15 Perlengkapan Sekolah untuk Anak TK yang Wajib Dibawa

Nurul Habibah Jan 6, 2023 • 12 min read


Pengasuhan Anak- (Beberapa) Perlengkapan Sekolah untuk Anak TK yang Perlu Disiapkan-01

 

Si kecil sudah masuk TK? Yuk, lengkapi peralatan sekolahnya agar berjalan dengan lancar!

---

Taman Kanak-Kanak (TK) adalah satuan pendidikan anak usia dini di jalur pendidikan formal untuk anak usia empat hingga enam tahun. Tak hanya orang tua, anak bisa saja merasa gugup dan cemas di hari pertamanya. Nah, salah satu bentuk dukungan yang dapat Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan perlengkapan sekolah mereka selengkap mungkin.

Ada banyak peralatan sekolah TK yang wajib dimiliki agar anak merasa nyaman saat belajar. Anda bisa membelinya dari jauh-jauh hari supaya tidak kewalahan. Pastikan tidak ada yang tertinggal maupun kurang. Jika masih bingung apa saja yang harus disiapkan, simak daftarnya berikut ini!

 

1. Seragam Sekolah

 

Perlengkapan Sekolah Anak TK(Sumber: Kumparan.com)

Ada beberapa TK yang mewajibkan muridnya menggunakan seragam tertentu. Anda bisa menanyakan kepada pihak sekolah tentang ketentuan seragam yang digunakan. Jika ada, maka jangan lupa untuk memesannya. Sebab, seragam merupakan salah satu perlengkapan wajib yang harus dimiliki oleh anak. Ajak anak untuk fitting agar ukuran baju, rok, dan celananya nyaman digunakan serta sesuai dengan postur tubuh

 

2. Tas Sekolah

 

Tas Sekolah(Sumber: Pexels.com)

 

Tas adalah benda wajib yang harus dimiliki oleh anak sekolah, termasuk anak TK. Anda bisa memilih ransel atau tas punggung. Ukuran tas yang baik untuk anak adalah 5 cm menggantung di atas pinggang. Apabila tas semakin rendah, beban di pundak semakin meningkat. Perhatikan pula barang-barang yang Anda masukkan ke dalam tas, jangan sampai melebihi 15 persen dari berat sang buah hati agar mereka tidak mengalami nyeri di bagian pundak dan punggung.

Anda juga bisa membeli tas sekolah model dorong atau troli supaya lebih praktis dan mudah dibawa ke mana-mana. Jenis tas ini memungkinkan anak untuk membawa banyak barang dengan satu tarikan saja. Pilihlah tas troli yang mempunyai gagang serta roda yang kokoh agar awet dipakai bertahun-tahun.

Baca juga: 7 Keterampilan yang Perlu Dimiliki Anak sebelum Masuk TK

 

3. Sepatu

 

Sepatu Sekolah(Sumber: Pexels.com)

 

Kegiatan di sekolah TK banyak melibatkan aktivitas motorik kasar, seperti melompat, berlari, dan sebagainya. Pemilihan ukuran sepatu tentunya mempengaruhi kenyamanan anak selama berada di sekolah. Jika ukuran sepatu terlalu kecil, perkembangan kaki anak menjadi terhambat. Sebaliknya, ukuran alas kaki yang kebesaran, dapat membuat anak terjatuh.

Tidak hanya ukuran sepatu, perhatikan juga jenis sol yang dipakai. Pilih sol anti slip agar anak tidak mudah terpeleset saat bermain di sekolah. Supaya lebih praktis, belikan sepatu dengan model perekat. Sebab, anak usia TK masih mengalami kesulitan untuk memasang tali sepatu sendiri.

Nah, yang terpenting, tanyakan kepada pihak sekolah terkait aturan sepatu, apakah sepatunya harus berwarna hitam, putih, atau bermotif sesuai dengan keinginan masing-masing.

 

4. Kaus Kaki

 

Kaus kaki sekolah(Sumber: Pexels.com)

Ketika memakai sepatu, tentu anak juga membutuhkan kaus kaki. Kaus kaki dapat membuat sepatu yang digunakan terasa lebih nyaman, menjaga kaki dari rasa dingin dan juga mencegah bau kaki. Namun, jangan memilih kaus kaki hanya dari gambarnya saja. Pastikan kaus kaki tersebut ukurannya pas untuk anak Anda dan memiliki bahan yang lembut serta karet yang berkualitas. Sehingga anak akan merasa nyaman selama menggunakannya.

