolah-baru-109164

Ruangmom. (2021), ’11 Perlengkapan Sekolah yang Harus Dimiliki Saat Tatap Muka’, Ruangmom.com, 03 November 2021 [daring] Available at: https://www.ruangmom.com/perlengkapan-sekolah.html

Pintek, P. (2021), ‘Apa Saja Peralatan Sekolah yang Wajib Dimiliki? Siswa Teladan Wajib Tahu’, Pintek.id, 05 Juni 2021 [daring] Available at: https://pintek.id/blog/peralatan-sekolah/

Asri, W. (2022), ’13+ Perlengkapan Sekolah Anak TK-SMA yang Wajib Dimiliki, Catat!’, Orami.co.id, 08 Juli 2022 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/perlengkapan-sekolah

Sumber Gambar: 

Perlengkapan Sekolah Anak [daring]. Available at: https://www.gramedia.com/best-seller/perlengkapan-anak-sekolah/

Anak SD Berangkat Sekolah [daring]. Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/kapan-anak-bisa-berangkat-sekolah-sendiri-1s0fovYUL0G

Anak SD Belajar di Kelas [daring]. Available at: https://edukasi.kompas.com/read/2020/11/29/120120371/agar-nanti-belajar-tatap-muka-berhasil-lakukan-5-hal-penting-ini?page=all

Nurul Habibah