 

5. Tempat Makan

 

Tempat Makan untuk Anak TK(Sumber: Review.bukalapak.com)

Anak TK biasanya memiliki waktu khusus untuk sarapan dan makan siang bersama di sekolah. Anda bisa memilih kotak bekal yang tidak terlalu besar, tetapi memiliki banyak sekat untuk berbagai lauk dan snack. Lunch box yang aman umumnya terbuat dari bahan plastik tebal yang sudah memiliki sertifikat BPA free agar tahan panas.

Lalu, pilih tempat bekal yang mudah dibuka dan ditutup agar anak tidak kesulitan ketika di sekolah. Terakhir, Anda bisa membelikan mereka kotak bekal dengan warna, bentuk, maupun gambar kartun favorit anak supaya mereka lebih bersemangat menghabiskan makanan.

Baca juga: 7 Tips Memilih Sekolah TK untuk Anak, Mahal Belum Tentu Bagus!

 

6. Botol Minum

 

Botol minum sekolah(Sumber: Pexels.com)

Selain membawa bekal tentu anak juga butuh membawa air minum sendiri ke sekolah. Jadi Anda bisa memberikannya botol minum dengan ukuran yang sedang. Pilihlah botol yang sesuai dengan usianya. Anda bisa memilih botol minum yang dilengkapi dengan sedotan atau botol minum yang diameternya lebih besar. Nah, agar anak tidak malas untuk membawa botolnya, berikan botol minum yang desainnya disukai oleh anak Anda.

 

7. Alat Menggambar

 

Perlengkapan Sekolah untuk Anak TK(Sumber: Solopos.com)

Di sekolah TK, anak-anak biasanya belum diminta untuk menulis. Kegiatan yang paling sering dilakukan anak TK adalah menggambar. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan berbagai perlengkapan menggambar seperti pensil warna, krayon, buku gambar, rautan, serta spidol. Meskipun perlengkapan ini telah disediakan oleh sekolah, namun membawa alat menggambar sendiri jauh lebih baik untuk menghindari anak berebut dengan murid lain saat di sekolah. Nah, agar peralatan menggambarnya tidak berlebihan, sesuaikan dengan kebutuhannya ya. 

 

8. Tempat Pensil

 

Tempat pensil(Sumber: Pexels.com)

Memiliki tempat pensil pribadi menjadi kesenangan tersendiri bagi anak-anak, terlebih jika bentuk dan warnanya menarik. Mereka pasti senang membawanya ke sekolah. Secara tidak langsung, benda ini melatih kedisplinan dan kerapihan anak setelah belajar. Ia akan terbiasa untuk membereskan alat menggambarnya agar tertata dengan rapi.

 

9. Tisu

Anak TK memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka gemar mencoba hal-hal baru, meskipun itu bisa mengotori seragam atau kulitnya. Anda bisa membekali anak dengan tisu kering dan tisu basah untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi, seperti noda di pakaian. Selain itu, tisu bisa digunakan jika anak mudah berkeringat. Pilihlah tisu dengan ukuran kecil agar bisa masuk di tas atau saku seragamnya.

 

10. Obat Pribadi

 

perlengkapan-p3k-untuk-anak-tk

(Sumber: halodoc.com)

Walaupun di sekolah TK terdapat UKS, tak ada salahnya menyiapkan obat-obatan pribadi untuk anak. Tidak perlu berlebihan, Anda bisa membawakan mereka cairan tetes luka, plester luka, minyak kayu putih, dan obat diare. Biasanya, anak TK rentan terjatuh karena terlalu asyik bermain. Mereka juga bisa sakit perut karena cuaca yang kurang bersahabat atau kurang cocok dengan jajanan tertentu.

 

11. Peralatan Ibadah

Jika anak bersekolah di TK Islam atau agama lainnya, Anda perlu menyiapkan perlengkapan ibadah. Misalnya, kitab suci berukuran mini, mukena mini, sajadah lipat, atau peci. Beberapa sekolah mempunyai kegiatan ibadah bersama yang dilaksanakan sebelum atau sesudah jam pelajaran. Membawa peralatan ibadah sendiri tentunya lebih bersih, higienis, dan anak tidak perlu repot meminjam ke teman-temannya.

 

12.Barang Kesukaan

Tidak semua anak memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi. Anak mungkin merasa takut untuk berhadapan dengan orang, situasi, dan lingkungan baru. Sebagai orang tua, Anda harus membuatnya merasa nyaman di hari pertama sekolah. Caranya, yaitu dengan membawakan barang kesukaan mereka.

Misalnya, Anda bisa membawakan boneka atau mainan favoritnya untuk menjadi teman belajar di kelas. Benda ini bisa menjadi pancingan obrolan dengan anak lainnya. Mereka bisa saling bercerita tentang barang kesukaan tersebut, seperti nama atau kapan dan dimana benda itu dibeli.

 

13. Topi dan Jas Hujan

Cuaca yang tidak menentu akan menambah masalah baru. Anda tentu tak ingin anak pulang dengan seragam yang basah kuyup atau mengeluh pusing akibat kepanasan. Maka dari itu, Anda bisa menyiapkan topi dan jas hujan mini agar terhindar dari resiko yang mungkin terjadi. 

jas-hujan-anak-tk

(Sumber: productnation.co.id)

Jika anak diantar jemput dengan menggunakan motor, pilih jas hujan model one set agar ia terlindungi dengan sempurna. Sebaliknya, jika anak dijemput menggunakan mobil atau berjalan kaki, Anda cukup membelikan jas hujan model ponco. Pilih jas hujan yang memiliki kantong penyimpanan, ringan, serta mudah dilipat.

 

14. Baju Cadangan

Selalu sedia baju cadangan di dalam tas. Sebab, kita tidak pernah tahu apa yang akan anak hadapi di sekolah. Entah terkena noda lumpur, ketumpahan air minum, atau robek karena tersangkut. Sekolah tidak mungkin memberikan seragam pengganti saat itu juga. Nah, baju cadangan adalah perlengkapan anak TK yang wajib dibawa dalam tas. Cukup sediakan 1 kaos lengan panjang atau pendek sesuai kebutuhan.

 

15. Uang Jajan

Meski sudah membawa bekal, anak tidak bisa menahan godaan untuk jajan. Tak ada salahnya lho, memberikan uang jajan pada mereka untuk membeli snack di kantin sekolah. Akan tetapi, Anda perlu memberikan aturan kepada anak mengenai batasan uang jajan serta makanan dan minuman yang harus dihindari

Aturan ini membuat anak lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam menghabiskan uangnya. Ia juga tahu jenis makanan dan minuman apa yang membahayakan kesehatan. Apabila uang jajannya masih tersisa, Anda bisa mengajak anak untuk belajar menabung.

---

Jadi, itulah 15 perlengkapan sekolah yang harus Anda siapkan untuk anak yang akan masuk TK. Nah, kalau anak Anda sudah memasuki usia TK, tidak ada salahnya nih untuk mendaftarkannya di Altaschool.  

Alta School adalah layanan pendidikan dengan konsep homeschooling yang di khususkan untuk anak di tingkat PAUD hingga kelas 4 SD. Sekolah dengan sistem pembelajaran berbasis online ini menggunakan metode belajar blended learning yang berfokus mengembangkan minat dan kreativitas anak Anda. Di sekolah online ini anak bisa mendapatkan berbagai fasilitas belajar, seperti Live Teaching, Learning Kit, Home-Based Project, Pendidikan Karakter dan lain sebagainya. 

sekolah online anak

Sumber: 

Griselda, N. (2020), ‘10 Daftar Peralatan Sekolah Anak TK yang Wajib Dimiliki’, Tokopedia.com, 16 Januari 2020 [daring] Available at: https://www.tokopedia.com/blog/daftar-peralatan-sekolah-anak-tk-kpt/

Sugiri, P. (2018), ‘5 Perlengkapan yang Perlu Disiapkan Sebelum Anak Masuk TK’, Kumparan.com, 04 Juli 2018 [daring] Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/5-perlengkapan-yang-perlu-disiapkan-sebelum-anak-masuk-tk-27431110790538488/full

Octama, C. (2018). ‘6 Perlengkapan Sekolah Wajib Punya untuk Anak Playgroup dan TK’, Orami.co.id, 16 Juli 2018 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/6-perlengkapan-sekolah-wajib-punya-untuk-anak-playgroup-dan-tk/

Pratama, F. ‘10 Perlengkapan Sekolah Anak TK Beserta Tips Agar Tidak Mubazir’, Id.theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/perlengkapan-sekolah-anak-tk

Sumber Gambar: 

Seragam Sekolah Anak TK [daring]. Available at: https://kumparan.com/kumparanmom/6-langkah-persiapkan-hari-pertama-anak-sekolah-27431110790545608

Tempat Makan untuk Anak TK [daring]. Available at: https://review.bukalapak.com/mom/daftar-peralatan-sekolah-baru-109164

Peralatan Menggambar Anak TK [daring]. Available at: https://www.solopos.com/tips-pilih-alat-tulis-terbaik-untuk-anak-tk-932006

Obat Pribadi [daring]. Available at: https://www.halodoc.com/artikel/catat-ini-obat-obatan-yang-harus-ada-di-kotak-p3k

Jas Hujan Anak [daring]. Available at: https://productnation.co/id/28086/jas-hujan-anak-terbaik-indonesia/#5faff40c81ce5d72b251e21f581f0744 

 

 

Profile

Nurul Habibah

Beri Komentar